17 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Apa Saja?

usaha rumahan tidak ada matinya

Ada banyak sekali peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya untuk Anda jadikan sebagai sumber penghasilan. Memangnya ada jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya? Jawabannya jelas ada dong!

Karena itu, pada artikel ini kami akan membagikan 17 contoh usaha rumahan yang tidak ada matinya! Jadi, pastikan membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Toko Kelontong

usaha rumahan yang tidak ada matinya

Jenis bisnis pertama yang bisa Anda coba adalah membuka toko kelontong yang menjual berbagai jenis sembako. Berjualan sembako merupakan contoh usaha rumahan yang tidak ada matinya. Pasalnya, setiap orang pasti membutuhkan sembako untuk bertahan hidup.

Adapun sembako yang dapat Anda jual seperti beras, minyak goreng, berbagai bumbu dapur, tepung-tepungan, gula, garam, kopi, teh, dan masih banyak lagi.

Uasahakan untuk menjual sembako selengkap mungkin untuk menarik pembeli agar mau berbelanja di toko Anda. Sipa tahu, bisnis ini bisa Anda kembangkan lebih lanjut.

Baca juga: 6 Tips Memulai Usaha Sembako Agar Untung, Wajib Dicoba!

Jual Pulsa dan Paket Internet

Berjualan pulsa dan paket internet menjadi peluang bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan. Dewasa ini handphone menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia.

Handphone tersebut tbisa berfungsi dengan baik apabila diisi dengan pulsa dan paket internet.

Memulai bisnis pulsa ini cukup mudah, kok. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa terdekat Anda. Keuntungan lainnya ialah bisnis ini hanya membutuhkan handphone untuk mengirim pulsa dan paket data.

Isi Ulang Air Galon

Salah satu bisnis yang tidak pernah sepi pembeli adalah bisnis pengisian ulang air galon. Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu melakukan riset peluang pasar agar bisnis Anda tidak sia-sia.

Setelah itu, Anda bisa menyiapkan modal untuk membeli berbagai perlengkapan bisnis. Untuk mempermudah penjualan, Anda juga bisa menitipkan galon air mineral di toko kelontong sekitar rumah.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Medan yang Cocok untuk Pemula

Membuka Pertamini

Membuka pertamini bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya. Bahan bakar menjadi bagian dari kebutuhan poko manusia. Selain itu, ada 5 alasan mengapa bisnis ini patut Anda coba:

  • Bisa dilakukan di rumah sebagai bisnis sampingan dan hemat modal lokasi usaha
  • Banyak orang yang memilih mengisi bahan bakar di pertamini karena praktis
  • Dapat mengumpulkan stok banyak
  • Menjanjikan keuntungan cukup besar
  • Menggunakan pompa otomatis sehingga takarannya lebih akurat

Baca juga: 10+ Ide Bisnis Mahasiswa Menjanjikan yang Bisa Kamu Coba

Bisnis Makanan

usaha rumah tidak ada matinya

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya karena makanan merupakan kebutuhan primer bagi semua orang. Potensi bisnis ini terbilang menjanjikan, lho. Anda hanya perlu melakukan riset bisnis bagaimana caranya supaya bisnis ini bisa Anda jalankan dari rumah.

Untuk memudahkan rencanan bisnis Anda, berikut ini ada 3 opsi jenis usaha kuliner yang bisa Anda coba di rumah:

Membuka Warung Makan

Apabila Anda mempunyai keahlian memasak yang mumpuni, manfaatkan skill tersebut untuk membuka warung makan di depan rumah Anda.

Untuk memulainya, Anda bisa mendesain teras atau bagian rumah lainnya yang akan dijadikan lokasi usaha supaya pembeli merasa nyaman.

Berikutnya, tentukan menu makanan yang akan dijual. Biasanya, menu masakan rumahan seperti olahan ayam, telur goreng, tahu dan tempe goreng, tumis, sayur sop, mie goreng, dan pecel menjadi menu populer yang digemari banyak orang.

Namun, Anda juga bisa menyajikan masakan dari resep Anda sendiri yang mempunyai cita rasa enak dan unik.

Baca juga: 12 Strategi Bisnis Kuliner Paling Efektif yang Wajib Dicoba

Melayani Katering

Opsi bisnis katering selanjutnya adalah melayani pesanan catering. Anda dapat membuka bisnis catering sehat, catering diet, catering untuk acara keluarga hingga catering kantoran.

Selain menawarkan untung yang menggiurkan, menjalankan bisnis catering tidak membutuhkan banyak modal. Mengapa? Sistem pembayaran catering yang umum dilakukan ialah mewajibkan pembeli melakukan DP terlebih dulu.

Sistem DP ini akan mengurangi penggunaan modal pribadi untuk berbelanja bahan makanan dan “mengunci” pembeli agar tidak melakukan penipuan serta pembatalan pesanan.

Baca juga: Tips Agar Bisnis Katering Anda Selalu Menguntungkan

Berjualan Makanan Ringan dan Aneka Kue

Masyarakat Indonesia terkenal sangat doyan nyemil baik itu berupa snack, kue, dan jenis makanan ringan lainnya. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang membuka usaha.

Jenis camilan yang bisa Anda jual seperti seblak, basreng, cireng, cilot, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melayani pesanan kue seperti brownies dan bolu untuk acara ulang tahun.

Baca juga: 15 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

Jasa Laundry

Membuka jasa laundry merupakan salah satu contoh usaha rumahan yang tidak ada matinya. Terlebih saat ini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja maupun kuliah sehingga tidak mempunyai waktu untuk sekedar mencuci baju.

Kemudian, laundry lebih banyak dipilih karena dianggap lebih praktis dan sangat membantu. Peluang bisnis laundry bisa Anda jadikan sebagai ladang cuan yang siap Anda keruk.

Namun, menjalankan bisnis ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Tentukan lokasi bisnis yang tepat misalnya di area permukiman dan kost mahasiswa dan buat strategi pemasaran yang matang.

Baca juga: Tertarik Membuka Bisnis Laundry? Ikuti 10 Tips Ini

Usaha Jahit Pakaian

Membuka jasa jahit pakaian bisa menguntungkan terlebih jika Anda juga membuka bisnis konveksi di rumah. Peluang ini bisa Anda kembangkan sehingga bisa menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Tawarkan berbagai hal menarik yang bisa menjadikan bisnis Anda lebih unggul daripada yang lainnya.

Baca juga: Tips dan Strategi Untuk Mengembangkan Bisnis Konveksi

Bisnis Fashion Online Shop

Bisnis ini masih berkaitan dengan usaha jahit konveksi yang mana Anda bisa menjual baju produksi Anda secara online melalui handphone maupun laptop.

Andai pun tidak memiliki konveksi sendiri, Anda bisa mengambil barang dengan menjadi reseller maupun dropshipper untuk kemudian Anda jual kembali dengan mengambil untung.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Online Shop Fashion Ini Wajib Dicoba, Mudah!

Jasa Service Elektronik

Meski terdengar ketinggalan zaman, namun jasa service peralatan elektronik masih dibutuhkan banyak orang. Dengan berkembangnya teknologi, tentu semakin banyak pula peralatan elektoronik yang diproduksi.

Apabila Anda mempunyai keahlian memperbaiki barang-barang elektronik, bisnis ini patut Anda coba di rumah!

Banner 3 kledo

Jasa Cuci Motor

Membuka usaha cucui motor merupakan ide bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Alasannya, usaha ini tidak pernah sepi pelanggan. Terutama ketika musim hujan tiba, pelanggan yang ingin menggunakan jasa Anda semakin bertambah banyak.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal besar. Kurang dari 5 juta sajam Anda sudah bisa membuka bisnis cuci motor.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

Warung Kopi

Warung kopi menjadi lokasi yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk sekedar nongkrong dan berkumpul bersama rekan lainnya. Dengan memanfaatkan teras rumah, Anda bisa memulai membuka warung kopi sederhana.

Anda juga bisa menambahkan menu tambahan lainnya seperti mie rebus dan makanan ringan. Supaya pelanggan lebih betah, Anda bisa menambahkan fasilitas Wi-fi gratis untuk pelanggan.

Baca juga: 10 Tips Membangun Kedai Kopi yang Menguntungkan, Berani Coba?

Usaha Potong Rambut

Walaupun terlihat sederhana, bisnis jasa potong rambut mampu mendatangkan omset yang besar. Cukup bermodalkan skill memotong rambut dan bisa Anda jalankan cukup di rumah Anda.

Ternak Ayam

Ternak ayam merupakan bidang bisnis peternakan yang menghasilkan keuntungan besar. Bisnis ini juga bisa Anda jadikan sebagai usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Alasannya, permintaan masyarakat terhadap daging dan telur tidak pernah ada habisnya. Sehingga bisnis ternak ayam ini dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha yang potensial.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini yaitu menyiapkan lahan peternakan. Fyi, 8 hingga 12 ekor ayam mebutuhkan lahan seluas 1-2 meter. Bila Anda ingin memeliharan 20 ayam, Anda membutuhkan lahan di atas 2 meter.

Langkah selanjutnya, Anda harus membeli bibit berkualitas kemudian pilih pakan yang bagus dan rutin melakukan vaksin agar ayam terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Tips Bisnis Usaha Ayam Potong yang Bisa Anda Coba

Budidaya Ikan Hias

Membudidayakan ikan hias dapat mendatangkan potensi cuan yang sangat besar. Ketahuilah bahwa ada beberapa jenis ikan hias yang dibandrol dengan harga hingga jutaan rupiah. Meski terdengar tidak lazim, namun bagi pecinta ikan hias, harga mahal bukan menjadi masalah yang besar.

Bila Anda mempunyai hobi merawat ikan hias, tentu bisa Anda jadikan sebagai bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga: 20 Ide Usaha Kreatif dan Inovatif Serta Tips Memulainya

Jasa Les dan Privat

Apabila Anda mempunyai ilmu dan kemampuan untuk mengajar, tidak ada salahnya jika Anda membuka bisnis les dan privat di rumah Anda. Anda juga bisa memberikan penawaran les dengan mendatangi rumah siswa.

Selain bermanfaat, bisnis ini juga bisa mendatangkan penghasilan dengan bermodalkan ilmu yang Anda miliki.

Baca juga: Ini Pelajaran Favorit Bimbel yang Wajib Ada di Bisnis Bimbel, Apa Saja?

Usaha Aksesoris

Bisnis aksesoris cukup menguntungkan bagi pelaku usaha rumahan. Terlebih bila Anda merupakan sosok yang kreatif dan telaten untuk membuat kerajinan aksesoris seperti cincin, kalung, tas, dan sebagainya.

Hasil kerajinan Anda bisa dijual di media sosial maupun marketplace seperti Lazada, Bukalapak, dan Shopee.

Jasa Foto dan Video

Usaha rumahan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kebutuhan akan jasa foto dan video profesional semakin meningkat seiring dengan semakin masifnya penggunaan konten foto dan video untuk kebutuhan pribadi maupun komersial.

Modal yang diperlukan untuk bisnis yaitu ruangan studio, kamera, dan laptop untuk editing. Anda bisa menawarkan layanan jasa seperti untuk foto pernikahan, wisuda, dan lainnya.

Baca juga: Cara Mengambil Foto Produk Seperti Seorang Profesional

Kesimpulan

Nah, demikian ulasan 17 jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. Pada dasarnya, setiap bisnis bisa sukses apabila dijalankan dengan konsisten, tekun, dan kerja keras.

Yang tidak kalah penting, Anda harus melakukan pembukuan untuk mencatat dan melacak setiap transaksi bisnis. Untuk itu, Anda perlu menggunakan bantuan software akuntansi dari Kledo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memperoleh lebih dari 30 laporan keuangan, membuat faktur dalam hitungan detik, perpajakan, memproses pembelian, dan masih banyak lagi.

Hanya 4500 per harinya, Anda sudah bisa mendapatkan layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Anda juga mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 4 =