20 Peluang Usaha Ternak dan Tips Membangun Bisnis yang Sukses

peluang usaha ternak

Peluang usaha ternak merupakan sebuah peluang yang menarik untuk dicoba. Menanam modal di bidang peternakan memang menjanjikan banyak keuntungan jika dikelola dengan baik.

Namun, memulai usaha ternak tidaklah mudah. Anda harus memahami cara memelihara hewan dan mengerti bagaimana cara memulai bisnis ternak tersebut berhasil.

Dalam artikel ini, Kledo akan mengajak Anda berkenalan dengan peluang usaha ternak dan memberikan tips-tips bagaimana memulainya. Jadi, mari kita mulai petualangan kita sebagai pebisnis peternakan!

Mengapa Harus Mencoba Usaha Ternak?

Bisnis ternak telah menjadi salah satu peluang usaha yang banyak diminati di Indonesia. Hal ini terkait dengan permintaan yang tinggi terhadap produk-produk ternak seperti daging, telur, susu, dan lainnya.

Selain itu, menjalankan bisnis ternak juga banyak memberikan keuntungan yang menarik.

Pertama, bisnis ternak memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Pasar untuk produk ternak di Indonesia sangat besar, sehingga memungkinkan Anda untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada jenis bisnis lainnya.

Selain itu, biaya awal untuk memulai bisnis ternak juga relatif rendah, sehingga Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk memulai usaha ternak.

Kedua, bisnis ternak juga memiliki tingkat resiko yang relatif rendah. Karena produk ternak dapat disimpan selama jangka waktu yang lama, maka Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian karena produk ternak tersebut tidak laku di pasar.

Selain itu, biaya produksi ternak juga relatif rendah, sehingga memungkinkan Anda untuk menghemat biaya operasional.

Ketiga, bisnis ternak juga memiliki prospek jangka panjang yang menjanjikan. Pasar untuk produk ternak di Indonesia terus berkembang, sehingga memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah produksi dan meningkatkan keuntungan.

Selain itu, pasar global juga telah menyambut produk-produk ternak dari Indonesia dengan baik, sehingga memungkinkan Anda untuk meningkatkan keuntungan dengan memasarkan produk ternak ke pasar luar negeri.

Keempat, bisnis ternak juga dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.

Dengan menjalankan bisnis ternak, Anda akan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar, memperbaiki kualitas lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Tips Mencari Modal Usaha dan Hal yang Harus Diperhatikan

20 Peluang Usaha Ternak di Indonesia

peluang usaha ternak

Peluang usaha ternak saat ini tengah dikembangkan oleh banyak orang, baik peternak yang telah lama berkecimpung di bidang usaha ternak, maupun pemula yang baru saja memulai usaha ini.

Peluang usaha ternak yang populer di Indonesia antara lain adalah:

1. Ternak ayam petelur

Ternak ayam petelur adalah bisnis yang menawarkan keuntungan besar bagi para pelaku usaha. Ini karena telur-telur yang dihasilkan dari ternak ayam petelur dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, terutama di pasar lokal.

Namun, sebelum memulai usaha ini, peternak harus memastikan bahwa kandang yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan terawat dengan baik, serta memiliki ketangguhan untuk menahan berbagai jenis cuaca.

Selain itu, peternak juga harus memastikan bahwa ayam-ayam yang diternakkan memiliki kualitas yang baik dan terawat dengan baik.

2. Ternak ayam potong

Ternak ayam potong adalah produk yang paling populer di pasar. Ayam-ayam yang diternakkan untuk tujuan potong biasanya lebih besar dan memiliki daging yang lebih tebal daripada ayam-ayam yang diternakkan untuk telur.

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, peternak harus memastikan bahwa ayam-ayam yang diternakkan memiliki nutrisi yang cukup dan mendapatkan perawatan yang baik.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kandang yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan terawat dengan baik agar ayam-ayam tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga: Tips Bisnis Minimarket dan Berapa Modal yang Dibutuhkan

3. Ternak ayam kampung

Ternak ayam kampung adalah usaha yang memiliki potensi keuntungan yang tinggi namun membutuhkan biaya yang lebih rendah. Ayam-ayam kampung memiliki daging yang lebih lembut dan memiliki tekstur yang khas.

Peternak harus memastikan bahwa ayam-ayam kampung yang diternakkan mendapatkan nutrisi yang cukup dan dapat tumbuh dengan baik.

4. Ternak bebek

Ternak bebek merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan bagi para peternak. Bebek adalah salah satu hewan yang bisa dibudidayakan oleh para peternak. Bebek bisa dibudidayakan di rumah atau di lahan yang cukup luas.

Bebek bisa digunakan untuk berbagai keperluan, contohnya adalah untuk bahan baku makanan, kuliner, dan lainnya. Keuntungan dari usaha ternak bebek adalah biaya yang dibutuhkan untuk memulainya relatif rendah.

Peternak hanya perlu membeli beberapa ekor bebek untuk bibit awal, membeli makanan untuk bebek, dan pengeluaran lainnya. Selain itu, biaya pemeliharaan bebek relatif rendah, karena bebek tidak memerlukan banyak pengawasan dan perawatan.

Jika bebek diberi perawatan yang baik, bebek akan memperoleh hasil yang baik juga. Selain itu, usaha ternak bebek juga memiliki potensi untuk menghasilkan banyak uang.

Bebek dapat dijual dengan harga yang tinggi, terutama jika bebek tersebut berkualitas tinggi. Bebek juga bisa dijual ke berbagai pembeli, entah itu untuk kuliner, makanan, atau bahkan untuk bahan baku obat-obatan.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Kuliner Online dan Bagaimana Tips Memulainya

5. Ternak burung puyuh

Peluang usaha ternak burung puyuh sangat menarik untuk dipertimbangkan. Burung puyuh adalah salah satu jenis unggas yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Ternak burung puyuh telah menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan bagi para peternak. Ternak burung puyuh memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah bahwa burung puyuh memiliki waktu inkubasi yang singkat, hanya sekitar 21 hari untuk menetaskan telur. Selain itu, produksi telur burung puyuh juga relatif tinggi, rata-rata sekitar 200 telur per tahun.

Selain itu, ternak burung puyuh juga dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi para peternak. Karena burung puyuh menghasilkan telur yang banyak, peternak dapat menjual telur dan daging burung puyuh dengan harga yang tinggi.

Dan juga, peternak dapat menjual bulu burung puyuh untuk keperluan berbagai macam produk.

Baca juga: 20 Ide Usaha Kreatif dan Inovatif Serta Tips Memulainya

6. Ternak lebah madu

Ternak lebah madu adalah bisnis yang menarik dan layak dipertimbangkan bagi orang yang ingin menjalankan usaha ternak.

Lebah madu dapat memberikan berbagai manfaat bagi pemiliknya, termasuk produksi madu yang tinggi, pengendalian hama, dan penggunaan potensial sebagai sumber uang.

Ternak lebah madu tidak memerlukan banyak modal. Untuk memulainya, Anda hanya perlu menyediakan beberapa alat seperti sarang lebah, koloni lebah, dan alat pengumpul madu yang akan menjadi aset tetap Anda.

Selain itu, Anda juga harus menyediakan makanan untuk lebah, seperti bunga dan nectar.

Baca juga: 22 Cara Meningkatkan Keuntungan dalam Bisnis, Berani Coba?

7. Ternak sapi potong

Ternak sapi potong merupakan salah satu usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Usaha ternak sapi potong ini dapat dijalankan oleh siapa saja, mulai dari peternak besar sampai peternak kecil. Usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Usaha ternak sapi potong dapat menghasilkan pendapatan yang sangat besar. Berdasarkan data, sapi potong yang berusia 1 tahun dapat dijual dengan harga lebih dari 10 juta. Dengan begitu, usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar bagi pemiliknya.

Usaha ternak sapi potong relatif mudah untuk dikelola. Peternak hanya perlu memberikan makanan dan minuman yang memenuhi standar yang telah ditetapkan, memberikan perawatan yang baik, dan juga memastikan bahwa sapi potong tetap sehat.

8. Ternak sapi perah

Ternak sapi perah merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku bisnis.

Termasuk di dalamnya yaitu para pemilik fasilitas peternakan, para pengusaha dalam bidang produksi susu, para pemilik restoran, dan juga para pembeli yang ingin membeli sapi perah.

Kebutuhan akan susu sapi perah semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan kultur masyarakat Indonesia. Hal ini membuat ternak sapi perah menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Para peternak bisa menjual susu sapi perah kepada para pembeli, baik secara langsung maupun melalui toko-toko susu. Mereka juga bisa menjual produk susu sapi perah ke para pemilik restoran dan hotel untuk meningkatkan penjualan produk susu sapi perah.

Selain itu, para peternak juga bisa menjual sapi perah kepada para pembeli yang ingin membeli sapi perah.

9. Ternak kerbau

Ternak kerbau adalah salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Ini merupakan usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Kerbau mampu bertahan hidup dalam kondisi berbeda dan menghasilkan banyak produk yang bisa dijual. Kerbau dapat diternak untuk berbagai tujuan, seperti untuk produksi daging, susu, jeroan, dan bulu.

Selain itu, kerbau dapat juga diternak untuk tujuan budidaya, terutama untuk produksi kulit.

Untuk memulai bisnis ternak kerbau, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup lahan dan pasokan pakan untuk kerbau. Anda juga harus memastikan bahwa lokasi ternak memiliki izin yang diperlukan.

Dan penting juga untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang pemeliharaan kerbau yang benar.

Baca juga: Contoh Peluang Bisnis Online, Tantangan, & Tips Mengembangkannya

10. Ternak ikan lele

Peluang bisnis ternak ikan lele ternyata cukup menjanjikan di era modern ini. Kebutuhan ikan lele untuk konsumen cukup signifikan. Hal ini menimbulkan kebutuhan yang besar bagi para peternak untuk memenuhi permintaan tersebut.

Banyak alasan mengapa ternak ikan lele menjadi peluang bisnis yang menarik.

Pertama, biaya operasional yang rendah. Ternak ikan lele hanya membutuhkan biaya yang lebih murah dibandingkan jenis ikan lainnya.

Selain itu, ikan lele juga memiliki laju pertumbuhan yang relatif cepat. Hal ini membuat peternak ikan lele bisa meraup keuntungan yang lebih cepat.

Kemudian, ikan lele juga mudah dirawat dan mudah dipelihara. Peternak hanya perlu memastikan bahwa kolam mereka terisi air bersih dan memiliki kadar oksigen yang tepat agar ikan lele tumbuh dengan baik.

Peternak juga harus memastikan bahwa ikan lele mendapatkan makanan yang cukup untuk mempertahankan pertumbuhan yang sehat.

Selain itu, ikan lele juga dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang paling aman untuk dikonsumsi. Ikan lele memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Hal ini juga meningkatkan permintaan ikan lele di pasar, yang akhirnya akan mendorong peternak untuk mengembangkan usahanya. Dengan semua manfaat yang ditawarkan oleh ternak ikan lele, peluang bisnis ini sangat menarik untuk dijalankan.

Baca juga: 10+ Tips Sukses Ternak Ikan Lele yang Harus Anda Lakukan

11. Ternak ikan gurame

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dicari oleh konsumen. Ikan ini memiliki banyak manfaat dan rasanya yang enak menjadikannya favorit di kalangan para pecinta ikan.

Oleh karena itu, peluang bisnis ternak ikan gurame sangat menjanjikan bagi para pelaku usaha.

Ternak ikan gurame merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan. Ikan gurame dapat dikembangbiakkan dengan mudah dan cepat, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Selain itu, biaya untuk memelihara ikan gurame juga relatif rendah. Dengan biaya yang relatif rendah, pelaku usaha dapat menggunakannya untuk membeli alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini.

Ikan gurame juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan gurame mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan ini juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, bisnis ternak ikan gurame juga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku usaha. Dengan menjalankan bisnis ini, para pelaku usaha dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

12. Ternak ikan hias

Ternak ikan hias dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan, terutama jika pemilik bisnis berada di lokasi yang tepat.

Lokasi tersebut harus berada di daerah dimana terdapat banyak pembeli dan penjual ikan hias, sehingga ternak ikan hias dapat menjadi salah satu sumber pendapatan yang menguntungkan.

Selain itu, ternak ikan hias juga dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi jika mereka dikelola dengan benar.

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat spesies ikan yang berbeda-beda dan menjualnya dengan harga yang tepat. Ini juga dapat meningkatkan nilai jual ikan hias yang dijual, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

Baca juga: 17 Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas, Modal Minim Untung Berlimpah

13. Ternak cacing

Peluang bisnis ternak cacing sangat menjanjikan di masa sekarang ini. Cacing yang biasa kita jumpai di tanah atau tanah-tanah kosong, sekarang banyak dibudidayakan untuk berbagai keperluan.

Salah satunya adalah untuk dijadikan pakan ternak, pakan ikan dan udang, atau untuk keperluan pupuk organik.

Ternak cacing dapat dibudidayakan dengan berbagai cara, mulai dari cara tradisional hingga cara modern.

Di cara tradisional, cacing ditanam di tanah dan dijaga dengan baik sehingga cacing dapat berkembang biak dengan baik.

Sedangkan pada cara modern, cacing dibudidayakan dalam media tanah dan diberi nutrisi yang cukup untuk memastikan cacing dapat hidup dan berkembang.

14. Ternak jangkrik

Ternak jangkrik merupakan salah satu bisnis yang menarik untuk dijalankan. Bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar namun tidak menyita waktu dan modal yang terlalu banyak.

Dengan tingkat modal yang relatif rendah, bisnis ternak jangkrik dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan jika dijalankan dengan tepat.

Potensi pasar untuk produk ternak jangkrik sangat tinggi. Jangkrik merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak diburu oleh para pemburu.

Mereka biasanya menggunakannya sebagai umpan pancing dan juga untuk keperluan makanan. Selain itu, jangkrik juga telah lama digunakan sebagai bahan baku untuk produk kosmetik dan obat-obatan.

15. Ternak udang

Peluang bisnis ternak udang merupakan pilihan yang menarik bagi para pengusaha yang ingin menjalankan bisnis di bidang peternakan. Hal ini karena bisnis ini memiliki potensi pasar yang luas dan prospek keuntungan yang bagus.

Usaha ternak udang juga relatif mudah dilakukan dan memerlukan modal yang terjangkau.

Dengan kualitas ternak udang yang tinggi, produksi udang yang tinggi, dan tingkat produktivitas yang menguntungkan, peluang bisnis ternak udang ini sangat menarik.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Kreatif dan Peluang Bisnis yang Bisa Anda Coba

16. Ternak kambing

Ternak kambing merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Usaha ini telah dijalankan sejak lama dan jumlah peminatnya semakin bertambah.

Kambing adalah salah satu hewan ternak yang banyak dipelihara di seluruh dunia. Di Indonesia, kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dipelihara.

Peluang bisnis ternak kambing sangat menarik karena memiliki banyak sekali manfaat. Modal untuk memulai usaha ternak kambing juga relatif terjangkau. Anda hanya perlu membeli beberapa ekor kambing dan memeliharanya dengan baik.

Kambing yang tepat akan dapat memberikan hasil yang optimal. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas pakan yang Anda berikan dan juga perawatan yang Anda lakukan.

17. Ternak domba

Ternak domba merupakan salah satu jenis usaha yang bisa membawa banyak keuntungan bagi para pemiliknya.

Domba memiliki beberapa manfaat yang membuatnya menjadi hewan yang populer. Pertama adalah produksi susu yang tinggi. Domba dikenal sebagai salah satu hewan yang bisa menghasilkan susu yang berkualitas tinggi dan banyak.

Produksi susu domba bisa mencapai 1-2 liter per hari, dengan jumlah kadar lemak dan protein yang tinggi.

Selain produksi susu, domba juga bisa memberikan banyak keuntungan lainnya seperti produksi daging, bulu, kulit, dan lainnya. Daging domba banyak digemari karena teksturnya yang lembut. Selain itu, bulu domba yang halus dan lembut juga bisa dijual dengan harga tinggi.

18. Ternak lobster

Peluang bisnis ternak lobster merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku usaha. Selain menghasilkan keuntungan yang melimpah, bisnis ini juga memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa depan.

Peluang bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, dan juga dapat menjadi salah satu cara untuk berkontribusi dalam memelihara kelestarian alam dan meningkatkan produksi ikan.

Baca juga: Perbedaan Bisnis Distributor dan Grosir dan Mana yang Anda Pilih?

19. Ternak ikan nila

Peluang bisnis ternak ikan nila sangat menggiurkan bagi para pengusaha yang ingin menambah keuntungan dan usahanya. Dengan harga jual per ekor ikan nila yang cukup tinggi, bisnis ternak ikan nila bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Modal awal yang dibutuhkan untuk bisnis ini relatif rendah. Sebuah kolam ikan bisa dimulai dengan biaya Rp. 5-10 juta. Selanjutnya pengeluaran bisa meningkat sesuai dengan besarnya kolam ikan yang diinginkan.

Kolam ikan nila yang direncanakan harus diisi dengan ikan nila dari bibit yang berkualitas. Usahakan untuk membeli bibit ikan dari pembibit yang terpercaya.

Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah namun bibit yang diberikan tidak sesuai dengan standar. Selain membeli bibit ikan, pengeluaran lainnya adalah pakan ikan dan alat-alat untuk memelihara kolam ikan.

Pemeliharaan kolam ikan juga harus meliputi pembersihan air dan kolam ikan serta mengevaluasi kondisi ikan secara rutin.

20. Ternak ulat sutra

Peluang bisnis ternak ulat sutra bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dijalankan. Ini merupakan bisnis yang relatif mudah dan murah, namun potensi keuntungan yang didapatkan juga cukup besar.

Ulat sutra diperlukan untuk berbagai jenis industri, seperti tekstil, perkayuan, dan penyulingan minyak. Para peternak bisa mendapat penghasilan dengan menjual larva dan serangga dewasa hasil ternakan.

Selain itu, juga bisa menjual benih ulat sutra untuk memulai usaha ternakan. Dengan demikian, peluang bisnis ternak ulat sutra bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Banner 2 kledo

Tips Memulai Usaha Ternak

Memulai usaha ternak adalah salah satu cara yang baik untuk memulai usaha dan menghasilkan penghasilan. Namun, seperti halnya usaha lainnya, memulai usaha ternak juga memerlukan persiapan yang baik dan rencana yang matang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai usaha ternak:

1. Pahami jenis usaha ternak

Pertama, pastikan Anda memahami jenis usaha ternak yang akan Anda jalankan.

Ada banyak jenis usaha ternak yang dapat dipilih, seperti peternakan, perikanan, dan perkebunan. Pilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan tujuan keuangan Anda.

2. Pelajari bisnis ternak

Selanjutnya, pelajari lebih lanjut tentang bisnis ternak. Pelajari tentang hal-hal seperti teknik pemeliharaan, manajemen ternak, dan pengetahuan tentang pasar yang relevan.

Ini akan membantu Anda membuat rencana yang lebih baik dan mengembangkan usaha ternak Anda.

3. Cari mitra usaha

Kemudian, carilah mitra usaha yang tepat untuk mengembangkan usaha ternak Anda.

Mitra usaha dapat membantu Anda dalam berbagai cara, seperti menyediakan konsultasi, menyediakan pendanaan, dan memberikan bantuan teknis. Pastikan Anda memilih mitra yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

4. Cari pendanaan

Selain itu, carilah pendanaan yang tepat untuk memulai usaha ternak Anda. Ada berbagai sumber pendanaan yang tersedia, seperti pinjaman bank, pendanaan pemerintah, dan pinjaman sosial.

Pilihlah sumber pendanaan yang paling sesuai dengan tujuan dan minat Anda.

5. Buat rencana bisnis

Terakhir, buatlah rencana bisnis untuk usaha ternak Anda. Pastikan Anda menuliskan tujuan, strategi, dan anggaran yang diperlukan untuk mengembangkan usaha ternak Anda. Rencana bisnis ini akan menjadi panduan untuk mencapai tujuan Anda.

Nah, itulah daftar peluang usaha ternak beserta tips untuk memulainya. Berbicara soal bisnis, keuangan menjadi aspek utama yang menentukan berapa lama umur bisnis Anda.

Jika ingin bisnis terus bertahan dan berkembang, Anda harus pintar dalam mengelola keuangan bisnis. Untuk itu, Anda membutuhkan dukungan berupa software akuntansi yang tangguh, guna membantu mengelola keuangan bisnis peternakan yang Anda jalankan.

Software seperti Kledo sangat cocok Anda jadikan pilihan karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan.

Dengan Kledo, Anda bisa memantau kondisi arus kas bisnis secara real time. Kledo dilengkapi dengan berbagai fitur yang mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan dunia keuangan.

Jadi, tunggu apalagi? Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 10 =