Ingin Melakukan Brand Building Sukses di Tahun 2022? Berikut Tipsnya

brand building

Memiliki merek atau brand yang sukses adalah salah satu aset penting bisnis Anda. Dengan cara ini, kita dapat mengatakan bahwa membangun merek atau brand building adalah kegiatan penting dalam pengembangan bisnis secara keseluruhan.

Ini dapat membuat konsumen Anda loyal dan menciptakan kesadaran merek Anda di pasar.

Jika Anda adalah pemilik bisnis dan berpikir untuk membangun merek bisnis, maka perlu diingat bahwa membangun merek akan membuat Anda sibuk sepanjang waktu dan Anda harus mengorbankan energi, waktu, dan sumber daya Anda.

Dalam artikel ini, kami akan mendefinisikan brand building, mengapa itu penting, langkah dalam membangun strategi brand building, dan tips untuk melakukan brand building yang sukses di tahun 2022.

Apa itu Brand Building?

build building

Brand building sebenarnya tidak memiliki definisi yang khusus. Tetapi menurut banyak pemasar, ini adalah komunikasi dan penciptaan nilai bagi pelanggan.

Ini mencakup semua hal yang dirasakan dan dialami pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis Anda. Dengan kata lain, ini memiliki dampak positif pada ekuitas merek menggunakan strategi dan kampanye promosi yang berbeda.

Kita sudah mendefinisikan brand building, mari kita pahami 7 jenis brand.

  • Disruptive Brands. Memperkenalkan konsep baru yang dapat membawa perubahan di pasar.
  • Merek Perorangan. Merek-merek ini dikenal sebagai produk berwujud dan individual seperti, sepeda motor, minuman dingin, dan mobil.
  • Merek Layanan. Perusahaan-perusahaan yang menyediakan dan memberikan layanan tidak berwujud seperti industri hotel, maskapai penerbangan dan perusahaan akuntansi dll.
  • Merek Geografis. Ini adalah produk dan layanan khusus di suatu wilayah yaitu masakan Karibia dan sutra Thailand.
  • Personal Brands. Seseorang seperti politisi, pemain dan selebriti adalah contoh yang baik.
  • Merek Perusahaan. Ketika sebuah perusahaan terlibat untuk mempromosikan nama merek perusahaannya alih-alih produk dan layanannya yang lain seperti IBM, IKEA, Coca Cola, BMW, dll.
  • Cobranding. Ini adalah aliansi strategis antara dua atau lebih merek. misalnya, komputer Dell dengan prosesor Intel di dalamnya.

Mengapa Brand Building itu Penting?

Merek adalah kombinasi dari nama, logo, warna, desain dan tema atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut.

Elemen-elemen ini membantu menciptakan identitas merek produk dan layanan Anda dan membedakan Anda dari pesaing Anda di pasar.

Menjadi suara visual perusahaan Anda, Anda harus konsisten di setiap platform media. Ini harus menyampaikan citra merek yang kuat di benak konsumen.

5 Strategi Brand Building yang Efektif

Membangun merek atau brand building adalah aktivitas yang konsisten dan memakan waktu.

Dibutuhkan kreativitas dan penyesuaian yang dapat membantu Anda menciptakan proposisi nilai yang unik dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen Anda.

Di sini kita akan membahas 5 langkah membangun merek.

Tentukan Merek Anda

Langkah pertama dari strategi membangun merek adalah mendefinisikan merek Anda.

Saat mendefinisikan merek Anda, lakukan analisis swot yang tepat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda yang dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang dapat Anda lakukan lebih baik dari pesaing Anda.

Saat mendefinisikan merek pribadi, tuliskan keterampilan yang membuat Anda menonjol.

Anda juga harus mengidentifikasi dan menentukan nilai merek Anda karena itu memisahkan Anda dari pesaing Anda.

Merek yang sukses dengan hati-hati mendefinisikan nilai merek dan mengintegrasikannya di seluruh perusahaan yaitu penjualan dan pemasaran, keuangan, tim, pesan, dan penawaran.

Ceritakan kisah Anda kepada orang-orang dan buat mereka terikat secara emosional dengan merek Anda.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Market Size, Cara Hitung, dan Meningkatkannya

Diferensiasi Merek dan Positioning

Saat Anda terlibat dalam proses membangun merek, fokuslah pada nilai unik produk dan layanan Anda untuk membedakan merek Anda dari merek pesaing Anda.

Ketika dua produk tersedia di pasar dengan fitur, harga, dan kualitas yang sama, Anda harus terus berupaya membedakan merek Anda dari yang lain.

Strategi membangun merek ini harus fokus pada pengembangan keunggulan unik yang dapat memengaruhi pikiran konsumen dan mereka lebih memilih merek Anda daripada pesaing.

Logo merek Anda, ukuran font, gaya, warna, gaya dan kemasan adalah elemen penting untuk membedakan merek Anda dan membangun keunggulan kompetitif di benak konsumen.

Setelah Anda berada dalam posisi untuk menawarkan proposisi nilai yang unik, inilah saatnya untuk memposisikan merek Anda dengan cara yang lebih tepat.

Strategi merek yang menarik selalu meningkatkan posisi merek Anda yang menarik konsumen dan menghargai nilai merek Anda dari merek-merek pesaing di pasar.

Saat membuat pernyataan positioning merek, itu harus didasarkan pada kenyataan dan Anda harus memenuhi janji merek Anda.

Saat Anda mengubah pernyataan pemosisian menjadi pesan, itu harus menarik bagi semua audiens target.

Promosikan Merek Anda di Pasar

Suatu kali seseorang berkata, “Saya sedang membangun merek dan saya selalu sibuk”. Ini adalah proses yang berkelanjutan dan melibatkan seluruh organisasi Anda.

Anda harus fokus dan konsisten sepanjang waktu. Anda dapat menggunakan saluran iklan dan promosi yang berbeda, misalnya media sosial, surat kabar, majalah, situs web, dan blog untuk mempromosikan merek pribadi dan bisnis Anda.

Biarkan audiens Anda mengetahui kepribadian merek Anda, misalnya Apple menunjukkan ketulusan dan Harley Davidson memberontak.

Pesan kampanye promosi Anda harus didasarkan pada kepribadian merek Anda. Ini adalah elemen penting dari strategi membangun merek dan itu akan menciptakan kesadaran merek di benak audiens Anda.

Personalisasikan Merek Anda

Untuk membuat merek Anda menonjol, kampanye pemasaran Anda harus mempersonalisasi merek Anda.

Ada berbagai strategi yang akan memberikan identitas merek Anda. Selalu gunakan tone yang konsisten (bahasa dan nada bisnis Anda) di berbagai platform media, situs web, blog, deskripsi produk.

Tone dan tampilan yang konsisten dan satu pesan yang luas akan membantu konsumen mengidentifikasi Anda di berbagai platform.

Saat Anda sedang dalam proses membangun merek, tetap berhubungan dengan pelanggan Anda dalam hal personalisasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Interaksi konsumen melalui kustomisasi dan inovasi memungkinkan merek memiliki persepsi yang kuat di benak konsumen.

Baca juga: Apa Itu Buzz Marketing? Berikut Pengertian, Manfaat, Dan Tips Melakukannya

Evaluasi Merek Anda

Untuk setiap bisnis kecil atau perusahaan besar, pemantauan dan evaluasi merek selalu penting dalam proses brand building.

Ini membantu untuk menilai keberhasilan merek di pasar apakah itu tetap sama, memperkuat dari waktu ke waktu atau menurunkan pikiran konsumen.

Lingkungan bisnis berubah dengan cepat, Anda dapat memanfaatkan peluang baru atau menghadapi tantangan.

Evaluasi merek bukanlah proses satu kali. Bahkan pertumbuhan Anda berarti lebih banyak harapan dan lebih banyak tanggung jawab. Evaluasi rutin menjaga merek Anda tetap pada arah yang benar.

Banner 2 kledo

Tips Terbaik Melakukan Brand Building di Tahun 2022

brand building

Jika Anda berada di tengah-tengah pembangunan merek dan tidak yakin ke mana harus pergi selanjutnya, teruslah membaca.

Kami akan memandu Anda melalui sepuluh tips membangun merek teratas kami untuk membantu Anda memulai.

1. Merek Anda Sesuai dengan Rencana Bisnis Anda

Ini adalah langkah pertama yang penting. Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis yang solid, Anda harus kembali ke papan rencana. Karena tanpa rencana bisnis Anda, Anda tidak akan memiliki peta jalan ke mana Anda ingin perusahaan Anda pergi.

Rencana bisnis Anda akan memutuskan apa identitas merek Anda. Ada sejumlah pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada diri sendiri di sini yang akan membantu Anda membentuk dasar upaya membangun merek Anda di langkah-langkah mendatang.

Apa tujuan dari merek Anda? Apa yang perusahaanmu lakukan? Apa nilai spesifik perusahaan Anda?

Sekarang, lihat apa potensi Anda. Apakah Anda mampu mencapai hal-hal yang sejalan dengan tujuan Anda? Juga, apa yang Anda janjikan kepada pelanggan Anda? Bagaimana caramu sampai kesana?

Ini semua adalah pertanyaan penting untuk dipertimbangkan saat membangun merek.

2. Perjelas Tujuan dan Kemampuan Anda

Sekarang setelah Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, inilah saatnya untuk melihatnya dengan baik.

Apakah Anda mampu mengikuti mereka? Apakah tujuan-tujuan ini yang ingin Anda perjuangkan atau apakah itu hal-hal yang dapat Anda capai sekarang?

Jika itu adalah tujuan akhir, bagaimana Anda berencana untuk sampai ke sana?

Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk membantu Anda memahami situasi Anda saat ini. Anda ingin dapat membuat jalur yang jelas dengan tujuan yang terukur.

Begitulah cara Anda menyampaikan pesan kepada pelanggan Anda melalui merek Anda pada akhirnya.

Baca juga: Pengertian Lengkap Manajemen Pemasaran dan Tips Melakukannya

3. Pahami Pelanggan yang Anda Targetkan

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan yang kuat tentang seperti apa bisnis Anda sendiri, inilah saatnya untuk melihat siapa pelanggan Anda.

Ini sepadan dengan waktu dan uang yang diperlukan untuk mensurvei calon audiens Anda.

Anda ingin mengetahui apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan untuk memahami bagaimana Anda dapat mengirimkan produk Anda kepada mereka dengan cara yang paling menarik.

4. Pahami Kekurangan Anda

Sangat penting untuk melihat perusahaan Anda dengan mata yang jujur. Anda tidak dapat membangun merek yang andal jika Anda tidak mau mengakui dan berusaha memperbaiki kekurangan Anda.

Anda memiliki gambaran di kepala Anda tentang apa yang Anda inginkan dari merek Anda. Tetapi untuk sampai ke sana, Anda harus memahami celah Anda dan membuat jalur yang jelas untuk memperbaikinya.

5. Kenali Persaingan Anda

Lihat-lihat perusahaan sukses lain yang mirip dengan Anda. Pastikan mereka memiliki tujuan dan aspirasi yang sama seperti Anda, lalu pelajarilah.

Dari sana, Anda harus menemukan cara untuk menjadikan diri Anda sebagai pesaing mereka.

Anda tidak perlu berusaha untuk menjadi lebih baik dari mereka, karena ini bisa terlihat jelas dalam branding Anda dan bisa meninggalkan rasa asam di mulut pelanggan Anda.

Sebaliknya, cobalah untuk menemukan cara untuk membedakan merek Anda dari yang lain. Jika pesaing Anda lebih murah dari Anda, buat pesaing Anda lebih premium.

6. Buat Narasi Di Sekitar Informasi Ini

Pada titik ini, Anda harus memiliki gagasan yang kuat tentang jenis citra yang ingin Anda gambarkan oleh perusahaan Anda.

Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah menyusun informasi itu menjadi sebuah cerita.

Kisah Anda harus dimulai dengan janji yang ingin dicapai oleh merek Anda.

Kemudian tambahkan fakta yang Anda ketahui tentang perusahaan Anda dan bagaimana Anda berencana menggunakannya untuk memenuhi janji itu.

Pastikan cerita Anda unik dan menarik.

Baca juga: 12 Strategi Bisnis Kuliner Paling Efektif yang Wajib Dicoba

7. Jangan Mencoba Menjadi Segalanya untuk Semua Orang

Ini adalah salah satu yang penting untuk diingat. Tidak mungkin merek perusahaan Anda akan berbicara kepada semua orang. Anda tidak akan mengumpulkan seluruh dunia sebagai pelanggan Anda.

Dan tidak apa-apa! Anda tidak ingin menjadi merek yang tepat untuk semua orang. Anda ingin menjadi merek yang benar-benar sempurna untuk audiens target Anda.

Jadi, pastikan Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa target audiens itu dan ciptakan brand building Anda di sekitar mereka.

8. Jadilah Konsisten

Setelah Anda memiliki ide merek dalam pikiran, Anda ingin konsisten dengannya.

Merek ini adalah identitas perusahaan Anda, dan hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mengubahnya tergantung pada hari atau platform media sosial yang Anda gunakan.

Jadikan semuanya sama persis. Jika Anda bersih dan rapi di blog Anda, pastikan media sosial dan etalase Anda mengikuti dengan citra yang sama. Anda tidak ingin mengirim pesan campuran ke pelanggan Anda.

9. Bekerjasama dengan Merek yang Kuat

Untuk melakukan brand building, Anda harus bekerjasama dengan beberapa merek kuat lainnya.

Ini tidak berarti mencoba menjadikan diri Anda perusahaan nomor satu di bidang mana pun, karena terkadang hal itu bisa mahal dan tidak dapat dicapai pada awalnya.

Namun sebaliknya, cobalah untuk mengasosiasikan dengan merek yang dapat membantu membangun kredibilitas Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan ditampilkan di blog nama besar untuk memulai.

10. Selalu Out of The Box

Setelah Anda memikirkan merek Anda, Anda pasti ingin berkreasi dengan bagaimana Anda memperkuat merek itu di benak pelanggan Anda.

Sebarkan kesadaran merek atau brand awareness Anda dengan membuat infografis, menawarkan konten gratis, memberikan merchandise dengan merek Anda di dalamnya, mengadakan kontes di media sosial, dan bermitra dengan bisnis lokal.

Baca juga: Buyer Persona: Pembahasan Lengkap dan Cara Membuatnya untuk Bisnis

Kesimpulan

Dalam artikel pemasaran ini, kita telah membahas proses strategi melakukan brand building. Anda harus mengadopsi strategi dan tips ini untuk membedakan merek Anda dan berkata jujur ​​kepada konsumen Anda.

Sepanjang strategi merek Anda, Anda mungkin menghadapi pangsa pasar yang positif, tetap sama atau surut seiring waktu. Dalam siklus merek, pastikan Anda selalu berusaha menghadirkan strategi inovatif untuk memenuhi janji merek dan meningkatkan nilai merek Anda.

Strategi brand building harus berpusat pada konsumen dan harus dikelilingi oleh preferensi konsumen karena mereka adalah hal berharga pada merek Anda.

Waktu dan konsistensi adalah elemen dasar untuk menciptakan merek yang unik di pasar

Lalu, pastikan juga Anda memiliki pengelolaan keuangan bisnis yang baik agar Anda bisa memastikan keuntungan yang Anda dapatakan dalam proses pemasaran dan brand building bisnis Anda.

Kesulitan menggunakan pembukuan manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses akuntansi bisnis yang lebih baik.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau yang dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, mengelola manajemen stok dan aset, otomatisasi faktur dan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur Kledo yang akan membantu bisnis Anda.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selaman 14 hari melalui tautan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + nineteen =