10 Peluang Bisnis di Medan yang Cocok untuk Pemula

peluang bisnis di medan

Menjadi kota terbesar di pulau Sumatera, dan salah satu kota terbesar di Indonesia menjadikan kota Medan sebagai salah satu kota yang banyak memiliki peluang bisnis untuk pemula.

Ibu kota provinsi Sumatera utara ini memiliki letak yang strategis dan penduduk yang padat sehingga menjadi Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya.

Banyak peluang bisnis di kota Medan yang bisa Anda bangun mengingat potensi pasar yang besar berada di kota ini.

Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa peluang bisnis di kota Medan yang cocok bagi pemula dalam membangun sebuah usaha.

Sekilas Tentang Kota Medan

peluang bisnis di medan

Menurut Bappenas, Medan adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

Akses dari pusat kota menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi oleh jalan tol dan kereta api, bahkan Medan adalah kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api.

Berbatasan dengan Selat Malaka, Medan menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Pada tahun 2020, kota Medan memiliki penduduk sebanyak 2.435.252 jiwa, dan kepadatan penduduk 9.522,22 jiwa/km2

Jadi, bisa Anda bayangkan potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan membangun bisnis di kota Medan dengan banyaknya penduduk dan berkembangnya kota tersebut?

Dibawah ini kita akan bahas beberapa peluang bisnis yang bisa Anda bangun di kota Medan.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Kota Surabaya

10 Peluang Bisnis Terbaik di Kota Medan

Seperti yang kita sudah kita bahas di atas, Medan merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang menjanjikan.

Sektor agrikultur sekaligus perdagangan di kota metropolitan tersebut bahkan bernilai hingga multimiliar dolar.

Pohon karet, kelapa sawit, kakao, sampai kayu manis dapat tumbuh dengan subur di tanah Medan—belum sektor pariwisata dan lainnya.

Dengan potensi sebesar itu, membuka bisnis di Medan tentu merupakan langkah yang patut dicoba.

Berikut adalah contoh 10 peluang bisnis terbaik di kota Medan yang bisa Anda coba:

1. Bisnis kuliner

Saat berkunjung ke Medan, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi aneka makanan khas Medan.

Medan, khususnya Sumatera Utara merupakan daerah yang memiliki ragam kuliner yang legendaris dan disukai banyak orang. Sebut saja, lontong medan, soto medan, mie balap, bihun bebek, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya ragam kuliner tersebut, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menjualnya, terutama jika Anda yang hobi masak dan menguasai pembuatan menu tersebut.

Bukan tidak mungkin, bisnis kuliner atau rumah makan Anda terkenal dan Anda bisa membuka banyak cabang di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

2. Membuka coffee shop

Coffee shop saat ini menjadi bisnis yang banyak dibuka di berbagai daerah di Indonesia. Namun dengan membuka coffee shop di Medan, Anda berarti membuka coffee shop di tempat kopi terbaik di Indonesia.

Cita rasa yang unik nan menggoda kopi dari Provinsi Sumatra Utara mampu menyihir para penikmat kopi di Indonesia maupun di penjuru dunia.

Ada beberapa jenis kopi dari Sumatera Utara yang sudah terkenal rasanya sampai mancanegara seperti kopi sidikalang, kopi sipirok, kopi mandailing, kopi tarutung, dan kopi lintong.

Semua kopi ini bisa Anda jual di coffe shop Anda untuk menjadi pilihan pembeli dan menawarkan sensasi berbeda yang tidak mereka dapatkan selain di coffee shop Anda.

3. Penginapan

Apakah Anda memiliki kamar yang tidak terpakai di rumah Anda? Atau memliliki rumah yang tidak Anda tinggali di kota Medan dan sekitarnya?

Melihat tingginya angka kunjungan wisatawan ke Medan tiap tahun, hospitality diprediksi menjadi sektor bisnis yang akan terus bersinar di daerah Medan.

Selain rumah makan, penyewaan penginapan (lodging) seperti hotel, resort, villa dan homestay adalah lini usaha yang tidak ada matinya.

Tipe penginapan bisa Anda atur sesuai dengan karakter pasar yang akan dibidik, misalnya wisatawan lokal, turis mancanegara, business traveler, wisatawan low-budget, backpacker, atau yang lainnya.

Anda bisa mendaftarkan kamar Anda di layanan reservasi online seperti Airbnb, Traveloka, atau Booking.com

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan yang Cocok untuk Pemula

4. Bengkel

Dengan padatnya penduduk dan banyaknya kendaraan bermotor, tentu membuka bengkel tentu bisa menjadi pilihan bisnis terbaik untuk Anda yang mahir dalam ilmu otomotif dan perbaikan mesin.

Anda juga bisa menawarkan jasa pencucian mobil atau jasa servis ke rumah melalui panggilan telepon atau Whatsapp.

Saat ini, kebutuhan untuk bengkel dengan jasa berkualitas di kota Medan semakin tinggi, terutama dengan munculnya layanan ojek daring.

5. Rental kendaraan

Selain menjadi kota besar, Medan juga terkenal sebagai kota wisata sejak dulu. Terbukti dengan dibangunnya Bandara terbesar kedua di Indonesia, Bandar Udara Internasional Kuala Namu.

Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda untuk membuka bisnis rental kendaraan untuk keperluan wisata atau bisnis.

Pastikan juga Anda memiliki pemahaman tentang jalanan di kota Medan dan referensi wisata yang bisa membuat klien Anda merasa puas atas pelayanan Anda.

Baca juga: Transaksi Derivatif: Pengertian, Manfaat, Jenis, Risiko, dan Contohnya

6. Toko oleh oleh

Sebagai daerah wisata, Medan juga memiliki oleh-oleh makanan yang khas seperti bika ambon, bolu meranti, durian ucok, dan masih banyak lagi.

Semua oleh-oleh ini terkenal memliki rasa yang enak dan sering dibawa wisatawan sebagai buah tangan.

Selain makanan, Anda juga bisa menjual hal lain sebagai oleh-oleh, contohnya adalah kain ulos.

Kain ulos merupakan kain khas sekaligus kebanggan masyarakat Sumatera Utara. Kain ini wajib digunakan dalam berbagai macam ritual mulai dari upacara, pernikahan, pemakaman, sampai penyambutan tamu.

Selain membuka toko fisik, Anda juga bisa membuka toko online untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

7. Ekspor hasil perkebunan

Medan bisa menjadi rujukan tepat buat Anda yang ingin memulai usaha di bidang ekspor hasil perkebunan.

Selain kakao dan kelapa sawit, hasil perkebunan yang bisa diperoleh dengan mudah di Medan adalah tembakau, cengkeh, teh hijau, durian, hingga tanaman hidroponik lain yang bernilai fantastis.

Namun, sebelum Anda memilih untuk membangun bisnis ini, Anda harus memahami syarat dan ketentuan dari proses ekspor impor. Diperlukan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam agar Anda tidak berujung pada kerugian.

Baca juga: Ukuran Gudang, Jenis, Faktor, dan Tips Memaksimalkan Penyimpanan

8. Properti

Medan tergolong wilayah dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat. Per 2020, populasi Medan telah mencapai lebih dari 2,3 juta jiwa (terdiri dari warga lokal dan pendatang).

Pertumbuhan tersebut tentu saja membawa dampak dalam berbagai aspek, salah satunya yakni dari segi bisnis properti.

Merujuk hukum alam, semakin banyak orang tinggal di suatu daerah dan membutuhkan tempat tinggal, maka harga tempat tinggal, rumah, properti pun akan meningkat. Dengan begitu, Anda pun dapat memanfaatkan peluang usaha ini.

Anda dapat menjadi agen pemasaran properti, atau jika Anda memiliki modal yang banyak, Anda dapat membeli tanah kemudian dibangunkan perumahan rakyat.

9. Fotokopi dan penjualan ATK

Di Medan banyak terdapat kampus ataupun perkantoran, karena itu fotocopy dan percetakan cocok untuk usaha di sana.

Usaha fotocopy sendiri dapat dibilang cukup menjanjikan apalagi  jika lokasi nya strategis, terlebih jika Anda menjual produk tambahan seperti ATK.

Lihat saja dalam satu kampus ada berapa banyak jumlah mahasiswa nya apalagi setiap tahun terus bertambah jumlahnya.

Kemudian, ada berapa kampus dalam satu kota biasanya pasti lebih dari satu bukan? Itulah kenapa bisnis fotocopy dan penjualan ATK bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di kota Medan.

Baca juga: Aliansi Strategis: Definisi, Manfaat, Jenis, Tips, Contoh dan Kelemahannya

10. Grosir sembako

Berdagang atau berjualan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan masyarakat umum menjadi pilihan yang tidak bisa disepelekan. Bagaimana pun, yang namanya kebutuhan seperti sembako selalu dicari setiap harinya.

Di kota besar seperti Medan, membuka usaha grosir sembako bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan keuntungan.

Selain membuka toko, Anda juga bisa menyediakan layanan pesan antar sehingga memudahkan pelanggan Anda untuk berbelanja di toko Anda dan supaya Anda tidak kalah saing dengan jaringan duo retail modern.

Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis di Kota Medan

peluang bisnis di medan

1. Fokus pada pelanggan dan sepenuhnya memahami pasar

Ada banyak contoh bisnis yang tidak memiliki produk/jasa terbaik atau bukan yang pertama kali memasarkan, namun mereka sangat sukses.

Hal ini karena mereka telah menguasai pemasaran dan penjualan.

Teliti demografi basis pelanggan potensial Anda dan pahami kebiasaan membeli mereka.

Perhatikan pesaing, bicarakan dengan bisnis serupa, telusuri situs web pesaing Anda, dan pahami apa yang dikatakan pelanggan mereka tentang mereka di media sosial.

2. Mulailah dari yang kecil dan berkembang

Jika memungkinkan, danai sendiri ide bisnis Anda dan kemudian cari pendanaan ketika Anda dapat membuat cerita pertumbuhan.

Hal ini mungkin menyebabkan Anda memecah penawaran produk / layanan Anda menjadi bagian kecil sehingga Anda dapat mendanai tahap awal dan mendapatkan pemahaman dan pengalaman.

Baca juga: Commercial Invoice: Arti, Jenis, Komponen, dan Download Template Gratis

3. Pahami kekuatan, keterampilan, dan waktu yang Anda miliki

Saat menjalankan bisnis, ketahuilah kapan Anda perlu melibatkan akuntan, spesialis pemasaran, perancang halaman web, atau profesional lainnya.

Ini akan memulai proses manajemen Anda sebagai pemilik bisnis. Untuk solusi ideal bagi pemilik bisnis baru, Anda bisa menggunakan jasa freelancer.

Namun pastikan juga bahwa freelancer yang Anda pilih memiliki komitmen, skill, dan pemahaman yang baik atas bisnis Anda.

4. Lakukan pembukuan yang baik sejak hari pertama bisnis Anda buka

Anda tidak bisa mengukur tanpa data dan angka, begitupula dalam bisnis. Darimana Anda mengetahui bahwa keuangan bisnis Anda sehat atau menguntungkan? Ingatlah, asumsi adalah hal yang akan membuat bisnis Anda menuju jurang kerugian.

Pastikan Anda melakukan pencatatan pembukuan untuk memudahkan Anda dalam mengelola data keuangan dan memastikan bisnis Anda baik-baik saja.

Tidak memiliki pemahaman akuntansi? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online yang cocok untuk setiap jenis dan skala bisnis karena telah dipercaya oleh lebih dari 35.000 pengguna di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: Statistik Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya dalam Bisnis

Kesimpulan

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Medan memang memiliki peluang menjanjikan untuk Anda yang berencana membangun bisnis di sana.

Namun, hal terpenting yang harus Anda pikirikan sebelum memulai bisnis adalah proses pengaturan keuangan untuk memastikan kesehatan arus kas dalam bisnis.

Untuk kemudahan Anda dalam pengelolaan keuangan dan pembukuan usaha, Anda bisa menggunakan sistem akuntansi yang modern seperti software askuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau yang cocok untuk bisnis baru yang memiliki keterbatasan modal.

Hanya dengan 4500 perhari, Anda bisa mendapatkan solusi pembukuan, manajemen persediaan, membuat laporan keuangan praktis, multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 8 =