Strategi Penetrasi Pasar: Pengertian, Manfaat, Cara Meningkatkan, dan Tahapannya

strategi penetrasi pasar

Strategi penetrasi pasar dapat membantu meningkatkan basis pelanggan dan pendapatan merek. Dengan mengidentifikasi pangsa pasar perusahaan Anda saat ini dan membandingkannya dengan permintaan, Anda kemudian dapat membuat strategi penetrasi.

Memahami strategi yang berbeda dan cara menerapkannya dapat membantu meningkatkan pangsa pasar tersebut.

Dalam artikel ini, kami mendiskusikan manfaat strategi penetrasi pasar dan menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Strategi Penetrasi Pasar?

Strategi penetrasi pasar adalah rencana untuk meningkatkan pangsa pasar suatu produk dalam suatu industri.

Penetrasi pasar adalah proses mengidentifikasi bagaimana ukuran pasar potensial berhubungan dengan produk yang disertakan.

Bisnis menggunakan strategi penetrasi pasar untuk mengidentifikasi apakah mungkin untuk mendapatkan pangsa pasar di area tertentu untuk memenuhi tujuan mereka.

Langkah-langkah atau tindakan spesifik yang dapat diambil bisnis untuk meningkatkan pangsa pasarnya adalah dasar dari strategi penetrasi pasar.

Item-item ini mungkin mencakup hal-hal seperti taktik periklanan, rencana pemasaran, atau bahkan penyesuaian harga.

Strategi penetrasi pasar hanyalah salah satu jenis strategi pertumbuhan bisnis.

Yang lainnya mungkin termasuk strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk atau strategi diversifikasi.

Baca juga: Hedging Adalah Strategi Lindung Nilai dalam Investasi, Ini Penjelasannya!

Mengapa Penetrasi Pasar Penting?

strategi penetrasi pasar

Penetrasi pasar adalah cara memaksimalkan penjualan melalui produk yang sudah ada tanpa harus mengubahnya.

Karena pasar adalah wilayah yang dikenal oleh perusahaan, cara ini melibatkan risiko minimal dan sangat populer digunakan di kalangan pemasar.

Tetapi bagaimana penetrasi pasar membantu dalam membangun merek?

Difusi yang mudah di pasar

Strategi penetrasi pasar membantu untuk menyusup ke total addressable market (TAM), sehingga lebih mudah untuk menjangkau massa yang lebih besar. Orang-orang mulai memperhatikan merek dan mereka dapat beralih ke produk baru dengan cepat.

Penciptaan goodwill

Kualitas yang baik menarik pelanggan dan ketika merek memberikan itu kepada pelanggan mereka, mereka bersedia untuk kembali. Berita menyebar dengan cepat di pasar dan itu membangun goodwill dan citra positif terhadap pesaing.

Pertumbuhan yang cepat

Penetrasi pasar adalah cara tercepat untuk memperkuat basis pelanggan dan membangun kehadiran seseorang di pasar. Menetapkan harga rendah bertindak sebagai kekuatan pendorong untuk menarik pelanggan, yang menciptakan dampak besar di pasar, terutama mempengaruhi persaingan.

Membuat produk bernilai ekonomis

Banyak perusahaan juga mendapat manfaat dari pencapaian skala ekonomi.

Mengakar pada permintaan produk yang besar menyebabkan mereka dapat meningkatkan skala tingkat produksi mereka dan menurunkan biaya per unit.

Baca juga: Laporan Keuangan Interim: Arti, Isi dan Bedanya dengan Laporan Tahunan

Membangun prospek masa depan

Penetrasi pasar memberikan wawasan tentang bagaimana pelanggan memandang penawaran.

Jika perusahaan berhasil melibatkan dan mempertahankan pelanggannya, mereka juga memiliki isyarat untuk menjual produk baru yang mungkin diluncurkan di masa depan.

Bagaimana Cara Menghitung Penetrasi Pasar?

Penetrasi pasar memainkan peran yang cukup besar dalam membangun sebuah merek dan

Katakanlah, misalnya, sebuah perusahaan menjual jam tangan dan total pasar terdiri dari 5000 pelanggan. Dari 5000 pelanggan ini, 500 di antaranya membeli produknya.

Sekarang untuk menghitung penetrasi perusahaan ini di pasar, kita membagi 500 dengan 5000, yang memberi kita tingkat penetrasi pasar sebesar 10%.

500/5000*100 = 10%

Banner 2 kledo

Cara Meningkatkan Penetrasi Pasar

Penetrasi pasar menetapkan Anda menggunakan strategi terbaik untuk memperkuat posisi Anda dan meningkatkan pertumbuhan Anda di pasar.

Perusahaan menggunakan matriks Ansoff untuk memutuskan strategi mana yang paling sesuai dengan organisasi mereka.

Hal yang paling penting dalam proses penetrasi pasar adalahAnda sudah mengetahui keberadaan pasar untuk produk Anda dan bagaimana tanggapannya.

Selajutnya Anda bisa fokus dengan menambahkan nilai lebih pada produk dalam bisnis. Selain itu, sedikit promosi ekstra untuk merek tidak ada salahnya.

Berikut adalah beberapa cara dalam meningkatkan penetrasi pasar

Gunakan harga kompetitif

Harga memainkan peran penting dalam menciptakan strategi penetrasi pasar karena ini adalah salah satu faktor pertama yang dipertimbangkan konsumen sebelum membeli produk.

Dengan semakin populernya e-commerce, membandingkan harga di seluruh platform menjadi sangat mudah.

Sekarang produk Anda berada di pasar yang sudah ada sudah memiliki pengganti dan pesaing, menjadikan harga sebagai kekuatan pendorong penjualan Anda.

Seringkali perusahaan menggunakan harga yang kompetitif dalam situasi ini.

Menetapkan harga rendah

Ini adalah strategi umum yang digunakan oleh pengecer untuk menarik pelanggan dengan menetapkan harga rendah dan menjadi yang terdepan dalam permainan.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan risiko menghadapi kerugian besar jika Anda tidak dapat memulihkan biaya produksi Anda.

Lebih jauh, strategi ini tidak akan berhasil dalam kasus produk mewah. Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak menawarkan harga yang sangat rendah untuk produk Anda karena pelanggan mungkin menyimpulkan bahwa produk Anda kurang berharga atau berkualitas murah.

Baca juga: Berikut Pembahasan Lengkap Beban Penjualan, Umum, dan Administrasi

Menetapkan harga tinggi

Jika Anda memilih untuk menawarkan harga tinggi untuk produk Anda dibandingkan dengan pesaing Anda, maka Anda perlu membenarkan kenaikan harga dengan menambahkan fitur baru atau modifikasi pada produk Anda.

Pelanggan cenderung menganalisis nilai produk dengan harga tinggi sebelum membelinya.

Menetapkan harga setara

Perusahaan menetapkan harga yang setara di pasar untuk menghindari perang harga dan mengalihkan fokus ke produk itu sendiri.

Sekarang jika Anda dapat menawarkan fitur yang lebih baik dengan harga yang sama tanpa menambah banyak biaya, pesaing Anda secara otomatis akan tertinggal.

Terlibat dalam perang harga sangat baik di pasar di mana pelanggan sensitif terhadap harga, tetapi penting bagi Anda untuk mengingat pendapatan rata-rata dari target pasar.

Misalnya, produk makeup vegan, yang harganya lebih tinggi daripada produk makeup lainnya.

Strategi penetrasi pasar yang melibatkan penurunan harga akan merangsang pelanggan untuk beralih ke merek Anda, tetapi pada saat yang sama, Anda perlu memastikan bahwa produk Anda tidak dianggap murah.

Memperkenalkan lebih banyak saluran distribusi

Saluran distribusi adalah jalur yang dilalui produk atau layanan apa pun sebelum mencapai konsumen akhir.

Ini mencakup siapa saja yang merupakan bagian dari proses penjualan – grosir, pengecer, distributor, dan terkadang bahkan Internet seperti dalam kasus e-commerce.

Memiliki saluran distribusi yang baik dan efisien merupakan bagian integral dari pemasaran karena memastikan pengiriman produk dan layanan kepada pelanggan pada waktu yang tepat.

Jadi, bergantung hanya pada satu saluran distribusi tidak disarankan ketika Anda berjuang untuk pertumbuhan yang cepat.

Tambahkan lebih banyak saluran distribusi untuk meningkatkan jumlah cara di mana produk atau layanan dapat menjangkau pelanggan.

Atur proses distribusi sedemikian rupa untuk mengurangi jumlah pemberhentian yang harus dilalui produk atau layanan dan membuatnya lebih efisien.

Dengan dimulainya era digital, e-commerce dan saluran pemasaran online telah membuatnya jauh lebih mudah bagi pengecer untuk menjangkau pelanggan mereka dengan cepat sangat tidak bijaksana jika tidak memanfaatkan peluang ini.

Baca juga: Payroll Accounting (Akuntansi Penggajian), Berikut Pembahasan Lengkapnya

Modifikasi produk Anda

Anda perlu mendengarkan pelanggan Anda untuk membuat mereka mendengarkan Anda.

Jika Anda ingin pelanggan Anda membeli produk Anda, Anda perlu memberi mereka apa yang mereka butuhkan.

Analisis ulasan dan umpan balik pelanggan untuk produk Anda dan produk serupa lainnya di pasar.

Ini membantu mengidentifikasi fitur apa pun yang mungkin hilang dalam produk. Sekarang gunakan ini untuk menyesuaikan dan memodifikasi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Terkadang, daya tarik produk dapat dibangun hanya dengan mengkomunikasikan nilai produk.

Dengan membuat penyesuaian kecil pada produk dan kemasan, Anda dapat menarik pelanggan dengan lebih kuat dan meningkatkan penjualan Anda secara keseluruhan.

Contohnya adalah Apple yang memiliki penetrasi pasar tertinggi di industri smartphone di seluruh dunia meskipun iPhone lebih mahal.

Alasan di balik ini adalah daya tarik pelanggan yang dihasilkan iPhone di antara konsumennya. Ketika mereka merasakan kualitas perangkat mereka yang tak tertandingi dan fitur-fitur eksklusif, itu memuaskan nilai uang.

Baca juga: Ekonomi Digital: Arti Pentingnya, Jenis, dan Contohnya

Mengakuisisi bisnis

Akuisisi adalah pendekatan standar yang menumbuhkan ide untuk membeli pesaing Anda alih-alih menantang mereka.

Perusahaan yang ada sudah memiliki penjualan dan pangsa pasar yang mapan di industri.

Membeli seluruh perusahaan memungkinkan Anda untuk mengakses basis pelanggan mereka, mempertahankan penjualan mereka saat ini dan pada saat yang sama meningkatkan skala operasi Anda sendiri.

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin tidak memiliki sumber daya yang diperlukan untuk membeli seluruh perusahaan, tetapi Anda dapat mencari aliansi strategis dengan perusahaan untuk memperluas jangkauan Anda dan menjelajahi audiens baru.

Bentuk aliansi strategis yang paling umum adalah membentuk usaha patungan di mana setiap perusahaan memiliki kepemilikan saham ekuitas yang pasti. Hal ini memudahkan usaha kecil untuk memasuki pasar baru di masa depan.

Misalnya: Facebook (sekarang Meta) membeli Instagram dan WhatsApp adalah contoh sempurna di mana sebuah perusahaan mengakuisisi bisnis lain di industri yang sama untuk menyelesaikan persaingannya.

Baik WhatsApp dan Instagram tumbuh dengan mantap untuk merebut pangsa pasar menggantikan aplikasi seluler populer lainnya, terutama Facebook.

Jadi, melihat ini sebagai ancaman, Facebook mengubahnya menjadi peluang dengan membeli pesaingnya. Saat ini, aplikasi-aplikasi ini memiliki basis pengguna gabungan sebesar 3,6 miliar.

Baca juga: Pengertian, Cara Ukur, dan Tujuan Strategi Pemasaran

Sesuaikan kampanye pemasaran

Pelanggan mengetahui tentang produk Anda melalui kampanye iklan Anda. Anda perlu terhubung dengan pelanggan Anda melalui kampanye ini sehingga mereka melihat nilai dalam produk dan merasakan dorongan untuk membelinya.

Kampanye pemasaran yang agresif membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar dan meningkatkan kesadaran merek.

Meningkatkan anggaran untuk kampanye pemasaran dan promosi membantu dalam menghasilkan kesadaran merek dan pangsa pasar yang lebih besar di industri.

Perusahaan menganalisis biaya pemasaran mereka untuk mengidentifikasi area dengan tingkat konversi pelanggan tertinggi.

Cara lain untuk memenangkan kepercayaan pelanggan adalah dengan membuat produk Anda diuji dan diverifikasi oleh organisasi bersertifikat. Ini memberi mereka rasa percaya dan mendorong mereka untuk setia pada merek Anda.

Baca juga: Pengendalian Internal (Internal Control): Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen dan Contohnya

Menyederhanakan proses pembelian

Dengan semakin populernya platform e-commerce, kebanyakan orang ingin berbelanja online dari kenyamanan rumah mereka.

Dengan demikian, menjadi penting bahwa proses melakukan pembelian itu sederhana dan tidak merepotkan.

Anda perlu memberikan pengalaman belanja online terbaik kepada pelanggan Anda, sehingga mereka ingin kembali lagi nanti.

Ketika seseorang membuka situs web Anda, situs web tersebut harus mudah diakses, dan orang tersebut tidak boleh menghadapi kesulitan dalam menavigasi melalui situs untuk menemukan apa yang mereka cari.

Jika melakukan pemesanan melibatkan formalitas yang panjang, itu menjadi penghalang besar bagi pelanggan.

Pastikan bahwa proses checkout tidak memerlukan banyak detail untuk diisi dan memiliki opsi yang ramah pelanggan seperti Cash on Delivery (COD) atau kebijakan pengembalian yang mudah.

Anda tidak perlu melakukannya dengan benar dalam upaya pertama Anda, jadi Anda dapat mengambil bantuan dari bisnis yang telah menguasai konsep ini dan membantu Anda dalam prosesnya.

Baca juga: Cashback Adalah: Manfaat, Contoh, Cara Hitung, Bedanya dengan Diskon

Meningkatkan jangkauan geografis

Pendekatan lain adalah mempertimbangkan untuk memperluas ke lokasi baru. Proses penskalaan menjadi jauh lebih mudah ketika Anda mendapatkan akses ke pasar baru dengan peluang untuk memanfaatkan berbagai sumber daya dan menjangkau pelanggan potensial baru.

Pada saat yang sama, Anda mengurangi risiko operasional Anda dengan memperluas kehadiran Anda di pasar.

Tetapi ini bukanlah strategi penetrasi pasar yang sangat mudah dan memiliki risiko finansial yang besar.

Peningkatan penjualan tidak dijamin sampai produk Anda memiliki proposisi nilai yang cukup besar di pasar.

Anda perlu menjanjikan manfaat bagi pelanggan Anda yang akan mereka dapatkan setelah membeli produk Anda dan menunjukkan kepada mereka bagaimana produk itu berguna bagi mereka.

Studi yang cermat tentang lingkungan ekonomi, sosial, budaya, dan politik yang dipasangkan dengan analisis pasar yang terperinci membantu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan di lokasi geografis mana pun dan membantu Anda memasarkan produk Anda sesuai dengan itu.

Mengedukasi Pasar

Jika Anda ingin meluncurkan produk baru tanpa basis pelanggan yang sudah mapan, pertama-tama Anda perlu menarik perhatian pada merek Anda, sehingga pelanggan menjadi sadar akan keberadaan Anda.

Anda perlu pelanggan Anda untuk memahami bagaimana Anda memecahkan masalah mereka sehingga mereka melihat bahwa Anda merasakan masalah mereka.

Bantu mereka mengenal Anda dengan menggunakan alat pemasaran seperti iklan PPC dan promosi di situs web yang berkinerja baik.

Edukasi pelanggan membantu menginspirasi pelanggan untuk membangun loyalitas dan kepercayaan merek dan mereka tidak merasa gelisah ketika Anda meminta mereka untuk memilih produk Anda daripada produk lain yang mereka gunakan sebelumnya.

Baca juga: Metode Riset Konsumen dan Tips Melakukannya

Bagaimana Cara Membua Strategi Penetrasi Pasar yang Efektif?

strategi penetrasi pasar

Anda bisa membuat strategi penetrasi pasar dengan langkah-langkah berikut ini:

Menghitung penetrasi pasar

Sebelum mengembangkan strategi penetrasi pasar, Anda dapat menghitung terlebih dahulu tingkat penetrasi pasar barang tersebut.

Perhitungan ini dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak produk atau jasa yang diminati oleh pelanggan di pasar.

Hal ini dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak pasar yang tersedia untuk Anda ambil.

Teliti berapa banyak pangsa pasar saat ini yang Anda miliki sehingga Anda dapat memperbarui angka-angka setelah menerapkan setiap strategi untuk menentukan tingkat keberhasilannya dan membuat penyesuaian.

Identifikasi kekuatan merek Anda

Akan sangat membantu jika Anda mempertimbangkan bagaimana produk dan merek Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan pesaing Anda di pasar. Hal ini dapat membantu Anda memilih strategi penetrasi yang tepat.

Tulislah daftar hal-hal terpenting yang perlu dipertimbangkan tentang perusahaan Anda dan perusahaan lain di pasar Anda, seperti harga, ketersediaan produk, kualitas dan lokasi.

Lihat di area mana bisnis Anda paling sukses dan di mana Anda bisa melakukan perbaikan.

Pilih strategi atau kombinasi strategi

Setelah melakukan penelitian, Anda mungkin tahu strategi apa yang paling cocok untuk merek Anda. Anda mungkin memutuskan untuk mengurangi harga atau meningkatkan kualitas produk Anda.

Anda bahkan mungkin bermitra dengan, atau membeli, merek serupa untuk menangkap lebih banyak pasar tertentu. Pilih strategi yang selaras dengan target audiens Anda dan tujuan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Tentukan cara mengukur kemajuan

Tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya setelah menerapkan strategi penetrasi Anda.

Tetapkan timeline yang spesifik dan kemudian hitung ulang tingkat penetrasi pasar untuk mencari perubahan.

Tentukan keberhasilan strategi Anda dan apakah Anda telah menangkap jumlah pangsa pasar yang diharapkan.

Anda bisa mencoba strategi lain untuk melengkapi strategi awal Anda atau mencoba mendapatkan lebih banyak lagi pangsa pasar.

Baca juga: Ingin Endorse Selebgram? Perhatikan Hal Berikut Ini

Contoh Nyata Strategi Penetrasi Pasar

Apple

Apple Inc. menyumbang lebih dari 50% pendapatan dalam industri ponsel cerdas. Dengan terus menerus memperkenalkan model-model baru yang lebih baik secara berkala, perusahaan ini berhasil membuat para pelanggan tetap terpikat pada produknya.

Tidak hanya itu, perusahaan ini masih memiliki kapasitas untuk meningkatkan basis pelanggannya dengan menyerang pesaing.

McDonald’s

McDonald’s menggunakan penetrasi pasar sebagai strategi utama untuk pertumbuhan. McDonald’s adalah rantai makanan cepat saji terbesar di dunia dan tumbuh dengan menjangkau pelanggan di tempat yang sudah ada.

Misalnya, McDonald’s membuka gerai-gerai baru di Amerika Utara dan Eropa melalui waralaba dan kepemilikan korporat, hanya untuk tumbuh secara global dengan menambahkan lokasi baru.

Netflix

Netflix tidak mempraktikkan harga penetrasi. Sebaliknya, Netflix mengenakan biaya yang lebih tinggi daripada platform streaming lainnya, tetapi masih berhasil mengalahkan mereka semua.

Alasannya di sini adalah kualitas konten dan pengalaman yang ditawarkannya sehingga pelanggan tidak keberatan membayar sedikit lebih banyak.

Baca juga: 10 Teknik Promosi yang Mudah Digunakan Pemilik Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai strategi penetrasi pasar yang bisa Anda gunakan dalam proses pemasaran dalam bisnis Anda.

Melakukan penetrasi pasar yang baik harus dimulai dari perencanaan dan pengetahuan produk juga pasar yang mendalam.

Selain, pastikan juga sekuruh transaksi dan proses keuangan dalam bisnis Anda tercatat dengan baik dengan pembukuan yang modern.

Belum menggunakan proses pembukuan yang baik dalam bisnis? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan, membuat laporan keuangan dalam satu klik, manajemen aset, multi user dan gudang, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 18 =