Simak! Ini Fitur Software Akuntansi yang Wajib Ada

fitur software akuntansi

Mempertimbangkan fitur software akuntansi merupakan hal yang wajib Anda lakukan sebelum memutuskan memilih perangka keuangan ini.

Perlu diingat, bahwa software akuntansi terbaik, dipastikan mempunyai fitur terlengkap yang memudahkan pengelolaan keuangan dan bisnis Anda scara luas.

Namun, sebelum memilih software akuntansi, pastikan bahwa Anda melakukan pemilihan berdasarkan kebutuhan bisnis dan sesuai dengan kapasitas bisnis Anda.

Untuk itu, artikel ini akan membahas beragam fitur software akuntansi yang harus Anda jadikan pertimbangan dalam memilih sistem perangkat lunak akuntansi.

Apa Itu Software Akuntansi?

fitur software akuntansi

Dari sudut pandang orang awam, perangkat lunak akuntansi adalah solusi sekali pakai untuk banyak prosedur akuntansi.

Ini akan membantu Anda mengotomatiskan proses manajemen keuangan Anda dan secara efektif menghindari penugasan berulang dari jumlah yang harus dibayar, penagihan dan pembuatan faktur, dan rekonsiliasi.

Untuk mengelola keuangan bisnis Anda, perangkat lunak akuntansi Anda harus multi-fungsi dan dapat mengukur arus masuk dan keluar uang Anda ke berbagai akun.

Untuk menghemat waktu dan mendapatkan efisiensi, fitur perangkat lunak akuntansi Anda harus mencakup semua program seperi faktur pelanggan, catatan piutang, dan pembayaran.

Perangkat lunak yang andal dan mudah diginakan akan membantu Anda menyusun neraca lebih mudah dan bisa mengontrol arus kas bisnis.

Ada baiknya, sebelum Anda mulai menemukan perangkat lunak akuntansi yang tepat, penting untuk menganalisis kebutuhan, persyaratan, dan memahami dengan jelas fungsi yang harus dijalankannya.

Baca juga: Aplikasi Akuntansi dan Kegunaannya untuk Keuangan Bisnis

Beragam Fitur Software Akuntansi

Banyak detail keuangan seperti rekening bank, laporan bank, dan data keuangan lainnya perlu diproses dalam perangkat lunak. Jadi, sistem akuntansi harus up to date.

Baik Anda adalah bisnis kecil yang baru menggunakan perangkat lunak akuntansi atau perusahaan tingkat perusahaan yang memutuskan untuk membangun perangkat lunak akuntansi, Anda memerlukan semua fitur software akuntansi utama.

Fitur tersebut seperti pembuatan faktur, sistem pemrosesan pembayaran, pembayaran pajak elektronik, manajemen penggajian, dan inventaris.

Perangkat lunak akuntansi yang tepat akan menjawab semua kebutuhan pelanggan. Bisnis membutuhkan keamanan lengkap ketika mereka berencana untuk mengembangkan perangkat lunak ini karena rincian yang disertakan sangat rahasia.

Pembayaran, pembayaran pajak elektronik, faktur transaksi bisnis, dan fasilitas lainnya adalah fitur perangkat lunak akuntansi yang paling banyak dicari.

Bisnis sekarang dapat merampingkan hasil dengan operasi keuangan yang lebih cepat.

Di bawah ini merupakan penjelasan fitur ideal dari software akuntansi yang dapat membuat memperlancar bisnis Anda.

Buku Besar: Mencatat Semua Transaksi Keuangan

Fitur utama akuntansi dasar, seperti buku besar, bagan akun, faktur, manajemen pajak, rekonsiliasi akun, hutang, piutang, penggajian dan pelaporan keuangan, catatan pembayaran, harus disertakan dalam perangkat lunak akuntansi apa pun.

Untuk mengatasi semua fitur akuntansi dalam sebuah perangkat lunak membutuhkan kecerdasan dan keahlian domain tentang apa yang perlu dan apa yang tidak.

Buku besar adalah mesin yang berisi informasi pengembangan perangkat lunak yang mencakup semua informasi penting yang berkontribusi pada transaksi keuangan.

Mirip dengan pembukuan tradisional yang mengatur pemasukan data dan laporan. Ini secara efisien bisa mengelola semua detail dari laporan keuangan awal, perhitungan pajak, laporan dan saldo bank, manajemen arus kas, piutang (AR), dan hutang (AP).

Buku besar ini juga akan mencakup vendor pihak ketiga, dan perinciannya seperti rekening bank, mode pembayaran, faktur, dan pembayaran di muka jika ada, dan prosedur keuangan lainnya.

User Friendly

Pada umumnya, perangkat lunak akuntansi melayani semua jenis pengguna. Dan, tidak melakukan pembedaan kepada para penggunanya.

Namun, ketika Anda membangun sistem akuntansi Anda sendiri, Anda harus memastikan bahwa yang Anda pilih user friendly, intuitif, dan siapa pun dapat menggunakannya, termasuk mereka yang tidak memiliki pengetahuan akuntansi atau teknologi.

Analisis dan Laporan

Analisis dan pelaporan adalah kualitas yang harus dimiliki oleh perangkat lunak akuntansi berbasis cloud. Laporan pemeliharaan catatan adalah kebutuhan dasar setiap bisnis untuk menganalisis dan melaporkan dalam situasi keuangan bisnis terkini.

Akses mudah ke catatan dapat memfasilitasi tugas-tugas utama dan pertemuan dalam bisnis.

Pada saat pengambilan keputusan, analisis dan laporan ini akan membantu manajemen dan menghemat waktu serta mengurangi tingkat stres .

Fitur perangkat lunak akuntansi ini sangat penting yang memungkinkan Anda melacak dan memantau laporan keuangan dengan menjaga semua kerahasiaan yang diperlukan.

Ini akan memungkinkan pelacakan data penting secara real-time yang pada akhirnya akan berkontribusi untuk membuat perangkat lunak akuntansi terbaik.

Pembaruan & Skalabilitas Otomatis

Ketika Anda merancang perangkat lunak, Anda harus mengembangkannya dengan pendekatan futuristik. Teknologi datang dan pergi dan ada inovasi yang terjadi setiap hari untuk merampingkan bisnis dan manajemen.

Pelanggan perlu meningkatkan teknologi sehingga sistem akuntansi yang Anda kembangkan juga perlu memiliki keseimbangan untuk menjaga uang, vendor, dan pengeluaran tetap pada jalurnya.

Perangkat lunak yang dikembangkan ini menguntungkan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Perangkat lunak akuntansi harus dapat berkembang agar perusahaan lebih besar dan lebih makmur. Program harus dapat beradaptasi sendiri atau diperbarui dengan cepat.

Selain itu, software akuntansi harus mampu menangani basis pengguna yang lebih besar, serta lebih banyak transaksi.

Penagihan, Faktur dan Pemrosesan Pembayaran

Perangkat lunak akuntansi yang dikembangkan harus dapat mengelola faktur dan pembayaran dengan sebaik-baiknya. Ini dikarenakan Anda harus mengetahui jumlah utang bisnis Anda kepada pihak ketiga atau jika ada pihak yang berutang kepada Anda.

Perangkat lunak tersebut akan membantu Anda menganalisis jumlah yang harus Anda bayar dan kemudian Anda dapat mengantisipasi biaya tambahan yang timbul dari akad utang maupun piutang.

Semua perangkat lunak akuntansi memungkinkan Anda untuk mencetak faktur dan sebagian besar dari mereka juga memungkinkan Anda untuk mengirim email kepada mereka.

Informasi klien dasar Anda, seperti nama, alamat, nomor rekening, dan istilah normal, harus diingat oleh sistem Anda.

Mayoritas bisnis saat ini membutuhkan sebuah perangkat lunak dengan teknologi paling mutakhir. Terutama dalam hal akuntansi dan manajemen keuangan.

Mobile Friendly

Software akuntansi yang mobile friendly bukan lagi barang mewah yang hanya mampu dimiliki oleh perusahaan besar.

Sudah menjadi norma baru bagi bisnis untuk menawarkan mobilitas bisnis mereka kepada pelanggan mereka. Mayoritas perangkat lunak akuntansi online mencakup aplikasi Android dan iOS.

Beberapa aplikasi seluler mungkin hanya dapat membantu Anda memantau pengeluaran. Sementara yang lain mungkin juga mampu mengembangkan serta mengirim faktur.

Keamanan

Departemen akuntansi selalu memiliki informasi keuangan yang sensitif dan vital, yang juga dapat kita katakan tahu tentang rahasia bisnis apa pun.

Oleh karena itu, menjaga keamanan dan keamanan data sangatlah penting. Disarankan untuk mengembangkan aplikasi akuntansi dengan tingkat keamanan dan skalabilitas ekstrim dalam aplikasi.

Untuk setiap bisnis, keamanan adalah komponen inti dan penting.

Jadi, pastikan Anda mencari perlindungan dan keamanan data sebagai fitur yang harus dimiliki saat memilih software akuntansi dan keuangan.

Hutang Usaha

Di bagian buku besar, kita telah membahas fitur ini. Ini menunjukkan bagaimana utang usaha sama-sama merupakan bagian penting dari pembayaran.

Dengan menggunakan fitur ini yang tersedia di perangkat lunak akuntansi Anda, Anda akan mendapatkan akses ke semua informasi vendor, sistem yang mengelola arus keluar transaksi bisnis, dan melacak utang perusahaan. Dalam utang usaha, ketiga faktor ini memegang peranan penting.

Pesanan pembelian- Bagian ini mencakup trek semua pesanan dengan kutipan yang perlu diproses. Ini mungkin berbeda dalam pemrosesan tetapi mengikuti semua kutipan secara berurutan dari pembelian hingga pembayaran.

Selain itu, fitur ini haru mempunyai dua menu penting yaitu:

Pembayaran otomatis

Bagian ini menangani pembayaran terjadwal, draf dengan detail terkecil dari bank, jumlah yang dapat ditransfer, data faktur, dan informasi serupa.

Memo kredit

Biasanya, nota kredit diberikan kepada vendor dan bisnis. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih software akuntansi yang bisa mencetak memo atau bukti transaksi lainnya secara otomatis.Selain alasan praktis, keberadaan fitur ini turut menjaga berbagai dokumen transaksi Anda agar tidak hilang.

Mengidentifikasi dan Mencegah Kesalahan

Transparansi dan akurasi adalah dua faktor yang harus dijadikan pertimbangkan ketika Anda menggunakan perangkat lunak akuntansi.

Solusi yang dapat diandalkan dirancang dan diberi kode untuk menyediakan data tepat waktu, menghitung dengan benar, dan meminimalisir kesalahan.

Sehingga, Anda perkembangan keuangan perusahaan Anda menjadi jelas dan mudah dipahami. Hasilnya, Anda akan dapat mengembangkan program dan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

Apa Saja Manfaat Software Akuntansi?

fitur software akuntansi
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82

Pertama dan terpenting, perangkat lunak Anda harus mampu melakukan banyak login. Selain itu, di bawah ini manfaat tertentu penggunaan perangkat lunak akuntansi.

  1. Prosedur entri data cukup sederhana dan cepat.
  2. Anda menerima laporan keuangan yang mendalam dan komprehensif.
  3. Kesalahan manual berkurang karena keputusan yang tepat dapat diambil.
  4. Mengurangi waktu untuk persetujuan faktur dan pengeluaran kas. 
  5. Beberapa departemen dapat mengakses data akuntansi terpusat. 
  6. Memungkinkan skalabilitas dan fleksibilitas.
  7. Secara keseluruhan, Anda mendapatkan laporan keuangan yang tepat waktu dan informatif.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi yang Cocok untuk Bengkel Anda? Perhatikan Hal Ini

Mengapa Harus Memilih Kledo?

Kledo merupakan software yang menawarkan fitur akuntansi terlengkap mulai dari sistem invoice, purhasing, pencatatan aset dan biaya, hingga manajemen persediaan.

Software ini bisa digunakan oleh berbagai macam bisnis seperti retail, perkantoran, koperasi, trading, dan jenis usaha lainnya.

Poin kelebihan Kledo lainnya adalah penggunaanya sangat mudah dan bisa di akses dari perangkat komputer dan juga perangkat seluler Anda.

Kledo menggunakan sistem cloud sehingga data Anda akan tersimpan secara otomatis dan terjaga keamanannya.

Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari. Dan, apabila bisnis Anda sudah berkembang, Anda bisa memilih pilihan paket mulai harga 129 ribu hingga 189 ribu saja.

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mulai melakukan pendaftaran melalui gambar di bawah ini.

Banner 3 kledo

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Itulah berbagai fitur yang harus Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih software akuntansi.

Software akuntansi terbaik ialah software yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan mulai dari pengelolaan pembayaran, pembukuan, hingga penyusunan laporan keuangan.

Kledo bisa Anda jadikan sebagai software akuntansi untuk membantu kelancaran bisnis Anda.

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari, Anda bisa melakukannya melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 7 =