Tips Meningkatkan Penjualan di Bisnis Digital Printing

bisnis digital printing

Industri percetakan telah terdisrupsi oleh banyak faktor dan teknologi baru. Dengan tren transformasi digital dan meningkatnya permintaan untuk produk dan solusi yang disesuaikan, industri digital printing ini telah berkembang dan juga mengalami banyak perubahan dalam cara pemasaran untuk mempromosikan bisnis digital printing

Apakah bisnis percetakan Anda adalah B2C atau B2B, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan penjualan dan keuntungan yang optimal, Anda harus memilih strategi pemasaran omnichannel atau Anda harus memanfaatkan saluran pemasaran maksimum yang Anda bisa.

Jika Anda adalah organisasi skala menengah atau kecil, Anda harus merencanakan strategi pemasaran Anda dengan cerdas karena perusahaan besar akan memiliki pemasaran yang mahahadir dan mereka juga akan memiliki anggaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan Anda.

Pada artikel kali ini kamu akan memberikan tips untuk membuat proses pemasaran bisnis digital printing yang lebih baik dan juga meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda.

Apa itu Digital Printing?

bisnis digital printing

Pertama, mari kita definisikan apa itu digital printing. Digital printing adalah proses mentransfer gambar digital langsung ke berbagai jenis media, seperti kertas, kanvas, kain, dan stok kartu, antara lain.

Ini adalah pilihan ideal dan hemat biaya bagi pelanggan yang hanya membutuhkan produk cetakan dalam jumlah kecil karena tidak perlu membuat pelat cetak, tidak seperti metode pencetakan produksi massal.

Selain relatif murah, percetakan digital umumnya memiliki waktu pengerjaan yang singkat, sehingga menguntungkan bagi pelanggan yang membutuhkan pesanan secepatnya.

Baca juga: Pentingnya Strategi Digital Marketing untuk Penjualan yang Maksimal

Mengapa Bisnis Digital Printing Dianggap Menguntungkan?

Jika Anda ragu untuk memulai bisnis digital printing Anda sendiri, berikut adalah alasan yang dapat meyakinkan Anda untuk mengambil risiko:

1. Bisnis digital printing membutuhkan modal sedikit

Anda tidak harus memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis percetakan Anda sendiri.

Ini bahkan dapat dianggap sebagai jenis bisnis dengan investasi rendah dan ROI tinggi, terutama jika dibandingkan dengan metode pencetakan lainnya.

Jadi meskipun Anda tidak memiliki banyak uang untuk diinvestasikan, masih sangat mungkin untuk memulai bisnis digital printing skala kecil Anda sendiri.

Tetapi jika Anda akan membeli peralatan tambahan seperti Mesin Sooper Ace Grommet, Anda mungkin perlu menambah modal awal.

2. Proses digital printingnya mudah

Dengan digital printing, tidak perlu pelat cetak, bahan kimia foto, tinta khusus, dan jenis peralatan lain yang bisa mahal dan sulit untuk dikerjakan.

Printer digital relatif mudah digunakan. Selain itu, warna cetakan yang dihasilkan bersih, jelas, dan konsisten di seluruh bahan.

Baca juga: Laba Operasi: Pembahasan Lengkap dan Cara Menghitungnya

3. Digital printing itu cepat

Selain sangat mudah dijalankan, proses digital printingnya juga terbilang cepat. Ini berarti Anda dapat bekerja secara efisien dan memberi ruang untuk lebih banyak pesanan seiring berjalannya waktu.

Dan tentu saja, lebih banyak pesanan berarti lebih banyak pendapatan untuk bisnis Anda.

4. Ada banyak produk yang bisa Anda tawarkan

Proses digital printing juga sangat serbaguna. Dengan printer digital, Anda dapat mencetak di berbagai media, termasuk kertas foto, stok kartu, kanvas, sintetis, kain, dan banyak media lainnya.

Lalu, ada banyak produk yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan Anda, seperti:

  • Label produk
  • Menu restoran
  • Undangan
  • Kartu pesan
  • Pamflet dan brosur
  • Kartu pos
  • Amplop khusus
  • Kaos
  • Tas gendong
  • Sertifikat
  • ID
  • Kartu nama
  • Dokumen legal
  • Bantalan memo
  • Buku catatan khusus
  • Perencana dan kalender

5. Permintaannya konstan

Kami tidak mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan pelanggan setiap hari; apa yang kami katakan adalah bahwa akan selalu ada permintaan untuk layanan digital printing.

Itu hanya bermuara pada bagaimana Anda akan bersaing dengan pesaing Anda dalam hal membuat bisnis Anda sukses.

Banner 3 kledo

Baca juga: Syarat Pembayaran: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contoh Soal

Tips Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Digital Printing dengan Pemasaran yang Baik

bisnis digital printing

Setiap organisasi harus memiliki strategi pemasaran yang dipersonalisasi untuk memastikan kesuksesan. Namun, dalam hal meningkatkan penjualan dan profitabilitas bisnis percetakan, biasanya ada 3 cara untuk melakukannya!

Yang pertama adalah meningkatkan jangkauan platform Anda, yang kedua adalah mempromosikan pelanggan Anda untuk menyebarkan berita positif dari mulut ke mulut dan yang ketiga adalah dengan mendorong pelanggan untuk mengunjungi kembali dan memesan di platform Anda.

Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, tim pemasar berpengalaman kami telah menyusun daftar 10 saluran pemasaran dan tips untuk membantu Anda memanfaatkan 3 cara yang disebutkan di atas.

Jika Anda berhasil mengalokasikan anggaran berdasarkan pengalaman masa lalu dan audiens target Anda, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan penjualan dan meningkatkan profitabilitas bisnis percetakan.

10 saluran pemasaran dan tips yang akan membantu Anda mengoptimalkan penjualan dan meningkatkan profitabilitas dan untuk meningkatkan jangkauan pasar:

1. SEO

Mesin pencari masih menjadi salah satu cara terbesar bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan baru, termasuk bagi Anda pemilik bisnis digital printing.

Saat membuat strategi SEO, pastikan kata kunci yang Anda targetkan memiliki lebih banyak pencarian dan lebih sedikit hasil. Juga, buat daftar aktivitas di luar halaman seperti daftar bisnis, bookmark, pengiriman direktori, umpan tautan, dan aktivitas serupa lainnya untuk jangkauan optimal.

2. Social media marketing

Media Sosial adalah salah satu cara paling sukses untuk menargetkan pelanggan baru.

Dengan strategi pemasaran organik seperti mendorong pelanggan untuk membagikan desain mereka dengan templat latar belakang yang Anda buat secara menarik, tentu Anda bisa dengan mudah memperoleh brand awareness dengan anggaran dan upaya seminimal mungkin.

Dan untuk kesuksesan cepat dan jangka pendek, periklanan berbayar dan penargetan influencer adalah cara terbaik.

Ciptakan perpaduan yang baik antara pemasaran organik dan berbayar untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan pengembalian investasi yang optimal dari platform media sosial.

Tips yang bisa Anda gunakan:

Selain Facebook dan Instagram, targetkan juga Pinterest untuk model B2C dan LinkedIn untuk bisnis percetakan B2B!

Baca juga: Mengenal Berbagai Model Penjualan untuk Bisnis Anda

3. Bekerjasama untuk jangkauan yang lebih luas

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan platform Anda adalah dengan membuat platform eCommerce pencetakan multi-vendor dan berkolaborasi dengan digital printing lokal dari wilayah geografis yang berbeda.

Anda juga dapat mempekerjakan desainer grafis freelance untuk membuat desain virtual menggunakan alat desain produk Anda dan mendapatkan pesanan pencetakan dengan bantuan model bisnis cetak sesuai permintaan.

4. Promosi video

Baik Anda menggunakan spanduk digital untuk pemasaran atau platform media sosial, video jauh lebih efektif dalam melibatkan dan menarik audiens target Anda.

Buat video untuk penawaran produk, pemahaman bisnis, dan pendatang baru dan promosikan di berbagai saluran termasuk situs web online atau platform aplikasi web Anda.

5. Web to print software

Produk yang disesuaikan dan dipersonalisasi sangat diminati di antara pelanggan percetakan dan ini bukan tren sementara tetapi revolusi pasar dalam industri percetakan.

Dengan solusi web-to-print dalam bisnis, Anda dapat menawarkan penawaran produk yang dipersonalisasi dan disesuaikan, juga membuat proses kerja yang lebih baik, untuk Anda dan juga konsumen Anda.

Pelanggan Anda tidak hanya bisa mendapatkan desain yang mereka inginkan, tetapi mereka juga mendapatkannya tanpa harus repot mendesain secara manual dan itu juga dalam waktu dan usaha yang sesingkat mungkin!

Selain itu, dengan bantuan software tersebut, Anda dapat mempersonalisasi pengalaman pelanggan dan memastikan bahwa Anda memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Sejauh kata positif dari mulut ke mulut, perangkat lunak web-to-print adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan di industri digital printing.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

6. Pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi

Selain alat desain produk, Anda juga dapat menggunakan teknik pemasaran yang dipersonalisasi dengan bantuan pemasaran otomatis dan memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Mulai dari penawaran produk yang dipersonalisasi hingga promosi yang dipersonalisasi hingga teknik cross-selling dan up-selling, ciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk pelanggan Anda di tingkat mikro untuk tingkat konversi prospek yang optimal.

7. Otomatisasi cetak

Salah satu alasan terbesar pelanggan lebih memilih otomatisasi proses cetak adalah kenyataan bahwa proses perancangan dan eksekusi manual yang memakan waktu.

Gunakan metode pencetakan digital untuk model bisnis cetak sesuai permintaan dan solusi cetak web ideal yang membantu Anda membuat template desain untuk perancangan cepat bersama dengan file output siap cetak untuk eksekusi cepat.

8. Gunakan email marketing

Email adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis percetakan Anda.

Baik email tersebut untuk meminta pelanggan melanjutkan pesanan mereka dan menurunkan rate pengabaian keranjang belanja atau Anda mengirim newsletter untuk mempromosikan penawaran produk baru dan statistik bisnis Anda, email adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan retargeting pada pelanggan Anda.

Baca juga: Manajemen Anggaran: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengelolanya

9. Promosi dan diskon untuk repeat order

Salah satu cara terbaik untuk membawa kembali pelanggan lama ke platform Anda adalah dengan memberi mereka insentif dengan promosi dan diskon.

Kirim email dan pemberitahuan restock bersama dengan diskon untuk pesanan berulang untuk memastikan bahwa pelanggan lama Anda selalu mengingat platform Anda ketika mereka mencari layanan pencetakan.

10. Push notifications

Push notifications adalah salah satu cara paling efektif untuk proses retargeting pelanggan Anda.

Namun, alih-alih mengirim spam ke pelanggan Anda dengan pemberitahuan umum, susun strategi pemberitahuan Anda dan pastikan bahwa mereka melayani Anda sebagai clickbait.

Tips kami:

Mereka yang tidak memiliki aplikasi seluler juga dapat menggunakan Progressive Web Apps (PWA) untuk situs web mereka.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Retail? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Itulah beberapa proses pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan pada bisnis digital printing Anda.

Selain proses dan cara pemasaran yang baik, memiliki alat yang tepat untuk menunjang operasi bisnis adalah hal penting.

Misalnya adalah memiliki printer berkualitas tinggi, web to print software, website yang menarik, atau bahkan software akuntansi.

Mengapa software akuntansi penting? Hal ini untuk memudahkan operasi bisnis Anda, terutama dalam memantau keuntungan dan pencatatan transkasi dalam bisnis Anda.

Jika Anda berniat menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagi jenis bisnis di Indonesia dan dan juga memiliki harta terjangkau.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba Kledo untuk mempermudah pembukuan bisnis digital printing Anda secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =