10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Pakaian dan Tips Memilihnya

software akuntansi bisnis restoran banner

Industri fesyen dan bisnis pakaian jadi merupakan lingkungan bisnis yang dinamis dan terus berkembang yang membutuhkan software akuntansi yang efisien dan efisien.

Dengan banyaknya pilihan software akuntansi yang tersedia, mungkin sulit untuk memilih yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Artikel ini bertujuan untuk menyederhanakan proses tersebut dengan menguraikan fitur-fitur utama dan pertimbangan ketika memilih software akuntansi yang disesuaikan dengan bisnis fashion dan pakaian jadi.

Berikut adalah 10 rekomendasi software akuntansi untuk bisnis pakaian dan tips memilih software yang tepat.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Akuntansi Bisnis Pakaian

1. Memahami kebutuhan unik industri pakaian jadi

Sebelum menyelami berbagai pilihan software akuntansi, sangat penting untuk memahami kebutuhan spesifik industri pakaian jadi.

Sektor ini menghadapi tantangan unik, seperti mengelola sistem inventaris yang kompleks, tren musiman yang berfluktuasi, dan permintaan konsumen yang berubah dengan cepat.

Oleh karena itu, software akuntansi Anda harus memenuhi kebutuhan spesifik ini, menawarkan fitur-fitur yang memfasilitasi manajemen dan pelaporan yang up to date.

2. Manajemen dan integrasi inventaris

Sistem manajemen persediaan yang baik adalah fitur yang harus dimiliki oleh software akuntansi yang melayani bisnis pakaian jadi.

Carilah software yang menawarkan pelacakan inventaris secara real-time, sehingga Anda dapat memantau tingkat stok dan mengambil keputusan yang tepat.

Selain itu, integrasi dengan platform e-commerce, sistem point of sale (POS), dan sistem manajemen gudang sangat penting untuk solusi yang menyeluruh.

3. Dukungan multicurrency dan multi bahasa

Bisnis fashion dan pakaian jadi sering kali beroperasi dalam skala global, sehingga penting software akuntansi yang Anda pilih mendukung berbagai mata uang dan bahasa.

Fitur ini akan memungkinkan bisnis Anda untuk mengelola transaksi di berbagai wilayah dan negara tanpa kerumitan, memastikan kelancaran operasional keuangan.

Baca juga: Cara Membuat Perceptual Map dan Template yang Bisa Anda Unduh

4. Pelaporan dan analisis yang komprehensif

software akuntansi bisnis pakaian 1

Software akuntansi dengan kemampuan pelaporan dan analisis yang canggih sangat penting untuk bisnis di industri fashion dan pakaian jadi.

Alat-alat ini memungkinkan Anda melacak tren, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan membuat keputusan berdasarkan data.

Carilah software yang menawarkan dasbor dan templat pelaporan yang dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat mengakses informasi yang relevan dengan cepat dan efisien.

5. Skalabilitas dan fleksibilitas

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, demikian juga dengan software akuntansi Anda. Pilihlah solusi yang dapat menyesuaikan dengan bisnis Anda, mengakomodasi pengguna, lokasi, dan fungsionalitas tambahan sesuai kebutuhan.

Hal ini akan menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan pergantian software yang sebelumnya Anda gunakan.

6. Integrasi tanpa batas

Software akuntansi Anda harus kompatibel dengan sistem bisnis penting lainnya, seperti manajemen hubungan pelanggan (CRM), sumber daya manusia (SDM), dan platform manajemen proyek.

Hal ini akan memastikan aliran data yang lancar antar sistem, meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, dan mengurangi entri data secara manual.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Bisnis yang Baru Mulai

7. Antarmuka dan dukungan yang ramah pengguna

Antarmuka yang ramah pengguna sangat penting saat memilih software akuntansi, karena memastikan bahwa karyawan dapat dengan mudah menavigasi dan menggunakan sistem.

Selain itu, carilah software yang menawarkan dukungan pelanggan yang sangat baik, dengan tim yang responsif dan berpengetahuan luas yang tersedia untuk membantu masalah apa pun yang muncul.

8. Biaya dan Pengembalian Investasi (ROI)

Terakhir, pertimbangkan biaya software akuntansi dan pertimbangkan dengan potensi laba atas investasi.

Meskipun opsi yang lebih mahal mungkin menawarkan fitur tambahan, penting untuk mengevaluasi apakah fitur-fitur ini diperlukan untuk bisnis Anda dan apakah manfaatnya sesuai dengan biayanya.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Bisnis Online dan Tips Memilihnya

10 Rekomendasi Software Akuntansi untuk Bisnis Pakaian

software akuntansi bisnis pakaian 3

Di indonesia dan skala global ada beberapa software akuntansi yang sangat cocok untuk bisnis pakaian. Berikut kami rekomendasikan 10 software akuntansi untuk bisnis pakaian:

1. Software akuntansi Kledo

Pada daftar pertama ada software akuntansi buatan Indonesia yang sangat cocok untuk semua jenis bisnis, termasuk bisnis pakaian.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi dan membuat lebih dari 50 laporan keuangan secara otomatsi.

Punya banyak cabang dan gudang? Tenang saja, Kledo juga memiliki fitur multi cabang dan gudang juga multi approval sehingga setiap data keuangan Anda aman dan meminimalisir fraud.

Lalu Kledo juga sudah support multi mata uangdan multi bahasa sehingga proses pembukuan Anda menjadi lebih mudah dan lebih baik.

Menjual pakaian di marketplace atau toko? Kledo juga sudah memiliki fitur Integrasi marketplace dan aplikasi kasir atau POS sehingga semua transaksi bisa Anda akses melalui satu platform terintegrasi.

Kledo juga menyediakan gratis implementasi dan training sampai Anda mahir menggunakannya. Fitur yang tidak akan Anda dapatkan di software akuntansi lain, karena biasanya developer mengenakan biaya untuk proses training.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online Kledo secara gratis melalui gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

2. Software akuntansi Netsuite

NetSuite adalah solusi manajemen bisnis cloud lengkap yang membantu lebih dari 36.000 organisasi beroperasi lebih efektif dengan mengotomatisasi proses inti dan memberikan visibilitas real-time ke dalam kinerja operasional dan keuangan.

Dengan satu rangkaian aplikasi yang terintegrasi untuk mengelola akuntansi, pemrosesan pesanan, manajemen inventaris, produksi, rantai pasokan, dan operasi gudang, NetSuite memberikan perusahaan visibilitas yang jelas atas informasi dan kontrol bisnis mereka.

Fitur NetSuite

Bekerja lebih efektif dengan mengotomatisasi proses inti dan mendapatkan wawasan real-time tentang kinerja operasional dan keuangan, berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dari NetSuite

  • Mengotomatiskan Proses Keuangan. Meningkatkan operasi keuangan, efisiensi, dan produktivitas.
  • Dapatkan Visibilitas Inventaris. Pantau tingkat inventaris, minimalkan biaya penyimpanan, dan kirimkan pesanan tepat waktu.
  • Optimalisasi Rantai Pasokan. Mengontrol aliran barang di seluruh rantai nilai, dari pemasok ke pelanggan.
  • Manajemen Pesanan yang Sempurna. Menyederhanakan manajemen pesanan dan proses pengadaan.
  • Meningkatkan Efisiensi Gudang. Optimalkan proses penyimpanan dan kurangi kesalahan pengambilan barang.

Baca juga: 10 Contoh Software Akuntansi Desktop untuk Bisnis Anda

3. Fishbowl

Fishbowl adalah solusi manufaktur dan manajemen persediaan lengkap yang membantu bisnis menengah dan besar menghadapi tren permintaan dan mengelola masalah pasokan.

Dirancang untuk mengotomatiskan proses manufaktur, fitur Fishbowl mencakup alat bantu pemesanan dan perencanaan kerja untuk memaksimalkan efisiensi produksi.

Pendekatan Fishbowl yang berpusat pada inventaris meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi strategis yang memberikan bisnis Anda kontrol yang dibutuhkan untuk mengurangi biaya dan memaksimalkan produktivitas.

Solusi Fishbowl menawarkan wawasan dan pengumpulan data secara real-time untuk memberikan transparansi total kepada pemilik bisnis selama setiap tahap operasi, sehingga Anda dapat membuat keputusan harga yang tepat dan tepat waktu.

Dengan Fishbowl, bisnis Anda akan mengalami otomatisasi yang lebih baik melalui integrasi.

Solusi Fishbowl dirancang untuk berintegrasi secara mulus dengan sistem CRM paling populer dan solusi bisnis seperti QuickBooks, Amazon, Adobe, Salesforce, Shopify, dan banyak lagi!

Fitur Fishbowl

  • Integrasi: Fishbowl dirancang untuk berintegrasi dengan QuickBooks dan banyak solusi bisnis populer lainnya untuk otomatisasi proses bisnis yang lebih baik.
  • Perencanaan kerja: Buat perintah kerja untuk perakitan, pembongkaran, penggantian, perbaikan, dan pekerjaan lainnya. Menyimpan perintah kerja dan bill of material yang sering digunakan untuk digunakan di proyek-proyek mendatang.
  • Manajemen inventaris: Dapatkan pembaruan inventaris secara real-time untuk mengetahui tingkat inventaris setiap saat. Tetapkan titik pemesanan ulang otomatis pada semua produk untuk menghindari kehabisan stok.
  • Pelacakan aset: Melacak item berdasarkan nomor lot, nomor seri, tanggal kedaluwarsa, dll. Pantau tingkat aset di beberapa lokasi dan transfer antar lokasi jika diperlukan.
  • Pelacakan inventaris: Lacak inventaris di setiap langkah operasi Anda mulai dari pemesanan hingga pengiriman.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

4. Uphance

Uphance adalah software manajemen bisnis lengkap yang dibuat untuk merek-merek fesyen (termasuk pakaian, alas kaki, tas, dan perlengkapan rumah tangga) yang sedang berkembang untuk mengelola semua aspek bisnis mereka, termasuk pemasaran, penjualan, faktur, pemesanan, inventaris, pengiriman, dan produksi.

Solusi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kontrol dan merampingkan operasi, serta memperkirakan pendapatan secara akurat dan mengelola biaya.

Platform ini juga dilengkapi dengan portal grosir B2B online dan aplikasi penjualan tablet/ponsel untuk membantu mengurangi beban kerja dan membawa eCommerce dan penjualan grosir ke tingkat berikutnya.

Dengan Uphance, pengguna dapat menambahkan produk dan gaya mereka bersama dengan variasi warna atau kain dan ukurannya, serta gambar dan lampiran lainnya.

Semua informasi pelanggan, pemasok, dan produsen dapat diatur dengan rapi, bersama dengan semua pesanan penjualan yang terperinci termasuk syarat pembayaran, penagihan dan alamat pengiriman dan kontak. Pengguna dapat membuat faktur proforma dan melacak pembayaran mana yang masih jatuh tempo.

Uphance juga membantu pengguna untuk memilih, mengemas, dan mengirimkan pesanan grosir, dan memberikan visibilitas lengkap ke tingkat inventaris, dengan pesanan produksi yang dibuat secara otomatis berdasarkan pesanan penjualan.

Fitur Uphance

  • Dapatkan kendali atas semua aspek bisnis termasuk penjualan grosir dan eceran, perencanaan dan pesanan produksi, inventaris produk dan material, pengadaan, dan manufaktur.
  • Tingkatkan komunikasi dan pemenuhan pesanan Anda dalam semalam dengan alur kerja yang sederhana untuk pesanan, faktur, dan pembayaran.
  • Uphance membantu Anda memilih, mengemas, dan mengirimkan pesanan grosir untuk manajemen inventaris penuh dengan visibilitas penuh ke tingkat inventaris. Semua pengiriman secara otomatis mengurangi tingkat stok untuk menjaga jumlah inventaris tetap akurat dan terkini.
  • Buat semua departemen Anda bekerja bersama dengan lancar dan kelola operasi dengan lancar dengan antarmuka yang mudah digunakan dari Uphance untuk pendekatan yang efisien.
  • Atur sejumlah saluran dan mata uang yang sesuai dengan negara, pasar, atau lokasi geografis yang berbeda dengan Uphance.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

5. ApparelMagic

software akuntansi bisnis pakaian 2

ApparelMagic adalah platform perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan manajemen siklus hidup produk (PLM) untuk perusahaan pakaian.

Solusi ini memungkinkan pengguna untuk merencanakan dan melacak proses desain dari konsep awal hingga persetujuan akhir, termasuk manajemen desain, sumber bahan, manajemen biaya dan pemasok, penjualan, dan banyak lagi.

Dengan ApparelMagic, toko pakaian jadi, grosir, dan ritel dapat dikelola menggunakan penjualan multi-saluran, manajemen inventaris, dan fungsionalitas akuntansi.

Pengguna dapat memproses transaksi dalam berbagai mata uang, mengelola gudang dan pemasok multi-lokasi, serta memilih, mengemas, dan mengirimkan produk mereka melalui logistik pihak ketiga (3PL) dan integrasi pengiriman.

ApparelMagic memungkinkan pengguna untuk menerima, memproses, menyetujui, dan melacak pesanan, memproses pesanan kembali, melacak aktivitas penjualan, dan mengelola faktur pesanan.

Software ini memberikan saran harga kepada pengguna dan menganalisis profitabilitas setiap pesanan, gaya desain, dan pelanggan.

Keuntungan, komisi, dan royalti dapat dilacak dan dilihat secara real time serta peramalan permintaan penjualan, kebutuhan material, rantai pasokan, dan proses tenaga kerja.

6. Perfect Fit

Perfect Fit adalah solusi manajemen bisnis untuk produsen, importir, dan penjual pakaian jadi kecil dan menengah. Solusi lintas platform ini dapat digunakan di PC, Mac, atau di cloud dan menawarkan fitur-fitur untuk mengelola pelanggan, pesanan, inventaris, faktur, komisi, produksi, dan banyak lagi.

Penawaran inti dari Perfect Fit mencakup modul-modul untuk manajemen pelanggan, pelacakan pesanan, pembuatan faktur, buku besar, kontrol inventaris, dan penghitungan komisi.

Basis data pelanggan yang terintegrasi memungkinkan bisnis untuk melacak riwayat pelanggan dan melihat semua pesanan yang tertunda dan pesanan sebelumnya untuk setiap klien.

Modul manajemen pesanan dalam Perfect Fit memfasilitasi entri pesanan dan pelacakan pesanan, dengan informasi tentang alamat pengiriman, nomor barang, jumlah, kurir pengiriman, diskon, dokumen yang ditautkan, dan banyak lagi.

Modul tambahan yang tersedia untuk Perfect Fit meliputi pelacakan produksi, akuntansi, pelaporan, dan formulir.

Modul produksi memungkinkan bisnis untuk membuat dan mencetak tiket potong untuk melacak bahan baku dan mencatat penggunaan bahan, sementara modul pelaporan memfasilitasi pembuatan laporan ringkasan khusus pada metrik utama.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Retail? Perhatikan Hal Ini

7. COMCASH ERP

COMCASH ERP adalah solusi manajemen ritel berbasis cloud yang melayani peritel multi-saluran dan multi-lokasi.

Modul kasir menggunakan kemampuan multi-sentuh yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi menu layaknya iPad.

Modul POS COMCASH dapat mendukung perangkat keras yang diperlukan, termasuk printer, barcode, terminal pembayaran, dan timbangan.

POS ini terhubung ke cloud secara real-time, tetapi juga menawarkan opsi untuk berjalan secara lokal jika koneksi internet terputus.

Manajemen inventaris dalam solusi ini menawarkan pengguna beberapa unit ukuran untuk dilacak untuk setiap produk di setiap lokasi stok.

Penanganan pelanggan memungkinkan pengecer untuk mengumpulkan beberapa informasi dasar tepat di tempat penjualan untuk pendaftaran cepat, kemudian mengirim email kepada pembeli sebuah tautan sehingga mereka dapat menavigasi ke situs e-commerce toko untuk mengelola profil mereka.

8. Software akuntansi QuickBooks Online

QuickBooks Online adalah software akuntansi berfitur lengkap yang umumnya mudah digunakan. Dengan lebih dari 600 integrasi, aplikasi seluler yang baik, dan dukungan pajak, tidak heran software ini populer, termasuk dalam bisnis pakaian

QuickBooks Online paling cocok untuk bisnis pakaian kecil yang mencari solusi akuntansi berfitur lengkap dan ideal untuk bisnis dengan lima pengguna atau kurang (meskipun Anda bisa menambahkan hingga 25 pengguna dengan biaya tambahan).

QuickBooks menawarkan fitur-fitur penting akuntansi bisnis, tetapi platform ini juga menawarkan beberapa fitur akuntansi canggih yang berguna saat mengotomatiskan proses akuntansi bisnis Anda.

Fitur QuickBooks

  • Pembukuan entri ganda
  • Portal klien
  • Dukungan pajak
  • Manajemen kontak
  • Penganggaran
  • Manajemen inventaris
  • Laporan

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Online Bagi Bisnis

9. FreshBooks

FreshBooks dulu hanyalah software faktur dengan beberapa alat pembukuan. Pengenalan akuntansi entri ganda membantu mendorong FreshBooks menjadi solusi akuntansi komprehensif yang akan membantu bisnis Anda dengan cepat menangkap dan memperbaiki kesalahan akuntansi.

Software akuntansi ini sangat mudah digunakan dan bebas dari jargon akuntansi ribet.

FreshBooks adalah yang terbaik untuk bisnis kecil yang mencari kesederhanaan, faktur yang kuat, proposal, dan dukungan pelanggan yang baik.

Jika Anda menjalankan bisnis pakaian kecil, Anda tahu bahwa bahkan masalah akuntansi kecil pun dapat menyebabkan masalah besar. Dengan dukungan pelanggan yang nyaman dari FreshBooks, bantuan hanya berjarak satu panggilan telepon saja.

Fitur Freshbooks

FreshBooks menawarkan pengalaman pengguna yang mudah dan memiliki UI yang menarik. Penyiapannya sederhana, dan softwarenya hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dipelajari.

Dukungan pelanggan FreshBooks membedakannya dari kompetisi, tetapi perangkat lunak ini juga memiliki banyak sekali fitur akuntansi yang berguna.

Berikut ini adalah fitur-fitur unggulan FreshBooks:

  • UI yang sederhana dan mudah digunakan
  • Manajemen proyek
  • Pelacakan waktu
  • Laporan
  • Templat faktur yang dapat disesuaikan
  • Lebih dari 80 integrasi
  • Pelacakan biaya

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

10. Zoho Books

Zoho Books menawarkan fitur faktur yang baik dan aplikasi seluler yang canggih. Pembaruan terbaru telah menempatkan Zoho Books setara dengan QuickBooks Online dalam hal fitur, tetapi dengan layanan pelanggan yang lebih baik dan UI yang lebih ramah pengguna, Zoho Books adalah pilihan yang bagus untuk bisnis pakaian kecil.

Fitur Zoho Books

Dengan dukungan pelanggan yang baik dan UI yang dirancang dengan baik, Zoho Books mudah dipelajari dan digunakan.

Zoho Books memiliki semua fitur yang Anda harapkan dari solusi akuntansi yang dikembangkan secara penuh, termasuk faktur, manajemen kontak, pelacakan biaya, pelacakan waktu, inventaris, manajemen proyek, dan bahkan dukungan pajak.

Bagian terbaik dari Zoho Books adalah penawaran fakturnya. Zoho Books menawarkan 16 templat faktur yang dapat disesuaikan, portal klien di mana pelanggan dapat membayar faktur secara langsung secara online, faktur berulang, dan kemampuan unik untuk mengenkripsi faktur.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan Zoho Books lainnya:

  • Pelacakan waktu
  • Manajemen inventaris
  • Dukungan pajak
  • Rekonsiliasi bank
  • Laporan
  • Kustomisasi faktur
  • 30+ integrasi

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis fesyen dan pakaian jadi Anda merupakan keputusan penting, karena dapat berdampak signifikan pada efisiensi dan profitabilitas perusahaan Anda.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan unik industri dan memprioritaskan fitur-fitur seperti manajemen inventaris, dukungan multi mata uang, dan skalabilitas, Anda dapat menemukan solusi yang tepat untuk merampingkan operasi keuangan dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Dari 10 daftar diatas, Anda bisa menggunakan Kledo sebagai pilihan terbaik yang ada, hal ini karena Kledo merupakan software akuntansi buatan Indonesia yang otomatis sesuai dengan kebutuhan banyak bisnis di Indonesia.

Selain itu, software akuntansi Kledo memiliki layanan pelanggan terbaik dibanding kompetitornya dan ini memudahkan Anda memerlukan bantuan dan solusi cepat tanggap.

Jika Anda ingin mencoba Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − five =