Tips dan Strategi Untuk Mengembangkan Bisnis Konveksi

bisnis konveksi

Pemilik bisnis konveksi memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis mereka. Apakah Anda seorang pemilik bisnis konveksi, dan Anda ingin tahu bagaimana mengembangkan bisnis konveksi?

Memperluas bisnis konveksi sangat penting untuk keberhasilan dan membantu Anda beradaptasi dengan perubahan pasar. Mungkin tampak menakutkan untuk mengembangkan bisnis Anda, tetapi itu perlu.

Ketika Anda mengembangkan bisnis, Anda perlu merekrut karyawan, mendapatkan pinjaman ekspansi bisnis, menambah lini produk yang berbeda, dan banyak hal tambahan lainnya yang harus diselesaikan.

Mari kita buat sederhana. Pada artikel kali ini kami akan membahas cara mengembangkan bisnis konveksi dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk proses bisnis yang lebih baik.

10 Strategi Terbaik dalam Mengembangkan Bisnis Konveksi

bisnis konveksi

Bisnis konveksi merupakan salah satu bisnis yang termasuk dalam bisnis padat karya. Ini berarti, diperlukan banyak tenaga kerja juga yang modal cukup besar untuk membuat bisnis berjalan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanaan bisnis yang matang sebelum Anda mulai mengembangakan bisnis agar Anda tidak salah dalam mengambil keputusan.

Berikut adalah 10 strategi yang bisa Anda adopsi:

1. Optimalkan pasar yang ada

Jawaban termudah untuk bagaimana mengembangkan bisnis Anda? Jual lebih banyak ke pelanggan yang sudah ada.

Tren berubah dengan cepat dalam bisnis konveksi. Jadi, daripada mendapatkan pelanggan baru, lebih menguntungkan menjual barang baru ke pelanggan Anda saat ini.

Anda juga dapat mengelompokkan pasar dan menemukan pelanggan yang kemungkinan besar akan membeli dari Anda.

Analisis ini membantu dalam membagi pelanggan berdasarkan lokasi, usia, dan riwayat pembelian. Setelah Anda memahami segmen pasar Anda, fokuslah pada upaya penjualan dan pemasaran pada segmen tersebut dengan memperluas bisnis konveksi Anda.

Baca juga: Manajemen Anggaran: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengelolanya

2. Sering tambahkan penawaran baru

Salah satu jawaban paling jelas tentang cara mengembangkan bisnis adalah dengan menambahkan layanan atau produk baru ke bisnis Anda.

Tetapi sebelum menambahkan produk atau layanan, Anda harus tahu apa yang diharapkan pelanggan dari Anda dan berapa banyak mereka bersedia membayar.

Sebagai pemilik bisnis konveksi, Anda harus selalu melihat ke pasar untuk peluang baru. Anda dapat berbicara dengan pelanggan Anda untuk mensurvei produk baru apa yang mereka harapkan dari bisnis.

Misalnya, dalam bisnis konveksi, Anda dapat menambahkan lini produk baru ke lini produk Anda saat ini, seperti proses pembuatan busana muslim, aksesori, dll. Kuncinya adalah mendiversifikasi produk Anda yang saling melengkapi.

3. Pindah ke pasar baru

Saat Anda pindah ke pasar baru, Anda menemukan pelanggan baru untuk menjual produk atau layanan Anda yang sudah ada.

Jadi, ketika Anda memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis, memperluas bisnis Anda ke lokasi yang berbeda mungkin menjadi jawabannya.

Pasar baru ini dapat berupa segmen pasar lain di lokasi Anda yang sudah ada atau pelanggan di lokasi yang berbeda. Ini membantu Anda memperluas basis data pelanggan Anda. Juga, itu berarti Anda membuka toko bisnis Anda di lokasi baru.

4. Niche market

Terkadang mempersempit ukuran pasar Anda ke sekelompok pelanggan tertentu membantu dalam ekspansi bisnis.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengembangkan bisnis konveksi dengan niche market yang terbatas?

Nah, niche market atau ceruk pasar memberikan optimasi pelanggan. Ceruk pasar membantu Anda fokus pada sekelompok pelanggan tertentu untuk menjual produk.

Plus, ada persaingan yang rendah jika Anda melayani atau menjual di niche market, dan lebih sedikit sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat pelanggan senang.

Manfaat signifikan dari ceruk pasar adalah membantu dalam mencapai loyalitas merek, dan publisitas terjadi dari mulut ke mulut.

Meskipun menargetkan niche market terdengar berlawanan dengan dengan hal yang mungkin Anda pikirkan selama ini (dimana ini berarti Anda tidak mencari pelanggan dalam pasar yang lebih luas), ini membantu dalam menumbuhkan pelanggan dengan lebih baik.

Baca juga: Simak! Ini Fitur Software Akuntansi yang Wajib Ada

5. Website E-commerce

Bagaimana cara mengembangkan bisnis konveksi Anda? E-commerce dan toko online adalah salah satu cara utama di zaman sekarang.

Memastikan bahwa produk dan layanan Anda tersedia secara online adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan pasar. U

ntuk melakukannya, Anda dapat membuat situs web e-commerce atau menjual di situs marketplace populer yang ada.

Jika Anda membuat platform e-commerce, Anda harus fokus pada SEO dan strategi pemasaran digital lainnya untuk menarik pelanggan.

Namun, ketika Anda berencana untuk membuat toko Anda di marketplace yang sudah ada, Anda dapat mengikuti panduan mereka agar sesuai dengan persyaratan mereka.

Toko online dan e-commerce sangat penting karena memungkinkan pelanggan menemukan berbagai produk Anda, dan membantu Anda menjangkau banyak orang.

6. Referral

Referral atau referensi pelanggan adalah cara yang efektif untuk menciptakan tempat di pasar baru.

Bagaimanapun, orang selalu mempertimbangkan pandangan orang yang mereka cintai atas apa pun. Jadi, lain kali ketika Anda berpikir tentang bagaimana mengembangkan bisnis konveksi, cobalah untuk mencari referensi karena referensi lebih sering dikonversi dan memiliki nilai kehidupan.

Mereka memiliki tingkat retensi tinggi dan lebih murah untuk menarik daripada yang tidak dirujuk.

Dengan demikian, memiliki program referral pelanggan akan banyak membantu Anda. Anda dapat melakukannya dengan meminta pelanggan Anda saat ini untuk merujuk orang lain ke layanan Anda.

Baca juga: 10 Tips Sukses Berbisnis Tanpa Hutang

7. Bermitra dengan bisnis lain

Ketika Anda bermitra dengan bisnis lain, maka Anda mendapatkan akses ke pasar yang sama sekali baru.

Sebelum berpikir untuk bermitra dengan bisnis lain, ingatlah bahwa Anda harus bermitra dengan bisnis yang produknya cocok dengan Anda atau melengkapi produk Anda.

Akan bermanfaat untuk memilih mitra yang produknya melengkapi produk Anda. Ini karena tidak akan merugikan bisnis dan memberi Anda lini produk yang sama sekali baru. Cobalah untuk berada dalam situasi win-win ketika Anda bermitra dengan bisnis lain.

Misalnya, Anda bisa bermitra dengan jasa percetakan untuk memudahkan proses desain Anda dan mengenalkan layanan desain mitra Anda kepada pelanggan yang Anda miliki.

8. Franchising

Jika Anda berpikir tentang bagaimana meningkatkan pertumbuhan bisnis, salah satu caranya adalah dengan waralaba atau franchise.

Ini adalah pilihan yang baik untuk bisnis konveksi kecil karena membantu menciptakan sistem yang memungkinkan orang lain untuk meniru kesuksesan bisnis Anda.

Dalam model waralaba, Anda harus melisensikan model dan prosedur bisnis Anda kepada seseorang yang bersedia menjual layanan Anda.

Franchise mengarah pada pertumbuhan yang lebih cepat, tetapi ini bisa menjadi cara yang mahal untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: 8 Cara Mengelola Toko Online Secara Efektif, Dijamin Laris!

9. Membeli bisnis baru

Untuk melipatgandakan ukuran bisnis Anda dalam semalam, membeli bisnis yang sudah ada bisa menjadi pilihan. Namun, jangan hanya membeli bisnis apa pun.

Sebagai pemilik bisnis konveksi, Anda harus membeli bisnis yang melengkapi bisnis Anda seperti bisnis tekstil, bisnis pakaian, aksesoris, dll.

Ini akan membantu memperkuat bisnis Anda dan memberi Anda akses ke pelanggan baru. Ini juga akan membantu Anda dalam mendiversifikasi penawaran produk Anda. Jadi, dapatkan bisnis yang memuji bisnis Anda.

10. Lakukan penelitian tentang persaingan

Jika Anda tidak yakin tentang bagaimana mengembangkan bisnis Anda, lakukan sedikit riset tentang pesaing Anda.

Pahami strategi pemasaran mereka. Periksa lokasi yang mereka hadapi dan apakah mereka telah meluncurkan produk atau layanan apa pun.

Misalnya, pesaing Anda mungkin telah meluncurkan desain tertentu yang mulai menjadi tren. Anda juga dapat melakukan hal serupa untuk mengembangkan bisnis Anda.

Meneliti kompetisi akan menginspirasi Anda untuk melakukan sesuatu yang unik dan menarik.

Menjadi pemilik bisnis konveksi, pemikiran untuk mengembangkan bisnis Anda mungkin membuat Anda takut.

Namun, perlu diingat bahwa memperluas jangkauan pelanggan atau mendiversifikasi lini produk Anda akan menjadi hal terbaik yang terjadi pada bisnis Anda.

Baca juga: Apa itu Profit dan Bagaimana Cara Pengelolaan Profit Bisnis?

Bagaimana Cara Agar Anda Sukses di Bisnis Konveksi?

bisnis konveksi

1. Ingatlah, Anda bukan sekedar desainer tapi juga pengusaha

Kreativitas saja tidak cukup dalam membangun bisnis konveksi atau brand Anda. Itu hanya menopang passion Anda tetapi bukan aspek bisnis dari lini konveksi Anda.

Itu berarti Anda harus berpikir, mempersiapkan, dan memutuskan seperti seorang pengusaha.

Sebagai seorang wirausahawan, Anda juga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang cara kerja bisnis.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan. Saat merencanakan bisnis Anda, Anda juga harus memiliki visi atau tujuan yang jelas.

Sasaran yang jelas membantu Anda mengenali langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dan membantu menentukan arah bisnis Anda.

Menyusun rencana untuk bisnis Anda yang menangkap dan menjabarkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang akan mendorong Anda menuju kesuksesan. Menjadi pengusaha sukses berarti memiliki keinginan, tekad, dan keinginan untuk memberikan yang terbaik.

2. Lakukan pengembangan produk berkelanjutan

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda ketahui saat membangun bisnis konveksi adalah membuat label pakaian. Nama Anda kemungkinan besar tidak akan setenar bisnis lain. Namun, pemasaran dan pengembangan yang tepat akan membawa Anda ke sana.

Anda harus membuat label pakaian yang secara unik mengidentifikasi seluruh konsep desain Anda dan membedakannya dari yang lain.

Selain itu, tunjukkan nama bisnis atau perusahaan Anda terutama pada label pakaian ini untuk mulai membangun pengenalan merek.

Mulailah juga dengan satu lini produk dan mulailah menaiki tangga menuju sukses melaluinya.

Anda mengembangkan merek dari satu lini produk untuk fokus padanya, menjaga konsistensi yang membawa desain ke depan dan berkonsentrasi pada hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Juga, menetapkan harga yang layak untuk produk Anda sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

Anda harus dapat memahami kebutuhan pelanggan, berapa banyak mereka bersedia membayar dan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk bahan tanpa mengorbankan kualitas produk Anda.

3. Bangun koneksi Anda

Setelah membuat rencana pemasaran yang mengidentifikasi target pelanggan Anda dan menentukan pendekatan yang akan Anda ambil, mulailah membuat kontak awal.

Membangun hubungan melalui komunikasi yang tepat sangat penting untuk membantu seorang desainer dalam membawa karya mereka ke perhatian khalayak yang beragam.

Sangat penting bagi bisnis pemula untuk membangun jaringan dan koneksi dengan orang yang berbeda. Koneksi semacam itu tidak hanya memenuhi kebutuhan perusahaan tetapi juga membantu bisnis tumbuh.

Baca juga: Cara Merencanakan Keuangan Bisnis, Wajib Dicoba!

4. Atasi setiap tantangan yang potensial

Seringkali bisnis baru bergumul dengan produksi karena mereka masih berusaha memahami seluruh proses secara menyeluruh.

Anda harus mengetahui dan memahami sistem berurusan dan tawar-menawar dengan pemasok, kreditur, pengecer, dan pelanggan.

Mungkin sulit di awal. Namun, penting untuk memahami prosesnya karena ini berfungsi sebagai tulang punggung bisnis Anda.

Selain itu, penting untuk bertransaksi dengan pemasok, pengecer, dan pelanggan dengan cara yang paling profesional.

Misalnya, jika Anda perlu membayar sesuatu, sangat penting untuk segera membayar pengecer dan pemasok agar produksi tidak tertunda. Atau, Anda akan merusak hubungan dengan pengecer dan pemasok.

5. Tetapkan arus kas dan pembiayaan yang baik

Selama memulai bisnis Anda, Anda harus dapat mengetahui bagaimana menangani dan mengelola arus kas dan pendanaan Anda.

Penganggaran dalam bisnis sangat penting karena ini adalah bagaimana Anda mengalokasikan uang yang dibutuhkan untuk membuat produk Anda dan membayar pemasok dan pengecer.

Anda harus selalu menjaga keuangan Anda terkendali agar bisnis Anda berjalan dengan optimal.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan arus kas dalam bisnis, Anda bisa menggunakna software akuntansi Kledo.

Kledo adalha osftware akuntansi bebrasis cloud yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau.

Dengan Kledo Anda bisa melakukan pembuatan lebih dari 30 jenis laporan keuangan dalam 1 kali klik ddan fitur lainnya yang akan memudahkan proses pengelolaan bisnis Anda.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

6. Kritik membantu Anda tumbuh

Ulasan dari pelanggan atau orang lain yang tertarik dengan merek pakaian Anda membantu Anda belajar dan berkembang.

Mereka di sana tidak untuk menjatuhkan Anda atau menghilangkan kepercayaan diri Anda, tetapi untuk mendorong Anda menuju kesuksesan Anda.

Karena pemilik bisnis pemula masih harus banyak belajar dari industri dan pelanggan serta pemasok mereka, kritik berfungsi sebagai alat pembelajaran untuk membuat modifikasi dan inovasi pada lini pakaian Anda.

Mereka juga ada untuk memperbaiki kesalahan dan mengatasi masalah di sepanjang jalan bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Omzet Bisnis dan Meningkatkannya

Kesimpulan

Membangun dan mengembangkan bisins konveksi yang sukses memang bukanlah hal yang bisa Anda kerjakan dalam semalam. Dibutuhkan usaha keras dan juga pengetahuan mendalam tentang pelanggan, kompetitor, dan juga tren yang ada saat ini.

Selain pengetahuan yang baik atas bisnis Anda, hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis yang baik adalah dengan menggunakan alat yang tepat.

Misalnya Anda bisa menggunakan mesin jahit merek ternama, benang berkualitas terbaik, dan menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan lebih baik.

Namun memilih software akuntansi untuk bisnis konveksi bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan fitur khusus, karena bisnis konveksi merupakan termasuk dalam bisnis manufaktur sederhana yang memerlukan penghitungan biaya produk/layanan yang lebih detail.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih software akuntansi yang memiliki fitur tersebut namun juga mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Dengan menggunkaan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan biaya produk manfaktur, manajemen aset, pencatatan biaya dan transaksi, proses rekonsiliasi transaksi yang mudah, otomatisasi 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Mudahkan proses pembukuan dan pengembangan bisnis konveksi Anda menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =