Strategi Marketing TikTok Ini Wajib Dicoba Para Pebisnis

marketing tiktok

Salah satu bentuk promosi yang paling efektif yakni strategi marketing TikTok. Sebab, TikTok adalah media sosial dengan pertumbuhan tercepat, bahkan baru-baru ini melampaui YouTube dalam waktu tonton rata-rata di perangkat Android.

Ini juga menjadi aplikasi non-Facebook pertama di app store yang mencapai 3 miliar unduhan.

TikTok menghadirkan peluang yang mengubah permainan untuk lanskap pemasaran digital. Tantangan utamanya adalah banyak yang harus dipelajari tentang format video berdurasi pendek, dan banyak praktik terbaik yang dikenal pemasar dari saluran sosial lain tidak berlaku.

Untuk itu, artikel ini akan membahas seputar strategi marketing TikTok yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis.

Apa Itu Marketing TikTok?

marketing tiktok

Seperti yang telah kita bahas, TikTok berkembang pesat di ruang jagat sosial. Sama seperti media sosial lainnya, TikTok dapat digunakan sebagai alat marketing untuk influencer, pembuat konten, dan merek.

Singkatnya, marketing TikTok adalah alat yang sempurna untuk mempromosikan merek Anda. Ini dapat dilakukan melalui upaya berbayar, organik, dan influencer, semuanya dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek di platform tersebut. 

Baca juga: Belajar Internet Marketing Untuk Para Pemilik Bisnis

Siapa Saja Pengguna TikTok?

TikTok adalah saluran sosial yang unik karena digunakan secara masif oleh berbagai generasi dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Meskipun Gen Z adalah yang paling aktif di TikTok dan mencakup hampir setengah dari basis pengguna, ada peluang bagi merek untuk berinteraksi dengan semua jenis pengguna di aplikasi ini. Dalam hal statistik gender, lebih dari setengah pengguna TikTok adalah perempuan sebesar 57%.

Baca juga: Marketing Mix 7P: Pengertian, Komponen, Bedanya dengan 4P dan Contohnya

Mengapa Bisnis Harus Menggunakan TikTok?

Meskipun mungkin menakutkan untuk melompat ke media sosial lain sebagai merek, TikTok tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat.

Konten serba cepat yang berfokus pada hiburan yang berasal dari TikTok mendefinisikan ulang apa yang ingin dilihat pengguna dari merek. Bisnis memiliki kesempatan untuk menampilkan sisi lain dari diri mereka di TikTok dibandingkan dengan bagaimana mereka digambarkan di media sosial lain seperti Instagram.

Ambil Duolingo misalnya. Merek ini telah membangun reputasi yang sama sekali baru untuk diri mereka sendiri dengan menggunakan TikTok.

Mereka melangkah keluar dari kotak perusahaan tempat banyak merek jatuh, dengan berpartisipasi dalam tren populer dan bahkan mendorong amplop dari waktu ke waktu.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan Sales dan Marketing dalam Bisnis

Cara Mengatur TikTok untuk Bisnis

Menyiapkan akun bisnis TikTok Anda adalah salah satu bagian termudah dari proses. Yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi menu di sudut kanan atas profil Anda.

Selanjutnya, klik ‘Kelola Akun’, lalu ‘Kontrol Akun’, di sini Anda akan melihat opsi untuk beralih ke akun bisnis. Sekarang merek Anda siap untuk menjalankan strategi pemasaran yang sempurna.

Baca juga: Funneling Adalah Strategi Penting dalam Marketing, Berikut Penjelasannya

Strategi Marketing TikTok untuk Para Pemula

marketing tiktok

Bagaimana bisnis dapat menggunakan TikTok dan Instagram Reels untuk menumbuhkan keterlibatan mereka? Ada beberapa cara bisnis mulai dari awal dapat membangun strategi marketing yang sukses dengan memanfaatkan TikTok.

1. Tentukan Tujuan dan Keunggulan Anda di Konten Bermerek

Pertama dan terpenting, pikirkan “mengapa” Anda muncul di saluran ini. Pemirsa berbondong-bondong ke video berdurasi pendek untuk melihat konten pajangan pembuat konten favorit mereka yang autentik, menginspirasi, mendidik, dan lucu.

Manfaatkan saluran ini untuk menumbuhkan suara merek Anda melalui ulasan produk dan konten buatan pengguna (UGC).

Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada audiens Anda apa yang diperlukan untuk membangun merek Anda. Tawarkan kesan di balik layar tentang bagaimana rasanya menjadi bagian dari merek Anda, baik itu dari influencer atau karyawan.

Konten berperforma terbaik termasuk cuplikan pemotretan kampanye, produk yang dibuka oleh influencer, sinkronisasi bibir dengan suara yang berhubungan, dan karyawan bersenang-senang di tempat kerja.

2. Bangun Kemitraan Loyal dengan Influencer TikTok

Markeing influencer telah berkembang menjadi ruang yang digerakkan oleh pencipta dan konsumen sekarang mencari konten di TikTok yang menghibur dan mendidik.

Bisnis Anda harus berupaya menghidupkan kembali strategi influencer Anda di TikTok dan Instagram dengan bekerja sama dengan pembuat konten yang mampu menghidupkan pesan merek Anda dengan cara yang bermakna.

Di Instagram, Anda dapat menggunakan rangkaian alat terpadu untuk menampilkan pembuat konten dalam beberapa cara berbeda, termasuk umpan, Cerita, video, dan Reel Instagram Anda.

Baca juga: Conversational Marketing: Pengertian, Contoh, dan Strateginya

3. Pahami Tren TikTok Saat Ini

Mengikuti tren dan berkontribusi pada percakapan adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat mencari tahu cara menjadi viral di TikTok atau Instagram dan saat menyusun strategi Anda.

Perhatikan apa yang sedang tren di Fyp dan Penemuan untuk menyesuaikan konten agar sesuai dengan suara merek Anda sendiri. Kembangkan kebiasaan menonton sepuluh video pertama di setiap platform dan perhatikan konsistensi antara tagar, suara, efek khusus, dan transisi.

Menurut TikTok, menggunakan 2-3 tagar membantu posting Anda berkinerja terbaik — dan tidak menggunakan #fyp tidak akan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai Fyp.

Algoritme TikTok sulit diprediksi, tetapi Anda lebih baik menggunakan tagar yang lebih relevan dengan posting Anda untuk menemukan audiens target ideal Anda.

Selalu ada sesuatu yang dapat dimanfaatkan merek Anda untuk mengembangkan jangkauan. Temukan cara kreatif untuk memasukkan merek Anda ke dalam tren TikTok yang sedang berlangsung dan tampil menonjol di antara yang lain.

4. Pahami Nuansa Keterlibatan Video Bentuk Pendek

TikTok dirancang untuk menggulir dari video ke video, dan Anda hanya memiliki beberapa detik untuk membuat kesan pertama pada pemirsa Anda.

Jika memungkinkan, Anda perlu menjaga konten Anda tetap dimuat di depan pada hiburan untuk menghentikan orang-orang menggulir, dan membuat mereka tetap fokus pada merek Anda.‍

Wajar jika akun Instagram dan TikTok Anda memiliki konten yang saling silang. Bersikaplah strategis saat merekam konten Anda sehingga Anda dapat muncul dengan konten asli di kedua tempat tanpa menghabiskan banyak waktu ekstra untuk membuat konten untuk strategi pemasaran lintas saluran Anda.

Untuk terus menumbuhkan pengikut dan keterlibatan Anda di setiap saluran, Anda harus muncul untuk pengguna Instagram dan TikTok dengan sesuatu (setidaknya sedikit) berbeda di setiap saluran sosial.

5. TikTok Analytics

Membuat konten indah yang membuat Anda diperhatikan adalah tujuannya, tetapi datalah yang memungkinkan Anda mengetahui bagaimana konten itu muncul.

Dengan peluncuran dalam aplikasi Reels Insights, merek sekarang memiliki semua metrik yang mereka butuhkan di ujung jari mereka untuk menghasilkan video yang beresonansi.

Gunakan pendekatan yang sama saat merencanakan strategi marketing Anda, dengan membuka analitik TikTok Anda dan memperhatikan postingan yang menghasilkan jangkauan, penayangan video, dan pembagian tertinggi.

Anda memiliki opsi untuk beralih ke akun bisnis (akun pro) untuk melihat lebih banyak analitik untuk merek Anda.

Cari kesamaan postingan dengan performa terbaik dalam setiap aplikasi untuk membantu menginformasikan strategi Anda tentang cara melanjutkan kurasi feed yang berkinerja tinggi dan menyenangkan secara visual.

6. Buat Konten Video Menyenangkan yang Menghibur Audiens Anda

Semua hal dipertimbangkan, video bentuk pendek adalah tentang bersenang-senang. 74% Gen Z dan 72% penonton berusia di atas 26 tahun mengatakan bahwa mereka paling ingin melihat konten lucu dari merek.

Ini adalah kesempatan bagus untuk bereksperimen, mengambil risiko, dan bersenang-senang dengan jenis konten yang belum pernah Anda buat sebelumnya, seperti tantangan tagar atau tantangan menari.

Lihatlah apa yang dilakukan influencer TikTok, dan pertimbangkan untuk memasukkan konten buatan pengguna ke dalam strategi Anda.

Alat pengeditan video TikTok memiliki banyak efek asli yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan konten Anda dan membuatnya lebih menarik bagi pemirsa.

Bersenang-senanglah dengan stiker atau emoji untuk membuat video yang asyik dan trendi, atau jelaskan apa yang terjadi dengan teks. Bereksperimenlah dengan efek yang mendorong keterlibatan paling besar untuk merek Anda.

TikTok merekomendasikan untuk memposting 3-5 kali per minggu, mirip dengan platform media sosial lainnya. Memposting dengan irama yang kurang dari itu membuat merek Anda sulit ditemukan dalam algoritme TikTok, dan di sisi lain memposting lebih dari 5 kali per minggu mungkin terlalu banyak untuk beberapa pengikut Anda.

Jika Anda ingin konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam iklan TikTok.

7. Memanfaatkan Iklan TikTok 

Salah satu cara terbaik sebuah merek dapat mengoptimalkan strategi marketing TikTok mereka adalah dengan memanfaatkan iklan TikTok.

Mengapa TikTok bagus untuk iklan? Karena jangkauan. Karena TikTok sangat populer, kemungkinannya tidak terbatas. Ada berbagai jenis jenis iklan yang memungkinkan merek untuk menyesuaikan kampanye mereka dengan apa yang mereka butuhkan. 

Membangun kampanye terdiri dari memilih tujuan, menetapkan anggaran, memilih penempatan, menargetkan pemirsa yang tepat, dan menetapkan strategi penawaran Anda.

Setelah persyaratan ini dipenuhi, saatnya membuat iklan Anda. Pada titik ini Anda seharusnya sudah memiliki salinan dan materi iklan Anda, tinggal memasukkannya ke dalam template iklan.

Baca juga: Rahasia Storytelling dalam Marketing yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Saat ini, TikTok menjadi saluran media sosial terpopuler dengan pengguna mencapai 3 milyar. Sebuah angka yang sangat fantastis dan sangat disayangkan apabila Anda tidak memanfaatkannya demi kepentingan bisnis Anda.

Strategi marketing TikTok bisa Anda jadikan sebagai cara efektif untuk mengenalkan merek Anda kepada target pasar Anda. Sehingga, penjualan bisnis Anda pun juga akan meningkat.

Selain harus pintar menerapkan strategi marketing yang tepat, dalam menjalankan bisnis, Anda juga harus tepat dalam mengelola keuangan bisnis.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan software akuntansi Kledo yang memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi terbaik seperti invoice, purchase, manajemen stok, laporan laba rugi, dan fitur terbaik lainnya.

Kledo merupakan software berbasis cloud sehingga data bisnis Anda akan terjamin keamanannya. Dan juga, Anda bisa memantau performa bisnis Anda dari mana saja dan kapan saja.

Tertarik mencoba? Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 16 =