Cara Memulai Bisnis Hingga Raih Kesuksesan, Berani Coba?

cara memulai bisnis

Di era yang serba digital seperti saat ini, memulai sebuah bisnis pastinya lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Salah satu kemudahannya adalah Kawan Kledo bisa memulainya secara online dan dengan dana yang terbatas. Apakah Kawan Kledo sudah memiliki keinginan untuk berbisnis tapi bingung bagaimana cara memulai bisnis ini?

Jangan bingung, dulu. Semua bisa dimulai asalkan Kawan Kledo ada kemauan. Nah, biar bisnis yang Kawan Kledo rencanakan bukan sekadar bisnis biasa namun bisnis yang bisa meraih kesuksesan, yuk ikuti cara memulai bisnis yang akan dijelaskan di bawah ini:

Bisnis yang Sukses

cara memulai bisnis

Ketika seseorang memulai suatu bisnis pastinya ingin bisnis yang dimulainya bisa kesuksesan. Nah, kesuksesan bisnis ini diikur dari apa sih? Salah satu tolak ukur kesuksesan bisnis adalah keuntungan atau laba yang didapatkan oleh bisnis tersebut. Lalu bagaimana caranya agar bisnis yang Kawan Kledo miliki bisa meraih kesuksesan tersebut? Salah satu kuncinya adalah memulainya dengan baik dan terencana.

Memulai bisnis dengan baik dan terencana akan membuat bisnis lebih mudah untuk meraih kesuksesan. Nah, biar makin jelas, yuk ikuti cara-cara memulai bisnis di bawah ini agar bisnis yang Kawan Kledo kelola bisa meraih kesuksesan:

Cara Memulai Bisnis yang Sukses

cara memulai bisnis

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis, yuk ikuti tahapan-tahapan di bawah ini agar bisnis Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan:

1. Mendapatkan Ide Bisnis

Cara memulai bisnis yang wajib Kawan Kledo lakukan pertama kali adalah mendapatkan ide bisnis apa yang akan dijalankan. Dengan mendapatkan ide bisnis ini Kawan Kledo dapat mengetahui bisnis apa yang akan Kawan Kledo jalankan. Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan ide bisnis ini, mulai dari mengamati lingkungan sekitar, membaca artikel atau buku, menonton film atau drama Korea, ataupun dengan berdiskusi bersama partner atau teman.

Setelah mendapatkan ide bisnis, Kawan Kledo jangan langsung mengeksekusinya. Kawan Kledo wajib melakukan validasi ide bisnis. Validasi bisnis ini dilakukan untuk melakukan uji coba terhadap suatu ide bisnis sebelum melakukan peluncuran bisnis, baik itu berupa nama brand, layanan, atau website.

2. Menyiapkan Modal

Langkah kedua yang harus Kawan Kledo persiapkan untuk memulai bisnis adalah menyiapkan modal bisnis. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal bisnis, mulai dari menggunakan uang tabungan, hingga mengajukan pinjaman modal bank. Ada berbagai jenis pinjaman modal bank yang dapat Kawan Kledo ajukan dan pastikan Kawan Kledo waspada dengan pinjaman online ilegal. Dapatkan informasi ciri-ciri pinjaman online ilegal di sini.

3. Membuat Nama Brand

Langkah ketiga yang harus Kawan Kledo lakukan untuk memulai bisnis adalah dengan membuat nama brand. Nama brand menjadi bagian yang sangat penting karena nama brand ini nantinya yang akan membuat bisnis Kawan Kledo dikenal secara luas. Pemilihan brand yang baik dan unik, pastinya akan sangat berdampak kepada bisnis Kawan Kledo, salah satunya adalah brand Kawan Kledo mudah diingat oleh target konsumen.

4. Menentukan Harga Jual

Setelah Kawan Kledo menemukan nama brand untuk bisnis Kawan Kledo, selanjutnya adalah menentukan harga jual produk yang Kawan Kledo jual. Harga jual ini penting banget karena akan berkaitan dengan modal, serta omzet dan keuntungan yang akan didapatkan. Lalu bagaimana cara menentukan harga jual ini?

Penentuan harga jual suatu produk berhubungan dengan HPP atau Harga Pokok Produksi. Kawan Kledo bisa membaca semua tentang cara menentukan harga jual produk ini di artikel yang ada di link ini.

5. Membuat Marketing Plan

Setelah mendapatkan nama brand dan sudah mengetahui harga jual produk, kini saatnya Kawan Kledo membuat marketing plan. Marketing plan perlu dilakukan sebelum Kawan Kledo meluncurkan produk yang Kawan Kledo jual. Dari marketing plan ini Kawan Kledo dapat mengetahui rencana-rencana apa saja yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk Kawan Kledo.

Marketing plan ini juga nantinya yang akan digunakan sebagai langkah-langkah Kawan Kledo dalam memasarkan produk Kawan Kledo. Marketing plan ibaratnya adalah panduan dalam memasarkan produk dan menjadi acuan pemasaran produk. Jadi, nantinya pemasaran produk tidak jauh-jauh dari marketing plan ini.

6. Mulai Memasarkan Produk

Setelah semua persiapan selesai, kini saatnya Kawan Kledo mulai memasarkan produk Kawan Kledo. Di era teknologi seperti saat ini, ada banyak cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk memasarkan produk ini. Terlebih dengan marketing plan yang telah dibuat sebelumnya, membuat pemasaran produk ini jadi lebih mudah. Nah, dimana saja sih Kawan Kledo bisa memasarkan produk ini? Ada dua cara nih untuk pemasaran produk yang bisa dilakukan, yaitu secara online dan offline.

Untuk cara offline dilakukan secara langsung baik itu dengan membuka toko atau memasarkan secara keliling. Sedangan cara online dilakukan dengan menggunakan smartphone atau komputer yang Kawan Kledo miliki. Di sini Kledo akan membahas beberapa cara pemasaran secara online, yaitu melalui beberapa marketplace berikut ini:

a. Shopee

Kawan Kledo pasti sudah tidak asing dengan marketplace satu ini. Shopee merupakan salah satu marketplace yang ada di Indonesia dan banyak digunakan untuk transaksi jual-beli online. Shopee banyak dipilih oleh penjual dan pembeli karena sangat mudah dalam penggunaannya. Terlebih dengan program gratis ongkir yang dimiliki oleh Shopee.

b. Tokopedia

Selain Shopee, Kawan Kledo juga bisa berjualan online di marketplace Tokopedia. Tokopedia merupakan salah salah satu marketplace yang ada berasal dari Indonesia. Kawan Kledo bisa menjual produk Kawan Kledo di Tokopedia ini. Caranya juga sangat mudah, Kawan Kledo cukup mendaftarkan diri dan membuka toko di sana. Untuk informasi lebih lengkap Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

c. Bukalapak

Selain Tokopedia, Bukalapak juga menjadi marketplace buatan anak bangsa yang bisa jadi pilihan Kawan Kledo dalam memasarkan produk. Ada berbagai kelebihan yang dimiliki Bukalapak dibandingkan marketplace lainnya, diantaranya dapat dinego, lebih simpel dan mudah, memiliki CS yang fast respon, memprioritaskan pembeli, hingga adanya program referal.

7. Mendaftarkan BPOM

Bagi Kawan Kledo yang bisnisnya bergerak di bidang makanan dan minuman, obat, ataupun kosmetik wajib mendaftarkan produk Kawan Kledo ke BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pendaftaran produk ke BPOM bertujuan untuk mengetahui indikasi bahaya yang terkandung di dalam produk Kawan Kledo. Untuk lebih jelasnya terkait pendaftaran BPOM ini, Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

8. Mendaftar Sertifikat Halal MUI

Selain BPOM, bagi bisnis Kawan Kledo yang bergerak di bidang makanan dan minuman, obat, serta kosmetik juga wajib mendaftarkan sertifikat halal MUI. Sertifikat halal ini berfungsi untuk menyatakan kehalalan produk, sehingga konsumen yang beragama Islam tidak ragu untuk membeli dan mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut.

9. Mendaftarkan Bisnis

Selain mendaftar BPOM dan sertifikat halal MUI, Kawan Kledo yang memiliki bisnis juga wajib mendaftarkan bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa mendaftarkannya dalam bentuk CV, PT, atau bentuk lainnya. Klik di sini untuk membaca artikel cara mendaftarkan bisnis dalam bentuk CV atau PT.

10. Meningkatkan Omzet Penjualan

Setelah semua urusan administrasi bisnis selesai, kini saatnya Kawan Kledo fokus untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis Kawan Kledo. Semakin besar omzet yang Kawan Kledo dapatkan maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar. Lalu bagaimana cara meningkatkan omzet penjualan ini? Kawan Kledo bisa melakukannya dengan cara melakukan inovasi produk, mengutamakan kualitas, memberikan pelayanan terbaik, mengadakan promosi, hingga mengelola keuangan dengan baik.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara memulai bisnis yang dapat Kawan Kledo ikuti agar bisnis yang Kawan Kledo rintis bisa meraih kesuksesan. Jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis dengan sebaik-baiknya. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan ini, gunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × three =