Cara Mencari Supplier Dropship Terbaik

cara pilih dropshipper

Ingin mencari cara untuk menemukan supplier dropshop terbaik? Dropship sendiri merupakan salah satu bisnis yang dapat dimulai tanpa modal. Dropship merupakan kegiatan menjual produk orang lain tanpa harus menyetok barang.

Supplier merupakan orang yang memiliki produk yang akan dijual oleh dropshiper. Memilih supplier terbaik dan terpercaya merupakan salah satu kunci sukses menjalankan bisnis dropship.

Karena ketersediaan produk yang kamu jual tergantung produk yang ada pada supplier. Lalu bagaimana cara memilih supplier yang baik dan terpercaya?

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara mencarai supplier dropship terbaik beserta memberikan rekomendasi supplier yang bisa Anda pilih.

Apa Peran Penting Supplier dalam Bisnis Dropshipping?

Jika Anda belum mengetahuinya, dropshipping adalah model bisnis di mana Anda tidak terlibat dalam manajemen persediaan dan pengiriman.

Produk akan dikirim langsung dari gudang produsen atau supplier ke pelanggan akhir. Jadi, tugas Anda adalah melakukan promosi dan layanan pelanggan, sementara sisanya akan diurus oleh supplier Anda.

Supplier dropshipping adalah produsen, grosir, atau supplier yang bersedia menawarkan layanan dropshipping.

Supplier dropshipping akan memiliki kontrak dengan Anda – penjual – tentang bagian mana yang menjadi tanggung jawab mereka dalam prosesnya.

Tugas-tugas mereka mungkin termasuk:

  • Memproduksi produk
  • Memberi label produk sebagai band Anda
  • Mengemas produk saat pelanggan memesan
  • Mengirimkan produk ke pelanggan Anda
  • Menyediakan pelacakan pengiriman
  • Menangani pengembalian barang

Tidak semua supplier dropshipping bersedia melakukan semua hal di atas, supplier dropshiping terbaik harus mencakup semuanya sehingga Anda bisa mendapatkan masalah sesedikit mungkin. Dengan definisi yang diperlukan, mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya.

Banner 3 kledo

Baca juga: Tips Memilih Supplier Bisnis Terpercaya dan Hal yang Harus Diperhatikan

Mengapa Supplier Sropshipping Terbaik Sangat Penting?

Jelas bahwa menemukan supplier dropshipping yang terbaik sangat penting. Mereka dapat membantu bisnis Anda menikmati manfaat berikut:

Hemat waktu

Supplier dropshipping profesional dengan layanan berkualitas tinggi tidak akan membuang waktu Anda. Anda akan tahu apa yang Anda dapatkan dengan harga yang Anda bayarkan.

Kepuasan pelanggan

Produk berkualitas tinggi, pengemasan yang aman, dan waktu pengiriman yang cepat membuat pelanggan Anda bertahan lebih lama, atau bahkan selamanya, dengan bisnis Anda.

Branding merek bisnis

Supplier dropshipping dapat mengirimkan kemasan dan faktur yang disesuaikan kepada pelanggan, dengan logo atau desain merek Anda. Ini sangat membantu mempopulerkan merek Anda.

Efisiensi biaya

Dengan setiap sen yang dibelanjakan di tempat yang tepat, Anda dapat memastikan kualitas layanan, dan tidak perlu khawatir tentang masalah yang tidak terduga.

Manfaat jangka panjang

Berbisnis dengan mitra yang hebat akan sangat membantu Anda. Anda dapat mengubah metode bisnis Anda, tetapi supplier dropshipping yang baik dapat membantu Anda dalam segala hal.

Dengan mengingat hal itu, mari kita jelajahi pertimbangan utama saat memilih supplier dropshipping Anda sendiri!

Baca juga: Apa itu Supplier dan Bagaimana Cara Memilih Supplier Terbaik?

Apa Ciri Supplier Dropshipping Terbaik?

dropship-reseller

Tidak semua supplier dropshipping hebat dalam apa yang mereka lakukan. Namun demikian, ada beberapa tanda supaya Anda bisa mendapatkan mitra supplier yang baik.

Sebelum kita membahas cara menemukan supplier Anda, mari kita lihat seperti apa supplier yang terbaik itu.

Produk yang dijual berkualitas

Menemukan dropshipper terbaik berarti menemukan yang menjual produk terbaik.

Menjual produk berkualitas tinggi berarti:

  • Kepuasan pelanggan yang lebih tinggi
  • Lebih banyak referral WOM (dari mulut ke mulut)
  • Ulasan produk yang lebih baik
  • Pengembalian barang lebih sedikit

Anda mungkin akan mendapatkan margin yang lebih rendah dari produk yang berkualitas tinggi. Namun demikian, manfaat yang akan Anda dapatkan akan lebih banyak untuk bisnis dropshipping Anda dari waktu ke waktu daripada yang Anda dapatkan dari menjual produk dengan margin tinggi tetapi berkualitas rendah.

Tidak ada biaya per pesanan yang besar

Sebagian besar supplier dropshipping mengenakan biaya “per pesanan”, yang harus Anda bayarkan setiap kali Anda melakukan pemesanan dengan mereka.

Itu masuk akal karena mereka harus meluangkan waktu dan sumber daya ekstra untuk mengemas dan mengirimkan produk untuk Anda.

Namun, terkadang supplier memanfaatkan hal ini dan membebankan biaya yang keterlaluan. Saran kami adalah melakukan perhitungan dan melihat apakah Anda masih bisa mendapatkan untung yang bagus saat berurusan dengan biaya yang tinggi. Jika tidak, teruslah mencari.

Baca juga: Gunakan Cara Ini untuk Mencari Supplier Tangan Pertama, Mudah!

Pengiriman yang cepat

Jika supplier Anda membutuhkan waktu berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu, untuk mengirimkan barang, mereka tidak akan cocok untuk Anda.

Ingatlah bahwa dropshipping adalah pasar yang sangat kompetitif – tidak ada ruang untuk proses pengiriman yang panjang. Anda akan kalah jika terlalu lama.

Di sisi lain, jika Anda dapat bermitra dengan supplier yang mengirim dengan sangat cepat, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif. Untuk menemukan supplier dropshipping terbaik, kami sarankan untuk melakukan tes pesanan sebelum Anda membuat pilihan akhir.

Tetapi jangan hanya memikirkan awal proses pengiriman, karena jarak tempuh terakhirlah yang sering kali diperhitungkan. Pastikan supplier Anda bermitra dengan operator kurir yang cepat dan andal untuk memastikan pelanggan Anda mendapatkan pesanan mereka tepat waktu.

Dukungan pelanggan yang membantu dan berpengalaman

Satu hal yang sering kita cari dalam supplier dropshipping adalah tim dukungan pelanggan yang luar biasa.

Anda pasti ingin tahu bahwa Anda dapat menghubungi mereka dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda selengkap dan secepat mungkin, dan bahwa mereka akan tahu cara menangani masalah apa pun yang Anda miliki.

Kami memahami tidak ada orang yang sempurna, dan akan ada pertanyaan yang tidak dapat mereka jawab dengan segera. Namun, mereka harus bersedia menemukan jawabannya untuk Anda dan merespons secara tepat waktu.

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Online dan Templatenya

Bagaimana Cara Menemukan Supplier Dropshipping Terbaik?

supplier dropship terbaik 2

Seperti yang kami bahas di atas, menemukan supplier dropshipping bisa jadi rumit, terutama karena ada banyak supplier yang bisa dipilih.

Memilih supplier yang salah dapat membuat Anda menghadapi situasi yang tidak terduga, menerima keluhan dari pelanggan terkait produk yang rusak, kehilangan keuntungan, atau berinvestasi dalam bisnis yang tampaknya sudah ditakdirkan sejak awal.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih yang terbaik, atau setidaknya yang paling menguntungkan Anda. 5 langkah di bawah ini akan membantu Anda!

1. Lakukan riset pasar Anda

Setelah Anda memutuskan produk yang ingin Anda jual, saatnya untuk melakukan riset. Bahkan, Anda dapat menemukan supplier dropshipping melalui yang berikut ini:

Mencari di Google

Tentu saja, setiap kali kebutuhan untuk mencari informasi muncul, sumber pertama yang kita cari biasanya adalah Google. Google adalah cara cepat untuk menemukan supplier dropshipping, tetapi juga memiliki risiko tersendiri.

Cara paling sederhana untuk menemukan supplier dropshipping di Google adalah dengan memasukkan “[Produk] + supplier dropshipping.” Jika Anda memiliki merek atau nama produk tertentu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mempersempit pencarian. Saat menggunakan Google, ingatlah hal-hal berikut:

Jangan menilai website. supplier tradisional terkenal tidak memiliki situs web yang dirancang dengan baik. Jangan tertipu oleh situs web yang sudah ketinggalan zaman karena banyak supplier yang sah memiliki homepage yang buruk.

Cobalah banyak kata kunci. Selain memiliki situs web yang dirancang dengan buruk, supplier tradisional tidak mempraktikkan SEO seperti yang Anda ketahui. Jangan hanya menggunakan “[Produk] + supplier dropshipping.” Coba gunakan kata kunci yang relevan sebanyak mungkin seperti “distributor”, “grosir”, “retailer”, dll.

Setelah Google menampilkan daftar hasil, telusuri setiap URL dan cari nomor telepon atau ID email di mana Anda bisa mendapatkan detail lebih lanjut.

Berlangganan ke direktori online

Anda juga dapat menemukan supplier dropshipping menggunakan direktori online. Direktori online ini memiliki basis data besar supplier yang terorganisir dengan baik berdasarkan industri, pasar, atau nice.

Mereka adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan supplier dropshipping karena setiap perusahaan yang terdaftar harus melalui beberapa jenis penyaringan untuk memastikan keabsahan mereka.

Jika Anda menggunakan Shopify, buka Shopify App Store dan ketik “dropshipping” pada bilah pencarian. Semua aplikasi yang terkait dengan dropshipping akan muncul, dan menelusuri daftarnya pasti akan memberi Anda beberapa opsi bagus untuk dipilih.

Menghadiri pameran dagang

Pameran dagang adalah acara yang ideal bagi Anda untuk menemukan produsen dan supplier di area tempat Anda ingin melakukan dropship.

Mereka juga menawarkan cara bagi Anda untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan metode terbaru yang digunakan di bidang manufaktur.

Selama pameran dagang, Anda akan mendapatkan waktu tatap muka dengan supplier dropship. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri.

Misalnya, persiapan akan membantu Anda mendemonstrasikan dengan lebih baik jenis kemasan yang Anda cari, di mana menempatkan merek Anda, dll.

Bergabunglah dengan jaringan dan grup industri

Sebagian besar peritel tidak mau membocorkan rahasia kesuksesan mereka, termasuk nama-nama supplier dropship mereka. Namun demikian, orang-orang yang bergabung dengan komunitas industri ingin berbagi, belajar, dan tumbuh.

Anda akan mendapatkan wawasan berharga dari para veteran industri dengan menjadi bagian dari komunitas dropshipping. Misalnya, rekan-rekan Anda dapat menyarankan supplier yang lebih baik atau memperingatkan Anda tentang supplier yang harus dihindari.

Referensi

Tidak ada yang lebih dapat diandalkan selain mendapatkan referensi dari orang yang Anda kenal dan percayai.

Tanyakan kepada keluarga dan teman-teman Anda apakah mereka dapat merujuk Anda ke grosir atau supplier terbaik untuk produk dropshipping Anda.

Anggota keluarga dan teman Anda mungkin memiliki jaringan yang mungkin tidak Anda ketahui. Jadi, libatkan mereka saat Anda mencari supplier dropshipping.

Mereka juga dapat membantu dalam membuktikan karakter dan legitimasi produsen atau supplier. Plus, mereka mungkin tidak akan merekomendasikan orang-orang yang menyebabkan sakit kepala kepada Anda di masa depan.

Baca juga: 6 Jenis Biaya Logistik pada Bisnis dan Cara Menghematnya

2. Hubungi supplier

Setelah Anda membuat daftar kecil supplier dropshipping potensial, sekarang saatnya menghubungi mereka untuk melihat apakah mereka cocok. Ingatlah untuk:

Kirim email kepada mereka terlebih dahulu

Jauh lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan melalui email daripada telepon. Email akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan tanpa membuang waktu untuk menunggu di telepon.

Tindak lanjuti dengan menelepon

Setelah Anda mengirim email, tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tanggapan (serta pelajari lebih lanjut tentang seberapa baik perwakilan dukungan supplier) dengan mengirimi mereka panggilan telepon lanjutan.

Jadi, saat Anda berpikir untuk mengirim email ke supplier dropshipping atau menghubungi mereka melalui telepon, kemungkinan Anda bertanya-tanya apa yang harus Anda katakan kepada mereka, bukan? Di bawah ini adalah rekomendasi kami:

Apa syarat pembayarannya?

Apakah mereka bisa dinegosiasikan? Ini adalah pertanyaan dasar. Ini akan membantu Anda melihat harga yang sebenarnya (harga yang tertera di situs web mereka biasanya lebih tinggi daripada harga yang sebenarnya) dan mendapatkan penawaran terbaik.

Apakah ada biaya lain selain biaya langsung produk?

Beberapa supplier dropshipping membebankan biaya pengiriman, biaya penyetokan ulang untuk pengembalian, biaya tambahan bahan bakar, atau bea atas barang impor. Jadi, lebih baik mengetahui apa yang Anda hadapi sebelumnya.

Apakah mereka menjual secara langsung?

Banyak supplier menjual langsung ke konsumen selain menjual layanan dropshipping. Anda harus mengetahui hal ini dengan jelas sebelum memilih mereka, karena jika jawabannya ya, Anda bersaing langsung dengan supplier Anda – yang dapat mempersulit keadaan.

Apa kebijakan pengembalian barang mereka?

Supplier terkadang tidak sengaja mengirimkan barang yang salah, dan pelanggan terkadang melakukan kesalahan dan memesan barang yang salah. Jika hal ini terjadi, Anda ingin tahu bagaimana supplier Anda akan menanganinya.

Berapa margin laba kotor yang Anda dapatkan?

Margin kotor (atau margin laba kotor) adalah jumlah uang yang Anda hasilkan setelah menjual sesuatu dikurangi biaya barang.

Meskipun Anda menetapkan proses Anda sendiri, supplier dropshipping Anda harus dapat memberi tahu Anda apa yang dihasilkan penjual lain, rata-rata.

Garansi atau jaminan seperti apa yang mereka tawarkan?

Untuk menawarkan kebijakan pengembalian yang baik kepada pelanggan Anda, Anda perlu mengetahui jenis garansi yang diberikan supplier dropshipping Anda.

Kapan harga bisa berubah?

Tidak jarang supplier dropshipping tiba-tiba mengubah harga pada Anda. Perubahan besar seperti ini dapat merugikan bisnis Anda, jadi penting untuk mengetahui kapan hal ini mungkin terjadi sebelumnya.

Selain itu, kesan pertama sangat penting, jadi cobalah untuk menjaga hubungan yang baik dengan supplier sejak awal. Anda bisa mendapatkan lebih banyak kepercayaan, mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda dengan cepat, dan menghindari perselisihan di masa depan.

Baca juga: Cara Mudah Menjadi Dropshipper di Shopee, Untung Berlimpah

3. Pesan sampel dari mereka

Setelah Anda mengidentifikasi supplier dropshipping yang ingin Anda ajak bekerja sama, pesanlah sampel sesedikit mungkin dari mereka.

Anda harus memperhatikan dan mencatat semua aspek proses, termasuk pengemasan, waktu pengiriman, layanan, dan masalah lain yang mungkin Anda pikirkan.

Langkah ini sangat penting karena Anda dapat memahami bagaimana pelanggan Anda akan mengalami layanan toko dropshipping Anda.

Supplier dropshiping terbaik akan bangga dengan pengemasan dan menggunakan sistem manajemen transportasi untuk memastikan pengiriman dilakukan dengan segera.

Saat Anda melakukan itu, Anda dapat memesan beberapa dari pesaing Anda juga. Dengan demikian, Anda dapat membandingkan pengemasan, waktu pengiriman, dukungan pelanggan, dan belajar untuk meningkatkan atau menyesuaikan bisnis dropshipping Anda sendiri.

4. Bernegosiasi

Supplier dropshipping pasti sudah lama berkecimpung di industri ini. Jika Anda terdengar seperti pemula (yaitu, Anda tidak tahu apa yang Anda bicarakan), mereka akan menagih Anda dengan harga yang lebih tinggi, merespons dengan lambat, dan mungkin tidak memberikan layanan terbaik yang layak Anda dapatkan.

Oleh karena itu, selalu lakukan negosiasi untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Jika Anda telah memiliki toko online dengan lalu lintas, tunjukkan dan katakan apa yang Anda janjikan kepada pelanggan Anda. Pengiriman 3 hari haruslah pengiriman 3 hari!

Jika Anda memulai dari nol, cobalah untuk mendekati mereka dengan cara yang sopan dan profesional.

Anda harus menggunakan template email, menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset, dan mengajukan pertanyaan rinci berdasarkan kebutuhan spesifik Anda.

Jika Anda dapat melakukan semua hal ini, Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dari supplier dropshipping terbaik.

Baca juga: Perbedaan Reseller dan Dropship, Mana yang Lebih Menguntungkan?

5. Putuskan

Banyak supplier dropshipping yang tampak hebat pada awalnya, tetapi begitu Anda mempelajari bisnis ini, semuanya mungkin tidak terlihat bagus lagi. Ini sebenarnya normal, dan Anda tidak perlu merasa frustrasi karenanya.

Ingatlah untuk terus mempertimbangkan kembali: kualitas produk yang mereka tawarkan, pengembalian yang mereka tangani, dan cara mereka merespons Anda.

Pastikan Anda membicarakan semua pilihan Anda dan memahami cara mereka memprosesnya sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka. Dan ingatlah untuk menetapkan tenggat waktu untuk mengambil keputusan.

Rekomendasi Supplier Dropship Terbaik di Indonesia

apa itu supplier

Setelah Anda memahami cara untuk mendapatkan supplier yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi situs yang bisa Anda jadikan sebagai supplier untuk bisnis dropship Anda.

1. Supplier.id

Supplier.id merupakan salah satu supplier dropship terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Dengan bergabung di situs ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan antara 20% hingga 70% dari setiap penjualan. Tingkatkan potensi penghasilan Anda dengan menjual produk-produk berkualitas dari Supplier.id.

2. Dusdusan.com

Dusdusan.com adalah situs yang menyediakan berbagai produk rumah tangga untuk pasar pekerja dan ibu rumah tangga.

Bergabung dengan Dusdusan.com memberikan Anda akses ke produk-produk berkualitas dengan pendaftaran member sebesar 150 ribu rupiah.

3. Bandros.co.id

Jika Anda mencari fashion item seperti jaket, jilbab, kaos, atau tas, Bandros.co.id adalah pilihan yang tepat.

Situs ini menjembatani UMKM di Indonesia dengan pembeli, sehingga Anda dapat menjual produk-produk unik dari UMKM melalui Bandros.co.id. Biaya pendaftaran hanya 75 ribu rupiah.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Tetap Beserta Rumusnya

4. Win Market

Win Market merupakan platform supplier dropship yang menyediakan berbagai macam barang. Selain itu, Win Market juga dilengkapi dengan fitur untuk mempermudah Anda dalam membuat dan mengelola toko online secara mandiri.

5. Cakning

Cakning adalah situs supplier yang didedikasikan untuk membantu korban bencana lumpur lapindo di Porong, Sidoarjo.

Situs ini menawarkan lebih dari 4.000 produk yang dapat Anda jual. Untuk bergabung, Anda akan dikenai biaya pendaftaran sebesar 100 ribu rupiah.

6. Tanah Abang Market

Terinspirasi dari pasar Tanah Abang yang terkenal sebagai pusat perdagangan tekstil di Indonesia, Tanah Abang Market menyediakan ribuan produk tekstil untuk dijual kembali melalui sistem dropship. Manfaatkan peluang ini untuk menjual produk tekstil dengan mudah.

7. Dropshipaja.com

Dropshipaja.com menawarkan beragam produk yang dapat di-custom atau disesuaikan dengan keinginan pembeli, seperti kaos, topi, dan casing handphone.

Situs ini mengadopsi sistem pre-order dengan proses pengerjaan yang cepat, hanya 3 hari. Dapatkan keuntungan hingga 70% dari harga produk yang terjual.

8. Jakartagrosir.com

Bergabung dengan Jakartagrosir.com memberikan Anda peluang untuk mendapatkan keuntungan antara 30% hingga 100% dari harga barang.

Situs ini menyediakan berbagai produk yang mudah dijual dan banyak dicari, seperti jaket, tas, dan pakaian.

9. Hazastore.com

Hazastore.com adalah situs yang menawarkan produk pakaian muslim dan mainan edukatif untuk anak-anak. Anda dapat menjadi dropshipper atau reseller di situs ini dengan membayar biaya keanggotaan sebesar 195 ribu rupiah. Dapatkan keuntungan dari produk-produk berkualitas di Hazastore.com.

Baca juga: 12 Contoh Laporan Keuangan Perusahaan dan Penjelasannya

Kesimpulan

Meskipun Anda baru memulai dropshipping atau sudah memiliki toko online, menemukan supplier terbaik dan yang paling sesuai tetaplah penting untuk meraih kesuksesan.

Ada banyak cara untuk menemukan yang tepat, tetapi sekali lagi, ini bukan tugas yang mudah. Saran terakhir kami adalah memiliki banyak supplier lebih baik daripada hanya satu, karena mereka dapat membantu dengan lebih banyak produk dan lebih banyak kualitas.

Setelah Anda berhasil mendapatkan supplier terbaik untuk bisnis dropship, demi kelancaran bisnis, Anda juga harus mengelola keuangan dengan baik.

Anda bisa mengelolanya secara manual atau jika Anda ingin lebih mudah Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan

Ada banyak software akuntansi di Indonesia, salah satunya Kledo. Selain memiliki harga yang terjangkau, Kledo juga bisa diakses secara gratis selama 14 hari.

Jika tertarik, Anda bisa mencobanya melalui tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × three =