10 Ide Bisnis di Bandung yang Wajib Anda Coba

ide bisnis bandung

Sebagai salah satu ibu kota provinsi terkaya di Indonesia, Bandung menjadi salah satu kota yang tepat untuk Anda merealisasikan ide bisnis.

Selain menjadi kota besar, Bandung merupakan kota pelajar yang memiliki banyak kampus besar dan bisa menjadi alasan mengapa Anda harus mendirikan bisnis di kota ini jika target pasar Anda adalah anak muda.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan Anda beberapa ide bisnis yang bisa Anda bangun di kota Bandung dan menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Usaha Kuliner

ide bisnis bandung

Usaha kuliner menjadi ide bisnis pertama yang bisa Anda pilih di kota Bandung yang terkenal dengan wisata kulinernya.

Anda bisa membangun usaha kuliner yang kekinian atau kuliner yang banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang.

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang pas-pasan, Anda bisa bekerja sama dengan membuka gerai makanan atau minuman franchise.

Bisnis franchise sering kali telah memiliki reputasi dan citra yang mapan, manajemen dan praktik kerja yang terbukti, akses ke iklan nasional dan dukungan kerja secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, jika Anda baru ata mau membuka bisnis kuliner namun belum memiliki pengalaman, memilih bisnis franchise bisa menjadi pilihan terbaik.

Pastikan juga lokasi tempat Anda membangun bisnis kuliner. Jika Anda berada di kawasan perkantoran, Anda bisa menyediakan banyak menu untuk memudahkan pelanggan memilih makanan.

Namun jika Anda di lingkungan universitas atau sekolah, pastikan Anda menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

2. Penginapan

Kota Bandung terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang seringkali menjadi pilihan utama banyak wisatawan, terutama dari Jakarta.

Sebut saja Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, Ciwidey, dan masih banyak lagi. Dan atas alasan ini, membangun usaha penginapan merupakan ide bisnis yang sangat baik

Apakah Anda memiliki kamar yang tidak terpakai di rumah Anda? Atau memliliki rumah yang tidak Anda tinggali di kota Bandung dan sekitarnya?

Melihat tingginya angka kunjungan wisatawan ke Bandung tiap tahun, hospitality diprediksi menjadi sektor bisnis yang akan terus bersinar di daerah Bandung.

Selain rumah makan, penyewaan penginapan (lodging) seperti hotel, resort, villa dan homestay adalah lini usaha yang tidak ada matinya.

Tipe penginapan bisa Anda atur sesuai dengan karakter pasar yang akan dibidik, misalnya wisatawan lokal, turis mancanegara, business traveler, wisatawan low-budget, backpacker, atau yang lainnya.

Anda bisa mendaftarkan kamar Anda di layanan reservasi online seperti Airbnb, Traveloka, atau Booking.com.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Medan yang Cocok untuk Pemula

3. Usaha pakaian

Sejak dulu, pakaian merupakan kebutuhan primer banyak orang. Terlebih saat ini pakaian menjelma menjadi fashion atau identitas dari seseorang.

Berbisnis pakaian merupakan peluang bisnis di Bandung yang sangat baik. Terlebih dengan Bandung merupakan salah satu kiblat mode di Indonesia.

Jika Anda memiliki keterampilan desain busana, Anda bisa membuat pakaian sendiri yang sesuai mode yang sedang hits saat ini.

Tidak memiliki dana yang cukup untuk membuka toko, Anda bisa mencoba menjual produk pakaian Anda melalui toko online, marketplace atau social media.

Namun hal yang penting sebelum memulai bisnis pakaian, adalah memastikan target pasar Anda. Kepada siapa produk Anda akan di jual? Apakah untuk dewasa, anak-anak, wanita, atau pria?

Pastikan Anda melakukan penelitian pasar yang tepat agar produk pakaian Anda bisa diterima pasar dengan baik dan maksimal.

Baca juga: Push Marketing vs Pull Marketing: Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

4. Laundry

Apakah Anda dekat dengan daerah kos-kosan mahasiswa atau karyawan? Ide bisnis yang harus Anda coba di kota Bandung terutama di daerah yang dekat dengan kos-kosan adalah usaha laundry.

Kesibukan mahasiswa dan karyawan membuat mereka memiliki waktu yang terbatas, terutama untuk keperluan mencuci dan menyetrika pakaian. Oleh sebab itu, Anda bisa membangun bisnis laundry yang bisa menjadi solusi permasalahan ini.

Untuk membuat bisnis laundry yang baik, pastikan Anda menggunakan deterjen dan pewangi yang aman sehingga tidak membuat iritasi kulit pelanggan Anda.

Baca juga: 14 Peluang Bisnis di Yogyakarta yang Berprospek Cerah

5. Pet Shop

Apakah Anda merupakan penyayang binatang? Jika iya, pet shop yang bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan di Bandung.

Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Pasalnya, saat ini banyak orang yang memelihara hewan sebagai hobi.

Biasanya, pet shop akan menawarkan layanan penitipan hewan, pemeriksaan rutin, cek kesehatan, pemenuhan gizi hewan, dan pengobatan pada hewan sakit.

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, Anda membutuhkan veterinarian (dokter hewan) dan caretaker (perawat hewan) yang memiliki keahlian merawat hewan.

Supaya bisnis semakin dikenal, Anda dapat mempromosikan pet shop melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Baca juga: Pengertian Proyeksi Pendapatan, Cara dan Metode Penghitungannya

6. Warung Sembako

Ide bisnis di Bandung yang tidak ada matinya adalah dengan membuka warung sembako untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Walaupun saat ini banyak minimarket telah menjamur ke barbagai pelosok Bandung, membuka warung sembako dengan konsep yang tepat akan membuat Anda unggul dari jaringan minimarket tersebut.

Misalnya, berikan harga yang lebih rendah dari jaringan minimarket tersebut dengan menyediakan merek lain dengan produk yang serupa.

Lalu Anda bisa menawarkan potongan diskon yang lebih besar jika pelanggan membeli sembako dalam jumlah tertentu.

Pastikan juga Anda menganalisa produk apa yang sangat laku terjual dan membuat pilihan merek yang lebih banyak untuk produk tersebut supaya pelanggan memiliki pilihan yang lebih baik sesuai dengan daya beli mereka.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Banner 3 kledo

7. Jasa bengkel

Mobilitas yang tinggi menjadikan kota Bandung sebagai salah kota yang penuh dengan kendaraan bermotor dan menyebabkan macet. Belum lagi dengan banyaknya layanan ride hailing, seperti Gojek dan Grab yang mengaspal di Bandung.

Jika Anda memiliki keterampilan otomotif, Anda bisa membuka jasa bengkel yang sesuai dengan keterampilan Anda.

Pastikan Anda memiliki pelayanan yang maksimal dan garansi pekerjaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Jika memungkinkan, Anda bahkan juga bisa menghadirkan layanan bengkel panggilan dimana Anda bisa memperbaiki kendaraan di rumah pelanggan tanpa harus datang ke bengkel.

Atau jika Anda memliki keterampilan yang mumpuni, Anda juga bisa membuat bengkel kostumisasi kendaraan yang sangat menjamur di kota ini.

Dengan banyaknya kendaraan di Bandung, usaha bengkel merupakan salah satu ide bisnis terbaik di Bandung.

8. Rental Kendaraan

Walaupun Bandung memiliki mobilitas masyarakat yang tinggi, tidak semua orang di Bandung memiliki kendaraan pribadi terutama mobil, terlebih mereka yang berwisata ke Bandung.

Padahal untuk keperluan tertentu, seperti acara pernikahan atau sekedar berwisata, memerlukan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang besar.

Sebagai solusi, Anda bisa membangun usaha rental kendaraan. Hal terpenting pastikan jenis kendaraan yang Anda rentalkan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Misalnya Anda bisa menyewakan bus untuk pariwisata dengan orang dalam jumlah besar atau minibus untuk standar keluarga. Jika target Anda korporasi, Anda bisa menyedikan mobil premium sebagai pilihan mobil yang akan Anda rentalkan.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

9. Ekspedisi

Permintaan akan jasa ekspedisi semakin tinggi seiring dengan berkembangnya penggunaan platform belanja online. Saat ini, bisnis ekspedisi mempunyai peranan yang sangat penting menjadi penyalur barang dari penjual kepada konsumen.

Bisnis ekspedisi diperkirakan akan terus berkembang dikarenakan berubahnya pola konsumsi masyarakat yang saat ini lebih gemar berbelanja secara online.

Bisnis ini sangat cocok dibuka di Bandung yang notabene menjadi salah satu kota dengan tingkat perekonomian tinggi di Indonesia.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa mengajukan diri sebagai drop point agen ekspedisi besar seperti JNE, J&T Express, dan Ninja Express. Persyaratan untuk menjadi drop point terbilang mudah, seperti mengisi formulir pendaftaran, KTP, foto buku rekening, dan denah calon lokasi usaha.

Adapun modal yang diperlukan untuk mendaftar sebagai mitra agen berkisar antara 10 juta hingga 25 juta. Setelah itu, Anda bisa memperoleh imbalan komisi mulai dari 15% hingga 35% dari ongkos biaya kirim per paket.

Baca juga: Panduan Pembukuan Penjualan bagi Pelaku Bisnis, Wajib Dicoba!

10. Wedding organizer

wedding organizer

Jika Anda mahir dalam merencanakan acara atau seremonial, mengapa tidak mencoba untuk membangun jasa wedding organizer atau event organizer?

Namun, sebelum membuka bisnis wedding organizer, sebaiknya kamu memperkaya diri dahulu dengan ilmu pengetahuan.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman sebagai pedoman untuk menjalani usaha wedding planner melalui pelatihan khusus.

Jadi, kamu dapat membuat perencanaan pernikahan yang tepat dan bekerja dengan terampil.

Kini, ada banyak lembaga pelatihan untuk wedding planner. Kamu bisa mengikuti pelatihan tersebut secara langsung maupun online.

Usai pelatihan, biasanya mereka akan memberikan kamu sertifikat sebagai tanda lulus uji wedding planner.

Dengan bekal yang cukup, kamu pasti akan lebih percaya diri dalam menjalani bisnis. Calon pelanggan juga akan lebih percaya dengan jasa yang kamu tawarkan.

Lalu, tentukanlah jenis-jenis layanan pernikahan tersebut ke dalam paket wedding organizer agar pelanggan lebih mudah dalam memilihnya.

Beri penjelasan dari setiap paket yang ditawarkan, beserta kelebihan, dan kisaran harganya.

Biasanya, calon pelanggan akan memilih paket perencanaan pernikahan yang sesuai dengan budget mereka.

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan paket atau jenis layanannya, kamu dapat melihat tren pernikahan yang ada di pasar.

Mulai dari pernikahan adat tradisional, pernikahan modern, pernikahan dengan dekorasi simple yang intimate, pernikahan berdekorasi mewah, pernikahan indoor atau outdoor dan lainnya.

Baca juga: Business Intelligence Adalah: Fungsi, Konsep, Cara Kerja, dan Aplikasinya

Kesimpulan

Itulah 10 ide bisnis di kota Bandung yang bisa Anda coba jika Anda sedang berniat membangun bisnis.

Namun perlu Anda ingat, dalam membangun bisnis apapun, memulai bisnis dimulai dengan strategi yang matang dan pengalaman yang memadai, jadi pastikan Anda memiliki hal tersebut.

Lalu hal terpenting yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis adalah proses pengaturan keuangan untuk memastikan kesehatan arus kas dalam bisnis.

Untuk kemudahan Anda dalam pengelolaan keuangan dan pembukuan usaha, Anda bisa menggunakan sistem akuntansi yang modern seperti software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau yang cocok untuk bisnis baru yang memiliki keterbatasan modal.

Hanya dengan 4500 perhari, Anda bisa mendapatkan solusi pembukuan, manajemen persediaan, membuat laporan keuangan praktis, multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =