Dropshipper! Pilih Supplier Dropship Terbaik dengan Cara Ini

cara pilih dropshipper

Dropship merupakan salah satu bisnis yang dapat dimulai tanpa modal. Dropship merupakan kegiatan menjual produk orang lain tanpa harus menyetok barang. Nah, salah satu yang tidak bisa dilepaskan dari dropship adalah supplier. Supplier merupakan orang yang memiliki produk yang akan dijual oleh dropshiper. Memilih supplier terbaik dan terpercaya merupakan salah satu kunci sukses menjalankan bisnis dropship. Karena ketersediaan produk yang kamu jual tergantung produk yang ada pada supplier. Lalu bagaimana cara memilih supplier yang baik dan terpercaya?

Sebelum membahas tentang cara memilih supplier yang terpercaya, berikut tugas supplier yang harus kamu ketahui:

1. Memiliki tugas memasok bahan baku atau produk kepada dropshiper atau penjual.

2. Memastikan produk yang sampai ke konsumen dalam keadaan baik dan layak untuk dijual.

3. Sebagai pengatur penyimpanan barang sebelum sampai ke konsumen yang membeli.

4. Mengatur pengiriman produk sampai ke konsumen tepat waktu

Tempat Mencari Supplier Dropshiper

Setelah mengetahui apa saja tugas seorang supplier, hal yang muncul di benakmu adalah mencari supplier untuk bisnis dropship milikmu. Tentu kamu nggak mau sembarangan dalam memilih supplier. Kamu ingin mencari supplier yang dapat membuat bisnismu bertahan lama. Lalu dimana saja bisa mencari supplier terbaik untuk bisnismu? Berikut ini tempat-tempat dimana yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan supplier terbaik.

1. Langsung ke sentra industri atau saat ada bazar

bazar supplier terbaik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam mencari supplier untuk bisnismu adalah dengan mendatangi secara langsung atau datang saat ada bazar. Langsung mendatangi sentra bisnis memiliki beberapa kelebihan. Kamu dapat melihat secara langsung proses produksi dan juga mengetahui kualitas produk secara langsung. Selain itu kamu juga dapat mengetahui orang-orang yang terlibat dalam proses produksi, sehingga kamu dapat lebih percaya karena sudah melihatnya secara langsung.

Selain mengunjungi sentra produksi secara langsung, kamu juga bisa mengunjungi bazar yang biasanya diadakan saat ada acara. Kelebihan dari bazar ini kamu dapat melihat banyak produk yang dipamerkan di sana, sehingga kamu memiliki banyak pilihan produk masa yang akan kamu dropship.

2. Melalui Website atau Toko Online

toko online supplier terbaik

Jika kamu mengalami kesulitan menemukan supplier secara langsung, pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi website atau toko online yang dimiliki oleh produk yang ingin kamu dropship. Di jaman yang serba teknologi, suatu brand pasti memiliki toko online atau jika sudah besar ada website khusus untuk promosi dan penjualan produk.

Kamu mengalami kesulitan menemukan supplier dari website atau toko online? Kamu bisa menggunakan fitur pencarian yang ada di search engine yang ada di internet. Jika kamu ingin mencarinya di Instagram, kamu bisa menggunakan hastag atau tanda pagar. Misalnya, kamu ingin mencari produk jilbab, kamu bisa menggunakan #jilbab #jilbabmodern #jilbabmurah. Setelah mencarinya dengan tanda pagar, akan muncul produk-produk dengan tanda pagar tersebut.

3. Melalui Marketplace

marketplace supplier terbaik

Selain media sosial, kini ada marketplace dimana kamu bisa mencari produk yang akan kamu dropshipe dengan lebih mudah. Ada beberapa kelebihan maretplace dibandingkan dengan media sosial. Selain marketplace menjadi tempat berkumpulnya banyak pedagang, marketplace biasanya juga memiliki fitur-fitur yang akan mempermudah kamu dalam berbelanja. Seperti fitur cashback, gratis ongkir, ataupun diskon.

4. Melalui website yang terdapat pembandingan harga

website supplier terbaik

Jika kamu mau mencari di internet, terdapat website pembanding harga yang bisa kamu jadikan patokan dalam memilih supplier. Website-website seperti pricebook.com, telunjuk.com, ataupun pricearea.com dapat kamu kunjungi untuk mengetahui perbandingan harga yang ada di pasaran.

Tips Mencari Supplier

Setelah mengetahui dimana saja kamu bisa menemukan supplier terbaik yang akan me-supply produk yang akan kamu jual, selanjutnya adalah bagaimana mencari supplier terbaik dan terpercaya untuk bisnismu. Supplier terpercaya akan membuat bisnismu dapat bertahan lama dan akan menghindari permasalahan yang akan muncul ke depannya, seperti tidak adanya stok barang padahal sudah ada konsumen yang membeli produk tersebut atau tiba-tiba supplier menghilang setelah kamu membayar produk yang akan dibeli.

Berikut tips-tips yang harus kamu lakukan dalam memilih supplier terpercaya:

1. Pastikan Ada Kebijakan Pengembalian Barang

Memastikan adanya kebijakan dalam pengembalian barang merupakan tips pertama yang harus kamu lakukan dalam mencari supplier untuk produk dropship. Hal ini bertujuan agar ketika ada barang yang mengalami kerusakan saat berada di tangan konsumen, kamu dapat melakukan pengembalian barang kepada supplier. Dengan adanya fasilitas ini kamu tidak perlu mengambil tanggung jawab untuk membeli produk rusak yang dikirim kepada konsumen.

2. Pastikan Supplier Memiliki Produk Bagus

Memastikan kualitas barang yang dijual supplier dapat kamu lakukan dengan membeli terlebih dahulu produk yang akan kamu dropship. Dengan membeli produk tersebut kamu dapat mengetahui kualitas produk secara langsung. Kamu juga bisa memeriksa kualitas setiap bagian dari produk tersebut. Jika kamu sendiri merasa puas dengan produk tersebut, konsumen juga akan merasakan hal yang sama.

3. Memiliki Beberapa Pilihan Pembayaran

Dalam dropship, yang dilakukan seorang dropshiper adalah menjual produk yang dimiliki supplier kemudian setelah mendapatkan pembayaran dari konsumen, dropshiper akan membayar kepada supplier dengan harga yang telah disepakati. Karena sering terjadinya pembayaran ini, memiliki cara pembayaran yang beragam tentu akan mempermudah kamu sebagai dropshiper. Kalau perlu kamu harus menyiasati agar dapat menghemat biaya transfer.

4. Memiliki Teknologi Bisnis yang Memadai

Salah satu teknologi bisnis yang memadai adalah dengan adanya website yang dimiliki oleh perusahaan supplier. Dengan adanya website, kamu sebagai dropshiper akan memiliki kemudahan dalam melakukan pemesanan dan pengiriman.

5. Dapat Mengirimkan dengan Cepat

Memiliki sistem pengiriman yang cepat akan mempermudah pekerjaan kamu sebagai dropshiper. Hal ini dikarenakan konsumen yang membeli produk padamu akan menerima barang yang dibeli dengan lebih cepat. Sebagai seorang penjual yang tidak menangani langsung proses pengiriman, hal ini akan mengurangi risiko kamu sebagai dropshiper, salah satunya adalah risiko protes dari konsumen.

6. Dapat Melakukan Custom Kemasan

Dapat melakukan custom kemasan maksudnya adalah supplier mau mengemas produk yang dijual sesuai dengan toko yang kamu miliki, bukan toko milik supplier. Hal ini berguna untuk menjadi kekhasan dari produkmu dan supaya kamu memiliki pembeli setia. Kamu bisa meminta supplier mencantumkan nama tokomu pada produk yang dikirimkan kepada konsumen.

7. Supplier Berpengalaman

Memilih supplier yang berpengalaman merupakan salah satu kunci untuk menjadi dropshiper berpengalaman. Semakin berpengalaman seorang supplier semakin terjamin juga kualitas produk dan pengiriman produk kepada konsumen. Kamu dapat melihat kualitas dari supplier dengan cara melihat testimoni yang diberikan oleh konsumen. Jika testimoni menunjukan kualitas yang baik, kamu tidak perlu khawatir dengan ketika memutuskan untuk bekerja sama dengan supplier tersebut. Jika testimoni menunjukan kurang baik, kamu dapat menanyakan langsung kepada supplier terkain testimoni tersebut.

8. Tidak Membebankan Biaya Pre-order yang Tinggi

Mencari supplier yang tidak membebankan biaya pre-order merupakan salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan tidak membebankan biaya pre-order yang tinggi, selain kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, kamu juga bisa memberikan harga yang dapat bersaing dengan penjual lainnya. Tentu hal ini akan memberikan daya tarik kepada konsumen untuk membeli produk di tokomu.

Mencari Supplier di Shopee

Untuk mencari supplier kamu dapat mencarinya di berbagai marketplace atau secara langsung dengan mendatangi toko offiline. Namun di sini aku akan membagian cara mencari supplier di marketplace Shopee. Aku memilih Shopee karena saat ini Shopee merupakan marketplace yang cukup diminati, baik oleh penjual ataupun pembeli. Hal ini akan memberikan banyak pilihan. Kamu juga bisa melihat harga secara langsung, sehingga bisa memilih mana harga yang paling murah.

1. Buka Aplikasi Shopee

shopee

Tahap pertama yang harus kamu lakukan untuk mencari supplier terbaik di Shopee adalah dengan membuka aplikasi Shopee yang ada di smartphone atau di komputer. Untuk di smartphone kamu perlu mendownload aplikasi Shopee di Playstore. Sedangkan untuk kamu yang mengakses Shopee dari komputer atau laptop bisa mengaksesnya melalui https://shopee.co.id.

2. Pilih “Shopee Grosir”

shopee grosir

Setelah membuka aplikasi Shopee di telepon selular yang kamu miliki atau lewat website dari PC kamu, selanjutnya adalah pilih Shopee Grosir. Fitur Shopee Grosir ada di bagian atas tampilan Shopee. Satu bagian dengan fitur Pulsa, Tagihan & Hiburan dimana kamu bisa membeli pulsa secara langsung.

3. Pilih “Kategori yang Diinginkan”

fitur shopee grosir

Setelah kamu memilih fitur Shopee Grosir, selanjutnya tampilan di layar smartphone atau lapotop kamu akan memunculkan halaman Shopee Grosir. Kamu dapat mencari produk yang sedang kamu cari pada kolom pencarian, atau kamu juga bisa mencarinya pada kolom produk terlaris. Jangan lupa untuk mengecek testimoni dari pembeli atau jika ada pertanyaan kamu bisa menanyakannya kepada penjual melalui fitur pesan yang tersedia di Shopee

Kesimpulan

Bisnis dropship merupakan salah satu bisnis yang dapat dimulai tanpa modal. Meski tanpa modal, bukan berarti bisnis satu ini tidak menjanjikan. Banyak dropshiper yang mendapatkan keuntungan sampai puluhan juta dari bisnis satu ini. Salah satu hal yang nggak bisa lepas dari bisnis dropshipe ini adalah dalam hal memilih supplier. Supplier merupakan pihak yang memiliki produk yang akan dijual oleh dropshiper. Dalam memilih supplier kamu nggak boleh asal. Kamu harus mencari supplier yang terpercaya agar kamu bisa lancar dalam menjalankan bisnis.

Setelah kamu berhasil mendapatkan supplier terpercaya untuk bisnis dropship milikmu, demi kelancaran bisnis, kamu harus mengelola keuangan dengan baik. Kamu bisa mengelolanya secara manual atau jika kamu ingin lebih mudah kamu bisa menggunakan software akuntansi. Software akuntansi merupakan software yang di dalamnya terdapat berbagai fitur akuntansi. Kamu bisa memasukan pengeluaran, penghasilan sampai saldo di rekening ke software tersebut. Ada banyak software akuntansi di Indonesia, salah satunya Kledo. Selain memiliki harga yang terjangkau, Kledo juga bisa diakses secara gratis selama 14 hari. Untuk mengaksesnya kamu bisa klik di sini. Jadi, siapkah kamu menjadi dropshiper yang sukses?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *