Jadi Web Developer dengan Kualifikasi Ini dan Raih Gaji Tinggi

Pernah nggak sih Kawan Kledo memakai suatu aplikasi dan bertanya-tanya siapa orang di balik aplikasi tersebut? Atau Kawan Kledo yang saat ini menggunakan Software Akuntansi Kledo penasaran dengan orang-orang yang bekerja keras menghasilkan software yang membantu keuangan bisnis ini? Oke, buat Kawan Kledo yang belum tahu siapa orang di balik sebuah aplikasi, program komputer, ataupun sebuah website, mereka adalah web developer.

Web developer merupakan orang-orang yang bekerja di dalam pemograman komputer sehingga dapat menghasilkan aplikasi, program komputer atau software, dan juga website. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo dapat membaca penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Web Developer?

apa itu pengembang web

Web developer adalah suatu pekerjaan yang bergerak di bidang pemograman dengan tanggung jawab merancang, membuat, dan memelihara website dan juga aplikasi web. Bisa dikatakan, web developer adalah seseorang yang berada di balik pembuatan sebuah website.

Di tengah perkembangan internet dan dunia digital yang semakin hari semakin maju, web developer menjadi pekerjaan yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Web developer banyak yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan pengembang software, teknologi informasi, ataupun konsultasi komputer.

Namun Kawan Kledo juga dapat bekerja sebagai web developer freelance, dimana tidak terikat pada satu perusahaan dan hanya bekerja kepada klien yang membutuhkan jasa web developer.

Job description utama dari web developer adalah menciptakan aplikasi dan website secara efesien dan juga konsisten. Web developer bertanggung jawab untuk menciptakan aplikasi dan website yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo dapat membacanya di bawah ini:

Bagian Web Developer

web developer

Ada beberapa bagian dalam web developer yang akan membedakan tugas dan pekerjaan mereka. Apa saja bagian tersebut?

1. Front-End Developer

Bagian web developer yang pertama adalah front-end developer. Front-end developer merupakan developer yang menangani bagian depan sebuah website yang nantinya akan dilihat oleh pengguna. Saat Kawan Kledo mengunjungi sebuah website, ada beberapa hal yang akan tampak di sana, seperti font dan warna tulisan hingga menu-menu di sana. Nah, semua itu adalah hasil pekerjaan front-end developer.

2. Back-End Developer

Bagian kedua web developer adalah back-end developer. Jika front-end menangani bagian tampilan website, back-end adalah bagian yang ada di belakang layar. Back-end developer bertanggung jawab untuk membangun dan mengelola 3 (tiga) bagian dari sebuah website, yaitu server, aplikasi, dan database.

3. Full-Stack Developer

Full-stack developer merupakan bagian dari web developer yang diperkenalkan oleh departemen engineering Facebook pada tahun 2010. Full-stack developer merupakan bagian yang dapat bekerja baik di front-end developer ataupun back-end developer. Makanya tidak heran jika ada banyak kesempatan untuk Kawan Kledo yang menguasai full-stack developer ini. Ini selaras dengan besarnya tantangan untuk menjadi seorang full-stack developer.

Tugas Web Developer

front-end

Setelah mengetahu bagian-bagian dari web developer, lalu apa saja tugas dari web developer ini? Berikut penjelasannya:

1. Front-End Developer

Front-end developer memiliki tugas mengatur tampilan yang ada di sebuah website dengan memakai bahasa coding HTML, CSS, dan JavaScript yang akan dikontrol oleh browser yang ada di sebuah komputer. Front-end developer bertanggung jawab terhadap tampilan yang ada pada sebuah website, termasuk di dalamnya menyusun dan mengelola agar dapat memberikan user interface dan user experience yang baik bagi para penggunanya website.

Front-end developer diwajibkan fasih dalam 3 (tiga) bahasa komputer yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. Selain itu, front-end developer juga diwajibkan mengatahui facework seperti Bootstrap, Foundation, Backbone, AngularJS, dan EmberJS.

Berikut beberapa hal yang wajib dikuasai oleh front-end developer:

  • HTML atau Hypertext Markup Language, merupakan bahasa skrip atau markup yang ada pada suatu website untuk membangun serta menyusun struktur pada website tersebut.
  • CSS atau Cascading Style Sheets, adalah bagian yang melengkapi HTML dan berfungsi untuk menyempurnakan tampilan sebuah website.
  • JavaScript adalah bahasa pemograman yang wajib dikuasai oleh semua web developer. Fungsi dari javascript adalah membuat website menjadi lebih interaktif dan juga berfungsi.

2. Back-End Developer

Back-end developer memiliki tugas mengelola bagian dalam sebuah website, seperti server, aplikasi, dan juga database. Selain itu, seorang back-end developer bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan, penyimpanan data pengguna, memproses form pendaftaran, dan lainnya.

Berikut beberapa bahasa pemograman yang wajib dikuasai seorang back-end developer:

  1. PHP atau Hypertext Preprocessor, merupakan bahasa pemograman yang paling popular dan digunakan oleh kurang lebih 82.3% website yang memakai teknologo backend ini.
  2. Python, merupakan bahasa pemograman yang mampu melakukan eksekusi intruksi-intruksi multi guna yang dilakukan secara langsung menggunakan metode orientasi pajak. Bahasa phyton ini sering digunakan oleh back-end developer di luar negeri, khususnya di Amerika. Saat ini di Indonesia juga mulai banyak yang memakai phyton ini sebagai backend.
  3. NodeJS, merupakan software atau perangkat lunak yang didesain untuk pengembangan aplikasi berbasis web dari sisi back-end. NodeJS ini merupakan dasar dari JavaScript yang akan membuat syntax sama dengan JavaScript. Padahal sebelum adanya NodeJS, JavaScript dianggap hanya bisa untuk front-end.
  4. SQL atau Structured Query Language, merupakan sekumpulan perintah khusus yang dipakai saat melakukan akses data yang ada di database relasional. SQL saat ini menjadi teknlogi penyimpanan data yang popular.

3. Full-Stack Developer

Full-Stack Developer merupakan web developer yang bertanggung jawab terhadap bagian luar dan bagian dalam website. Jadi, full-stack developer ini memiliki dua tugas sekaligus, yaitu tugas dari front-end dan juga back-end.

Kualifikasi Web Developer

web developer

Ingin menjadi web developer? Berikut beberapa kualifikasi yang wajib Kawan penuhi:

1. Memiliki Pengetahuan dan Kemampuan yang Luar Biasa

Kualifikasi pertama yang harus dipenuhi oleh seorang web developer adalah web developer harus memiliki pengetahuan dan juga kemampuan yang luar biasa. Setidaknya web developer memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luas dalam bidang komputer dan sistem informasi. Selain itu, web developer juga harus mengetahui perkembangan teknologi terbaru dan selalu update dengan tren-tren terbaru.

2. Mampu Menyelesaikan Masalah dan Teliti

Kualifikasi yang kedua yang harus dimiliki oleh seorang web developer adalah web developer mampu menyelesaikan masalah dan teliti dalam melakukan pekerjaan yang ditanggung jawabkan kepadanya. Hal ini dikarenakan satu kesalahan yang dilakukan oleh web developer dapat mengakibatkan kerusakan seluruh aplikasi atau website.

Selain itu, dalam pekerjaannya, web developer sering menemukan permasalahan seperti adanya kesalahan, bug, dan lainnya. Web developer yang ahli menyelesaikan masalah pastinya akan mampu menyelesaikan semua masalah dan juga dapat membuat analisis logis yang berhubungan dengan masalah tersebut.

3. Mampu Bekerja Mandiri dan Tim

Seorang web developer juga dituntut untuk bisa bekerja secara mandiri dan juga secara tim. Kemampuan ini dibutuhkan saat web developer melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam bekerja. Ada saatnya web developer bekerja secara mandiri dan ada saatnya web developer bekerja bersama tim. Selain itu, web developer juga harus mampu bekerja dengan pengawasan yang minimum, serta mampu menyampaikan suatu tugas atau informasi ke dalam tim.

4. Multitasking dan Komunikatif

Web developer juga dituntut untuk multitasking dan juga komunikatif. Kualifikasi ini dibutuhkan karena web developer dituntut mampu menilai beberapa masalah secara sekaligus dan juga mampu mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan. Jadi, pastikan Kawan Kledo memiliki kemampuan multitasking jika ingin bekerja sebagai web developer.

Gaji Web Developer

web developer

Buat Kawan Kledo yang ingin menjadi web developer, pasti penasaran berapa sih besaran gaji dari web developer ini? Sebenarnya besaran gaji web developer itu berbeda, tergantu posisi web developer tersebut, perusahaan tempat bekerja, hingga lokasi dimana web developer tersebut bekerja.

Namun berdasarkan rata-rata, di Amerika gaji seorang web developer sekitar $63,254/tahun atau sekitar $5,2711/bulan. Sedangkan di Indonesia, gaji web developer memiliki gaji antara Rp5 juta sampai Rp12 juta tergantung dimana Kawan Kledo bekerja. Bisa lebih ataupun bisa kurang.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pekerjaan web developer yang dapat Kawan Kledo ketahui. Menjadi web developer pastinya butuh perjuangan seperti halnya pekerjaan-pekerjaan lainnya. Buat Kawan Kledo yang tertarik menjadi web developer dan bergabung bersama Tim Hebat Kledo, Kawan Kledo dapat langsung mengakses Kledo Karir yang ada di sini.

Pastikan juga Kawan Kledo selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini, Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *