Aspek Pemasaran: Ini Penentu Keberhasilan Bisnis, Apa Saja?

aspek pemasaran

Aspek pemasaran dibutuhkan untuk membantu pemilik bisnis dalam melakukan pemetaan pasar. Kawan Kledo dapat mengetahui bisnis yang sedang Kawan Kledo layak atau tidak dari aspek pemasaran ini.

Memahami aspek pemasaran juga dibutuhkan untuk mencapai tujuan pemasaran bisnis Kawan Kledo. Terlebih di tengah perkembangan teknologi yang serba digital seperti sekarang ini.

Buat Kawan Kledo yang ingin yang ingin mengembangkan bisnis Kawan Kledo menjadi lebih besar, yuk simak penjelasan 5 aspek pemasaran yang ada di bawah ini:

Apa Itu Aspek Pemasaran?

aspek pemasaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aspek pemasaran merupakan bagian penting dalam bisnis yang wajib Kawan Kledo pahami. Aspek pemasaran ini sangat dibutuhkan khususnya untuk mengetahui bagaimana keadaan pasar terhadap produk yang dibuat oleh bisnis Kawan Kledo.

Dengan begitu Kawan Kawan Kledo dapat menjual produk yang perusahaan Kawan Kledo produksi ke pasar. Salah satu alasan aspek pemasaran ini penting bagi bisnis adalah karena pasar adalah bagian utama dan terpenting dalam bisnis, makanya Kawan Kledo wajib memperhatikan aspek pemasaran ini demi kesuksesan bisnis Kawan Kledo.

Baca Juga: Marketing Mix: Pengertian, Manfaat, Komponen, dan Strategi yang Bisa Anda Gunakan

Apa Tujuan Aspek Pemasaran?

Buat Kawan Kledo yang baru mengenal dunia marketing, pasti banyak yang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya tujuan aspek marketing ini hingga disebut sebagai bagain penting dalam bisnis. Nah, sama halnya tujuan dalam bisnis, aspek marketing juga memiliki tujuan yang sama yakni untuk meningkatkan penjualan.

Dengan meningkatkan penjualan produk pada bisnis Kawan Kledo, pastinya akan membuat omzet bisnis Kawan Kledo akan semakin bertambah dan pastinya Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

6 Aspek Pemasaran yang Wajib Diketahui

aspek pemasaran

Berikut 6 marketing aspect yang wajib Kawan Kledo ketahui untuk mengembangkan bisnis Kawan Kledo:

1. Strategi Marketing

Marketing aspect pertama yang wajib Kawan Kledo ketahui untuk mengembangkan bisnis Kawan Kledo adalah strategi marketing. Strategi marketing mengacu pada keseluruhan rencana permainan bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan produk atau layanan mereka.

Strategi marketing ini berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data tentang demografi pelanggan sasaran, dan elemen tingkat tinggi lainnya. Strategi marketing yang menyeluruh mencakup “4 P” marketing, yakni product, price (harga) , place (tempat), dan promosi.

Tujuan akhir dari strategi marketing adalah untuk mencapai dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan atas perusahaan pesaing dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya. Baik itu desain iklan cetak, kustomisasi massal, atau kampanye di media sosial.

Aset marketing dapat dinilai berdasarkan seberapa efektifnya mengomunikasikan proposisi nilai inti perusahaan. Riset pasar dapat membantu memetakan kemanjuran kampanye tertentu dan dapat membantu mengidentifikasi audiens yang belum dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bottom-line dan meningkatkan penjualan.

2. Riset Pasar

Marketing aspect kedua yang wajib Kawan Kledo ketahui adalah riset pasar atau market research. Marketing research ini merupakan proses yang dilakukan untuk menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan secara langsung dengan konsumen yang dianggap potensial.

Riset pasar dapat membantu sebuah bisnis untuk menemukan pasar yang akan disasar sehingga mendapatkan pendapat dan umpan balik dari konsumen tentang minat mereka terhadap produk atau layanan.

Riset yang dilakukan ini dapat dilakukan secara internal yakni langsung oleh perusahaan itu sendiri, atau oleh perusahaan pihak ketiga yang berspesialisasi dalam riset pasar. Kawan Kledo dapat melakukannya dalam bentuk survei, pengujian produk, dan kelompok fokus.

Subjek tes biasanya diberi kompensasi dengan sampel produk atau mendapatkan bayaran untuk waktu mereka. Riset pasar adalah komponen penting dalam penelitian dan pengembangan produk atau layanan baru sebuah bisnis, jadi sangat penting untuk Kawan Kledo lakukan.

3. Digital Marketing

Digital marketing menjadi aspek selanjutnya yang wajib Kawan Kledo pahami untuk memaksimalkan marketing produk. Digital marketing ini memiliki definisi sebagai penggunaan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran lainnya untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan.

Beberapa pakar pemasaran menganggap pemasaran digital sebagai upaya baru dalam dunia marketing yang dibutuhkan untuk mendekati pelanggan dan memahami bagaimana pelanggan berperilaku dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Digital marketing menargetkan segmen tertentu dari basis pelanggan dan bersifat interaktif. Digital marketing dilakukan dengan tujuan meningkat dan mencakup iklan hasil pencarian, iklan email, dan tweet yang dipromosikan – apa pun yang menggabungkan pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dan pelanggan.

Internet marketing berbeda dari pemasaran digital. Internet marketing adalah iklan yang hanya ada di Internet, sedangkan digital marketing dapat dilakukan melalui perangkat seluler, di platform kereta bawah tanah, dalam video game, atau melalui aplikasi smartphone.

Dalam istilah digital marketing, pengiklan biasanya disebut sebagai sumber, sedangkan anggota iklan yang ditargetkan biasanya disebut penerima. Sumber sering menargetkan penerima yang sangat spesifik dan terdefinisi dengan baik.

Misalnya, setelah memperpanjang jam larut malam di banyak lokasinya, McDonald’s perlu mengumumkannya. Ini menargetkan pekerja shift dan wisatawan dengan iklan digital karena perusahaan tahu bahwa orang-orang ini merupakan segmen besar dari bisnis larut malamnya.

McDonald’s mendorong mereka untuk mengunduh aplikasi Pencari Restoran baru, menargetkan mereka dengan iklan yang ditempatkan di ATM dan pompa bensin, serta di situs web yang diketahui sering dikunjungi pelanggannya di malam hari.

4. Promosi Produk

Dalam hal karir, promosi mengacu pada peningkatan pangkat atau posisi karyawan dalam struktur hierarkis. Sedangkan dalam dunia marketing, promosi produk mengacu pada cara yang dilakukan untuk memperkenalkan produk sehingga penjualan dapat meningkat dan memberikan keuntungan yang lebih besar kepada bisnis.

Promosi produk memerlukan fitur-fitur, seperti melalui iklan atau harga diskon dari produk atau layanan tertentu. Promosi produk juga dapat diklasifikasikan sebagai “penjualan” atau “spesial”.

Promosi dapat terjadi dalam berbagai cara mulai dari bisnis, pemasaran, dan karier. Perusahaan dan usaha kecil sering menggunakan promosi produk sebagai alat pemasaran untuk mendatangkan pelanggan.

Promosi suatu produk dirancang untuk menyoroti merek baru atau barang tertentu. Misalnya, promosi pemasaran dapat memperkenalkan item makanan khusus di restoran atau jual beli satu di supermarket.

Di tengah perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini, ada banyak cara promosi yang dapat dilakukan oleh sebuah bisnis, seperti melalui internet, media sosial, hingga menggunakan jasa influencer melalui endorsement.

Sebagai pemilik bisnis, wajib bagi Kawan Kledo untuk memahami perkembangan zaman sehingga dapat menyesuaikan promosi yang diguunakan agar mudah diterima oleh target pasar.

Baca Juga: Word of Mouth: Strategi Marketing Bisnis Ampuh yang Harus Anda Tahu

Banner 2 kledo

5. Analisis Kompetitor

Selain melakukan promosi produk, Kawan Kledo juga perlu melakukan analisis kompetitor. Analisis kompetitor ini mengacu pada kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan informasi yang dikumpulkan tentang pesaing, pelanggan, dan faktor pasar lainnya yang berkontribusi pada keunggulan kompetitif bisnis.

Analisis kompetitor ini sangat penting karena membantu bisnis memahami lingkungan kompetitif mereka dan peluang serta tantangan yang dihadirkannya. Bisnis menganalisis informasi untuk menciptakan praktik bisnis yang efektif dan efisien.

Analisis kompetitor dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang dapat ditindaklanjuti dari beragam sumber yang diterbitkan dan tidak diterbitkan, dikumpulkan secara efisien dan etis.

Idealnya, sebuah bisnis berhasil melakukan analisis kompetitor dengan mengembangkan potret pasar yang cukup rinci sehingga dapat mengantisipasi dan menanggapi tantangan dan masalah sebelum muncul.

6. Branding Produk

Jika Shakespeare menulis hari ini, dia mungkin akan mengabaikan kalimatnya: apalah arti sebuah nama? Yang kita sebut mawar atau dengan nama lain apa pun akan berbau manis.”

Mengapa? Karena penelitian telah menunjukkan bahwa, kemungkinan besar, menempelkan mawar di kaleng Coca-Cola atau bungkus McDonald’s akan benar-benar membuat orang menganggapnya berbau jauh lebih manis.

Brand lebih dari sekadar nama—ini adalah jumlah total pengalaman konsumen dengan produk yang dapat dikenali—dan merek itu kuat, sering kali mengarah pada keunggulan kompetitif. Juga sangat sulit bagi investor untuk menilai.

Brand yang telah memiliki ‘nama’ pastinya beda dengan brand yang masih mendapatkan nama dan diterima oleh pasar. Untuk mendapatkan nama dan dikenal secara luas oleh pasar dan target konsumen, Kawan Kledo perlu melakukan branding.

Branding penting karena tidak hanya membuat kesan yang tak terlupakan pada konsumen tetapi juga memungkinkan pelanggan dan klien Kawan Kledo mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan Kawan Kledo. Ini adalah cara untuk membedakan bisnis atau perusahaan Kawan Kledo dari pesaing dan memperjelas apa yang ditawarkan yang membuat produk Kawan Kledo menjadi pilihan yang lebih baik.

Ada banyak area yang digunakan untuk mengembangkan merek termasuk periklanan, layanan pelanggan, tanggung jawab sosial, reputasi, dan visual. Semua elemen ini (dan banyak lagi) bekerja sama untuk membuat satu profil yang unik dan (semoga) menarik perhatian.

Jika penjelasan branding sederhana, tidak akan ada banyak ambiguitas dan disonansi mengenai konsep tersebut. Namun, sebagian besar, pemahaman yang kuat tentang branding membutuhkan pemahaman yang layak tentang bisnis, pemasaran, dan bahkan dasar-dasar relasional (manusia).

Branding adalah proses terus-menerus untuk mengidentifikasi, menciptakan, dan mengelola aset kumulatif dan tindakan yang membentuk persepsi merek di benak pemangku kepentingan.

Jadi, bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan ‘nama’ dan persepsi yang bagi dari konsumen terhadap produk hingga perusahaan Kawan Kledo wajib melakukan branding ini. Branding merupakan bagian penting dalam aspek pemasaran, jadi jangan sampai melewatkannya ya!

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai aspek pemasaran yang wajib Kawan Kledo ketahui dan terapkan ke dalam bisnis Kawan Kledo. Selain beberapa aspek pemasaran yang ada di atas, ada juga bagian penting dalam bisnis yang tidak boleh Kawan Kledo sepelekan yakni pengelolaan keuangan bisnis.

Pengelolaan keuangan bisnis menjadi bagian penting karena akan menentukan keuntungan yang didapatkan oleh bisnis Kawan Kledo. Memang, pengelolaan keuangan ini sering dianggap cukup sulit khususnya bagi Kawan Kledo yang bukan berasa dari bidang keuangan atau akuntansi.

Namun jangan khawatir karena saat ini ada software akuntansi dari Kledo yang akan membantu Kawan Kledo dalam mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo sehingga menjadi lebih mudah. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 6 =