14 Peluang Bisnis di Yogyakarta yang Berprospek Cerah

peluang bisnis yogyakarta

Apa saja jenis peluang bisnis menjanjikan yang bisa Anda tekuni di Yogyakarta? Anda bisa menemukan jawabannya disini.

Yogyakarta merupakan daerah yang dikenal mempunyai banyak potensi. Baik dari sisi historis, keindahan alam, budaya, kuliner khas, dan potensi lainnya. Maka tak mengherankan bila kota ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi usaha.

Apabila Anda berdomisili di Yogyakarta atau pebisnis yang ingin memperlebar sayap usahanya, tak ada salahnya untuk menjajal membuka usaha di Yogyakarta.

Untuk itu, pada artikel ini kami akan menginformasikan 14 peluang bisnis menjanjikan di Yogyakarta yang bisa Anda tekuni.

Sewa Kos

peluang bisnis yogyakarta

Peluang usaha menjanjikan yang pertama yaitu membuka bisnis sewa kos. Bukan tanpa alasan, selama ini Jogja dikenal sebagai kota pelajar dan hasil survey BPS menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa di Jogja lebih dari 350 ribu orang.

Para mahasiswa tersebut pasti membutuhkan tempat tinggal yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang mendatangkan passive income setiap bulannya.

Untuk memulai bisnis, Anda bisa menyewakan kamar yang tidak digunakan di rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat membangun rumah khusus sebagai kos-kosan.

Baca juga: 17 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Apa Saja?

Penginapan

Yogyakarta terkenal sebagai destinasi wisata yang dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahunnya. Ini jelas merupakan celah pasar yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Salah satu ide bisnis yang sangat cocok dibuka di kawasan wisata ialah tempat penginapan. Tak terkecuali di Yogyakarta.

Tak perlu modal besar, Anda bisa memulai bisnis penginapan dengan menyewakan kamar atau ruangan di rumah yang tidak digunakan. Bila Anda punya lebih banyak modal, Anda bisa membangun paviliun atau villa untuk disewakan.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Usaha Kuliner

Salah satu alasan mengapa Jogja begitu dicintai ialah pilihan kuliner yang unik dan beraneka ragam. Maka dari itu, bisnis kuliner menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di Yogyakarta.

Kuliner khas Jogja seperti gudeg, mangut lele, bakpia, oseng mercon, bakmie jawa, dan mie lethek bisa Anda pilih sebagai ide jualan bisnis. Anda bisa mematok harga sesuai dengan segmen pasar yang diinginkan.

Misalnya, bila Anda menjadikan pelajar sebagai target pasar, berarti Anda perlu menjual makanan berat dengan harga terjangkau dan aneka camilan untuk menemani mengerjakan tugas.

Baca juga: 12 Strategi Bisnis Kuliner Paling Efektif yang Wajib Dicoba

Angkringan

Angkringan adalah sebutan untuk warung di pinggir jalan yang menjajakan berbagai olahan makanan seperti nasi kucing, sate-satean, gorengan dan juga wedang.

Umumnya, bentuk angkringan terdiri dari gerobak sederhana dengan atap terpal dimana para pelanggan akan duduk lesehan sembari menikmati angin malam Kota Jogja.

Walaupun banyak kafe modern yang menjamur di Jogja, angkringan tak pernah kehilangan pesonanya dan tetap menjadi spot favorit warganya untuk sekedar nongkrong hingga mendiskusikan berbagai isu yang tengah hangat.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Medan yang Cocok untuk Pemula

Warung Burjo

Selain angkringan, peluang usaha berprospek cerah di Yogyakarta ialah warung burjo. Burjo sendiri merupakan kependekan dari bubur kacang ijo. Namun, warung ini juga menjual menu lainnya seperti olahan mie instan.

Magelangan merupakan menu masakan paling terkenal di burjo yang diolah dari campuran nasi goreng serta mie instan dan seringkali dilengkapi dengan sawi dan telur.

Burjo menjadi tempat favorit mahasiswa khususnya di tanggal tua. Mengingat begitu banyaknya mahasiswa yang menetap di Jogja, bisnis burjo mempunyai potensi begitu besar yang sayang dika dilewatkan.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Kafe Kekinian

Selain angkringan dan burjo, Anda juga dapat membuka kafe kekinian dengan menyasar anak muda yang gemar nongkrong atau mencari suasana baru untuk mengerjakan tugas.

Kafe Anda akan semakin menarik dengan mendesain interior kafe sesuai dengan selera anak muda dan menyediakan spot foto yang instragamable.

Supaya pembeli merasa betah, Anda dapat menambahkan fasilitas Wi-fi gratis dan live music dengan mengundang musisi lokal.

Baca juga: 15 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

Toko Pakaian

Berikutnya, peluang bisnis menjanjikan di Yogyakarta lainnya yaitu bisnis pakaian. Yogyakarta menjadi kota dengan angka penduduk di bawah usia 25 tahun tertinggi di Indonesia.

Statistik tersebut merupakan modal yang kuat untuk membuka bisnis pakaian di Jogja. Bisnis fashion ini bisa Anda jalankan baik secara online maupun offline. Anda juga bisa memulai bisnis ini tanpa modal dengan menjadi reseller maupun dropshipper.

Baca juga: 20 Ide Jualan Makanan Murah Untung Banyak, Pasti Laris!

Laundry Kiloan

Peluang bisnis di Yogyakarta selanjutnya yaitu usaha laundry kiloan yang mempunyai prospek cerah. Pasalnya, ada banyak sekali mahasiswa di Jogja dari berbagai universitas.

Tak jarang, para mahasiswa memiliki waktu yang sangat terbatas bahkan untuk sekedar mencuci baju. Jadi, Anda dapat memanfaatkannya dengan membuka usaha laundry kiloan.

Banner 1 kledo

Rental Mobil

Rental mobil menjadi peluang bisnis menjanjikan selanjutnya di Yogyakarta dengan menyasar para wisatawan sebagai target pasar. Alat transportasi tentu dibutuhkan wisatawan agar bisa mengunjungi lokasi wisata yang diinginkannya.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan ini dengan membuka bisnis penyewaan kendaraan. Namun, bisnis ini terbilan cukup berisiko sehingga Anda harus menyusun rencana bisnis yang matang.

Buat perjanjian peminjaman dengan customers agar kendaraan bisa kembali dengan selamat. Selanjutnya, buatlah kesepakatan konsekuensi dan sanksi yang dipikul pelanggan apabila mereka merusak atau melakukan tindak penyelewengan pada kendaraan Anda.

Baca juga: Gunakan Tips Ini untuk Usaha Rental Mobil Sukses, Mudah!

Bisnis Travel dan Tour

peluang bisnis yogyakarta

Selanjutnya, ada bisni travel and tour yang mempunyai prospek cerah dikarenakan ada banyak sekali destinasi wisata memukau di Jogja namun masih belum terlalu familiar. Untuk itu, banyak wisatawan yang menggunakan jasa travel agar mereka bisa menjangkau destinasi tersebut.

Berwisata dengan ditemani seorang tour guide dinilai lebih aman karena dapat menghindari risiko tersasar di wilayah yang tidak dikenali. Menjalankan bisnis ini bisa dilakukan dengan mengakomodir semua kebutuhan wisatawan.

Anda bisa menawarkan paket wisata dengan tarif yang disesuaikan dengan layanan yang akan diberikan. Contohnya paket antar jemput tanpa pendampingan hingga paket liburan lengkap dengan fasilitas penginapan, makanan, guide, cendera mata, dan lainnya.

Baca juga: 18 Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Dicoba Para Pemula

Toko Oleh-Oleh

Melancong ke Jogja belum lengkap tanpa membawa buah tangan yang menjadi identitas asli kota ini. Anda dapat mendirikan toko yang menjual berbagai souvenir maupun olahan kuliner khas jogja.

Adapun souvenir khas Jogja bisa berupa kaos, replika patung, lukisan, aksesoris, kerajinan tangan, dan lainnya. Sedangkan contoh oleh-oleh kuliner Jogja yang banyak dibeli wisatawan yaitu gudeg, bakpia, wingko, dan kue keranjang.

Anda dapat merekrut orang di sekitar Anda untuk memproduksi oleh-oleh tersebut. Jadi, selain tujuan komersil, bisnis ini juga bisa menjadi lapangan kerja bagi masyarakat Jogja.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Ini Wajib untuk Dicoba, Apa Saja?

Fotokopi dan ATK

Jogjakarta yang dipenuhi oleh para pelajar dan mahasiswa membuat kebutuhan terhadap fotokopi dan alat tulis kantor (ATK) juga tinggi. Selain pelajar dan mahasiswa, ada banyak perkantoran di Jogja yang tentunga membutuhkan ATK dan fotokopi. Itulah mengapa peluang bisnis ini begitu menjanjikan di Yogyakarta.

Memang, sudah banyak usaha fotokopi yang berdiri di Jogja. Akan tetapi, bisnis ini akan terus berkembang pesat karena banyak orang yang membutuhkannya.

Anda bisa memilih lokasi usaha di area perkantoran, kampus, dan lokasi di sekitar kos mahasiswa. Selain jasa fotokopi, Anda juga bisa menambahkan layanan seperti jilid skripsi, editing foto, laminating, dan jasa lainnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa, pelajar dan dan para pegawai kantoran.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Kuliner Online dan Bagaimana Tips Memulainya

Bisnis Gadget

Komposisi penduduk Jogja yang didominasi orang berusia muda mendorong tingginya angka permintaan gadget di kota Gudeg ini. Gadget tersebut bisa berupa handphone, laptop, printer, dan sebagainya.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat membuka toko yang menjual berbagai jenis gadget. Selain bisnis dagang, Anda juga bisa menyediakan layanan sevice untuk memperbaiki gadget yang rusak.

Studio Musik

Ngeband menjadi salah satu aktivitas yang digemari anak muda Yogyakarta. Selain itu, di Jogja juga berdiri kampus kesenian bernama Institut Seni Indonesia atau ISI.

Jadi, bisa dicoba nih membuka bisnis penyewaan studio musik dengan harga yang bersaing. Anda bisa melengkapi studio Anda dengan digital recording agar anak muda semakin tertarik dengan studio Anda.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

Kesimpulan

Nah, itulah 14 peluang bisnis yang menjanjikan di Yogyakarta yang bisa Anda tekuni. Ketika memutuskan terjun ke dunia bisnis, Anda harus benar-benar siap untuk menghadapi pelbagai tantangan dan masalah yang tidak mudah.

Kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Diperlukan sebuah proses yang cukup berliku dan sukses akan datang apabila Anda berhasil melewati proses tersebut.

Dalam menjalankan bisnis, Anda wajib melakukan pencatatan dan pembukuan yang detail dan rapi agar bisa melacak kinerja keuangan perusahaan. Guna memudahkan proses tersebut, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi dari Kledo yang akan membantu jalannya perusahaan Anda.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang menyediakan berbagai fitur seperti otomatisasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, perpajakan, buat invoice dalam hitungan detik, penagihan otomatis, manajemen aset dan gudang, pembelian, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera tingkatkan level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga. Anda juga bisa mencoba berbagai fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 − 2 =