Berbagai Jenis Software Pengembangan Bisnis yang Harus Anda Miliki

Software Pengembangan Bisnis

Proses dalam menjalankan bisnis apa pun bisa sangat sulit. Pemilik bisnis terbaik tahu bahwa ada sejumlah software yang berguna yang dapat membuat hidup lebih mudah dengan meningkatkan efisiensi pengembangan bisnis.

Software ini sangat dibutuhkan untuk bisnis kecil, di mana pengelolaan aspek bisnis individu kurang terspesialisasi dibandingkan dengan perusahaan yang lebih besar.

Mulai dari akuntansi hingga CRM, alat-alat penting ini dapat meringankan beban manajemen bisnis kecil dengan memungkinkan dokumentasi aktivitas bisnis yang mudah diakses dan dipahami.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa software yang harus Anda miliki untuk membantu pengembangan bisnis lebih baik.

Bagaimana Jenis Bisnis Mempengaruhi Software yang Dibutuhkan?

Pertama-tama, penting untuk mengidentifikasi jenis software atau tools apa yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pengoperasian bisnis kecil memiliki kebutuhan yang sangat berbeda dengan perusahaan besar.

Selain itu, setiap industri memiliki kebutuhan unik dan penting untuk memastikan kelancaran operasi bisnis.

Bisnis dengan basis karyawan yang besar akan membutuhkan software payroll yang lebih komprehensif daripada bisnis yang lebih kecil yang beroperasi dengan hanya beberapa individu, sementara bisnis dengan basis klien yang besar akan membutuhkan aplikasi time tracking yang akurat untuk menyimpan dokumentasi terperinci tentang pekerjaan mana yang sedang dilakukan untuk klien mana.

Mengidentifikasi dan memahami jenis software apa yang akan paling efektif dalam menambah nilai pada praktik bisnis Anda sangat penting dalam membuat keputusan eksekutif yang cerdas.

Kebutuhan industri spesifik juga penting untuk dipertimbangkan. Barang dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda akan berdampak besar pada kebutuhan software Anda.

Menyimpan jejak komprehensif interaksi klien atau rotasi stok dapat menjadi lebih atau kurang penting tergantung pada apa yang dijual oleh bisnis Anda, dan pasar tempat Anda beroperasi.

Namun demikian, ada sejumlah opsi software yang penting dalam pengembangan bisnis yang harus Anda miliki.

Baca juga: Memahami Biaya Pengiriman dalam Akuntansi dan Jurnalnya

8 Jenis Software Penting untuk Pengembangan Bisnis

1. Software akuntansi

Akuntansi, seperti yang semua orang tahu, merupakan bagian integral dari operasi bisnis apa pun.

Memilih software akuntansi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda sangatlah penting. Namun, ada banyak jenis software akuntansi yang memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda.

Memahami apa yang ditawarkan akan memungkinkan pemilik untuk memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis kecil, membantu Anda memanfaatkan waktu dengan lebih efisien dan memfasilitasi pemantauan arus kas, pengeluaran, penghitungan pajak, dan data bisnis penting lainnya.

Menjaga pembukuan Anda tetap akurat dan up to date merupakan bagian integral dari kelancaran operasi bisnis, dan perusahaan seperti Kledo, QuickBooks, dan FreshBooks menyediakan software akuntansi yang ramping dan mudah digunakan untuk bisnis kecil.

Jika Anda menggunakan Kledo misalnya, Anda bisa dengan mudah mengelola proses pembukuan melalui PC dan smartphone secara fleksibel, dimanapun dan kapanpun Anda mau.

Dengan fitur lengkap dan harga terjangkau, Anda bisa dengan mudah memantau kesehatan keuangan bisnis lewat pencatatan akuntansi yang praktis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: 10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

2. Software payroll

Salah satu pilihan software pengembangan bisnis selanjutnya adalah software payroll atau penggajian.

Software payroll yang berkualitas, seperti Gajihub, akan memungkinkan pengguna usaha kecil untuk memproses penggajian, slip gaji, pembayaran tunjangan, bonus akhir tahun, dan sejumlah masalah penggajian lainnya yang umum terjadi pada operasi bisnis secara akurat dan efisien.

Dengan Gajihub, Anda juga bisa dengan mudah memantau data kehadiran karyawan dan membuat karyawan dimudahkan karena software ini memiliki fitur employee self service dimana karyawan bisa melakkan pencatatan kehadiran dan pengajuan cuti hanya melalui smartphone.

Fitur ini terintegrasi secara sempurna dengan modul payroll sehingga memudahkan tim HR dalam menghitung payroll dan tunjangan secara benar.

Memastikan karyawan Anda dibayar dengan benar dan tepat waktu, serta melacak secara komprehensif pengeluaran untuk membayar pekerja adalah bagian penting untuk memastikan bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Jika Anda tertarik menggunakan software payroll gajihub, Anda juga bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Brand Awareness dalam Bisnis

3. Software manajemen proyek

Software manajemen proyek terbaik dapat menjadi aset bisnis yang tak ternilai bagi operasi bisnis Anda.

Jenis software ini memberi pengguna kemampuan penting untuk mengatur proyek yang kompleks dengan memecahnya menjadi segmen tugas tertentu sambil tetap memberikan pandangan menyeluruh yang komprehensif tentang proyek tersebut.

Software seperti Trello memungkinkan pengorganisasian dan pengelolaan proyek ke dalam segmen-segmen yang mudah dipahami, sehingga Anda dapat meningkatkan efisiensi bisnis dengan membuat pengorganisasian proyek yang kompleks menjadi sangat mudah.

Software manajemen proyek gratis semacam ini tidak hanya memungkinkan Anda meningkatkan manajemen organisasi bisnis Anda, namun juga memastikan bahwa Anda tahu persis bagaimana, di mana, dan mengapa sumber daya Anda digunakan untuk menyelesaikan proyek tertentu.

Rencana yang profesional dan terorganisir dengan baik juga sangat penting untuk memberikan jaminan kepada klien bahwa proyek mereka akan selesai tepat waktu dan terorganisir.

Dikombinasikan dengan program tracking time seperti MinuteDock, klien Anda akan dapat memahami dengan tepat apa yang terjadi pada proyek mereka, sehingga memudahkan proses penagihan dan pembayaran.

Dengan dokumentasi dan pengaturan komprehensif yang disediakan oleh layanan perangkat lunak semacam ini, bisnis kecil bisa menghilangkan kerumitan dan membuat manajemen sumber daya menjadi mudah.

Baca juga: 10 Ide Usaha untuk Pensiunan dan Tips Agar Tetap Produktif

4. Software manajemen hubungan pelanggan

software pengembangan bisnis 2

Salah satu cara terbaik untuk lebih memahami hubungan Anda dengan pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis adalah dengan menggunakan software manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) untuk menganalisis lebih baik cara-cara bisnis Anda berinteraksi dengan basis pelanggannya.

Bisnis kecil dapat berhasil mengelola hubungan dengan pelanggan melalui CRM terbaik untuk bisnis kecil.

Perusahaan seperti Hubspot menyediakan antarmuka yang mudah bagi pengguna dan menyajikan data dengan cara yang mudah dimengerti untuk memungkinkan operator bisnis kecil mendapatkan wawasan berharga tentang hubungan bisnis, meningkatkan retensi pelanggan, dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Software CRM mampu memberikan bantuan penting dan berharga bagi usaha kecil yang mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang interaksi mereka baik dengan pelanggan saat ini maupun pelanggan potensial.

Kemampuan untuk mengidentifikasi tren data yang berharga dalam berbagai saluran interaksi dapat menambah nilai yang tak terhitung banyaknya untuk operasi bisnis kecil Anda.

Pemahaman yang lebih baik tentang interaksi yang Anda lakukan dengan pelanggan di pasar Anda sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi area yang tepat untuk mengeluarkan sumber daya pemasaran dan memanfaatkan sebaik-baiknya alat yang Anda miliki untuk meningkatkan kinerja perusahaan Anda.

Baca juga: Kenali Berbagai Istilah Audit dalam Laporan Keuangan Berikut Ini

5. Software komunikasi

Komunikasi yang efektif dan efisien, baik secara internal di dalam bisnis maupun eksternal terhadap pelanggan, sangat penting untuk keberhasilan operasi bisnis kecil apa pun.

Penting untuk mengidentifikasi dan menggunakan software alur kerja yang kompeten untuk memaksimalkan efisiensi komunikasi bisnis Anda.

Software komunikasi, seperti Skype dan Slack, akan memungkinkan tim Anda untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara lebih efektif di semua proyek dan memungkinkan bisnis Anda untuk terlibat dengan pelanggan dan pekerja di mana pun mereka berada.

Kemampuan bisnis kecil modern untuk terlibat dengan pasar global melalui penggunaan teknologi komunikasi modern hampir tidak ada batasnya.

Penggunaan software alur kerja dan komunikasi yang efektif akan memungkinkan bisnis Anda memperluas cakrawala pasarnya dan membantu organisasi dan komunikasi antara anggota tim Anda seperti halnya software lain dalam daftar ini.

Jika digunakan secara efektif dalam kombinasi dengan efisien, bahkan program komunikasi yang paling sederhana sekalipun dapat membuat bisnis Anda tetap terorganisir dan efisien saat mengerjakan proyek tertentu, serta memungkinkan aliran komunikasi yang lebih mudah ke basis pelanggan Anda.

Terlepas dari industri apa pun yang Anda geluti, komunikasi akan tetap menjadi bagian penting dari operasi Anda, dan pilihan perangkat lunak yang sesuai untuk memfasilitasi hal ini tidak diragukan lagi dapat meningkatkan bisnis Anda.

Baca juga: 12 Tips Pembukuan UMKM yang Mudah Dilakukan

6. Software pembuatan website

software pengembangan bisnis 1

Aplikasi atau software desain/pembuatan situs web yang tepat dapat membuat pembuatan situs web yang profesional dan menarik menjadi sangat mudah.

Perangkat lunak jenis ini dapat membantu orang awam dalam mengedit atau membuat halaman web yang menarik dan jelas secara efisien untuk situs mereka, atau membantu perancang wesiter berpengalaman untuk menambahkan sentuhan akhir pada desain mereka yang akan membedakannya dari pesaing mereka.

Membangun situs web yang kaya fitur namun tetap ringan adalah proses yang rumit dan melelahkan, dan mungkin membutuhkan banyak bidang keahlian yang berbeda ketika mencoba untuk bekerja tanpa bantuan dari luar.

Jadi, kecuali Anda memiliki keahlian artistik dan TI yang diperlukan untuk melakukan pengembangan website, Anda mungkin akan jauh lebih baik menggunakan salah satu dari sekian banyak layanan pembuatan situs web yang ada.

Perusahaan-perusahaan inovatif seperti WordPress dan Squarespace menyediakan berbagai macam templat profesional dan serbaguna secara visual yang bisa digunakan sebagai landasan untuk membuat halaman web yang terlihat unik dan ramping untuk merek Anda.

Baca juga: Rekomendasi 10 Software Toko Terbaik untuk Bisnis yang Lebih Baik

7. Software transaksi pembayaran

Mengotomatiskan dan menyederhanakan transaksi pembayaran Anda dapat menjadi manfaat besar bagi alur kerja secara keseluruhan dan membuat proses penagihan Anda jauh lebih mudah.

Jika Anda menyediakan layanan berbasis langganan, software semacam ini adalah suatu keharusan!

Mengotomatiskan faktur bulanan dan pembayaran otomatis dapat mengurangi beban kerja Anda dalam hal penagihan.

Hal ini juga dapat membuat proses pengembalian dana yang diperlukan menjadi lebih mudah serta membantu menyimpan catatan rinci dari semua pembayaran Anda dan mencatat setiap kredit akun atau pelanggan yang terlambat membayar.

Mengotomatiskan pembayaran dapat membantu mengurangi kemungkinan pelanggan Anda lupa membayar faktur.

Pada akhirnya, seberapa cocok perangkat lunak semacam ini untuk bisnis Anda mungkin akan bergantung pada bagaimana proses pembayaran dan penagihan Anda terstruktur – jika setiap pekerjaan yang Anda lakukan unik untuk pelanggan, setiap faktur juga akan unik, dan mengotomatiskan berbagai hal mungkin akan bermanfaat.

Baca juga: Rekomendasi Software Invoice Terbaik untuk Bisnis Anda

8. Software penjualan, pemasaran, dan humas

Mungkin manfaat terbaik menggunakan aplikasi atau software untuk mengatur dan mengoptimalkan pengembangan bisnis Anda adalah memungkinkan Anda untuk bekerja dengan cara yang sangat terstruktur.

Software penjualan, pemasaran, dan PR umum dapat membantu Anda tetap terorganisir, yang mengarah pada efisiensi yang lebih besar, kemampuan yang lebih baik untuk mengumpulkan dan menganalisis data penjualan/pemasaran Anda, dan oleh karena itu, peningkatan yang lebih cepat dalam proses penjualan dan pemasaran Anda.

Kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak pemasaran untuk menganalisis data konversi penjualan Anda merupakan keuntungan besar untuk dapat melakukan peningkatan yang cepat dan substansial pada praktik penjualan/pemasaran Anda.

Aplikasi atau software ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan nilai maksimal dari anggaran pemasaran Anda, dan meningkatkan konversi penjualan Anda.

Lebih dari itu, aplikasi yang tepat akan membuat pengumpulan data untuk analisis di masa depan menjadi lebih mudah, dengan mengotomatiskan pengumpulan dan menjaga data tetap terorganisir dengan baik untuk membuat interpretasi informasi menjadi lebih mudah.

Baca juga: 13 Rekomendasi Software Laporan Keuangan yang Wajib Anda Coba

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang software yang akan membantu pengembangan bisnis Anda lebih mudah dan cepat.

Namun ingatlah, sebaik dan semahal apapun software yang Anda gunakan, tidak akan optimal penggunaannya jika Anda tidak mengetahui kebutuhan bisnis dan semua fitur yang disediakan oleh software tersebut.

Lakukan riset mendalam dan pastikan Anda mengetahui setiap kebutuhan dalam bisnis secara terperinci supaya seluruh proses kerja menjadi lebih mudah bukan malah sebaliknya.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − thirteen =