Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas yang Perlu Anda Ketahui

jual beli mobil bekas

Apakah Anda ingin memulai bisnis jual beli mobil bekas? Mungkin, 20 tips usaha jual beli mobil bekas di bawah ini bisa membantu Anda.

Di Indonesia, industri mobil bekas diharapkan pulih dari pandemi Covid-19 dan menyaksikan pertumbuhan pada tahun 2025.

Meningkatnya permintaan dari kota-kota menengah untuk mobilitas pribadi diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri.

Daya tarik yang tumbuh terhadap platform online diharapkan akan memaksa dealer untuk memperluas kehadiran mereka secara online.

Ini bisa Anda jadikan sebagai peluang merintis dunia usaha.

Artikel ini akan membagikan tips memulai bisnis jual beli mobil bekas yang patut Anda ketahui.

15 Langkah Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

jual beli mobil bekas

1. Melakukan Riset Pasar dan Studi Kelayakan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis jual beli mobil bekas adalah dengan melakukan riset pasar dan studi kelayakan.

Anda harus menganalisis bagaimana komposisi demografi dan psikografis calon konsumen Anda.

Memang, pangsa pasar bisnis jual beli mobil bekas besar. Ini dikarenakan jumlah orang yang mampu membeli mobil baru jauh lebih sedikit daripada jumlah orang yang tidak mampu.

Dan, meskipun ada orang yang mampu membeli mobil baru, namun adakalanya lebih memilih membeli mobil bekas.

Hasil riset pasar ini bisa Anda jadikan sebagai modal awal dalam menentukan segmentasi pasar yang ingin Anda tuju.

Baca juga: Ide Bisnis Baju Lebaran dan Tips Terbaik dalam Mengelolanya

2. Menentukan Segmentasi Pasar

Setelah melakukan riset pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan segmentasi bisnis jual beli mobil bekas Anda.

Sebagai tambahan informasi, di bawah ini merupakan segmentasi pasar jual beli mobil bekas yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memulai bisnis:

Berdasarkan Struktur Pasar

Industri di Indonesia sebagian besar tidak terorganisir karena preferensi konsumen terhadap dealer lokal mandiri, dealer independen atau yang berlokasi di bursa mobil bekas, bersama dengan penjualan peer-to-peer, yang difasilitasi oleh platform auto-classified online.

Pasar terorganisir terdiri dari multi-merek besar serta dealer bersertifikat OEM.

Berdasarkan Jenis Mobil

Multi-Purpose Vehicle atau MPV mendominasi pasar mobil bekas berdasarkan volume penjualan karena cocok untuk keluarga besar.

Hatchback ditemukan sebagai jenis mobil kedua yang paling disukai di negara ini karena populer sebagai mobil kota di antara individu di kota tingkat metropolitan & beberapa kota tingkat menengah.

Berdasarkan Merek

Toyota terus mendominasi pasar mobil bekas di Indonesia karena kecenderungan konsumen terhadap merek tersebut.

Ketersediaan suku cadang yang mudah dan nilai residu yang lebih tinggi dari mobil Toyota berkontribusi pada penjualan yang lebih tinggi.

Sementara Honda menyumbang volume penjualan tertinggi kedua di tahun 2020.  

Berdasarkan Usia Kendaraan

Mobil berusia lima hingga delapan tahun terlihat mendominasi penjualan mobil bekas di Tanah Air pada tahun 2020.

Kendaraan berusia 3-5 tahun memberikan kontribusi volume penjualan tertinggi kedua.

Rata-rata periode kepemilikan mobil di negara ini berkisar antara 3-7 tahun yang menyebabkan banyak mobil yang mengikuti kelompok usia tersebut menemukan jalan mereka ke pasar mobil bekas.

Banyak perusahaan pembiayaan juga menawarkan pinjaman untuk mobil yang berusia hingga 5-6 tahun.

Berdasarkan Jarak tempuh/Kilometer

Sebagian besar mobil bekas yang dijual pada tahun 2020 termasuk dalam kategori 50.000-80.000 kilometer.

Mobil dengan jarak tempuh 20.000-50.000 kilometer juga banyak disukai konsumen karena tampilan dan nuansanya yang hampir baru serta irit.

Mobil dengan jarak tempuh lebih dari 80.000 kilometer juga menyumbang proporsi yang signifikan dari penjualan mobil bekas karena MPV biasanya memiliki masa manfaat dan jarak tempuh yang lebih lama.

Berdasarkan Wilayah

DKI Jakarta menyumbang jumlah penjualan mobil bekas tertinggi di negara ini pada tahun 2019 karena konsentrasi individu pekerja muda dan populasi perkotaan di wilayah tersebut.

Ini adalah salah satu daerah terpadat di negara ini dengan rasio kepemilikan mobil penumpang tertinggi 405 mobil per 1.000 individu.

Jawa Timur menyumbang penjualan mobil bekas tertinggi kedua. Banyak dealer multi-merek dan pertukaran mobil bekas berlokasi di wilayah ini.

Berdasarkan Profil Pelanggan Kelompok Usia

Mayoritas pembeli di pasar mobil bekas diamati berada dalam kelompok usia 30-50 tahun.

Banyak profesional muda yang bekerja, keluarga yang memiliki banyak mobil termasuk dalam kelompok usia ini.

Permintaan mobil bekas pada kelompok usia 18-30 tahun juga meningkat seiring dengan permintaan dari kalangan pelajar dan individu tanpa keluarga besar.

Segmentasi Lebih Lanjut Pasar Terorganisir menurut Saluran Penjualan

Dealer multi-merek menyumbang sebagian besar penjualan melalui saluran terorganisir di Indonesia.

Gerai-gerai ini tersebar di seluruh negeri dan merupakan cara yang nyaman untuk membeli mobil bekas dengan persediaan besar dan berbagai pilihan yang tersedia bagi konsumen.

Segmentasi Lebih Lanjut Pasar yang Tidak Terorganisir menurut Saluran Penjualan

Mayoritas  penjualan melalui saluran yang tidak terorganisir diidentifikasi terjadi secara langsung antara dealer lokal dan independen yang tersebar di seluruh negeri.

Munculnya platform online juga membuat transaksi C2C lebih nyaman dan ketersediaan keuangan yang mudah juga merupakan faktor penyebabnya.

Baca juga: Tips dan Strategi untuk Mengembangkan Bisnis Konveksi

3. Menganalisis Ancaman dan Tantangan Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Ancaman dan tantangan yang mungkin dihadapi oleh para pelaku bisnis bengkel mobil bekas yang baru berdiri adalah persaingan dengan toko-toko dealer mobil bekas yang sudah mapan.

Selain itu, persaingan mungkin juga akan muncul dari toko-toko dealer mobil bekas potensial lainnya yang kemungkinan akan dibuka dalam waktu dekat.

Anda harus berusaha sekuat tenaga untuk bersaing memperebutkan pasar yang tersedia di lokasi yang Anda pilih untuk didirikan – mendirikan toko dealer mobil bekas Anda sendiri.

Selain itu mobil tidak seperti barang lain yang dibeli orang setiap hari atau sebulan sekali.

Ancaman dan tantangan lain yang mungkin Anda hadapi saat memulai bisnis jual beli mobil bekas adalah penurunan ekonomi yang biasanya memengaruhi daya beli dan juga kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan .

4. Menyusun Rencana Bisnis

Supaya bisnis jual beli mobil bekas Anda berjalan sukses, Anda harus memiliki rencana bisnis yang baik.

Sederhananya, rencana jual beli mobil bekas adalah cetak biru yang diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

Dengan rencana bisnis yang bisa diterapkan, Anda akan mengurangi pendekatan coba-coba dalam berbisnis.

Anda akan dapat mengelola bisnis Anda dengan tujuan dan mungkin presisi sehingga Anda akan tahu apa yang harus dilakukan per waktu dan bagaimana menangani setiap tantangan dan pertumbuhan bisnis.

Seluruh gagasan untuk menulis rencana bisnis bukan hanya demi memiliki dokumen bisnis; tetapi panduan detail tentang cara menjalankan bisnis Anda secara efektif dari awal.

Rencana bisnis Anda harus menguraikan dan mencakup strategi tentang bagaimana Anda berniat untuk mengelola bisnis dealer mobil bekas Anda.

Aturan praktis dalam menulis rencana bisnis adalah berusaha semaksimal mungkin untuk bersikap realistis dan tidak pernah terlalu memproyeksikan ketika menempatkan angka pada penjualan, pendapatan, dan laba .

Faktanya, lebih aman untuk tidak terlalu berekspektasi muluk-muluk saat menulis rencana bisnis sehingga Anda tidak akan terlalu kecewa ketika kenyataan muncul.

5. Membuat Analisis Biaya Terperinci

Sama seperti bisnis lainnya, ketika memulai bisnis jual beli mobil bekas, banyak faktor yang memengaruhi jumlah yang diperlukan untuk berhasil meluncurkan bisnis.

Faktor-faktor seperti lokasi Anda ingin memulai bisnis, jenis mobil bekas yang ingin Anda jual khusus, ukuran bengkel mobil bekas yang ingin Anda buka, dan tentu saja keadaan ekonomi saat Anda berniat memulai bisnis.

6. Menentukan Modal Awal yang Dibutuhkan

Satu hal yang baik tentang bisnis dealer mobil bekas adalah Anda dapat memulai bisnis dengan uang tunai yang tidak terlalu banyak.

Anda bisa mendapatkan mobil bekas dari anggota keluarga, teman, dan tetangga dengan kesepakatan untuk membantu mereka menjualnya dan membayar mereka jumlah yang disepakati .

Tetapi, seringkali Anda memerlukan modal awal untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas standar.

Dan, mengumpulkan modal awal ini bukanlah perkara yang mudah.

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum mencari sumber untuk memulai – modal untuk bisnis Anda adalah menyusun rencana bisnis yang terperinci.

Dengan rencana bisnis yang baik, Anda dapat dengan mudah meyakinkan investor untuk berinvestasi dalam bisnis Anda.

Tidak akan ada bank yang mau memberi Anda pinjaman jika Anda tidak memiliki rencana bisnis yang baik dan dapat diterapkan.

Selain itu, investor tidak akan menganggap Anda serius jika Anda tidak memiliki rencana bisnis di lapangan sebelum meluncurkan sumber untuk modal awal.

Ada beberapa pilihan dalam hal mengumpulkan uang untuk membiayai bisnis awal. Beberapa pilihannya adalah;

  • Mengumpulkan uang dari tabungan pribadi dan penjualan saham pribadi
  • Mengumpulkan uang dari investor dan mitra bisnis
  • Mengajukan pinjaman dari bank
  • Menyampaikan ide bisnis Anda dan mengajukan permohonan hibah bisnis dan pendanaan awal dari organisasi donor dan investor malaikat
  • Sumber untuk pinjaman lunak dari anggota keluarga dan teman-teman.

7. Pilih Lokasi yang Cocok untuk Bisnis Anda

jual beli mobil bekas

Dalam memulai bisnis jual beli mobil bekas, sangat penting untuk memilih lokasi bisnis yang strategis dan cocok untuk uasaha Anda.

Penting untuk dicatat bahwa toko-toko dealer mobil bekas mungkin tidak berkembang di daerah masyarakat kelas atas, melainkan di pinggiran kota kelas bawah/menengah.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan lokasi bengkel mobil bekas Anda yang merupakan tempat tinggal masyarakat kelas menengah dan bawah.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas dengan tarif yang sangat murah dibandingkan dengan yang bisa Anda dapatkan di area kelas atas.

Sebelum memilih lokasi bengkel dealer mobil bekas Anda, pastikan Anda melakukan studi kelayakan dan survei pasar secara menyeluruh.

Tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan toko dealer mobil bekas yang baru saja tutup di lokasi yang ingin Anda buka.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin fakta dan angka sebelum memilih lokasi untuk mendirikan bisnis dealer mobil bekas Anda.

Berikut adalah beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih lokasi bengkel mobil bekas Anda;

  • Demografi lokasi
  • Daya beli tempat tinggal lokasi
  • Aksesibilitas lokasi
  • Jumlah toko dealer mobil bekas di lokasi
  • Lalu lintas, parkir dan keamanan dll

Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan di Bisnis Digital Printing

8. Pekerjakan Karyawan yang Terampil

Biasanya, tidak ada persyaratan teknis untuk memulai bisnis dealer mobil bekas selain dari kenyataan bahwa Anda mungkin ingin menyewa teknisi mobil baik secara penuh waktu atau paruh waktu untuk membantu memperbaiki pekerjaan perbaikan kecil pada mobil.

Biasanya, toko dealer mobil bekas yang ideal akan memiliki pemilik, akuntan/kasir, montir mobil dan satu atau lebih sales girl atau sales boy.

9. Merencanakan Strategi Pemasaran Bisnis

Menjalankan bisnis mengharuskan Anda untuk proaktif dalam memasarkan barang atau jasa Anda.

Jika Anda memilih untuk menjalankan bisnis jual beli mobil bekas, Anda harus menggunakan strategi yang akan membantu Anda menarik pelanggan atau Anda mungkin akan kesulitan dengan bisnis tersebut.

Berikut adalah beberapa ide dan strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk bisnis dealer mobil bekas Anda;

  • Pemasaran langsung
  • Sponsori Program TV dan Radio
  • Pasang Billboard Anda di lokasi Strategis di sekitar kota
  • Memanfaatkan Agen penjualan dan perwakilan penjualan
  • Pemasaran Online (melalui situs web / toko online resmi Anda, platform media sosial dan blog dkk)
  • Pemasaran Rujukan
  • Terlibat dalam road show dalam komunitas di mana dealer mobil bekas Anda berada.

10. Tentukan Harga yang Wajar untuk Layanan & Produk Anda

Salah satu faktor utama yang akan membantu Anda mendapatkan harga produk yang tepat untuk bisnis jual beli mobil bekas Anda adalah kekuatan tawar-menawar Anda.

Yang benar adalah bahwa jika Anda pandai menawar, Anda akan bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga terendah dan kemudian dijual kembali dengan harga bagus yang akan menjamin Anda mendapat untung besar.

Selain itu beberapa orang biasanya ingin menjual mobil bekas mereka dengan harga tertentu jika mereka tidak memiliki tempat parkir untuk itu dan ketika mereka bisa mendapatkan pembeli yang siap.

Inilah alasan mengapa rata-rata pemilik bisnis dealer mobil bekas dapat menghasilkan tingkat turnover setinggi 25 persen.

Faktor lain yang dapat membantu Anda mendapatkan harga yang tepat untuk mobil bekas Anda adalah memastikan bahwa Anda menjual mobil bekas yang rapi, mobil yang tidak perlu Anda keluarkan banyak untuk memperbaikinya.

Anda dapat berusaha semaksimal mungkin untuk memotong biaya operasional Anda seminimal mungkin jika memang Anda ingin memaksimalkan keuntungan dalam bisnis dealer mobil bekas Anda.

11. Mengembangkan Strategi Kompetitif

Ketika berbicara tentang persaingan yang menguntungkan di industri jual beli mobil bekas, Anda harus mencari cara untuk mendapatkan mobil bekas yang rapi dengan harga murah.

Satu hal yang pasti, jika Anda mengoperasikan toko dealer mobil bekas terbesar di lokasi Anda dengan berbagai merek mobil bekas, kemungkinan besar Anda akan menarik lebih banyak pelanggan daripada pesaing Anda.

Strategi kompetitif lain yang mungkin yang harus Anda adopsi ketika ingin memenangkan pesaing Anda di industri khusus ini adalah memastikan bahwa Anda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik setiap saat.

Yang benar adalah, orang akan selalu kembali ke tempat di mana mereka diperlakukan seperti raja dan ratu.

Baca juga: 10 Tips Sukses Berbisnis Tanpa Hutang

12. Mempertahankan Klien & Pelanggan

Tidak diragukan lagi salah satu strategi yang Anda perlukan untuk menghasilkan penjualan berulang dari pelanggan Anda dan juga untuk mempertahankan mereka adalah memastikan bahwa Anda menjual mobil bekas bekas dengan harga terjangkau.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pengiriman layanan pelanggan Anda selalu tepat sasaran.

Apabila pelanggan Anda merasa sulit untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas dari toko Anda, kemungkinan besar mereka akan beralih ke dealer lain.

Anda juga dapat memanfaatkan ide-ide promosi seperti skema loyalitas, pemasaran langsung, dan memberi mereka kesempatan untuk membeli mobil dari Anda dan membayar dengan mencicil.

Terakhir, pastikan Anda menawarkan insentif kepada pelanggan Anda jika Anda ingin mempertahankan mereka serta terus menghasilkan penjualan berulang dari mereka dan juga untuk menarik pelanggan baru.

13. Mengembangkan Strategi untuk Meningkatkan Kesadaran Merek dan Menciptakan Identitas Perusahaan

Bisnis jual beli mobil bekas sama seperti bisnis lainnya di industri ritel yang membutuhkan promosi yang mantap untuk membuat orang membeli merek tersebut.

Merek Anda berkaitan dengan cara orang memandang Anda, itulah sebabnya Anda harus berhati-hati saat berkomunikasi dan mempromosikan merek Anda di pasar.

Dalam mempromosikan merek dan identitas perusahaan Anda, Anda harus memanfaatkan media cetak dan elektronik.

Faktanya, menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan merek Anda hemat biaya, selain itu cukup efektif. B

erikut adalah platform yang dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan kesadaran merek dari bisnis dealer mobil bekas Anda dan untuk mempromosikan identitas perusahaan Anda di pasar:

  • Pasang iklan di stasiun TV lokal, Stasiun Radio dan Koran/Majalah
  • Jalankan program TV spesial Anda sendiri
  • Mensponsori program komunitas yang relevan
  • Memanfaatkan internet dan platform media sosial seperti; Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dll
  • Kirim surat pengantar ke rumah tangga dan organisasi perusahaan di dalam dan di sekitar lokasi Anda
  • Mendorong promosi dari mulut ke mulut terutama dari pelanggan setia
  • Pastikan semua karyawan Anda mengenakan kemeja bermerek Anda selama jam kerja

Baca juga: 8 Cara Mengelola Toko Online Secara Efektif, Dijamin Laris!

15. Buat Jaringan Pemasok/Distribusi

Keberhasilan bisnis jual beli mobil bekas sangat dipengaruhi dengan ketersediaan pasokan mobil bekas yang rapi.

Intinya, salah satu strategi bisnis pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeksplorasi cara mendapatkan pasokan berbagai merek mobil bekas yang rapi.

Jika Anda memiliki jaringan yang kaya, Anda dapat dengan mudah menemukan orang-orang yang ingin menjual mobil bekas mereka.

Anda juga dapat memasang iklan di platform periklanan yang tersedia untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda membeli mobil bekas.

Belakangan ini, internet menjadi tempat tersibuk di mana orang-orang menjual dan membeli barang bekas.

Jadi sebaiknya Anda membuat rencana untuk memanfaatkan internet dalam hal membeli mobil bekas yang bisa dipajang dan tentu saja dijual di toko dealer mobil Anda.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Menjalankan bisnis dealer mobil bekas melibatkan pembuatan profil mobil yang akan dijual, memastikan bahwa mobil dalam kondisi prima jika ada calon pembeli yang datang dan ingin menguji – mengendarai mobil, dan juga memastikan bahwa mobil diatur dengan baik untuk terlihat menarik.

Dalam bisnis dealer mobil bekas sama seperti bisnis ritel lainnya, setelah penjualan hari itu, pembukuan akan seimbang, fasilitas toko harus dibersihkan dan semua mobil harus ditata dengan baik dan ditutup dengan trampolin jika memungkinkan untuk menghindari debu yang menempel di atasnya.

Jika Anda mendapatkan mobil bekas untuk dijual dari orang-orang yang berniat menghasilkan uang darinya, penting bagi Anda untuk memeriksa dan meninjau mobil dengan benar sehingga Anda dapat menghitung biayanya dengan benar dan menyetujui persentase yang harus dibayar pemilik mobil setelah penjualan.

Jika Anda melakukan ini, Anda mungkin menghindari banyak mobil menempati ruang untuk jangka waktu yang lebih lama di toko dealer mobil Anda.

Sangat penting secara tegas menyatakan bahwa keberhasilan bisnis apa pun terletak pada komitmen dan dedikasi karyawan.

Jadi, jika Anda berniat menjalankan bisnis jual beli mobil yang sukses, maka Anda harus memastikan bahwa Anda membawa setiap anggota tim Anda.

Anda harus menyediakan waktu untuk rapat di mana tujuan, proses dan masalah akan ditinjau.

Terakhir, Anda harus tetap terbuka untuk menerima saran dari anggota tim Anda dan Anda harus bersedia menghargai kinerja yang sangat baik pada saat jatuh tempo untuk menciptakan persaingan yang sehat di antara karyawan Anda terutama yang berada di departemen pemasaran.

Baca juga: Apa itu Profit dan Bagaimana Cara Pengelolaan Profit Bisnis?

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Itulah penjelasan tips sukses memulai bisnis jual beli mobil bekas yang perlu Anda ketahui.

Anda bisa menerapkan 15 tips tersebut dalam merintis bisnis baru Anda.

Persiapan untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas tidak hanya sekedar modal ya. Anda juga perlu menyiapkan ilmu, mental, dan juga strategi yang jitu supaya bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

Satu lagi, dalam menjalankan bisnis, Anda harus melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan secara teratur dan tepat.

Ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui dan mengontrol kondisi keuangan bisnis Anda.

Namun, proses pencatatan dan pembukuan akan memakan waktu yang cukup lama apabila dilakukan secara manual.

Oleh karenanya, Anda perlu menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang akan membantu Anda mengelola penjualan dan pembelian, mengelola persediaan, menyusun laporan keuangan, membantu pengambilan keputusan bisnis, dan masih banyak manfaat lainnya.

Tertarik mencoba? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui link ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 11 =