Experiential Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

experiental marketing

Pemasaran sangat penting untuk keberhasilan merek apa pun dan strategi pemasaran yang efektif membuat merek Anda di depan pelanggan potensial. Experiential marketing berdasarkan penciptaan interaksi yang kuat memungkinkan merek untuk melibatkan konsumen dalam kampanye.

Jika Anda memahami apa itu experiential marketing, Anda dapat memetik manfaat dari peningkatan loyalitas pelanggan.

Dalam beberapa tahun terakhir, tampaknya pelanggan mencari pengalaman lebih dari sebelumnya. Namun di dunia di mana pengalaman digital dan dunia nyata yang menarik lebih mudah diakses dari sebelumnya, akan sulit untuk menonjol tanpa upaya yang serius.

Merek yang dapat memfasilitasi pengalaman pelanggan yang luar biasa akan menjadi merek yang akan membedakan diri mereka sendiri.

Dan itu bukan rahasia bagi para eksekutif, karena 68% pemimpin pemasaran mengklaim bahwa perusahaan mereka semakin bersaing berdasarkan pengalaman pelanggan.

Ketika konsumen menjadi lebih fokus pada pengalaman, banyak merek beralih ke sesuatu yang disebut pemasaran pengalaman untuk memfasilitasi pengalaman tersebut.

Tapi apa itu experiential marketing, dan bagaimana Anda melakukannya? Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dalam apa itu, mengungkap beberapa kelebihannya, dan membicarakan apa yang harus dipertimbangkan jika Anda berencana melakukan pemasaran pengalaman Anda sendiri.

Saatnya untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan di sekitar merek Anda sekarang, jadi mari kita mulai.

Apa itu Experiential Marketing?

experiential marketing

Experiential marketing kadang juga disebut engagement marketing adalah strategi pemasaran yang membenamkan pengalaman pelanggan dalam suatu produk atau melibatkan mereka secara mendalam.

Singkatnya, experiential marketing memungkinkan konsumen untuk tidak hanya membeli produk atau layanan dari suatu merek, tetapi juga benar-benar mengalami merek tersebut.

Hubungan emosional antara merek dan konsumen diciptakan melalui pengalaman yang tak terlupakan dan unik. Pemasaran pengalaman tidak hanya melibatkan keterlibatan pelanggan, tetapi juga sering meningkatkannya dalam prosesnya.

Apa Manfaat Experiential Marketing?

Berikut adalah beberapa manfaat dari experiential marketing:

Keterlibatan yang dipersonalisasi

Pelanggan ingin merasakan hubungan manusiawi yang nyata dengan merek Anda. Faktanya 84% pelanggan mengatakan diperlakukan seperti seseorang, bukan angka, sangat penting untuk memenangkan bisnis mereka.

Mungkin tidak ada cara yang lebih baik untuk memperlakukan pelanggan Anda seperti orang lain selain membenamkan mereka dalam pengalaman manusia yang menggembirakan. Biarkan mereka melihat secara langsung bagaimana merek Anda meningkatkan mereka.

Hubungan yang lebih kuat antara produk dan emosi

Orang ingin tahu apa yang dilakukan produk Anda. Lebih penting lagi, kekuatan pendorong di balik mengapa mereka memilih Anda daripada pesaing Anda mungkin berasal dari bagaimana produk Anda membuat mereka merasa.

Pemasaran pengalaman Anda harus memperkuat perasaan yang datang ketika mereka menggunakan produk Anda. Ini penting bagi mereka, karena pelanggan 3,7 kali lebih mungkin untuk melihat transisi mulus antar saluran sebagai hal yang penting versus tidak penting.

Emosi positif yang kuat membuat pelanggan menyukai merek. Pastikan pengalaman yang Anda berikan menciptakan respons emosional positif yang kuat.

Penciptaan titik kontak yang positif

Semakin banyak titik kontak positif yang dapat Anda miliki dengan pelanggan Anda, semakin baik.

Dan semakin terhubung titik-titik kontak tersebut, semakin kuat dan menarik mereka menjadi.

Pengalaman yang kohesif adalah kunci untuk memenangkan loyalitas pelanggan. Faktanya, 70% pelanggan mengatakan proses terhubung sangat penting untuk memenangkan bisnis mereka.

Social shareability

Pengalaman menarik dan kuat, dan tampaknya orang suka mengabadikan pengalaman menarik melalui video, lalu membagikannya di jejaring sosial.

Bahkan, diproyeksikan bahwa lalu lintas video akan mencapai 82% dari lalu lintas IP pada tahun 2022. Anda mungkin menemukan media sosial ada di sana untuk menyebarkan berita untuk Anda, selama Anda memiliki pengalaman yang layak untuk dibagikan

. Memposisikan merek Anda sebagai pencipta pengalaman positif adalah kemenangan dalam hal menyebarkan visi merek Anda dan mendapatkan pengakuan.

Banner 2 kledo

Bagaimana Anda dapat Memulai Experiential Marketing yang Efektif?

experiential marketing

Melakukannya dengan benar dalam hal experiential marketing lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Perhatian khusus harus diberikan untuk memastikan bahwa pengalaman otentik dan relevan dengan merek Anda.

Ada sejumlah langkah yang harus diambil untuk mengadakan acara atau kampanye pemasaran berdasarkan pengalaman Anda sendiri.

Berikut adalah beberapa pertimbangan:

1. Amati dan kumpulkan inspirasi

Apa yang dilakukan merek lain untuk mendorong pengalaman luar biasa? Untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dalam hal experiential marketing, ada baiknya untuk jeli dan memahami pengalaman merek mana yang saat ini beresonansi dengan konsumen.

Dapatkah Anda mengingat kampanye pengalaman yang sangat berwawasan luas? Buka mata Anda saat Anda berada di dunia luar.

Cobalah untuk mengingat saat di mana Anda terpesona oleh sesuatu yang dilakukan oleh sebuah merek. Bawa ke media sosial atau periksa rol kamera Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Menurunkan Harga

2. Kenali pelanggan Anda

Apa yang paling disukai pelanggan Anda tentang merek Anda? Emosi apa yang mereka kaitkan dengan Anda? Produk atau fitur apa yang paling mereka nikmati?

Ini semua adalah wawasan yang akan membantu Anda membagikan esensi merek Anda dan emosi di baliknya.

Belajar melalui ulasan, media sosial, dan survei singkat. Mengetahui pelanggan Anda dan apa yang mereka sukai dari Anda akan membantu Anda menentukan cara menarik pelanggan baru yang berpikiran sama melalui emosi dan pengalaman.

3. Ketahui tujuan Anda

Mengapa Anda mengadakan acara pemasaran berdasarkan pengalaman? Hasil nyata apa yang ingin Anda capai? Bagaimana Anda tahu bahwa Anda sukses?

Anda mungkin ingin menciptakan sentimen merek positif yang mengarah pada akuisisi dan loyalitas pelanggan baru.

  • Tindakan langsung apa yang Anda ingin orang lakukan sebagai hasil dari pengalaman yang mereka miliki dengan merek Anda?
  • Apakah Anda ingin mereka membagikan video pengalaman mereka di media sosial?
  • Apakah Anda ingin mereka mendapatkan uji coba gratis perangkat lunak Anda atau membeli produk Anda?
  • Atau apakah Anda ingin mereka mendaftar untuk email sehingga Anda dapat memelihara mereka dan membuat mereka tetap terhubung dengan merek Anda?

Pastikan Anda tahu apa yang ingin Anda dapatkan dari acara atau kampanye tersebut dan jelaskan kepada peserta.

Kemungkinan besar mereka akan bersedia untuk berinteraksi dengan atau mempromosikan merek Anda jika Anda memberi mereka pengalaman yang luar biasa dan unik.

4. Tentukan nilai yang akan Anda berikan

  • Jenis nilai apa yang akan Anda berikan kepada mereka yang terlibat dalam pemasaran pengalaman Anda?
  • Apakah itu akan menjadi foto atau video yang tak terlupakan? Atau akan menjadi pengalaman yang luar biasa?
  • Apakah Anda akan memberikan sebagian dari produk Anda? Emosi apa yang Anda ingin orang rasakan?

Pastikan proses yang Anda buat bertujuan untuk memberikan nilai dalam banyak cara untuk menciptakan pengalaman tak terlupakan yang layak untuk dibagikan.

Baca juga: Tips Memilih Influencer Untuk Pemasaran yang Berhasil

5. Libatkan indra konsumen sebanyak mungkin

  • Apa yang Anda ingin orang lihat, sentuh, dan dengar saat berhubungan dengan pengalaman merek Anda?
  • Warna apa yang akan Anda gunakan?
  • Apakah Anda akan memasukkan musik?
  • Bagaimana Anda akan memberi orang pengalaman langsung dengan merek Anda?

Benamkan mereka dalam pengalaman sensorik yang melibatkan lebih dari satu indera mereka dan kemungkinan besar akan memiliki dampak yang lebih besar.

6. Pastikan kampanye Anda ke audiens yang tepat

Acara Anda harus berlangsung di lokasi di mana audiens Anda sudah secara teratur mengunjunginta. Jika memungkinkan, cari tempat atau lokasi dimana itu adalah dunia para audiens Anda.

Pameran dagang sangat bagus dan memberikan peluang mudah untuk terhubung dan terlibat, tetapi pengalaman tak terduga di dunia nyata mungkin bahkan lebih berdampak.

7. Ciptakan pengalaman unik di mana semangat merek Anda bersinar

Untuk menciptakan pengalaman yang baik, Anda perlu meluangkan banyak waktu untuk benar-benar menentukan apa yang membedakan merek Anda dan bagaimana Anda ingin membuat orang merasa dan bertindak.

Kampanye experiential marketing yang benar-benar berdampak akan membantu orang lain mengingat merek Anda dan menjadi bagian dari misi kuat Anda.

8. Ukur, analisis, dan tingkatkan

Untuk menentukan seberapa sukses upaya pemasaran pengalaman Anda, Anda perlu memiliki cara untuk mengukur efektivitas.

Seringkali, media sosial adalah tempat yang tepat untuk mengungkap seberapa jauh jangkauan dan dampak pengalaman Anda. Buat semacam platform di mana orang dapat dengan mudah berinteraksi dengan pengalaman.

Mungkin itu hashtag, halaman web, atau saluran online lainnya tempat Anda dapat dengan mudah mengukur dampaknya. Ketika Anda melihat data, Anda akan belajar banyak tentang apa yang disukai konsumen dan Anda akan dapat lebih menyenangkan mereka di masa depan dan terus memberikan pengalaman yang luar biasa.

Baca juga: Mind Mapping: Pengertian, Manfaat, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Beberapa Contoh Jenis Experiential Marketing

Untuk membuat kampanye experiential marketing yang efektif, penting untuk mempertimbangkan perusahaan, merek, dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen.

Experiential marketing menggunakan strategi yang berbeda untuk bergantung pada pesan dan audiens target Anda.

Experiential marketing memungkinkan konsumen untuk berinteraksi dengan merek, menciptakan pengalaman tak terlupakan yang mereka bagikan dengan orang lain.

Mereka menawarkan kesempatan untuk melihat interaksi antara merek atau produk dan konsumen yang mendorong mereka untuk belajar lebih banyak tentang merek.

Baca juga: Strategi Marketing Bisnis EO Terbaik Ini Wajib Dicoba

Event marketing

Acara atau event mungkin menampilkan pembicara yang merupakan influencer industri, selebritas, atau mitra untuk mendapatkan paparan media.

Ciptakan lapisan tambahan pada pengalaman dengan stan atau meja yang menawarkan demonstrasi produk, hiburan, atau permainan.

Acara sering berlangsung selama berhari-hari seperti festival, konser, atau konferensi atau selama beberapa jam seperti kelas, lokakarya, atau tur lokasi yang memerlukan perencanaan pada hari-hari menjelang acara.

Tingkatkan otoritas merek dengan industri dan pameran dagang di mana partisipasi langsung merupakan bagian dari acara yang lebih besar.

Karena experiential marketing berfokus pada pengalaman acara, berikan pengalaman yang diingat orang lebih dari jenis acara.

Guerilla Marketing

Guerilla Marketing menggunakan unsur kejutan untuk upaya promosi, seperti membagikan brosur atau sampel kepada kelompok besar di taman, toko, atau stasiun transit.

Acara yang tidak diumumkan ini mencoba mengambil alih acara merek lain; namun, beberapa acara seperti festival memungkinkan merek mengirim orang untuk membagikan materi promosi di acara besar mereka.

Pop-up Toko

Pop-up toko dan acara populer karena memungkinkan merek untuk menunjukkan atau mendidik konsumen tentang produk. Mereka bertahan selama beberapa jam dengan tujuan menciptakan interaksi pribadi yang membangun hubungan dengan konsumen.

Merek mungkin menawarkan sampel atau memperkenalkan produk baru di lokasi yang berbeda untuk meningkatkan jangkauannya.

Ini menawarkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah apa pun secara langsung dengan konsumen.

Pengalaman Eksklusif

Pelanggan setia yang diundang ke acara eksklusif mendapatkan pengalaman VIP untuk menunjukkan rasa terima kasih merek.

Ini menawarkan insentif bagi pelanggan yang serupa dengan penghargaan loyalitas, di mana tindakan tertentu memberi mereka akses ke pengalaman eksklusif.

Anda dapat menjadikan acara ini sebagai ruang interaktif atau augmented reality yang memungkinkan mereka merasakan merek secara berbeda.

Acara ini khusus digunakan sebagai ucapan terima kasih kepada pelanggan setia untuk meningkatkan peluang mereka melakukan lebih banyak pembelian.

Instalasi Ritel

Instalasi ritel terdiri dari pajangan promosi di dalam toko fisik yang dirancang untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan pengalaman berbelanja.

Pelanggan cenderung membelanjakan lebih banyak jika mereka berada di toko lebih lama dan menawarkan mereka kesempatan untuk terlibat dengan merek dengan cara yang tidak diperbolehkan oleh belanja online.

Pajangan di toko fisik digunakan untuk mempromosikan produk ke komunitas dan dapat menawarkan kesempatan berfoto bagi pelanggan untuk dibagikan secara online.

Pengalaman Seluler

Konsumen dapat berinteraksi mobilitas dengan merek yang menciptakan pengalaman digital.

Konsumen menggunakan kode QR yang tidak memerlukan unduhan, cukup memindai dengan kamera dan kemudian diarahkan ke pengalaman merek virtual.

Aplikasi seluler membantu menciptakan pengalaman virtual ini dan menggunakan pemasaran berbasis lokasi memudahkan untuk menemukan merek di perangkat seluler.

Saat konsumen benar-benar berbelanja di toko, mereka menggunakan perangkat seluler mereka, dan menciptakan pengalaman seluler akan mengarahkan mereka ke merek Anda.

Aktivasi Merek

Aktivasi merek sangat bagus untuk memperkenalkan produk atau merek baru yang terhubung dengan pelanggan yang menggandakan dampak nilai.

Ciptakan kesan abadi dengan acara tatap muka yang mendapat perhatian dari orang-orang baru dan mendefinisikan ulang merek untuk pelanggan yang sudah ada.

Kampanye ini menghasilkan kesadaran dengan terhubung dengan konsumen pada tingkat pribadi.

Ini berbeda dengan strategi branding biasa karena ini adalah acara satu kali yang berfokus pada peningkatan kesadaran, terutama dengan produk baru yang ingin Anda perkenalkan kepada orang-orang.

Sampel Produk

Kampanye pengambilan sampel memungkinkan orang mencoba produk yang diharapkan akan mereka beli seperti mencicipi makanan atau minuman gratis.

Siapkan sampel di toko sebagai bagian dari acara untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan pelanggan untuk berbelanja dan kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

Untuk berhasil dengan kampanye ini, pilih lingkungan yang paling sesuai, seperti acara yang sudah dihadiri oleh audiens target Anda.

Uji coba gratis untuk produk yang tidak berwujud seperti perangkat lunak adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemungkinan mereka akan membeli produk tersebut.

Instalasi Seni Interaktif

Ciptakan kegembiraan dengan instalasi seni interaktif dan ruangan yang menawarkan pengalaman unik untuk membuat orang berbicara.

Bermitra dengan artis, musisi, dan pembuat konten lain yang menjadi penggemar target audiens Anda untuk membuat pengalaman unik di acara.

Itu harus fokus pada merek dan berlaku untuk produk atau gambar Anda saat membuat jenis acara ini.

Ciptakan nilai berdasarkan pesan kampanye dan citra merek untuk membangun desain interaktif.

Ini memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan orang-orang memberikan kesempatan untuk belajar dan memahami perspektif mereka tentang merek dan produk.

Baca juga: Word Of Mouth: Strategi Marketing Bisnis Ampuh yang Harus Anda Tahu

Kesimpulan

Experiential marketing adalah cara yang hebat untuk melibatkan pelanggan saat ini dan calon pelanggan dan terhubung dengan mereka secara emosional.

Selain acara experiential marketing Anda, manfaatkan saluran online untuk memperkuat pengalaman dunia nyata dan selalu bertujuan untuk memberikan pengalaman luar biasa di berbagai titik kontak.

Perjelas tujuan Anda, terus berusaha untuk memahami pelanggan Anda, dan ukur hasilnya. Jika Anda fokus pada pengalaman, Anda dapat tumbuh menjadi merek yang melakukan lebih dari sekadar menjual produk.

Anda akan menjadi merek yang menumbuhkan koneksi, memicu emosi, dan menciptakan serta mempertahankan pelanggan setia.

Ingatlah, setiap kegiatan marketing memerlukan biaya yang harus Anda keluarkan dan bisa dibilang tidak sedikit.

Untuk memastikan apakah kampanye marketing bisnis Anda berhasil atau tidak, tentu Anda membutuhkan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan mudah dimengerti agar seluruh transaksi penjualan dan pengeluaran yang terjadi dalam usaha tercatat dengan baik.

Sebagai solusi kemudahan pencatatan keuangan dan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk proses yang lebih baik.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudah digunakan dan telah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 10 =