Ingin Meningkatkan Penjualan Bisnis? Yuk Coba Cara Berikut Ini

cara-meningkatkan-penjualan

Di antara Kawan Kledo semua, siapa yang memiliki usaha atau bisnis? Sebagai pemilik bisnis pasti menginginkan bisnisnya mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Mendapatkan keuntungan atau laba memang menjadi tujuan utama dari dimulainya sebuah bisnis. Keuntungan dan laba ini juga menjadi tolak ukur kesuksesan suatu bisnis. Semakin besar keuntungan yang didapatkan, semakin sukses pula bisnis tersebut. Salah satu cara mendapatkan keuntungan bisnis adalah dengan meningkatkan penjualan.

Meskipun jumlah penjualan tidak menjadi jaminan keuntungan yang didapat, namun semakin besar penjualan semakin besar pula persentase mendapatkan keuntungan. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan. Sebagai seorang pemilik bisnis, Kawan Kledo pasti ingin menaikan penjualan dan sering mencari cara agar penjualan terus meningkat. Lalu, sebenarnya bagaimana sih caranya?

Penjualan

penjualan

Penjualan merupakan aktivitas yang dilakukan dalam rangka menjual suatu produk atau jasa. Aktivitas penjualan ini sangat penting bagi jalannya suatu bisnis, khususnya untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Secara umum penjualan merupakan aktivitas jual beli yang dilakukan oleh dua pihak dengan pembayaran yang sah. Kawan Kledo dapat melakukan penjualan dengan dua cara, yaitu secara langsung atau melalui agen penjualan. Dalam praktiknya, penjualan tidak bisa dilakukan tanpa adanya kontribusi pelaku yang bekerja, seperti pedagang, agen, dan juga tenaga penjualan.

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis

meningkatkan penjualan

Cara meningkatkan penjualan sering menjadi pertanyaan bagi para pemilik bisnis atau tenaga penjualan yang masih pemula. Demi meningkatkan penjualan ini, banyak dari mereka yang mengikuti seminar atau pelatihan bisnis guna mendapatkan tips-tips penjualan, baik seminar yang diadakan secara gratis atau seminar berbayar. Di sini, Kledo sudah menyiapkan cara yang bisa Kawan Kledo praktikan di bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo tidak perlu mengikuti pelatihan atau seminar, cukup membaca cara-cara meningkatkan penjualan di bawah ini:

Perluas Target Penjualan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan cara memperluas target penjualan. Cara ini merupakan cara mudah yang bisa dilakukan karena dengan memperluas target penjualan, Kawan Kledo akan mendapatkan keuntungan yang signifikan. Dengan perluasan target penjualan kemungkinan Kawan Kledo akan dikenakan tambahan biaya, namun jangan menyerah sebelum mencoba. Kawan Kledo bisa kok menanganinya dengan cara melakukan riset pasar terlebih dahulu, seperti target pasar, harga, dan persaingan pasar. Riset ini dapat membantu Kawan Kledo menaikan penjualan secara signifikan jika dilakukan secara tepat.

Perluasan target penjualan ini juga bisa dilakukan dengan cara penambahan pasar yaitu dari yang awalnya hanya offline, bisa merambah ke penjualan online. Cara online sangat efektif untuk penjualan di zaman serba terknologi seperti sekarang ini, karena lebih praktis. Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk menjual produk dengan cara online, yaitu:

  • Melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook.
  • Melalui website atau blog.
  • Melalui e-commerce.

Tinjau Harga Produk atau Jasa

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan peninjauan harga produk atau jasa. Cara ini sangat penting bagi Kawan Kledo yang baru memulai sebuah bisnis. Dengan melakukan peninjauan Kawan Kledo akan mengetahui apakah harga produk atau jasa Kawan Kledo sesuai dengan harga di pasaran. Usahakan untuk selalu melakukan survey harga pasaran secara berkala, apakah harga yang Kawan Kledo berikan terlalu murah atau terlalu mahal. Ini sangat penting, terlebih harga di pasar sering kali mengalami perubahan.

Jika harga yang Kawan Kledo berikan terlalu murah, Kawan Kledo bisa menaikannya dan jika harga yang Kawan Kledo berkan terlalu mahal, Kawan Kledo bisa menyesuaikan dengan menurunkan harga sesuai pasaran. Berikut beberapa hal yang perlu Kawan Kledo tinjau untuk menentukan harga sesuai pasaran:

  • Harga produk
  • Kualitas produk
  • Jaminan produk
  • Bonus

Kawan Kledo juga menggunakan teori psikologi harga untuk memengaruhi calon konsumen agar tertarik dengan harga yang Kawan Kledo tawarkan. Berikut psikologi harga yang dimaksud:

  • Jual harga produk dengan akhiran 9,99 atau biasa disebut charm price.
  • Gunakan trik, “Hanya untuk 1 hari, dapatkan diskon 50%.”
  • Perhatikan ukuran tulisan harga.
  • Gunakan tips ‘buy one get one free’.
  • Atau beli 2 dapatkan CD Original.
  • Berikan harga paket.

Meskipun tidak sepenuhnya dapat meningkatkan pelanggan setia, namun trik atau cara di atas mampu untuk meningkatkan penjualan. Terlebih bagi produsen yang memproduksi barang dalam jumlah besar, harga paket jadi pilihan tepat untuk menjual dalam jumlah banyak.

Buat Program Promosi

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan membuat program promosi. Promosi ini bisa dilakukan dengan cara memberikan intensif pembelian, peningkatan layanan, atau berikan diskon. Promosi bisa juga dilakukan dengan cara melakukan giveaway dengan hadiah produk yang Kawan Kledo jual. Biasanya cara giveaway ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah followers di toko online dan juga memperkenalkan produk yang Kawan Kledo jual.

Pelanggan adalah Raja

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memperlakukan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Ingat quotes umum yang sering dikatakan oleh orang-orang: pelanggan adalah raja. Kenapa pelanggan bisa disebut sebagai raja?

  • Pendapat pelanggan selalu benar.
  • Mempengaruhi pelanggan lama jauh lebih mudah dibandingkan mempengarugi pelanggan yang baru.
  • Kritik pelanggan di media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar bagi bisnis.

Untuk itu sangat penting bagi Kawan Kledo untuk melayani dan memperlakukan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Kawan Kledo harus selalu memperhatikan review atau feedback yang diberikan oleh pelanggan baik secara offline maupun online.

Kembangkan Kualitas Produk

Cara terakhir yang harus Kawan Kledo lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengembangkan kualitas produk. Kualitas produk memiliki kemiripan dengan kepuasan pelanggan, yaitu sama-sama dapat mempertahankan pelanggan atau bisa menciptakan pelanggan setia.

Kualitas menjadi pertimbangan utama konsumen memilih produk yang Kawan Kledo dan jika mereka puas dengan kualitas yang diberikan, biasanya mereka tidak ragu untuk kembali membeli produk tersebut. Terlebih di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, calon konsumen sering mencari tahu testimoni pelanggan yang sudah membeli sebelumnya. Jika testimoni buruk, mereka jelas tidak akan membeli produk yang dijual. Untuk itu kualitas menjadi hal yang sangat penting bagi suatu bisnis.

Kualitas produk tidak hanya tentang kelebihan yang diberikan untuk produk tersebut, tapi juga manfaat yang diperoleh konsumen atas produk tersebut. Jadi, selalu perhatikan manfaat produk selain memperhatikan kelebihan produk bagi konsumen.

Hal-Hal di Dunia Penjualan yang Harus Diketahui

meningkatkan penjualan bisnis

Di dunia penjualan, banyak hal yang harus dipelajari khususnya bagi Kawan Kledo yang masih baru di bidang ini. Saking pentingnya penjualan ini, banyak orang yang akhirnya menggunakan agen penjualan untuk meningkatkan penjualan produknya. Buat Kawan Kledo yang tidak ingin mengeluarkan dana tambahan untuk meningkatkan penjualan, bisa lho mempelajari sendiri dengan tips-tips berikut ini. Kira-kira apa saja tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan?

Khususkan Diri di Satu Bidang

Banyak yang bilang penjual yang hebat adalah mereka yang bisa menjual berbagai jenis barang sekaligus. Padahal tidak sepenuhnya hal tersebut benar, dalam penjualan mengkhususnya diri pada satu bidang sangat perlu dilakukan. Hal ini dilakukan agar penjual dapat fokus dan memaksimalkan penjualan tersebut. Dengan fokus pada satu bidang, penjualan dapat maksimal karena penjual memiliki pengatahuan mengenai produk yang luas.

Ciptakan Daftar Prospek Pelanggan

Prospek pelanggan digunakan agar produk atau jasa yang dijual tepat sasaran. Kawan Kledo perlu membuat daftar prospek pelanggar agar mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk yang Kawan Kledo jual. Dengan begitu Kawan Kledo tidak perlu melakukan promosi penjualan kepada pihak yang tidak tertarik. Untuk menciptakan daftar prospek penjualan ini diperlukan survei dan penelitian di pasar secara langsung.

Lakukan Penelitian

Tips selanjutnya yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan melakukan penelitian. Penelitian ini dapat dilakukan dengan cara memeriksa profil target pasar di media sosial atau melalui LinkedIn, memcari tahu tentang pekerjaannya, dan juga ketertarikan calon pelanggan dengan produk yang akan Kawan Kledo tawarkan.

Fokus pada Pelanggan

Tips berikutnya adalah fokus kepada pelanggan. Kawan Kledo harus selalu mengingat bahwa tugas Kawan Kledo adalah membantu pelanggan memenuhi kebutuhannya dan menciptakan solusi dengan tulus. Dengan begitu Kawan Kledo tidak dipandang sebagai penjual tetapi sebagai orang yang membantu pembeli dalam menemukan solusi atas kebutuhannya.

Membangun Hubungan Jangka Panjang

Membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Biasanya, calon konsumen tidak langsung percaya dengan produk yang dijual orang asing atau orang yang baru dikenalnya. Mereka jauh lebih percaya jika yang menawarkan produk tersebut adalah orang yang mereka kenal dan memiliki hubungan baik dengan mereka. Untuk itu membangun hubungan jangka panjang ini sangat penting untuk dilakukan.

Kesimpulan

Penjualan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam bisnis. Besarnya keuntungan yang didapat tergantung berapa penjualan yang didapatkan. Untuk itu meningkatkan penjualan selalu menjadi tujuan dari bisnis. Meskipun tidak mudah, namun meningkatkan penjualan dapat dipelajari dengan cara-cara di atas. Kawan Kledo sudah melakukan cara yang mana?

Setelah penjualan mengalami peningkatan, ada hal lain yang juga harus diperhatikan yaitu pengelolaan keuangan. Mengelola keuangan akan menjadi penentu bisnis ke depannya. Sebanyak apapun penjualan yang didapatkan jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik, dapat menyebabkan kerugian pada bisnis. Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan keuangan secara manual atau bisa juga menggunakan cara mudah yaitu menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi fitur-fitur yang sangat lengkap yang akan memudahkan Kawan Kledo mengelola keuangan. Kawan Kledo bisa langsung mendaftar dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *