20 Tips Bisnis Skincare Agar Sukses dan Terkenal

bisnis skincare

Bagi kebanyakan wanita, saat ini produksskincare menjadi kebutuhan utama yang harus ada dalam daftar belanja bulanan. Atas dasar ini, adalah pilihan yang tepat jika Anda berencana membangun bisnis skincare.

Bisa dikatakan, saat ini bisnis skincare sedang booming. Bahkan, menurut penelitian ini, diperkirakan akan mencapai nilai $177 miliar pada tahun 2025. Ini menjadikannya sebagai salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia.

Jika Anda ingin membangun atau mengembangkan bisnis skincare yang menguntungkan, Anda bisa membaca 20 tips terbaik berikut ini untuk proses penjualan, pemasaran, dan pengembangan produk yang lebih baik.

Seberapa Menguntungkan Industri Skincare?

bisnis skincare

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, industri perawatan kulit diperkirakan bernilai $177 miliar pada tahun 2025. Ini berarti ada banyak uang yang bisa dihasilkan jika Anda ingin membangun bisnis skincare.

Menurut Deals On Health, perawatan kulit adalah “segmen yang paling menguntungkan dalam industri kosmetik global”, terhitung “42% dari industri kosmetik di seluruh dunia”.

Pada dasarnya, jika Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri dan mendapatkan penghasilan yang baik, ini jelas merupakan industri yang layak dipertimbangkan!

Baca juga: Pahami 5 Penggolongan Akun dalam Akuntansi Berikut Ini

Seberapa Besar Industri Skincare?

Industri perawatan kulit benar-benar BESAR! Seperti, kami tidak bisa cukup menekankan betapa besarnya industri ini, namun ini adalah salah satu industri terbesar di dunia.

Berikut adalah beberapa fakta singkat, untuk mengilustrasikan maksud kami:

Seperti yang Anda lihat, pasti ada banyak peluang di industri ini! Artinya, jika Anda ingin memulai bisnis perawatan kulit Anda sendiri, sekaranglah saat yang tepat untuk melakukannya.

Kelompok Usia Berapa yang Paling Banyak Membeli Produk Skincare?

Jika Anda ingin memulai bisnis perawatan kulit, penting untuk mengetahui siapa target pasar Anda. Menurut Statistica, pada tahun 2021, produk perawatan kulit terbanyak di Amerika Serikat dibeli oleh pembeli Gen Z!

Dari semua produk kecantikan yang dibeli oleh rentang usia ini (18-24 tahun) pada tahun itu, 41% di antaranya adalah produk kulit.

Postingan blog oleh L’Officiel ini semakin menguatkan temuan di atas. Dan jika Anda bertanya-tanya, Milenial, berada di urutan kedua dalam studi Statistica.

40% dari pembelian kecantikan mereka pada tahun 2021 juga pada produk perawatan kulit.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya apakah memulai bisnis skincare adalah ide yang bagus atau tidak, jawabannya adalah YA!

Industri ini tidak hanya sangat menguntungkan – tetapi juga memiliki basis pelanggan yang besar dan terus berkembang.

Baca juga: 17 Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas, Modal Minim Untung Berlimpah

Siapa Target Pasar untuk Skincare?

Dengan mengingat hal di atas, penting untuk diingat bahwa target pasar Anda kemungkinan akan mencakup orang-orang dari berbagai rentang usia.

Ini karena, seperti yang kita semua tahu, perawatan kulit penting bagi orang-orang dari segala usia!

Belum lagi, di mana Anda tinggal dan demografinya yang unik akan memainkan faktor besar ke dalam jenis pelanggan yang Anda pesan.

Inilah hal lain yang perlu diingat, untuk… Meskipun sebagian besar basis klien Anda mungkin wanita, ada pasar yang berkembang untuk perawatan kulit pria juga. Jadi, jangan membuat mereka merasa tersisih dari upaya pemasaran Anda!

Semakin inklusif bisnis perawatan kulit Anda, dalam hal layanan yang Anda sediakan dan orang-orang yang dapat Anda ajak bekerja sama, semakin sukses bisnis tersebut.

Baca juga: Contoh Biaya Produksi, Rumus, dan Cara Hitungnya

20 Tips dalam Membangun Bisnis Skincare yang Sukses

bisnis skincare

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk membangun atau mengembangkan bisnis skincare yang Anda miliki saat ini, berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan dalam pengembangan bisnis Anda:

1. Cari tahu jenis bisnis skincare seperti apa yang ingin Anda miliki

Anda tidak dapat menjalankan bisnis yang sukses jika Anda tidak tahu apa sebenarnya bisnis Anda sejak awal.

Jadi, ini adalah tempat berikutnya untuk memulai. Duduklah, ambil pulpen, dan tuliskan ide apa pun yang muncul di benak Anda mengenai jenis perusahaan yang ingin Anda miliki dalam 1, 5, dan bahkan 10 tahun.

Misalnya, apakah Anda ingin membuar produk skincare? Menjadi konsultan perawatan kulit? Atau apakah Anda lebih suka membuka toko fisik Anda sendiri?

Apakah Anda hanya ingin menawarkan layanan konsultasi perawatan kulit? Atau apakah Anda ingin memasangkannya dengan layanan kecantikan pelengkap, seperti seni rias wajah profesional atau penataan rambut?

Ada banyak jalan berbeda yang dapat Anda ambil ketika memulai bisnis perawatan kulit.

Pada akhirnya, rute yang ANDA pilih kemungkinan besar akan bergantung pada preferensi, tujuan, dan anggaran pribadi Anda.

2. Pilih nama yang tepat untuk bisnis skincare Anda

Nama bisnis Anda penting karena dua alasan: branding dan pemasaran. Nama yang baik akan membantu Anda membangun merek yang kuat yang mudah diingat klien.

Selain itu, nama yang bagus juga akan membuat pemasaran bisnis perawatan kulit Anda jauh lebih mudah!

Saat melakukan brainstorming nama, cobalah untuk membuat sesuatu yang menarik, unik, dan relevan dengan jenis layanan yang Anda tawarkan.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menggunakan frasa kaya kata kunci dalam nama bisnis Anda.

Dengan cara ini, ketika orang melakukan pencarian online untuk bisnis perawatan kulit di daerah mereka, nama bisnis Anda kemungkinan besar akan muncul!

Setelah Anda memiliki daftar nama-nama potensial, lakukan pencarian cepat di Google untuk melihat apakah ada bisnis lain yang menggunakan nama yang sama atau mirip.

Jika demikian, coret nama-nama tersebut dari daftar Anda dan beralih ke opsi terbaik berikutnya. Jika tidak, segera daftarkan nama bisnis Anda sehingga tidak ada orang lain yang bisa mengambilnya!

Baca juga: Download Surat Penawaran Harga Beserta Contohnya

3. Tentukan merek Anda

Identitas merek Anda adalah bagaimana Anda ingin bisnis Anda dipersepsikan oleh publik. Dengan kata lain, itulah yang membuat Anda unik.

Dan, sebagai konsultan perawatan kulit, penting untuk memiliki identitas merek yang kuat yang membedakan Anda dari pesaing!

Pikirkan tentang citra seperti apa yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Apakah Anda ingin dilihat sebagai bisnis yang mewah dan berkelas? Santai? Menyenangkan dan bersemangat? Alami dan organik?

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang citra yang ingin Anda gambarkan, mulailah bekerja untuk menciptakan identitas merek yang kohesif untuk bisnis perawatan kulit Anda.

Ini mencakup segala sesuatu mulai dari desain logo dan skema warna hingga slogan perusahaan dan postingan media sosial Anda.

4. Pastikan Anda memiliki lisensi yang dibutuhkan

Sebelum Anda dapat mulai mengoperasikan bisnis skincare Anda, ada baiknya Anda mengurus lisensi yang dibutuhkan.

Lisensi bisnis adalah dokumen yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan bisnis Anda secara legal. Biasanya dikeluarkan oleh pemerintah, dan biasanya perlu diperbarui setiap tahun.

Misalnya jika Anda berniat membuka salon, Anda harus mengurus izin usaha. Atau jika Anda ingin membuat dan memasarkan produk kosmetik, Anda harus mendapatkan sertifikasi dari BPOM untuk memastikan produk Anda aman digunakan.

5. Buat rencana bisnis

Rencana bisnis adalah dokumen yang menguraikan tujuan bisnis Anda dan bagaimana Anda berencana mencapainya. Ini adalah alat penting untuk setiap bisnis baru – terutama bisnis di industri skincaqre!

Saat membuat rencana bisnis Anda, pastikan untuk menyertakan:

  • Ringkasan eksekutif bisnis perawatan kulit Anda secara keseluruhan
  • Deskripsi bisnis Anda
  • Ringkasan tentang siapa target pasar Anda
  • Rencana pemasaran dan periklanan Anda
  • Proyeksi keuangan Anda

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memulai, Anda bisa membacanya pada artikel ini.

Meskipun demikian, jika Anda ingin seseorang memandu Anda melalui proses langkah demi langkah, pertimbangkan untuk menyewa pelatih atau konsultan bisnis.

Baca juga: Pengertian Reklame, Fungsi, Karakteristik, Jenis, dan Contohnya

6. Cara pengalaman dengan sebagai konsultan perawaran kulit

Jika Anda serius ingin memulai bisnisskincaret, maka Anda harus mulai mendapatkan pengalaman.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bekerja sebagai konsultan perawatan kulit di salon atau spa.

Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mempelajari seluk-beluk, menguji produk, dan merasa nyaman dengan klien yang berkonsultasi. Plus, ini adalah cara yang bagus untuk membangun portofolio profesional Anda!

Pilihan lainnya adalah menawarkan layanan Anda secara gratis (atau dengan tarif diskon) kepada keluarga dan teman.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk berlatih dan menyempurnakan proses konsultasi Anda.

Pastikan saja bahwa semua orang yang terlibat tahu bahwa ini hanya untuk bersenang-senang dan bukan pertunjukan berbayar yang sebenarnya!

7. Bangun portofolio perawatan kulit Anda

Sebagai konsultan perawatan kulit, portofolio Anda adalah segalanya. Portofolio inilah yang akan Anda gunakan untuk memamerkan keterampilan dan pengalaman Anda kepada klien potensial.

Dan, portofolio inilah yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan konsultasi!

Jadi, apa sebenarnya yang harus Anda sertakan dalam portofolio Anda?

  • Foto sebelum dan sesudah foto klien yang pernah bekerja sama dengan Anda
  • Daftar layanan yang Anda tawarkan
  • Testimoni dari klien sebelumnya
  • Sertifikasi dan/atau lisensi relevan apa pun yang Anda miliki

Jika Anda belum memiliki foto sebelum dan sesudah, jangan khawatir! Anda selalu bisa mulai dengan mengambil foto teman dan anggota keluarga sebelum dan sesudah menggunakan produk/layanan yang Anda rekomendasikan.

Pastikan untuk mendapatkan izin mereka terlebih dahulu – dan pastikan foto yang Anda ambil berkualitas tinggi!

Baca juga: Tips Membuat Logo dan Manfaatnya Bagi Bisnis

8. Membuat website bisnis

Di zaman sekarang ini, sangat penting untuk memiliki website untuk bisnis Anda – apa pun jenis bisnisnya. Dan, sebagai pemilik merek skincare, website Anda tidak berbeda!

Situs web Anda harus clean, teratur, dan mudah dinavigasi. Website Anda juga harus menyertakan semua informasi yang relevan yang mungkin dicari oleh calon klien:

  • Nama Anda
  • Informasi tentang siapa Anda
  • Informasi kontak Anda
  • Daftar layanan yang Anda tawarkan
  • Tarif layanan, jika Anda ingin mengungkapkan rincian ini kepada publik
  • Foto sebelum dan sesudah
  • Testimoni klien
  • Portofolio Anda tentang layanan lain yang Anda tawarkan (misalnya, seni rias)
  • Tautan ke halaman media sosial Anda
  • Opsi untuk pemesanan online

Membangun situs web dari awal bisa tampak menakutkan – terutama jika Anda tidak terlalu paham teknologi.

Tapi untungnya, ada banyak alat pembuat situs web yang ramah pengguna di luar sana yang membuat prosesnya relatif tidak sulit.

9. Pelajari tentang SEO dan gunakan untuk keuntungan bisnis Anda

SEO, atau Search Engine Optimization, adalah proses mengoptimalkan situs web Anda dan isinya untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (seperti Google).

Sebagai pemilik bisnis skincare yang mengincar online presence, penting bagi Anda untuk belajar tentang SEO dan bagaimana menggunakannya untuk keuntungan Anda!

Ada 2 jenis utama SEO: on-page dan off-page.

SEO on-page mengacu pada semua strategi pengoptimalan yang dapat Anda terapkan di situs web Anda.

Hal-hal seperti menggunakan judul dan deskripsi yang kaya kata kunci, memformat teks Anda dengan benar, dan menambahkan tag alt ke gambar semuanya akan menjadi contoh yang sangat baik.

SEO off-page, di sisi lain, mengacu pada semua strategi pengoptimalan yang dapat Anda terapkan di luar situs web Anda – seperti membangun tautan dan keterlibatan media sosial.

Keduanya penting, tetapi SEO di halaman umumnya lebih dalam kendali Anda.

Jadi, itu adalah tempat yang baik untuk memulai! Dan jika Anda baru mengenal SEO secara umum, kami sangat menganjurkan Anda untuk memeriksa Panduan Pemula oleh Moz ini.

10 Gunakan media sosial

Media sosial adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk mempromosikan apa saja – termasuk bisnis skincare Anda!

Media sosial tidak hanya memberi Anda platform untuk berbagi pekerjaan Anda dengan klien potensial, tetapi juga memungkinkan Anda untuk terhubung dengan para profesional industri lainnya, berkolaborasi dalam proyek, dan tetap up-to-date dengan berita dan tren perawatan kulit terbaru.

Ada banyak sekali platform media sosial yang berbeda di luar sana, tetapi tidak semuanya relevan untuk mempromosikan bisnis Anda. Saat memilih platform mana yang akan aktif, pastikan untuk mempertimbangkan:

  • Kelompok usia target pasar Anda
  • Jenis konten yang akan Anda bagikan
  • Berapa banyak waktu yang Anda bersedia berkomitmen untuk mempertahankan kehadiran Anda

11. Cobalah strategi pemasaran yang berbeda

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis skincare dan membuat nama Anda dikenal. B

agian terbaiknya adalah, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melihat hasilnya!

Berikut adalah beberapa ide pemasaran berbiaya rendah untuk membantu Anda memulai:

  • Buatlah blog dan tulis tentang topik-topik yang berkaitan dengan perawatan kulit (misalnya, tips perawatan kulit, ulasan produk, dll.)
  • Jangkau publikasi lokal dan tawarkan untuk menulis artikel atau memberikan wawancara tentang topik perawatan kulit
  • Buat akun media sosial untuk bisnis Anda dan posting konten yang menarik secara teratur
  • Berpartisipasi dalam forum dan diskusi online yang berkaitan dengan perawatan kulit
  • Berkolaborasi dengan bisnis lain di industri kecantikan (misalnya, salon rambut, penata rias, dll.)
  • Mulai podcast dan diskusikan topik perawatan kulit dengan para profesional industri
  • Berinvestasi dalam iklan berbayar (ini tidak harus mahal jika Anda menyesuaikan iklan Anda dengan benar)

Baca juga: 6 Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi yang Baik

12. Ketahui target audiens Anda

Salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis perawatan kulit yang sukses adalah mengetahui siapa target audiens Anda.

Lagi pula, bagaimana Anda bisa memasarkan produk dan layanan Anda secara efektif jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda memasarkannya?

Saat menentukan target audiens Anda, ada beberapa faktor kunci yang perlu dipertimbangkan:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Pekerjaan
  • Minat/Hobi
  • Kebutuhan/masalah perawatan Kulit

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang siapa audiens target Anda, Anda akan dapat membuat kampanye pemasaran bertarget yang jauh lebih mungkin menghasilkan konversi. Dan itu membawa kita ke tip berikutnya …

13. Buat penawaran sesuai kebutuhan

Sekarang setelah Anda tahu siapa target audiens Anda, sekarang saatnya untuk membuat penawaran yang tidak dapat mereka tolak!

Penawaran Anda haruslah sesuatu yang berbicara langsung dengan kebutuhan dan kekhawatiran audiens target Anda.

Misalnya, jika Anda menargetkan ibu-ibu sibuk yang khawatir tentang keriput dan garis-garis halus, Anda mungkin ingin menawarkan konsultasi perawatan kulit gratis atau mini-facial.

Di sisi lain, jika Anda menargetkan orang dewasa muda dengan kulit yang rentan berjerawat, Anda mungkin ingin menawarkan diskon untuk produk perawatan wajah anti jerawat khas Anda.

Apa pun penawaran Anda, pastikan itu adalah sesuatu yang akan menarik bagi audiens target Anda dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

14. Pertimbangkan untuk memilih niche

Dalam hal menumbuhkan bisnis perawatan kulit yang sukses, penting untuk menonjol dari persaingan.

Dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memilih niche.

Memilih niche memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya pemasaran Anda dan memposisikan diri Anda sebagai ahli di bidang tertentu.

Misalnya, jika Anda menargetkan wanita dewasa, Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai ahli perawatan kulit untuk wanita dewasa.

Demikian pula, Anda dapat memasarkan diri Anda sebagai konsultan perawatan kulit yang berspesialisasi dalam kulit berjerawat, atau bahkan yang berspesialisasi dalam jenis kulit tertentu (yaitu kulit berminyak).

Ini tidak hanya akan membantu Anda menarik lebih banyak klien; ini juga akan membantu Anda membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan audiens target Anda!

Baca juga: Pengertian Ekonomi Kreatif dan Peluang Bisnis yang Bisa Anda Coba

15. Pasangkan layanan perawatan kulit Anda dengan makeup artistry

Makeup artistry adalah cara lain yang bagus untuk mengembangkan bisnis perawatan kulit Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak menganggap seni rias dan perawatan kulit sebagai hal yang terkait, sebenarnya keduanya berjalan beriringan!

Lagi pula, apa gunanya memiliki kulit tanpa cela jika Anda tidak memiliki riasan yang cocok? Belum lagi, kulit seseorang secara harfiah adalah kanvas tempat mereka akan mengaplikasikan tampilan makeup apa pun.

Memasangkan layanan perawatan kulit Anda dengan seni rias adalah cara yang bagus untuk menarik klien baru dan meningkatkan pendapatan. Ditambah lagi, ini bisa sangat menyenangkan!

16. Beri harga layanan skincare nda dengan benar

Dalam hal penetapan harga layanan atau produk perawatan kulit Anda, penting untuk menyeimbangkan antara apa yang bersedia dibayar klien Anda dan apa yang Anda butuhkan untuk menghasilkan keuntungan.

Jika Anda memberi harga layanan Anda terlalu rendah, kemungkinan besar Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan bisnis.

Di sisi lain, jika Anda memberi harga terlalu tinggi, Anda mungkin kesulitan menarik klien baru.

Cara terbaik untuk menentukan berapa harga yang harus dibebankan untuk layanan perawatan kulit Anda adalah dengan melakukan riset pasar.

Lihatlah apa yang dikenakan oleh bisnis lain di daerah Anda untuk layanan serupa. Dari sana, buatlah tarif yang kompetitif namun masih memungkinkan Anda untuk mendapat untung.

Baca juga: Tips Akuntansi Bisnis Kecantikan yang Harus Diperhatikan

17. Tawarkan paket skincare

Jika Anda benar-benar ingin mengembangkan bisnis skincare Anda, maka Anda perlu mulai menawarkan paket perawatan kulit.

Paket perawatan kulit adalah paket layanan pra-bayar yang menawarkan diskon kepada klien.

Paket perawatan kulit tidak hanya mendorong klien untuk memesan lebih banyak layanan sekaligus (yang sangat bagus untuk keuntungan Anda), tetapi juga menawarkan rasa nyaman dan nilai yang tidak dapat ditandingi oleh layanan individual.

Ketika merancang paket perawatan kulit Anda, pastikan untuk mempertimbangkan apa yang akan diminati oleh target pasar Anda.

Misalnya, jika Anda menargetkan calon pengantin, Anda mungkin ingin menawarkan paket hari pernikahan yang mencakup segala sesuatu mulai dari tata rias hingga rambut hingga perawatan kulit.

Baca juga: Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa dan Bedanya dengan Perusahaan Dagang

18. Kumpulkan testimonial klien (dan pamerkan)

Jika Anda ingin orang-orang menganggap serius bisnis perawatan kulit Anda, maka Anda perlu mulai mengumpulkan testimonial klien.

Testimoni klien sangat kuat karena mereka menawarkan laporan tangan pertama tentang bagaimana rasanya bekerja dengan Anda.

Ketika calon klien melihat bahwa orang lain memiliki pengalaman positif dengan bisnis Anda, mereka akan lebih cenderung memesan layanan dengan Anda juga!

Ada beberapa cara berbeda yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan testimoni klien.

Salah satunya adalah dengan hanya meminta klien Anda untuk menulis ulasan setelah janji temu mereka. Cara lainnya adalah dengan melakukan survei atau mengirimkan kuesioner.

Setelah Anda memiliki beberapa testimonial, pastikan untuk menampilkannya di situs web dan / atau platform media sosial Anda. Anda bahkan dapat membuat halaman khusus di situs web Anda untuk mereka!

19. Tetap up-to-date dengan tren skincare terbaru

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis perawatan kulit Anda adalah dengan tetap up-to-date dengan tren perawatan kulit terbaru.

Seperti yang kita semua tahu, dunia kecantikan terus berubah dan berkembang. Dan jika Anda ingin tetap menjadi yang terdepan, Anda harus selalu mengikuti tren terbaru.

20. Atur keuangan dengan baik

Dalam bisnis apapun, pengelolaan keuangan merupakan hal penting yang harus diperhatikan pemilik bisnis, tidak terkecuali pemilik bisnis skincare.

Untuk mengelola keuangan dengan baik, Anda memerlukan sistem modern yang memudahkan seluruh prosesnya, mulai dari pencatatan transaksi, pembukuan, sampai pembuatan laporan keuangan.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online Kledo sebagai solusi menyeluruh kemudahan proses pengelolaan keuangan bisnis skincare Anda.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi, manajemen persediaan, sampai membuat laporan keuangan dalam hitungan detik.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: 10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

Kesimpulan

Membangun bisnis skincare yang sukses dan menguntungkan sebenarnya caranya hampir sama seperti bisnis lain. Dibutuhkan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat untuk memastikan bisnis berjalan dengan optimal.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola proses pembukuan keuangan dalam bisnis skincare yang sedang Anda bangun, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Bergabunglah bersama 40 ribu pengguna lainnya dalam mengelola keuangan dan akuntansi bisnis yang lebih praktis dengan menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =