10 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Bisnis Anda

faktor yang mempengaruhi penawaran bisnis

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi penawaran atas produk dan bisnis Anda.

Harga, jumlah pemasok, keadaan teknologi, subsidi pemerintah, kondisi cuaca, dan ketersediaan karyawan, dan banyak lagi, semuanya dapat mempengaruhi penawaran.

Kita tidak dapat menghubungkan perubahan penawaran dengan perubahan harga, karena ketika penawaran berubah sebagai akibat dari perubahan harga, itu disebut perpanjangan dan kontraksi, dan bukan kenaikan atau penurunan.

Untuk memperhitungkan kenaikan atau penurunan penawaran, kita harus menemukan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan dalam kondisi penawaran itu sendiri.

Dengan kata lain, kita harus memastikan mengapa penawaran bertambah atau berkurang terlepas dari perubahan harga. Jawabannya terletak pada perubahan sistem produksi.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja faktor yang mempengaruhi penawaran dalam bisnis Anda, jadi baca terus sampai selesai.

Mengenal Manajemen Penawaran

faktor yang mempengaruhi penawaran bisnis

Proses untuk menyelidiki, mendapatkan, dan memelihara sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan secara efisien disebut sebagai manajemen penawaran. I

ni mempertimbangkan pengelolaan pemasok bahan baku, serta pembelian dan pemeliharaan barang atau mesin yang digunakan untuk membuat produk.

Agar efektif dalam manajemen penawaran, perusahaan harus terlebih dahulu memahami audiens, pasar, dan tren industri untuk mengetahui apakah akan membeli stok tambahan, memberikan waktu yang lebih lama untuk pengiriman bahan baku, atau mengganti mesin yang telah terdepresiasi sehingga tidak dapat diperbaiki.

Penawaran adalah gagasan mendasar dalam ekonomi yang mewakili seluruh kuantitas komoditas atau layanan tertentu yang dapat diakses oleh konsumen.

Ketika pelanggan menunjukkan minat untuk membeli produk atau layanan, pasokan yang ada akan habis, yang mengakibatkan peningkatan permintaan.

Baca juga: Kolaborasi Bisnis: Pengertian dan 10 Tips Melakukannya, Mudah!

Kurva penawaran

faktor yang mempengaruhi penawaran 2

Kurva penawaran atau supply curve adalah grafik yang menunjukkan hubungan antara biaya komoditas atau jasa dan jumlah yang dikirimkan dari waktu ke waktu.

Kurva penawaran akan bergerak lebih tinggi dari kiri ke kanan, seperti yang ditunjukkan oleh hukum penawaran, yang menyatakan bahwa ketika harga suatu barang naik, demikian juga jumlah yang disediakan (semuanya sama).

Ketika harga barang dan jasa turun, begitu juga penawaran produk dan jasa.

10 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

faktor yang mempengaruhi penawaran bisnis

1. Biaya

Harga dapat didefinisikan sebagai jumlah yang bersedia dibayar oleh pelanggan untuk suatu produk atau layanan. Ini adalah aspek terpenting yang menentukan pasokan produk.

Menurut hukum penawaran, ketika harga suatu barang naik, begitu pula penawarannya, dan sebaliknya. Ini disebut sebagai fluktuasi harga.

Jika ada asumsi bahwa harga produk akan naik, pasokan di pasar saat ini sering kali berkurang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan.

Itu juga berarti bahwa jika harga diprediksi turun, pasokan di pasar saat ini kemungkinan akan tumbuh secara dramatis.

Selain itu, harga komoditas alternatif dan komplementer dapat mempengaruhi penawaran suatu produk.

Jika harga gandum naik, misalnya, petani akan lebih banyak menanam gandum daripada beras.

Hal ini dapat mengurangi jumlah beras yang tersedia di pasar. Secara keseluruhan, harga adalah elemen terpenting yang mempengaruhi ketersediaan produk.

2. Biaya produksi

Biaya manufaktur dan pasokan komoditas bertentangan secara diametral. Jika biaya produksi naik, perusahaan akan mengurangi pasokan produk mereka untuk menghemat uang.

Misalnya, biaya produksi meningkat karena upah tenaga kerja yang tinggi, keadaan alam yang merugikan seperti gagal panen, serta kenaikan harga bahan baku, pajak, biaya transportasi, dan sebagainya.

Dalam hal ini, manajer atau pemilik perusahaan akan menawarkan jumlah barang yang dikurangi ke pasar atau menyimpan komoditas di tangan sampai harga pasar terlampaui.

Baca juga: Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas yang Perlu Anda Ketahui

3. Kondisi alam

Ini menyiratkan bahwa kondisi cuaca memiliki dampak langsung pada ketersediaan barang tertentu.

Ketika musim hujan tiba sesuai jadwal, misalnya, jumlah barang pertanian meningkat.

Namun, selama musim kemarau, ketersediaan barang-barang ini menurun. Beberapa tanaman peka terhadap iklim, dan pertumbuhannya hanya bergantung pada kondisi cuaca.

Tanaman palawija, misalnya, paling baik dibudidayakan di musim panas, sedangkan tanaman padi paling baik ditanam di musim penghujan.

4. Kemajuan teknologi

Teknologi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran yang paling penting.

Teknologi yang lebih baik dan lebih modern meningkatkan produksi suatu produk, sehingga menghasilkan peningkatan pasokan produk.

Pembuatan pupuk dan benih berkualitas tinggi, misalnya, meningkatkan produktivitas pertanian. Hal ini meningkatkan pasokan pasar biji-bijian makanan lebih jauh.

Volume produksi atau suplai juga dipengaruhi oleh kemajuan teknik produksi.

Dalam industri manufaktur, ini adalah faktor yang sangat penting. Mesin baru mungkin telah ditemukan, proses baru ditemukan, atau bahan baru ditemukan, atau mungkin penggunaan baru telah ditemukan untuk produk sampingan.

Penemuan pewarna sintetis, karet buatan dan wol adalah beberapa penemuan atau perbaikan teknik.

Banner 2 kledo

Baca juga: Business Planning: Pengertian, Proses, Elemen, Tahapan, dan Tips Membuatnya

5. Kondisi transportasi

Mengacu pada fakta bahwa peningkatan infrastruktur transportasi meningkatkan penawaran produk.

Transportasi selalu menjadi batu sandungan bagi pasokan produk, karena barang tidak terkirim tepat waktu karena infrastruktur transportasi yang tidak memadai. Akibatnya, bahkan jika harga suatu produk naik, penawarannya tidak.

Di Indonesia, vendor sering menggunakan transportasi jalan, yang sulit tiba tepat waktu karena pemeliharaan jalan yang buruk terutama di luar pulau Jawa.

Produk yang dibuat di satu bagian kota harus didistribusikan ke seluruh negeri dengan transportasi darat.

Hal ini dapat menyebabkan sebagian besar barang rusak selama perjalanan, yang mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi vendor. Selanjutnya, karena keterlambatan pengiriman produk, vendor dapat kehilangan konsumen.

6. Faktor harga dan ketersediaannya

Faktor ketersediaan dan harga juga merupakan yan yang paling penting dari penawaran. Kedua faktor ini adalah input yang diperlukan pada saat manufaktur, seperti bahan baku, tenaga kerja, peralatan, dan mesin.

Akan ada peningkatan output jika faktor-faktor tersebut dapat diakses dalam jumlah yang memadai dan dengan harga yang lebih murah. Ini akan meningkatkan pasokan produk di pasar.

Misalnya, memiliki akses ke tenaga kerja murah dan bahan baku di dekat lokasi produksi perusahaan dapat membantu memotong biaya tenaga kerja dan transportasi. Akibatnya, produksi dan pasokan produk akan tumbuh.

Baca juga: Tips Bisnis Usaha Ayam Potong yang Bisa Anda Coba

7. Kebijakan pemerintah

Perubahan kebijakan seperti perpajakan misalnya, memiliki efek terbalik pada penawaran suatu produk.

Margin keuntungan produk menyempit ketika pemerintah menaikkan pajak. Akibatnya, pasokan produsen berkurang.

Potongan pajak dan subsidi, di sisi lain, biasanya digunakan oleh pemerintah untuk meningkatkan pasokan barang-barang tertentu dengan memastikan margin keuntungan yang lebih tinggi bagi penyedia.

8. Harga barang terkait

Kenyataan bahwa penetapan harga barang pengganti dan pelengkap berdampak pada pasokan produk.

Jika harga jagung naik, misalnya, petani akan menanam lebih banyak jagung daripada yang dibutuhkan. Hal ini akan mengurangi jumlah beras yang tersedia di pasar.

Baca juga: Tips dan Strategi Untuk Mengembangkan Bisnis Konveksi

9. Bencana dan keadaan alam

Bencana alam seperti perang atau kelaparan pasti berdampak pada penawaran produk.

Kita semua terlalu akrab dengan kekurangan komoditas yang disebabkan oleh konflik dan gangguan produksi yang disebabkan oleh kelaparan. Bahkan dengan biaya yang lebih tinggi, persediaan yang cukup tidak tersedia.

Jika curah hujan berlimpah, tepat waktu, dan terdistribusi dengan baik, akan ada panen raya.

Sebaliknya, banjir, kekeringan, atau gempa bumi dan bencana alam lainnya pasti akan mempengaruhi produksi secara merugikan. Jadi bisa dibilang ini adalah satu set kondisi yang membawa perubahan dalam penawaran.

10. Tujuan dan sasaran perusahaan

Secara umum, penawaran komoditas tumbuh secara eksklusif pada harga yang lebih tinggi karena mencapai tujuan maksimalisasi keuntungan.

Dengan pergeseran pasar, beberapa perusahaan ingin memasok lebih banyak bahkan pada tingkat yang tidak memaksimalkan pendapatan mereka.

Tujuan dari bisnis tersebut adalah untuk memperluas pangsa pasar mereka dan meningkatkan status dan reputasi mereka.

Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan di Bisnis Digital Printing

Kesimpulan

Setiap kondisi dapat mengganggu sistem pasokan dan penawaran, jadi sangat ideal bahwa setiap bisnis harus selalu mengingat kondisi ini dan memeriksa secara teratur agar faktor-faktor ini selalu diperhatikan dan selaras dengan dunia yang terus berubah.

Mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi penawaran juga akan membuat Anda menjadi lebih bersiap atas perubahan yang tiba-tiba akan terjadi, misalnya pergeseran tekonologi.

Salah satu proses modern yang harus diadaptasi dalam bisnis Anda adalah dengan menggunakan software akuntansi yang akan mempermudah proses operasional bisnis Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online seperti Kledo yang bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih fleksibel dalam memantau pengembangan bisnis.

Hanya dengan 4500 rupiah perhari, Anda bisa mendapatkan fitur terbaik seperti pengelolaan pembukuan dan akuntansi, manajemen aset, manajemen persediaan, multi pengguna, multi gudang, otomatisasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 19 =