15 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Kota Surabaya

peluang bisnis surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota terbaik yang menyediakan berbagai peluang bisnis yang menjanjikan. Seperti yang kita tahu, Surabaya merupakan kota dengan perekonomian terbesar setelah Jakarta.

Di setiap sudut kota, dengan mudah dapat kita jumpai berbagai jenis usaha mulai dari skala kecil hingga besar. Ditambah, adanya Bandara Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, dan infrastruktur pendukung lainnya memudahkan pebisnis dalam menjalankan usahanya.

Surabaya memiliki perguruan tinggi ternama serta banyak perusahaan besar berdiri disana. Hal ini menjadikan Surabaya banyak dihuni perantau yang bisa Anda jadikan sebagai target pasar.

Bagi Anda yang tertarik berbisnis di Surabaya, artikel ini akan membagikan 15 peluang bisnis yang bisa Anda coba. Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

1. Sewa Kost

Sewa kost menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak ada matinya di Surabaya. Pasalnya, Surabaya merupakan kota tujuan urbanisasi bagi para perantau dari luar kota. Hal ini membuat permintaan kost tidak pernah surut dan lebih menguntungkan dibandingkan bisnis properti lainnya.

Merintis usaha sewa kost memang membutuhkan biaya besar. Anda diharuskan memiliki sebidang tanah dan membangun rumah untuk sewa kost.

Namun, usaha ini menawarkan keuntungan jangka panjang dan minim risiko. Bisnis ini menawarkan tingkat capital gain (balik modal) yang sangat besar. Terlebih jika lokasi kost cukup strategis, misalnya di kawasan sekitar kampus.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

2. Usaha Kuliner

Usaha kuliner menjadi salah satu bisnis yang tidak akan pernah tergerus zaman. Bukan tanpa sebab, makanan merupakan kebutuhan primer manusia yang wajib dipenuhi.

Konsep usaha kuliner ini pun beragam. Mulai dari warung lesehan, rumah makan, restoran, dan prasmanan. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus melakukan persiapan yang matang.

Jangan sampa Anda nekat berbisnis hanya karena ingin mengikuti trend yang hanya akan membawa Anda pada kebnagkrutan.

Baca juga: Tips Agar Bisnis Katering Anda Selalu Menguntungkan

3. Toko Sembako

Toko sembako menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak pernah sepi peminat. Meskipun telah banyak berdiri swalayan yang lebih modern, tak mampu menghilangkan kebutuhan masyarakat akan toko sembako rumahan.

Sebagai penyedia bahan pokok, toko sembako akan terus dibutuhkan masyarakat sampai kapanpun.

Bila Anda tertarik menjalankan usaha ini, sebaiknya Anda memastikan dulu lokasi yang cocok untuk bisnis Anda. Lokasi usaha sembako paling cocok didirikan di area permukiman dan perumahan penduduk.

Langkah selanjutnya, pastikan apakah sudah ada usaha sejenis yang berdiri di sekitar lokasi tersebut. Setelah itu, Anda perlu menyiapkan modal untuk memulai warung sembako. Modal awal yang diperlukan berkisar antara 10 hingga 25 juta.

Baca juga: 6 Tips Memulai Usaha Sembako Agar Untung, Wajib Dicoba!

4. Rental Mobil

Mobil merupakan sarana transportasi yang paling banyak digunakan setelah sepeda motor. Kebutuhan masyarakat Surabaya akan mobil terbilang cukup tinggi. Misalnya untuk menghadiri acara keluarga, rekreasi, dan lainnya.

Nah, disinilah Anda bisa merintis bisnis rental mobil untuk menjawab kebutuhan tersebut. Bisnis rental mobil ini mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas. Maka tak mengherankan, bila bisnis ini menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Bagaimana cara memulai bisnis rental mobil? Pertama, Anda perlu memiliki mobil yang bisa Anda beli secara kredit. Namun, Anda juga bisa menjalankan bisnis ini tanpa memiliki mobil sendiri. Caranya, Anda bisa menjadi perantara antara konsumen dan pemilik mobil.

Baca juga: Gunakan Tips Ini untuk Usaha Rental Mobil Sukses, Mudah!

5. Laundry

Peluang bisnis lainnya yang bisa Anda terapkan di Surabaya adalah membuka bisnis laundry. Bisnis ini sangat menjanjikan apalagi jika dibuka di lokasi yang strategis.

Saat ini, Surabaya banyak dihuni oleh para pekerja dan mahasiswa. Banyak dari mereka yang mempunyai waktu terbatas sehingga lebih memilih menggunakan jasa laundry.

Untuk memulai bisnis laundry, Anda tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Anda hanya perlu mencari lokasi bisnis yang ideal, kemudian menyiapkan beberapa mesin cuci dan setrika.

Anda bisa menjalankan bisnis ini sendiri. Atau jika perlu, Anda bisa merekrut pegawai untuk membantu Anda.

Baca juga: Tertarik Membuka Bisnis Laundry? Ikuti 10 Tips Ini

6. Fotokopi dan Percetakan

bisnis fotokopi

Surabaya merupakan tempat yang ideal untuk memulai usaha fotokopi dan percetakan. Sebab, di kota ini banyak berdiri perusahaan besar, lembaga pendidikan tinggi, dan instansi pemerintahan.

Orang-orang kantor, mahasiswa, dan pelajar sering menggunakan jasa fotokopi dan percetakan. Ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis di Kota Surabaya.

Baca juga: Penyebab Bisnis Stagnan dan Cara Mengatasinya

7. Ekspedisi

Permintaan akan jasa ekspedisi semakin tinggi seiring dengan berkembangnya penggunaan platform belanja online. Saat ini, bisnis ekspedisi mempunyai peranan yang sangat penting menjadi penyalur barang dari penjual kepada konsumen.

Bisnis ekspedisi diperkirakan akan terus berkembang dikarenakan berubahnya pola konsumsi masyarakat yang saat ini lebih gemar berbelanja secara online.

Bisnis ini sangat cocok dibuka di Surabaya yang notabene menjadi kota dengan perekonomian terbesar kedua di Indonesia.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa mengajukan diri sebagai drop point agen ekspedisi besar seperti JNE, J&T Express, dan Ninja Express. Persyaratan untuk menjadi drop point terbilang mudah, seperti mengisi formulir pendaftaran, KTP, foto buku rekening, dan denah calon lokasi usaha.

Adapun modal yang diperlukan untuk mendaftar sebagai mitra agen berkisar antara 10 juta hingga 25 juta. Setelah itu, Anda bisa memperoleh imbalan komisi mulai dari 15% hingga 35% dari ongkos biaya kirim per paket.

Baca juga: 4 Tantangan Utama Bisnis Ekspedisi dan Solusinya

8. Toko Pakaian

Selain sembako dan kuliner, salah satu bidang bisnis yang tidak akan pernah sepi pembeli ialah bisnis pakaian. Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat memulainya bahkan tanpa modal.

Yup, Anda bisa memulai dengan menjadi reseller maupun dropshipper. Caranya, temukan supplier produk yang tepat dan jalin relasi kerja sama yang baik.

Disini, keahlian pemasaran sangat diperlukan agar jualan Anda bisa laris. Anda bisa menggunakan media sosial dan blog SEO untuk mempromosikan jualan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat berjualan di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Nantinya, laba hasil jualan bisa ditabung untuk membuka toko dan membuat stok pakaian sendiri.

Baca juga: Memulai Bisnis Pakaian Custom, Bagaimana Caranya?

9. Salon

Peluang bisnis di Surabaya selanjutnya yaitu membuka usaha salon. Saat ini, bisnis salon sangat menjanjikan dikarenakan semakin tingginya keinginan kaum hawa untuk terlihat cantik.

Tak sedikit wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk treatment di salon.

Bila Anda ingin terjun ke bisnis salon, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menentukan bentuk layanan dan keahlian yang akan ditawarkan. Misalnya, salon potong rambut, bodycare atau layanan lainnya.

Setelah itu, Anda perlu membuat rencana bisnis yang tepat agar bisnis bisa berkembang.

Baca juga: 10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

10. MUA

MUA menjadi salah satu bisnis kekinian yang sangat menjanjikan. Apalagi di era digital seperti sekarang, banyak orang yang berlomba-lomba membuat konten blog, vlog, maupun review peralatan makeup dan skincare di laman media sosial.

Memulai bisnis MUA juga terbilang mudah. Bahkan, Anda bisa memulainya cukup dari rumah saja. Namun, untuk menjadi aseorang MUA, Anda dituntut memiliki skill dan terus mau belajar.

Baca juga: Bangun Bisnis Keluarga dengan Ide Berikut Ini, Semua Bisa!

11. Event Organizer

Event organizer atau EO menjadi salah satu peluang bisnis menguntungkan di Surabaya. Di kota ini, seringkali digelar berbagai event seperti konser musik dan pameran yang membutuhkan jasa EO.

Seorang EO dituntut harus kreatif agar acara yang di-handle bisa berjalan sukses. Dengan begitu, nama Anda sebagai seorang EO semakin dikenal sehingga akan banyak orang yang menggunakan jasa Anda.

Baca juga: Jangan Lupakan Hal Ini Jika Ingin Membangun Bisnis Event Organizer

12. Coffee Shop

peluang bisnis surabaya

Peluang bisnis selanjutnya yaitu bisnis coffee shop yang sangat digandrungi kawula muda sebagai tempat healing. Bisnis ini semakin menjanjikan bila bila Anda menambahkan opsi layanan work from coffee.

Selain itu, Anda juga harus menyediakan layanan penunjang seperti wifi dan stop kontak. Lebih baik lagi, bila Anda mendesain interior kafe Anda lebih unik dan kekinian agar konsumen betah.

Baca juga: Ide dan Tips Memulai Bisnis Milenial yang Bisa Anda Coba

13. Bimbingan Belajar

Bisnis bimbingan belajar memiliki prospek yang cerah seiring dengan semakin sulitnya mata pelajaran anak zaman sekarang. Terlebih, banyak orang tua di Surabaya yang yang harus sibuk bekerja sehingga lebi memilih guru privat untuk membimbing anaknya belajar.

Bisnis ini tidak memperlukan modal besar. Anda bisa mengerjakannya di rumah atau langsung mendatangi rumah murid Anda. Bisnis ini memperlukan keahlian mengajar dan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Baca juga: Ini Pelajaran Favorit Bimbel yang Wajib Ada di Bisnis Bimbel, Apa Saja?

14. Minuman Segar

Surabaya terkenal sebagai kota yang sangat panas sehingga wajar jika banyak orang merasa sering kehausan. Nah, problem ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis minuman segar.

Anda bisa memulainya dengan berjualan di stand kecil. Saat bisnis sudah berkembang, Anda dapat membuka kedai untuk menampung lebih banyak konsumen.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Ini Wajib untuk Dicoba, Apa Saja?

15. Pet Shop

Terakhir, ada pet shop yang bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan di Surabaya. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Pasalnya, saat ini banyak orang yang memelihara hewan sebagai hobi.

Biasanya, pet shop akan menawarkan layanan penitipan hewan, pemeriksaan rutin, cek kesehatan, pemenuhan gizi hewan, dan pengobatan pada hewan sakit.

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, Anda membutuhkan veterinarian (dokter hewan) dan caretaker (perawat hewan) yang memiliki keahlian merawat hewan.

Supaya bisnis semakin dikenal, Anda dapat mempromosikan pet shop melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Pet Shop? Ikuti 10 Tips Ini

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Itulah 15 peluang bisnis menjanjikan bagi Anda yang ingin berwirausaha di Kota Surabaya. Akan tetapi, sebelum memulai bisnis, Anda harus memilih ide dan konsep yang relevan dengan kebutuhan konsumen di kota tersebut.

Setelah bisnis berjalan, jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Software ini dibekali dengan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, membuat faktur kilat, manajemen stok dan gudang, laporan keuangan, pembelian, pajak, dan masig banyak lagi.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang menyediakan opsi penggunaan website dan mobile sehingga bisa Anda gunakan melalui laptop maupun handphone ini.

Software ini juga dapat terintegrasi langsung dengan marketplace tempat berbisnis Anda. Membuat proses pembukuan dari transaksi online bisa dicatat secara otomatis.

Hanya 4500 per hari, Anda sudah bisa menggunakan layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Tertarik mencoba? Anda juga dapat mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 15 =