Bagaimana Cara Membuat Deskripsi Produk yang Baik?

deskripsi produk

Berkomunikasi secara jelas dengan basis pelanggan Anda bisa menjadi bagian penting untuk memaksimalkan penjualan dan profitabilitas Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menulis deskripsi produk yang informatif dan persuasif dalam platform penjualan dan periklanan online Anda.

Deskripsi produk yang baik dapat membantu meyakinkan calon pelanggan untuk segera membeli produk Anda secara online atau mengingat produk itu nanti ketika mereka perlu melakukan pembelian.

Pada artikel ini, kami mendefinisikan deskripsi produk dan menjelaskan cara menulis deskripsi produk untuk membantu menjual produk Anda, dengan beberapa contohnya.

Apa itu Deskripsi Produk?

deskripsi produk

Deskripsi produk adalah teks yang Anda gunakan untuk menjelaskan fitur dan manfaat produk kepada pelanggan.

Biasanya termasuk detail yang mencoba menginspirasi pembaca untuk segera membeli produk itu.

Terkadang, deskripsi produk juga akan menyertakan informasi logistik tentang suatu produk, seperti ukuran atau dimensi, sehingga pembaca dapat menjawab pertanyaan mereka di halaman produk.

Tingkat detail yang disertakan dalam deskripsi produk biasanya bervariasi tergantung pada jenis produk yang Anda gambarkan, karena barang yang biasa digunakan seperti pakaian mungkin memerlukan penjelasan yang lebih sedikit daripada barang yang rumit seperti elektronik.

Baca juga: 12 Cara Promosi di Whatsapp Ini Wajib Anda Coba!

Keuntungan Memiliki Deskripsi Produk yang Baik

Deskripsi produk bisa sangat membantu dalam ruang ecommerce atau toko online. Mereka dapat membujuk audiens untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk atau bahkan membelinya segera setelah membaca deskripsi.

Mereka juga dapat membantu meningkatkan search engine optimizatio situs Anda, atau SEO, dengan menggunakan kata kunci untuk membantu produk Anda muncul lebih awal dalam hasil penelusuran untuk jenis produk tersebut.

Deskripsi produk juga dapat membantu menghilangkan masalah layanan pelanggan di masa depan dengan menjawab pertanyaan umum seperti ukuran, spesifikasi, dan bahan sebelum titik pembelian.

Baca juga: 20 Tips Bisnis Skincare Agar Sukses dan Terkenal

Tips Membuat Deskripsi Produk yang Baik

Tidak ada keraguan deskripsi produk dapat membantu membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, tetapi apa yang harus Anda katakan? Berapa panjang deskripsi yang seharusnya? Format mana yang terbaik? Bagaimana Anda membuat produk mendapat peringkat tinggi untuk Search Engine Optimization (SEO)?

Berikut adalah cara membuat deskripsi produk yang bisa Anda ikuti:

1. Pikirkan tentang siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana sebelum menulis

Metode ini sering digunakan oleh jurnalis untuk memberikan fakta dalam cerita mereka dan ini adalah langkah pertama dalam menyusun deskripsi produk.

  • Untuk siapa produk ini? Target audiens bisa berupa jenis kelamin (misalnya pria atau wanita), kelompok usia (misalnya mahasiswa atau pensiunan), demografi gaya hidup (misalnya ibu baru atau penggemar mobil) atau beberapa kelompok orang lain yang ditentukan.
  • Apa saja detail dasar produk? Ini mencakup atribut seperti dimensi, bahan, fitur produk, biaya dan fungsi.
  • Kapan seseorang harus menggunakan produk? Apakah dimaksudkan untuk digunakan selama waktu tertentu dalam sehari, secara musiman atau untuk jenis acara tertentu? Sama pentingnya adalah menunjukkan apakah suatu produk dapat atau harus digunakan setiap hari atau sepanjang tahun. Rincian ini akan membantu berbicara tentang nilai jangka panjang produk.
  • Di mana sebaiknya seseorang menggunakan produk? Apakah dimaksudkan untuk penggunaan di dalam atau di luar ruangan, untuk mobil atau rumah Anda?
  • Mengapa produk ini berguna atau lebih baik daripada pesaing? Ini bisa berupa apa saja, mulai dari kualitas, nilai, hingga fitur. Pikirkan tentang manfaat produk bagi pelanggan Anda dan pertimbangkan bagaimana gambar dapat melengkapi salinan produk Anda.
  • Bagaimana cara kerja produk? Ini mungkin tidak diperlukan untuk setiap produk, tetapi ini adalah fitur yang harus dimiliki jika Anda menjual apa pun dengan bagian yang bergerak atau elektronik.

Sekarang mari kita selami cara-cara untuk membuat halaman produk dan halaman arahan Anda bersinar.

Baca juga: 10 Cara Membuat Toko Online Sendiri bagi Pemula

2. Tentukan format terbaik untuk mendeskripsikan produk Anda

Saat mulai membuat deskripsi produk Anda yang sempurna, penting untuk menentukan format terbaik untuk digunakan.

Karena beberapa pembeli online hanya memindai teks di situs web, mungkin akan menguntungkan untuk menggunakan bullet poin yang mencakup detail produk yang paling penting.

Bullet poin umumnya bisa digunakan untuk spesifikasi (seperti dimensi) atau frasa pendek (seperti fitur) sehingga cepat dan mudah dibaca.

Sayangnya, bullet poin tidak selalu merupakan cara terbaik untuk menceritakan kisah produk dan meyakinkan pelanggan target bahwa mereka sedang melihat penawaran yang bagus.

Karena menggunakan bullet poin tidak melibatkan emosi atau imajinasi pembeli.

Untuk menghindari kesalahan umum tersebut, gunakan prosa sebagai gantinya.

Dengan menulis satu atau dua paragraf (tiga kalimat atau lebih) tentang produk, Anda dapat menceritkan fitur yang membantu pembeli menyadari bahwa produk Anda adalah pilihan yang terbaik.

Mungkin awalnya terasa menyulitkan, tetapi setelah beberapa kali latihan, ini akan menjadi hal yang menyenangkan.

Ini juga merupakan kesempatan Anda untuk menjadi sedikit kreatif dan membangun tone untuk merek Anda.

Bayangkan saja Anda berada di sebuah pesta, memberi tahu seseorang yang baru saja Anda temui tentang produk. Bagaimana Anda menggambarkannya sehingga mereka akan mengerti betapa hebatnya produk tersebut?

Tone merek ini meresap ke dalam setiap aspek pemasaran online Anda: media sosial, SEO, penelusuran berbayar – setiap titik kontak pelanggan.

Copy yang unik dan menarik membuat produk Anda lebih relevan untuk mesin telusur dan media pemasaran lain yang menghargai konten orisinil.

Faktanya, mengikuti rumus sederhana di bawah ini adalah cara yang bagus untuk menulis deskripsi produk yang menarik:

[PARAGRAF PROSA] + [DAFTAR SPESIFIKASI ATAU FITUR PRODUK BERPOIN] = [DESKRIPSI PRODUK YANG MENARIK]

Baca juga: Pahami 5 Penggolongan Akun dalam Akuntansi Berikut Ini

3. Pilih tujuan dan KPI untuk mengukur keberhasilan deskripsi produk Anda

Anda perlu tujuan untuk mengukur keberhasilan deskripsi produk.

β€œTapi ini akan memakan waktu lama,” Anda mungkin berpikir seperti itu, terutama jika Anda mengandalkan deskripsi produk dari distributor atau produsen Anda.

Dan memang ini bener adanya, ini bukan proses yang cepat. Namun, jika Anda dapat berkomitmen untuk menulis deskripsi produk menggunakan rumus di atas, Anda dapat mulai melihat berbagai manfaat:

  • Peningkatan tingkat konversi.
  • Penurunan pengabaian keranjang.
  • Tingkat pengembalian yang lebih rendah.
  • Lebih sedikit panggilan dari pembeli.
  • Peningkatan peringkat pencarian organik.

Ada banyak contoh deskripsi produk yang tak terhitung jumlahnya, termasuk pada platform seperti Amazon, BigCommerce, dan Shopify.

4. Jadikan deskripsi produk Anda pendek namun to the point

Gunakan deskripsi paragraf-panjang percakapan untuk melibatkan penggemar dan pelanggan ideal serta poin-poin cepat dengan spesifikasi yang perlu diketahui untuk secara ringkas menyampaikan informasi paling penting bagi pembeli online.

Baca juga: Strategi Produk: Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

5. Gunakan storytelling untuk keuntungan Anda

Apakah produk Anda memiliki cerita latar yang sangat istimewa bagi Anda? Jika iya, maka kemungkinannya akan sangat istimewa dan menawan bagi audiens Anda juga.

Gunakan cerita itu dalam deskripsi produk Anda untuk menambahkan lebih banyak karakter pada item Anda, libatkan audiens Anda dan menangkan hati dan pikiran.

6. Jangan takut untuk membanggakan diri

Inilah cara Anda mengambil formula deskripsi produk di atas selangkah lebih maju.

Apakah produk Anda dibedakan melalui keahlian pemilik merek? Apakah produk Anda lebih baik karena pengujian bertahun-tahun? Apakah itu dibuat dengan prose hand-crafted? Apakah itu mendapatkan bukti sosial yang kuat dengan testimonial dan ulasan produk?

Sebutkan itu semua!

Ceritakan kisah yang lebih baik dalam paragraf deskripsi produk singkat Anda dengan menyertakan detail yang membuktikan mengapa produk Anda lebih baik daripada yang lain. Jangan takut untuk menyebutkan nama.

7. Tuliskan istilah teknis jika memang dibutuhkan

Jika Anda memiliki produk yang lebih teknis, jangan takut untuk memasukan istilah teknis dalam deskripsi produk Anda.

Buktikan kepada pelanggan Anda keahlian merek Anda dalam industri dengan memberikan semua detail yang mungkin perlu mereka ketahui bahkan sebelum mereka bertanya.

Baca juga: 14 Tips Instagram Ads Untuk Kesuksesan Pemasaran Produ

8. Ketahui kapan harus menunjukkan dan tidak memberi tahu

Teks tidak selalu merupakan cara terbaik untuk mendeskripsikan produk Anda. Jika Anda terlalu bertele-tele, pikirkan bagaimana Anda dapat menyederhanakan.

Gambar membawa bobot dan lebih diingat oleh pelanggan. Jika memungkinkan, pamerkan produk Anda dalam visual yang menjelaskan dengan tepat apa yang dilakukan produk tersebut.

9. Ketahui kapan harus menunjukkan, menceritakan, dan menggambarkan

Selain grafik, video dapat menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan cara menggunakan produk atau mengapa produk tersebut lebih baik daripada yang lain.

Banyak merek menggunakan video, grafik, dan teks untuk menyampaikan maksudnya.

10. Jangan takut untuk menjadi unik

Meskipun deskripsi paragraf pendek pada halaman produk adalah praktik terbaik, ketahuilah kapan itu bukan yang diinginkan audiens Anda.

Setiap industri dan bisnis itu unik. Apakah Anda mengenal pelanggan Anda dengan cukup baik untuk mengetahui bahwa mereka tidak akan membaca deskripsi produk itu?

Keluarkan konten yang paling penting bagi mereka dan temukan cara-cara visual yang menarik untuk mendapatkan semua informasi yang relevan kepada mereka tanpa sakit kepala.

Persona pembeli Anda harus menginformasikan keseluruhan bentuk dan pendekatan terhadap deskripsi produk Anda, termasuk desain situs web dan ruang putih pada halaman.

Banner 1 kledo

Baca juga: Jenis Kode Produksi dan Pentingnya Bagi Produk Anda

Contoh Deskripsi Produk

deskripsi produk

Untuk membantu menginspirasi deskripsi produk Anda sendiri, berikut adalah beberapa contoh untuk referensi Anda:

Contoh 1

Celana olahraga Fancy Pants adalah pilihan ideal untuk pakaian santai di rumah, perjalanan, dan bahkan menjalankan tugas berkat bulu lembut di dalamnya dan teknologi kain yang menyerap kelembapan.

Kantong-kantongnya yang lapang dapat menampung barang-barang penting harian Anda seperti dompet, kunci dan ponsel, sepasang sarung tangan, atau camilan jika Anda pergi hanya sejauh sofa ruang tamu Anda.

Fancy Pants tersedia dalam berbagai ukuran pria dan wanita.

Contoh 2

Mau keju panggang tetapi tidak ingin menyalakan kompor? Cheesy Toaster kami memiliki fitur-fitur berikut untuk membuat makan siang Anda menjadi lebih mudah:

  • Baki stainless steel tahan karat agar mudah dibersihkan
  • Pengaturan panas yang dapat disesuaikan untuk berbagai jenis roti
  • Slot lebar bagel untuk roti yang lebih lebar
  • Garansi seumur hidup untuk perbaikan dan penggantian

Contoh 3

Menjadi hangat seharusnya menjadi hal yang paling tidak perlu Anda khawatirkan. Itulah sebabnya jaket puffer bulu angsa kami didukung oleh jaminan uang kembali seumur hidup.

Kami akan memperbaiki atau mengganti jaket Anda, tanpa pertanyaan – meskipun kami ragu Anda akan membutuhkannya.

Tahan lama, indah, dan hangat, perlengkapan kami akan mengikuti Anda ke mana pun petualangan mengarah ke kesempatan baru.

Baca juga: Pengertian Shrinkflation Produk, Penyebab, Dampak dan Contohnya

Kesimpulan

Dengan membuat deskripsi produk yang baik akan membuat fitur dan kegunaaan produk Anda bisa tersampaikan dengan lebih baik dan memperbesar kemungkinan untuk membuat pelanggan membeli dari Anda.

Jangan lupa juga visual yang menarik. Tambahkan grafik dan optimalkan gambar produk Anda. Lakukan A / B testing untuk mengetahui copy mana yang berfungsi dengan baik dibandingkan dengan deskripsi lainnya.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh penjualan produk yang terjadi di toko online atau toko konvensional Anda untuk mendapatkan informasi keuangan yang menyeluruh dan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan bisnis.

Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan sistem modern seperti software akuntansi Kledo untuk proses yang lebih cepat dan praktis.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap seperti proses pencatatan seluruh transaksi, integrasi dengan marketplace, manajemn persediaan, dan juga membuat laporan keuangan dalam hitungan detik.

Jika tertarik. Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + nineteen =