Saatnya Upgrade dengan E-Money, Berikut Kelebihannya!

Di zaman yang serba canggih ini, ada banyak cara mudah dalam melakukan pembayaran. Jika dulu untuk melakukan pembayaran seseorang harus menyediakan uang tunai, sekarang Kawan Kledo bisa melakukan pembayaran tanpa harus memiliki uang tunai. Buat Kawan Kledo yang sering menggunakan tol pasti sudah tidak asing dengan pembayaran non-tunai dengan menggunakan e-money. Hal ini dikarenakan untuk pembayaran tol, pengendara tidak bisa secara tunai dan harus menyiapkan e-money. Sebelum membahas lebih lanjut tentang e-money ini, sebenarnya e-money itu apa sih? Lalu bisa digunakan untuk apa saja e-money ini?

Apa Sih Uang Elektronik Itu?

uang elektrik

Uang elektronik atau e-money merupakan uang yang digunakan untuk kegiatan transaksi internet dengan cara elektronik. Transaksi e-money ini biasanya menggunakan jaringan internet. Salah satu contoh uang elektronik adalah Electronic Funds Transfer (EFC). Dalam uang elektronik, ada nilai yang tersimpan atau prabayar dimana ada uang dengan jumlah tertentu yang dalam media elektronik yang disimpan seseorang.

Di Indonesia sendiri, e-money pertama kali muncul pada tahun 2009 dengan diterbitkan perizinan dari Bank Indonesia. Pada tahun 2016, Bank Indonesia mencatat ada 20 penerbit e-money dengan 9 berasal dari perbankan dan 11 dari lembaga non-bank. E-money dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti untuk pembayaran transportasi mulai dari tol, kapal, bus, sampai untuk keperluan berbelanja di toko. Di Indonesia peraturan mengenai e-money diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).

Uang eletronik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. E-money diterbitkan atas dasar nilai uang yang telah disetorkan terlebih dahulu oleh pemegang kepada penerbit.
  2. Selanjutnya uang elektronik akan disimpan secara elektronik di dalam media server atau chip.
  3. Dapat digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan lembaga penerbit e-money.
  4. Nilai uang yang telah disimpan dalam uang elektronik dan dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan seperti yang disebutkan dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Jenis-Jenis E-Money

mandiri e-money

Ada beberapa jenis e-money yang berlaku di Indonesia, yaitu e-money yang diterbitkan oleh perbankan dan e-money yang diterbitkan oleh lembaga non perbankan yang terdiri dari e-money operator selular dan e-money dari pihak lain. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membacanya di bawah ini:

E-Money Perbankan

Di Indonesia, beberapa bank menerbitkan e-money untuk membantu nasabah dalam penggunaan transaksi elektronik. Bank-bank yang mengeluarkan e-money tersebut antara lain Bank Mandiri. BRI, BNI, BCA, dan lainnya.

E-Money Operator Selular

Selain diterbitkan oleh perbankan, e-Money juga diterbitkan oleh operator selular. Telkomsel misalnya, memiliki e-Money dalam bentuk T-Cash Tap dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Buat Kawan Kledo yang memiliki smartphone yang telah mendukung teknologi NFC, bisa langsung menggunakan T-Cash, namun buat yang belum didukung NFC tetap bisa menggunakan T-Cash dengan bantuan stiker NFC yang ditempel di belakang smartphone. Sejak Februari 2019 T-Cash telah mengganti layanannya menjadi LinkAja.

E-Money Pihak Lain

Selain perbankan dan operator selular, masih ada pihak lainnya yang mengeluarkan e-Money untuk digunakan dalam transaksi jual-beli. Salah satu contohnya adalah Doku Wallet dimana saat ini menjadi sistem pembayaran independen terbesar di Indonesia dengan 3 produk utama yaitu DokuPay, MyShortCard, dan Doku Wallet.

Tempat Terbaik Menggunakan E-Money

LinkAja

Di luar dari lembaga yang mengeluarkan e-money, e-money hanya bisa digunakan di mesin yang bisa membacanya. Seperti di Indonesia misalnya, mesin yang bisa menggunakan e-money biasanya adalah mesin yang terdapat EDC yang mirip dengan mesin penggesek kartu. Kawan Kledo harus memeriksa label untuk mengetahui jenis e-money mana yang diterima. Seperti misalnya pada T-Cash milik Telkomsel, biasanya ada tanda ‘t’ kecil untuk membaca nomor seri dan saldo yang ada di dalam e-money. Biasanya informasi penggunaan e-money juga terdapat di spanduk bagian depan toko.

Sebelum menggunakan e-money, carilah rekomendasi tempat-tempat terbaik menggunakan e-money ini, salah satunya dalam hal koneksi. Tempat dengan koneksi bagus akan jarang mengalami keluhan eror dari pelanggannya. Namun biasanya penggunaan e-money berada di pusat kota. Hal ini dikarenakan penggunaan e-money akan sesuai bagi masyarakat kota yang mengharapkan semuanya serba cepat dan di kota juga koneksi jauh lebih cepat dibandingkan di desa.

E-Money Terbaik di Indonesia

e-money dana ovo

Ingin mencoba menggunakan e-money tapi bingung mau pilih e-money yang mana? Mungkin Kawan Kledo bisa memilih salah satu dari e-money yang ada di bawah ini:

E-Money dari Bank Mandiri

Bank Mandiri menjadi salah satu bank BUMN di Indonesia yang turut menerbitkan e-money. Pembuatan e-money Bank Mandiri disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Salah satunya adalah Bank Mandiri yang menggandeng minimarket seperti Indomaret Card, GazCard, e-Toll, dan e-Cash. Dengan Indomaret Card Kawan Kledo dapat berbelanja di Indomaret dengan berbagai diskon dan juga potongan harga. Dengan GazCard Kawan Kledo dapat membeli bahan bakar di Pertamina. Sedangkan dengan e-toll dapat Kawan Kledo gunakan untuk membayar tol.

Berikut fitur utama dari e-money Bank Mandiri:

  • Saldo maksimum dari e-money adalah Rp1.000.000
  • Saldo minimum dari e-money adalah Rp20.000
  • Maksimum melakukan top up setiap bulan adalah Rp20.000.000
  • Masa berlaku e-money Bank Mandiri tidak terbatas.

Flazz dan Sakuku dari BCA

Sama seperti Bank Mandiri, BCA juga memiliki e-money dalam bentuk e-money dan e-wallet yang bernama Flazz dan Sakuku. Meski memiliki fungsi yang sama namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Kartu Flazz dapat digunakan untuk berbelanja di gerai-gerai ritel dan saldo Kartu Flazz berupa uang elektronik. Sedangkan Sakuku merupakan aplikasi yang dapat Kawan Kledo akses langsung dari smartphone yang bisa Kawan Kleod gunakan saat berbelanja online.

Berikut fitur utama dari Flazz BCA:

  • Flazz memiliki limit saldo sampai Rp1.000.000
  • Dapat melakukan top up dengan minimal Rp20.000
  • Maksimul untuk top up Flazz setiap bulan adalah Rp20.000.000
  • Kartu Flazz memiliki masa berlaku sampai 10 tahun sejak terakhir dilakukan top up.

TapCash dari BNI

Tidak mau kalah dengan Bank Mandiri dan BCA, BNI juga mengeluarkan e-money terbaiknya yang bernama TapCash. TapCash memiliki fungsi sama seperti Flazz milik BCA yaitu Kawan Kledo dapat menggunakan TapCash dimana saja karena jangkauannya yang luas. Kawan Kledo dapat menggunakan TapCash untuk pembayaran tol dan angkutan umum seperti bus, KRL, MRT, dan juga Kawan Kledo dapat berbelanja di Indomaret dan Alfamart dengan TapCash dari BNI ini.

Berikut fitur utama yang dimiliki oleh BNI:

  • Saldo maksimum yang biasa ada di TapCash adalah Rp1.000.000
  • Minimum top up adalah Rp20.000
  • Pengguna dapat top up setiap bulannya maksimum Rp10.000.000
  • Tidak ada batasan waktu untuk menggunakan TapCash dari BNI ini.

BRIZZI dari BRI

BRI juga turut memberikan e-money terbaiknya dengan nama BRIZZI. Dengan BRIZZI Kawan Kledo dapat melakukan transaksi pembayaran sehari-hari. BRIZZI dilengkapi dengan teknologi RFID atau Radio Frequency Identification. BRIZZI dapat Kawan Kledo gunakan untuk pembayaran tol, parkir, pembayaran tiket kereta dan Transjakarta. Selain ini Kawan Kledo juga bisa menggunaka BRIZZI untuk belanja di Indomaret dan Alfamart.

Berikut fitur utama dari BRIZZI:

  • BRIZZI memiliki saldo maksimum Rp1.000.000
  • Minimal top BRIZZI adalah Rp20.000
  • Kawan Kledo dapat top up maksimum Rp20.000.000 per bulan
  • BRIZZI memiliki masa berlaku yang tidak terbatas.

OVO

OVO merupakan uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran digital. OVO didirikan oleh Lippo Group dan pada Mei 2019 OVO telah diunduh hingga 5 juta kali di Playstore dan telah mendapatkan rating 4,3 dari 5 bintang. Saat ini telah banyak merchant yang bekerja sama dengan OVO, salah satunya adalah Grab dan Tokopedia. Di dua aplikasi tersebut, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan OVO. Selain bekerja sama dengan marketplace dan aplikasi ojek online, beberapa toko dan restoran menerima pembayaran melalui OVO. Tidak hanya itu dengan pembayaran OVO ini biasanya juga ada promo dan diskon khusus.

Go-Pay

Buat Kawan Kledo yang sering menggunakan aplikasi Gojek pasti tidak asing dengan e-money Go-Pay. Go-Pay merupakan uang elektronik yang ada dalam aplikasi Gojek. Kawan Kledo dapat menggunakan Go-Pay untuk fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Gojek seperti Go-ride, Go-car, Go-food, dan lainnya. Selain bisa digunakan di aplikasi Gojek, Go-Pay juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di toko atau restoran yang telah bekerja sama dengan Go-Pay. Biasanya ada potongan atau diskon khusus buat pelanggan yang menggunakan Go-Pay untuk pembayaran.

LinkAja

Sejak 21 Februari 2019, T-Cash dari Telkomsel telah bertransformasi menjadi LinkAja yang bisa Kawan Kledo unduh langsung dari Playstore. Di Playstore ini LinkAja telah diunduh sebanyak 5 juta dengan rating 4,1 dari 5 bintang. Kawan Kledo dapat menggunakan LinkAja di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan LinkAja. Selain itu dengan LinkAja Kawan Kledo juga dapat membeli pulsa, kuota, belanja online, dan lainnya. Untuk pengisian saldo, pengguna dapat melakukan pengisian hingga Rp2 juta untuk basic service dan Rp10 juta untuk full service.

DANA

DANA pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 dan kini telah diunduh sebanyak 5 juta dengan rating 4,2 di Playstore. Dengan DANA, Kawan Kledo dapat melakuakn pembayaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti pembelian pulsa, kuota, BPJS, membayar tagihan listrik dan air, asuransi, dan lainnya. Salah satu keunggulan DANA dibandingkan uang elektronik lainnya adalah DANA dapat digunakan dengan QR Code yang akan membuatnya juah lebih praktis dan cepat. Kawan Kledo bisa memenuhi semua kebutuhan dengan mudah tanpa harus menggunakan nomor rekening.

Kesimpulan

Penggunaan uang elektronik kini menjadi pilihan karena lebih praktis dan cepat. Terlebih ada beberapa tempat yang hanya melayani penggunaan uang elektronik dan mau tidak mau, masyarakat harus berubah menggunakan uang elektronik. Dari sekian banyak pilihan uang elektronik yang ada di atas, Kawan Kledo pilih yang mana?

Selain memilih e-money atau uang elektronik untuk memenuhi kebutuah sehari-hari, Kawan Kledo juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan, khususnya bagi Kawan Kledo yang memiliki bisnis. Ada banyak cara mudah yang bisa digunakan untuk pengelolaan keuangan, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang dan rasakan sensasi mudahnya mengelola keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *