10 Rekomendasi Software Manajemen Keuangan Bisnis

software manajemen keuangan banner

Software manajemen keuangan atau biasa dikenal financial management software (FMS) menghubungkan, membuat, melaporkan, dan menyimpan berbagai transaksi yang berkaitan dengan arus kas dan berbagai data keuangan di seluruh bisnis.

Tujuan utama dari software manajemen keuangan untuk bisnis adalah untuk menghitung uang yang beredar di dalam organisasi, vendor yang berafiliasi, dan pelanggan.

Ini membantu akuntan dan manajer keuangan mengelola pergerakan sumber daya yang ada dalam bisnis. Dengan demikian, bisnis dengan berbagai ukuran membutuhkan solusi akuntansi dasar untuk melaporkan transaksi kredit dan debit.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan apa itu software manajemen keuangan beserta memberikan 10 rekomendasinya yang bisa Anda pilih.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Software Manajemen Keuangan?

Selama bertahun-tahun, pemilik bisnis kecil mengira bahwa solusi manajemen keuangan yang komprehensif hanya untuk perusahaan besar dan perusahaan multinasional.

Namun, proses berpikir tersebut berubah sejak banyak penyedia software sebagai layanan (SaaS) menawarkan langganan software on-premise atau on-the-cloud yang tangguh dengan harga yang terjangkau untuk menarik minat bisnis.

Saat ini, UKM juga menggunakan software manajemen keuangan yang dapat diskalakan karena alasan-alasan berikut:

Meminimalisir kesalahan

Software manajemen keuangan online atau offline dapat membantu Anda mengurangi kesalahan keuangan seperti kelebihan atau kekurangan pembayaran pajak, kesalahan penggajian, kelebihan pembayaran ke vendor, dll.

Dengan cara ini, bisnis Anda dapat berhenti memboroskan uang sebagai pemborosan dan menginvestasikannya untuk operasional.

Baca juga: Mau Jadi Akuntan Senior? Berikut Tugas dan Persyaratannya

Analisis keuangan

Software manajemen keuangan standar dilengkapi dengan sistem pelaporan dan analisis yang canggih.

Para stakeholder dapat melihat laporan laporan yang dapat ditindaklanjuti, baik itu tentang pendapatan bisnis atau pengeluaran dengan beberapa klik lalu menunjukkan kepada investor tren pertumbuhan masa lalu, sekarang, dan masa depan di seluruh produk dan pasar.

Bisnis kecil juga bisa menggunakan software manajemen keuangan untuk meningkatkan transparansi keuangan dan data di semua departemen.

Jika tidak, pemilik bisnis harus bergantung pada asumsi dan kehilangan kendali atas uang yang mengalir keluar dari perusahaan.

Tetap up to date dengan regulasi yang berlaku

Penyedia dan pengembang software manajemen keuangan terus memperbarui software mereka karena standar akuntansi dan aturan perpajakan yang terkadang berubah.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menugaskan tim akuntan untuk memasukkan perubahan pajak atau praktik akuntansi terbaru ke dalam buku Anda secara manual.

Baca juga: 9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

Fitur Apa yang Harus Dimiliki Software Manajemen Keuangan?

software manajemen keuangan

Anda tidak bisa sembarang memilih alat manajemen keuangan online. Alat ini harus menawarkan fitur dan fungsi standar agar Anda mendapatkan nilai yang sepadan.

Berikut adalah fitur-fitur yang harus Anda cari dalam perangkat lunak manajemen keuangan yang ideal:

  1. Modul akuntansi umum untuk mencakup utang usaha (AP), penggajian, piutang usaha (AR), buku besar, dll.
  2. Sistem Manajemen Keuangan juga harus menyertakan alat khusus untuk mengelola kas, pendapatan, dan perbendaharaan.
  3. Anda juga memerlukan fungsi seperti penganggaran, perencanaan, dan peramalan dalam platform manajemen keuangan Anda.
  4. Untuk memastikan bisnis Anda mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesaia secara umum, Anda memerlukan alat yang memiliki tata kelola yang baik, keamanan, dan juga meminimalisir risiko dalam proses manajemen keuangan Anda.

Di bawah ini adalah daftar utama software manajemen keuangan terbaik untuk semua skala bisnis:

10 Rekomendasi Software Manajemen Keuangan

1. Software akuntansi Kledo

Kledo adalah salah satu software akuntansi sekaligus alat manajemen keuangan buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 60 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Memiliki fitur akuntansi yang lengkap seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pembuatan laporan keuangan yang instan, sampai terintegrasi dengan berbagai platform seperti software payroll, marketplace, sampai aplikasi POS atau kasir.

Kledo bisa digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau karena berbasis online. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh Kledo melalui Playstore dan juga App store.

Dengan antarmuka yang mudah dimengerti, Kledo menghasilkan laporan keuangan yang intuitif dan dinamis sehingga memudahkan Anda mengambil keputusan bisnis sekalipun Anda tidak memahami akuntansi secara mendalam.

Jika tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

2. Software Bonsai

Ini bukan tanaman ya.. Bonsai adalah solusi manajemen bisnis lengkap yang semakin populer di kalangan bisnis kecil. Salah satu fungsi yang paling sering digunakan adalah manajemen keuangan.

Ini mencakup semua yang dibutuhkan pemilik bisnis untuk mengelola keuangan mereka secara efisien dan mencapai tujuan profitabilitas: faktur & pembayaran, akuntansi, pajak, dan bahkan perbankan. Dengan dasbor yang intuitif dan mudah digunakan, sangat mudah digunakan.

Dengan menggunakan Bonsai, bisnis dapat dengan mudah melacak pendapatan dan secara otomatis mengkategorikan pengeluaran untuk memaksimalkan penghapusan yang menghasilkan pengembalian pajak yang lebih besar.

Hal ini memungkinkan pemilik usaha kecil untuk dibayar lebih cepat dengan membuat faktur profesional dalam hitungan detik dengan pembayaran global dan pengingat otomatis.

Selain manajemen keuangan, Bonsai menawarkan solusi manajemen klien dan proyek yang lengkap. Ini termasuk kontrak & penandatanganan elektronik, proposal, CRM, formulir klien, penjadwalan, pelacakan waktu, dan banyak fitur lain untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan sukses.

Pemilik bisnis dapat membuat kontrak dan proposal khusus dari 1000+ templat di perpustakaan Bonsai.

Semua fitur Bonsai terintegrasi dan otomatis, menjadikannya platform manajemen proses bisnis lengkap yang menghemat waktu dan uang karena semuanya dapat diakses dalam satu alat.

Dengan popularitasnya yang terus meningkat, Bonsai adalah salah satu pilihan terbaik untuk memantau keuangan bisnis Anda dan meningkatkan skala bisnis Anda dalam waktu singkat.

Baca juga: 10 Tips Terbaik LinkedIn Profil untuk Akuntan

3. Software Workday

Workday adalah merek terkenal untuk aplikasi bisnis. Salah satu alat yang paling banyak dilanggan adalah solusi manajemen keuangannya.

Bisnis menggunakan alat ini untuk lebih fokus pada analisis dan perencanaan transaksi keuangan daripada memproses transaksi. Selain itu, Workday juga memperbarui alat dan fungsinya lebih sering sehingga bisnis Anda dapat tetap relevan di pasar.

Software manajemen keungan workday menggunakan teknologi pemrosesan data yang canggih seperti pembelajaran mesin, pemodelan data objek, dan komputasi dalam memori untuk mendeteksi anomali transaksi keuangan.

Alat ini juga dapat memberikan rekomendasi yang cerdas dan praktis berdasarkan proses bisnis dan keuangan Anda.

Oleh karena itu, dengan sistem keuangan Workday, Anda tidak perlu menginvestasikan banyak waktu untuk mengelola transaksi.

Anda dapat menginvestasikan penghematan waktu di area bisnis seperti pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan pengumpulan pendapatan.

4. Software Causal

Causal adalah alat bantu spreadsheet yang sederhana, seperti Excel, namun tanpa kerumitan seperti Excel.

Tim akuntansi dan keuangan Anda dapat menggunakan alat ini untuk melakukan perhitungan keuangan bisnis yang kompleks seperti perencanaan skenario, forecasting data, dan pemodelan data.

Selain itu, alat ini memungkinkan visualisasi data yang intuitif dan interaktif dalam teks, tabel, dan bagan bentuk bebas.

Anda juga dapat mengintegrasikan Causal dengan sumber data bisnis seperti perangkat lunak akuntansi, ERP, dan database yang di-host.

Dengan demikian, tim Anda dapat mengambil data dari sumber-sumber ini dan memasukkan data langsung atau data historis ke dalam laporan bisnis.

Oleh karena itu, produk ini cocok untuk startup, organisasi nirlaba, bisnis mata uang kripto, tim keuangan, dan tim pemasaran.

Baca juga: 9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

5. Sage Intacct

Sejak tahun 1999 Intacct telah menjadi penyedia layanan terkemuka yang menawarkan alat manajemen keuangan berbasis cloud yang disesuaikan untuk usaha kecil dan menengah.

Selain itu, Intacct telah menjadi pelopor dalam menggabungkan keuangan dan akuntansi dengan teknologi cloud dan menghadirkan alat manajemen keuangan secara online, yang dapat diakses dari mana saja.

Perusahaan ini telah menjadi sumber pilihan untuk aplikasi keuangan tingkat lanjut untuk AICPA atau Institut Akuntan Publik Bersertifikat Amerika.

Sage mengakuisisi Intacct pada tahun 2017 dan memberi merek software manajemen keuangan sebagai Sage Intacct. Alat ini telah menjadi bagian penting dari Sage Business Cloud.

Software manajemen keuangan baru ini hadir dengan inti program terpisah seperti Core Financials, Advanced Functionality, Dashboards & Reporting, dan Billing untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis global.

6. Software akuntansi Xero

software manajemen keuangan 1

Xero adalah alat akuntansi mudah yang memungkinkan usaha kecil dan menengah memasukkan tagihan, mengirim penawaran ke klien, mengirim faktur ke pelanggan, mendigitalkan tanda terima dengan Hubdoc, merekonsiliasi transaksi secara massal, dll.

Namun, Anda juga dapat berlangganan add-on mereka seperti Claim expenses, Analytics, dan Track projects untuk mengubah alat akuntansi menjadi alat manajemen keuangan yang kuat.

Selain itu, Xero menawarkan bonus fungsi bawaan seperti pelacakan keuangan proyek, manajemen kontak, penyimpanan file yang aman, manajemen inventaris, dll.

Xero menghadirkan semua fitur akuntansi dan keuangan untuk memungkinkan bisnis mengelola bisnis mereka secara efisien dan mencapai tujuan profitabilitas. Dengan lebih dari 20 fitur, dasbor Xero akan memegang kendali atas keuangan bisnis Anda.

Dasbor ini menampilkan laporan arus kas, saldo akun, rekonsiliasi bank, faktur yang belum dibayar, dan produk bisnis tertentu di satu tempat sehingga Anda dapat melacak kesehatan perusahaan Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

7. Software Kissflow

Kissflow bukan hanya solusi manajemen keuangan biasa. Ini adalah alat terpadu yang memungkinkan tim keuangan Anda melakukan semua yang tidak dapat dilakukan oleh alat ERP. Sebagai contoh:

  • Memberikan persetujuan untuk proyek dan pengadaan yang mengikuti pedoman keuangan internal dan eksternal. Dengan sistem berbasis aturan ini, Anda tidak akan pernah menunda pengadaan yang sah, tetapi selalu menghentikan pemborosan dan pembelian yang tidak perlu.
  • Mengamankan data bisnis yang sensitif dari karyawan dengan akses alat berbasis peran dan kebutuhan.
  • Dapatkan semua data keuangan dan operasi dalam satu dasbor yang disederhanakan untuk membuat keputusan yang lebih cerdas.

Selain itu, antarmuka pengguna grafis (GUI) dan elemen visual Kissflow memungkinkan bisnis menyesuaikan aplikasi dengan mudah tergantung pada produk dan layanan yang ditawarkan bisnis.

8. Software FinancialForce

FinancialForce adalah nama populer lainnya untuk manajemen, perencanaan, dan analisis keuangan bisnis. Fitur manajemen keuangannya telah dikembangkan pada platform pengembangan Salesforce berbasis cloud.

Ini adalah fitur yang cerdas yang memungkinkan FinancialForce ERP untuk memberikan status bisnis yang komprehensif dan berpusat pada pelanggan.

Selain itu, sebagai software terpadu, ERP ini menghadirkan front-end dan back-end dalam satu platform terpusat tanpa menciptakan kerumitan alur kerja di antara para karyawan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis dapat mengakses data yang digabungkan untuk pengambilan keputusan penting sementara karyawan lini bawah dapat menyelesaikan tugas mereka secara efisien.

Lalu, dengan menggunakan FinancialForce, Anda tidak hanya akan mendapatkan fitur manajemen keuangan tetapi juga sejumlah alat bisnis seperti:

  • PSA atau solusi otomatisasi layanan profesional
  • Solusi manajemen inventaris
  • Sistem penagihan dan faktur
  • Sistem akuntansi dan manajemen keuangan

Dengan demikian, tim akuntansi, keuangan, dan kepemimpinan Anda dapat selalu mengakses data real-time terkait operasi dan pelanggan.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Bisinis Otomotif Terbaik

9. Software AccountsIQ

AccountsIQ adalah alat akuntansi berbasis cloud yang mengubah pemrosesan, pengumpulan, dan pelaporan data keuangan menjadi menyenangkan dan bebas dari kesalahan.

Alat ini menawarkan fitur yang sederhana namun canggih untuk penganggaran, mengotomatiskan konsolidasi, penghitungan PPN, mengaudit, dan mengelola arus kas.

Bekerja secara terpisah-pisah bisa jadi tidak menguntungkan secara finansial bagi usaha kecil dan menengah.

Oleh karena itu tim pengembang AccountsIQ mengembangkan produk ini dengan mempertimbangkan kebutuhan entitas bisnis yang memiliki banyak departemen yang bekerja secara terpisah.

Dalam software ini terdapat beberapa fitur seperti pengelolaan SDM, penggajian, piutang, hutang, pengadaan, pemberian layanan, dan inventaris akan berada dalam satu payung.

AccountsIQ memiliki 250 templat laporan, dasbor, paket pelaporan manajemen, tautan Power BI, dan Add-In Excel.

Selain itu, alat ini dilengkapi dengan struktur pengkodean BI 6 dimensi yang dapat disesuaikan dan Buku Besar 3 tingkat.

Pada akhirnya, semua fitur ini memungkinkan Anda menggunakan alat FMS untuk tolok ukur kinerja dan pelaporan terperinci untuk semua vertikal bisnis.

10. Software keuangan NetSuite

Jika Anda membutuhkan alat manajemen keuangan yang akan dengan mudah mengintegrasikan proses penjualan, back-office, dan layanan bisnis Anda, Anda dapat mencoba manajemen keuangan NetSuite.

Kemampuan manajemen keuangannya yang telah terbukti dan komprehensif membawa perusahaan mana pun melampaui alat akuntansi konvensional.

Software keuangan NetSuite membantu Anda dengan:

  • Penutupan pembukuan yang lebih cepat dan bebas dari kesalahan
  • Fungsi manajemen pengeluaran yang kuat
  • Manajemen pendapatan yang dapat diaudit dan efisien
  • Tampilan real-time dan keseluruhan dari kesehatan keuangan bisnis

Alat ini berbasis cloud sehingga karyawan dan manajer bisnis dapat mengakses data yang diperlukan dari lokasi yang jauh. Tidak perlu menginstal perangkat lunak mandiri apa pun, dan semua tugas dapat dilakukan dari aplikasi web yang ringan.

Netsuite memiliki semua modul dan alat yang diperlukan untuk akuntansi, penagihan, penganggaran, perencanaan, pelaporan keuangan, pelaporan pendapatan, dan sebagainya.

Baca juga: Debt Financing Adalah: Pembahasan Lengkap dan Bedanya dengan Equity Financing

Kesimpulan

Software manajemen keuangan sangat penting untuk alat perencanaan sumber daya perusahaan umum bisnis Anda.

Software manajemen keuangan mengintegrasikan data keuangan dan operasional ke dalam satu sistem terpusat yang datanya dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan bisnis dan manajer untuk pengambilan keputusan.

Anda dapat memulai dengan salah satu alat yang disebutkan di atas untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

Jika Anda tidak tahu mulai darimana, Anda bisa mengunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =