10 Tips Membangun Kedai Kopi yang Menguntungkan, Berani Coba?

kedai kopi

Kedai kopi menjadi bisnis yang bisa sangat menguntungkan bagi Kawan Kledo melakukannya dengan benar. Kawan Kledo bisa menargetkan konsumen yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi sehingga memerlukan kopi, espresso, latte, teh, dan berbagai kue kering lainnya.

Untuk lebih menarik pelanggan, Kawan Kledo bisa menambahkan fasilitas Wi-Fi dan fasilitas ramah kerja lainnya. Fasilitas-fasilitas ini dibuat untuk memudahkan pelanggan yang ingin bekerja atau melakukan pertemuan.

Bisnis kopi dan makanan ringan memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Model bisnis ini dipelopori oleh Starbucks, yang pada tahun 2021 telah berkembang menjadi hampir 33.000 lokasi kedai kopi di seluruh dunia.

Jika Kawan Kledo termasuk salah satu ornag yang menyukai kopi dan sedang mencari peluang bisnis, berikut adalah panduan buat Kawan Kledo yang ingin memulai kedai kopi dan meraih kesuksesan:

Pilihan Bisnis Kedai Kopi

Ada 3 (tiga) pilihan buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis kedai kopi ini, apa saja?

Membeli Franchise

Pilihan pertama yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan membeli franchise atau waralaba. Memilih jenis bisnis franchie ini, Kawan Kledo dapat memberli bisnis secara paketan.

Dengan biaya tertentu, Kawan Kledo akan diberikan bisnis di lokasi yang dipilih oleh penyedia waralaba. Kawan Kledo juga tidak perlu memikirkan operasional bisnis karena semuanya sudah dalam paket pembelian franchise.

Beli Bisnis yang Sudah Ada

Berinvestasi di toko yang akan dijual atau membutuhkan perombakan adalah cara lain yang bisa Kawan Kledo lakukan dalam membangun coffee shop. Namun, menemukan bisnis yang menguntungkan ini untuk pastinya bukan tugas yang mudah.

Setidaknya Kawan Kledo mesti mengetahui seluk-beluk bisnis tersebut sebelum membelinya.

Mulai dari Awal

Memulai bisnis sendiri dari awal membutuhkan usaha paling keras, tetapi juga menawarkan fleksibilitas dan potensi terbaik untuk keuntungan yang maksimal. Buat Kawan Kledo yang memiliki ide-ide untuk memulai bisnis baru, memulai dari awal ini patut untuk dipertimbangkan.

Memilih Tempat untuk Bisnis Kedai

Sebelum membuka kedai kopi, Kawan Kledo perlu pahami bisnis-bisnis ini begitu populer. Ada beberapa alasan kenapa tempat ini sangat popular.

Kedai kopi merupakan tempat yang tepat untuk bersosialisasi dan bertemu dengan teman-teman, atau untuk menghabiskan waktu membaca atau menjelajahi internet sembari menikmati minuman dan makanan ringan.

Selain itu, coffee shop merupakan tempat yang populer untuk pertemuan bisnis informal, atau bagi siswa yang ingin menyelesaikan tugas sekolah. Kawan Kledo yang pernah mengunjungi coffee shop terkenal, pasti pernah melihat pengunjung yang sibuk dengan layar laptop atau sekelompok siswa yang berkolaborasi dalam proyek sekolah.

Saat memilih lokasi, pilihlah tempat yang dekat dan nyaman untuk target pelanggan yang akan tuju oleh bisnis Kawan Kledo ini. Jika Kawan Kledo memilih bisnis franchise atau membeli bisnis yang sudah ada, Kawan Kledo pastinya tidak perlu memikirkan lokasi, tetapi Kawan Kledo tetap harus melakukan riset dan memutuskan apakah akan tetap memilih tempat tersebut atau memilih tempat lain.

Buat Kawan Kledo yang bingung memilih tempat untuk bisnis ini, berikut 2 (dua) hal yang bisa Kawan Kledo lakukan:

1. Lokasi Sewa

Pertama, perlu perhatikan bahwa lokasi strategis belum tentu yang terbaik untuk keuntungan bisnis Kawan Kledo. Mal dan lokasi strategis lainnya biasanya memiliki harga sewa tertinggi dan persaingan paling tinggi.

Kawan Kledo bisa memilih tempat yang dekat dengan lalu lintas jalan ataupun di kompleks perumahan. Selain itu, coffee truck juga bisa menjadi pilihan Kawan Kledo jika ingin memulai usaha dengan modal kecil.

Coffee truck tidak membutuhkan tempat yang luas dan Kawan Kledo bisa membuka bisnis ini di depan toko atau supermarket. Namun kekurangannya Kawan Kledo tidak bisa memberikan tempat yang nyaman untuk pengunjung yang ingin makan di tempat.

2. Lalu Lintas dan Parkir Kendaraan

Buat Kawan Kledo ingin membuka bisnis kedai kopi, Kawan Kledo harus mempertimbangkan aksesibilitas dan tempat parkir parkir. Jika pelanggan harus melewati jalan yang sibuk untuk sampai ke tempat bisnis Kawan Kledo atau mereka kesulitan menemukan tempat parkir yang tersedia, kemungkinan besar mereka akan berpindah ke tempat lain.

Di sini Kawan Kledo bisa memilih lokasi yang nyaman dan mudah dilihat di jalan yang sibuk, dengan aktivitas pejalan kaki, dan banyak tempat parkir. Tempat parkir ini akan membuat pelanggan dapat dengan mudah mampir dalam perjalanan ke atau dari tempat kerja atau sekolah.

10 Tips Membangun Bisnis Kedai Kopi

Selain cara memilih tempat lokasi usaha yang telah dijelaskan di atas, Kawan Kledo juga bisa menerapkan 10 tips berikut ini agar coffee shop Kawan Kledo bisa sukses:

1. Miliki Perencanaan Bisnis yang Baik

Tips pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk memulai bisnis coffee shop adalah Kawan Kledo harus memiliki perencanaan bisnis yang baik. Perencanaan bisnis ini sangat penting karena akan menjadi pedoman bagi Kawan Kledo untuk membangun bisnis Kawan Kledo.

Perencanaan bisnis ini meliputi deskripsi bisnis, strategi pemasaran, analisa kompetitor, implementasi pada proses produksi, rencana operasional, pembiayaan, hingga melakukan evaluasi. Kawan Kledo harus membuat perencanaan ini dengan selengkap-lengkapnya agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

2. Temukan Lokasi Kedai Kopi Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lokasi menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis coffee shop. Oleh karenanya Kawan Kledo harus menemukan lokasi terbaik agar pelanggan mudah menemukan dan mengaksesnya.

Bagaimana cara menentukan lokasi terbaik untuk bisnis kedai kopi ini? Kawan Kledo bisa melakukan survey lokasi sebelum memutuskan untuk memilih suatu lokasi.

Jangan lupa untuk melakukan analisis lokasi tersebut apakah layak untuk dipilih sebagai lokasi bisnis Kawan Kledo atau tidak.

3. Atur Ruang Kedai Kopi dengan Baik

Salah satu daya tarik coffee shop adalah ruang atau tempat yang nyaman. Bahkan bisa dibilang coffee shop tidak hanya menjual makanan dan minuman, tetapi juga menjual tempat.

Jadi, pastikan Kawan Kledo mengatur ruang dan tempat ini senyaman mungkin. Kawan Kledo bisa menambahkan berbagai hiasan ginding ataupun memilih tema tertentu untuk kedai Kawan Kledo.

Selain itu Kawan Kledo juga bisa memberikan spot khusus untuk berswafoto. Kawan Kledo juga bisa mengubah suasana kedai ini beberapa waktu tertentu agar pelanggan bisa merasakan pengalaman dan suasana yang berbeda.

4. Rekrut Tenaga Profesional

Untuk membangun sebuah coffee shop Kawan Kledo juga perlu merekrut tenaga profesional yang akan membantu pekerjaan Kawan Kledo di sana. Dalam merekrut karyawan ini, pastikan Kawan Kledo merekrut tenaga yang telah profesional di bidang ini.

Tidak semua orang bisa membuat berbagai jenis kopi dengan baik dan benar, jadi Kawan Kledo pilihlah mereka yang telah memiliki sertifikat di bidang barista. Begitu juga

5. Riset Bisnis, Penting!

Setelah merekrut tenaga profesional, tips selanjutnya yang harus Kawan Kledo lakukan agar bisnis Kawan Kledo sukses adalah melakukan riset bisnis. Riset bisnis ini bisa dilakukan dengan cara melakukan analisis pasar dan analisis pesaing.

6. Miliki Relasi Seluas Mungkin

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, relasi juga sangat penting dalam bisnis kedai kopi. Kawan Kledo memerlukan relasi untuk membangun bisnis ini, mulai dari relasi menemukan lokasi terbaik, suplai bahan-bahan, hingga mempromosikan bisnis Kawan Kledo.

Jadi, pastikan sebelum Kawan Kledo memutuskan untuk memilih bisnis ini, Kawan Kledo sudah memiliki gambaran kemana bisnis ini akan dipasarkan dan seberapa luas relasi yang Kawan Kledo miliki. Semakin luas relasi yang Kawan Kledo miliki, maka semakin mudah untuk membangun bisnis ini.

7. Buat Konsep Kedai Kopi yang Unik

Tips ketujuh yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk membangun coffee shop yang sukses, Kawan Kledo wajib membuat konsep yang unik. Konsep yang unik ini nantinya yang akan menarik perhatian pelanggan untuk datang ke coffee shop milik Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa mencari konsep unik ini dari internet ataupun bisa juga dengan cara melakukan survei langsung ke lapangan. Perhatikan konsep-konsep yang sudah ada dan lakukan inovasi atau bisa juga Kawan Kledo menggunakan murni ide Kawan Kledo sendiri tanpa inovasi.

8. Berikan Pelayanan Kedai Kopi Terbaik

Pelanggan adalah raja merupakan salah satu ungkapan yang menggambarkan betapa pentingnya peranan pelanggan dalam sebuah bisnis. Ini juga berlaku dalam bisnis coffee shop.

Kawan Kledo harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar pelanggan merasa nyaman berada di coffee shop Kawan Kledo. Selalu bersikap ramah dan melayani dengan baik adalah dua cara yang bisa dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik ini.

9. Kerjasama Tim yang Baik

Dalam membangun bisnis kedai kopi akan sangat sulit jika dilakukan seorang diri. Kawan Kledo memerlukan partner yang membantu Kawan Kledo mengelola coffee shop ini.

Karena dilakukan bersama partner, maka kerjasama tim sangat diperlukan untuk membangun coffee shop ini. Kerjasama tim bisa dilakukan dengan cara pembagian kerja yang baik, koordinasi dalam pekerjaan yang baik, dan pastinya komunikasi yang baik.

10. Lakukan Promosi dan Pemasaran yang Baik

Promosi dan pemasaran menjadi salah satu kunci utama dalam sebuah bisnis, termasuk bisnis coffee shop. Kawan Kledo harus melakukan promosi dan pemasaran sebaik mungkin agar bisnis Kawan Kledo bisa dikenal secara luas,

Promosi dan pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari secara online ataupun offline atau secara langsung. Secara online dapat dilakukan dengan membuat konten-konten yang menarik di media sosial, sedangkan cara offline bisa dilakukan dengan cara memberikan promo khusus kepada pembeli.

Dalam melakukan promosi dan pemasaran ini sejatinya sekreatifnya Kawan Kledo. Semakin kreatif dan menarik maka kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan akan semakin besar.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips membangun kedai kopi yang bisa Kawan Kledo lakukan. Selain tips-tips di atas, ada lagi nih tips yang wajib Kawan Kledo lakukan yakni mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Keuangan merupakan hal yang sangat penting ketika membangun sebuah bisnis. Buat Kawan Kledo yang bingung bagaimana mengelola keuangan bisnis ini, jangan khawatir karena saat ini ada cara paling mudah untuk mengelola keuangan bisnis yakni dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Kledo juga memiliki basis cloud dimana Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan keuangan dimana sana dan kapan saja.

Jadi tunggu apa lagi yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eleven =