Jangan Lupakan Hal Ini Jika Ingin Membangun Bisnis Event Organizer

event organizer

Di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat, banyak bisnis baru yang bermunculan, salah satunya adalah event organizer. Event organizer merupakan sebuah bisnis kreatif yang menawarkan jasa untuk menggelar atau menjalankan sebuah acara.

Jasa event organizer ini sering digunakan untuk mengadakan acara-acara seperti acara musik, seminar, hingga acara pernikahan. Di zaman seperti sekarang keberadaan event organizer sangat membantu karena klien tidak perlu repot memikirkan acara dan hanya perlu fokus dengan persiapan mereka secara pribadi. Kawan Kledo tertarik dengan bisnis satu ini? Tapi bagaimana sih cara memulai bisnis ini?

Ada banyak cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai usaha event organizer namun ada baiknya Kawan Kledo mengatahui terlebih dahulu apa itu bisnis event organizer dari penjelasan yang ada di bawah ini.

Apa itu Bisnis Event Organizer?

bisnis event organizer

Ketika Kawan Kledo memutuskan menjadi seorang event organizer, Kawan Kledo memiliki tanggung jawab untuk mengatur jalannya acara dari awal hingga selesai. Baik acara yang dirancang sendiri oleh Kawan Kledo atau acara yang dirancang orang lain dan Kawan Kledo diminta untuk mengaturnya sesuai keinginan orang tersebut. Segala hal yang ada di belakang layar merupakan tanggung jawab Kawan Kledo sebagai event organizer. Berikut tugas-tugas event organizer:

  1. Menyusun dan mengatur anggaran yang dibutuhkan untuk setiap hal dalam event tersebut
  2. Menentukan dan memastikan perlengkapan yang dibutuhkan tersedia
  3. Memastikan lokasi yang diinginkan pemilik acara dapat dan layak untuk digunakan
  4. Memastikan tim dapat bekerja sama dengan baik
  5. Memastikan akomodasi, transportasi, dan konsumsi dapat terpenuhi
  6. Dan lain sebagainya.

Tanggung jawab ini tentunya akan disesuaikan dengan acara apa yang sedang Kawan Kledo kerjakan. Bisa saja lebih sederhana dari tanggung jawan di atas dan bisa juga lebih komplek dibandingkan tanggung jawab di atas.

Baca juga: 10 Tips Jitu Jualan di Instagram, Dijamin Laris Manis

Keterampilan untuk Menjadi Event Organizer

event organizer

Menjadi seorang event organizer bukan sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang. Ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki seseorang untuk menjalankan bisnis event organizer ini. Ini dilakukan agar bisnis yang Kawan Kledo jalankan dapat berjalan dengan lancar dan juga untuk mengurangi risiko kegagalan. Berikut beberapa keterampilan yang harus Kawan Kledo miliki untuk menjalankan bisnis event organizer:

1. Menguasai Software Akuntansi

Keterampilan pertama yang sebaiknya Kawan Kledo miliki adalah keterampilan dalam menggunakan software akuntansi atau software pembukuan. Selain menggunakan software akuntansi, Kawan Kledo sebenarnya bisa menggunakan Microsoft Excel. Software akuntansi ataupun Microsoft Excel digunakan untuk menyusun anggaran bisnis event organizer. Dengan software akuntansi atau Microsoft Excel Kawan Kledo juga akan lebih mudah dalam memantau dan memeriksa anggaran keuangan sehingga pengelolaan keuangan bisnis dapat dikelola dengan baik.

2. Teliti dan Detail

Untuk menjadi seorang event organizer, diperlukan seseorang yang teliti dan mampu memperhatikan hal-hal detail terkait jalannya acara. Dengan begitu acara tersebut dapat berjalan sesuai keinginan klien. Untuk mendapatkan kemampuan ini, Kawan Kledo harus memiliki pengalaman yang bisa didapatkan dengan mengikuti berbagai event dan membantu penyelenggara untuk mengatur jalannya acara.

3. Mampu Bernegosiasi

Kemampuan bernegosiasi dibutuhkan jika Kawan Kledo ingin memulai bisnis event organizer, terlebih jika event tersebut membutuhkan sponsor. Dengan kemampuan negosiasi ini Kawan Kledo dapat menarik sponsor untuk mendukung acara yang Kawan Kledo selenggarakan.

Langkah Membangun Bisnis Event Organizer

konser

Kawan Kledo sudah memutuskan untuk membangun bisnis event organizer? Nah, berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan agar bisnis event organizer Kawan Kledo dapat meraih kesuksesan:

1. Carilah Pengalaman Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk mengembangkan bisnis event organizer adalah dengan mencari dan menambah pengalaman terlebih dahulu. Terlebih bagi Kawan Kledo yang belum memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan sebuah acara. Dari pengalaman ini Kawan Kledo dapat belajar banyak hal, mulai dari untuk lebih teliti, lebih detail, dan juga membangun relasi untuk keperluan promosi di kemudian hari.

Kawan Kledo bisa mencari pengalaman dengan bergabung dalam kepanitiaan acara di sekitar rumah, sekolah, kampus, atau bergabung dnegan event organizer yang sudah ada supaya Kawan Kledo dapat mempelajari seluk-beluk bisnis event organizer dari sana. Selain itu, cobalah bekerja di berbagai seksi yang ada dalam sebuah acara. Hal ini dilakukan agar Kawan Kledo dapat memahami job desk dari keseluruhan seksi yang ada.

Baca juga: Tips Bisnis Warung Sembako Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

2. Kumpulkan Tim

Setelah Kawan Kledo memiliki pengalaman dalam bidang event organizer, tugas selanjutnya yang harus Kawan Kledo lakukan adalah mengumpulkan tim. Event organizer merupakan sebuah bisnis yang harus dikerjakan dalam tim alias tidak bisa dikerjakan secara pribadi, untuk itu tim menjadi sebuah keharusan untuk membangun bisnis ini.

Sebenarnya Kawan Kledo bisa merekrut orang lain hanya ketika ada acara, namun cara seperti itu kurang efektif. Dengan adanya tim, Kawan Kledo dapat mengkoordinir dengan lebih mudah dan efektif. Tim di sini memiliki tugas merancang konsep, menyusun anggaran dan proposal, dan tugas-tugas penting lainnya.

3. Menjalin Kerjasama dengan Vendor

Selanjutnya, Kawan Kledo harus mampu menjalin kerjasama dengan vendor. Vendor-vendor yang dibutuhkan untuk bekerja sama dengan event organizer antara lain vendor untuk panggung, sound system, lighting, dekorasi, dan lainnya sebagainya.

4. Promosikan ke Kenalan atau Keluarga

Setelah melakukan kerjasama dengan vendor, langkah berikutnya yang harus Kawan Kledo lakukan adalah melakukan promosi. Promosi dapat Kawan Kledo lakukan kepada orang-orang terdekat Kawan Kledo mulai dari kenalan dan keluarga.

Memulai dari orang-orang terdekat dilakukan agar Kawan Kledo mendapatkan kredibelitas dan dipercaya mengerjakan acara yang lebih besar. Dengan begitu juga Kawan Kledo dapat menambah pengalaman Kawan Kledo dalam mengatur jalannya acara.

5. Mulai dari Event Kecil

Sebelum mengerjakan event yang besar, Kawan Kledo harus memulainya dari event yang lebih kecil terlebih dahulu. Kawan Kledo dapat memulainya dengan membantu penyelenggaraan acara tujuh belasan, acara pengajian, turnamen, pernikahan, turnamen, atau acara wisata yang tidak membutuhkan biaya dan modal yang banyak.

6. Carilah Permodalan

Mencari permodalan untuk memulai mengembangkan bisnis event organizer dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari modal dari pribadi, donasi atau sumbangan dari pihak lain, mencari sponsor untuk acara yang akan diadakan, atau gabungan dari ketiganya. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan permodalan dari uang pendaftaran yang dikenakan kepada partisipan atau penjualan tiket masuk untuk acara-acara turnamen game, konser musik, atau turnamen olahraga.

Namun Kawan Kledo tidak boleh bergantung pada tiket penjualan karena dari tiket penjualan ini tidak dapat dipastikan berapa pemasukan yang akan didapat. Kawan Kledo dapat memasukan uang pendaftaran sebagai keuntungan atau uang jaga-jaga.

7. Pilih antara Konsep Sendiri atau Konsep Orang Lain

Saat memutuskan mengembangkan bisnis event organizer, Kawan Kledo harus memilih antara menawarkan konsep yang Kawan Kledo miliki atau menawarkan mengelolaan event dengan konsep yang telah dimiliki klien. Jika Kawan Kledo memilih menawarkan konsep, maka Kawan Kledo harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan juga memiliki visi yang kuat.

Hal ini dikarenakan tanpa ide yang cemerlang dan beda daripada yang lain, mencari sponsor akan menjadi hal yang cukup sulit. Buatlah konsep event yang diminati oleh pengunjung karena dengan begitu sponsor juga akan berminat untuk memberikan dana untuk acara tersebut.

Tips Membangun Event Organizer

wedding

1. Bentuk Tim yang Solid

Tim menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan saat Kawan Kledo mengembangkan bisnis event organizer. Hal ini dikarenakan untuk menjalankan sebuah event, Kawan Kledo akan dipertemukan dengan berbagai macam karakter klien, sehingga tidak mungkin Kawan Kledo bisa melakukannya seorang diri. Kawan Kledo membutuhkan tim yang solid untuk menjalankan sebuah event dengan sukses. Tim yang solid merupakan tim yang mampu bekerja sama dan dapat bekerja secara maksimal.

Kawan Kledo akan membutuhkan waktu untuk membentuk sebuah tim yang solid dan harus dibangun dari awal. Namun semua itu dapat tercapai jika Kawan Kledo mampu membangun dan memimpin tim kerja.

2. Jeli Melihat Peluang

Jeli melihat peluang yang ada dilakukan dengan cara mempelajari tren yang ada pada saat ini, misalnya tren warna, isu, dan lainnya. Dari sini Kawan Kledo dapat menemukan ide untuk memberikan inovasi terhadap konsep acara yang akan dilaksanakan dan menyesuaikannya dengan tren yang ada pada saat ini. Berikan tawaran terbaik dari riset yang telah Kawan Kledo lakukan agar event organizer yang Kawan Kledo kembangkan semakin diminati.

3. Bangunlah Relasi yang Luas

Untuk mendapatkan klien, Kawan Kledo perlu memiliki relasi yang luas. Kawan Kledo bisa membangun relasi dengan cara menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan acara-acara festival musik, acara pernikahan, dan acara-acara yang akan membuat Kawan Kledo berkenalan dengan banyak orang. Dengan memiliki banyak kenalan peluang mendapatkan klien akan semakin luas.

4. Atur secara Detail dan Profesional

Dalam mengatur jalannya sebuah event atau acara, pastikan Kawan Kledo mengaturnya secara detail dan profesional. Buat perencanaan yang matang dan mendetail terkait waktu dna tempat, konsumsi, pihak yang terlibat, dan sebagainya. Contohnya dalam hal konsumsi, Kawan Kledo tidak cukup hanya menentukan jenis hidangannya, tapi juga cara penyajian, alur untuk mendapatkan konsumsi, dan juga hal-hal kecil seperti tisu juga perlu diperhatikan.

5. Manfaatkan Teknologi sebagai Cara Promosi

Saat ini perkembangan teknologi sangat mendukung untuk digunakan sebagai media promosi, termasuk untuk bisnis event organizer. Kawan Kledo bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, ataupun YouTube untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo. Selain itu Kawan Kledo juga bisa menggunakan website untuk promosi. Rancanglah promosi sebaik-baiknya agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Kesimpulan

Bisnis event organizer memiliki peluang yang cukup menjanjikan di perkembangan zaman yang semakin pesat. Bisnis ini bisa dikembangkan oleh semua orang, termasuk Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa menggunakan cara-cara di atas jika ingin mengembangkan bisnis event organizer ini.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, seorang event organizer harus memahami software akuntansi atau Microsoft Excel yang digunakan untuk mengelola keuangan.

Salah satu software akuntansi yang wajib Kawan Kledo coba adalah software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan dan membuat mengelola keuangan jadi lebih menyenangkan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 3 =