14 Cara Meningkatkan Penjualan Berbasis Online yang Wajib Dicoba

penjualan berbasis online

Baik bisnis online Anda berskala besar atau kecil, kami cukup yakin bahwa  tujuan utama Anda adalah meningkatkan penjualan berbasis online dan memperoleh laba sebanyak-banyaknya sehingga bisnis Anda bisa berkembang dengan sukses.

Namun di dunia e-commerce, cara untuk meningkatkan penjualan berbasis online bisa menjadi hal yang rumit karena ada begitu banyak penjualan online dan taktik pemasaran yang bisa dicoba.

Di bawah ini, kami telah menguraikan 14 metode yang telah terbukti dapat meningkatkan penjualan berbasis online. Perlu digarisbawahi bahwa tidak setiap metode relevan untuk setiap produk. Pikirkan tentang bisnis Anda, produk, pelanggan, dan bagaimana masing-masing dapat membantu menjangkau pelanggan baru setiap hari.

Tips Meningkatkan Penjualan Berbasis Online

penjualan berbasis online

1. Menunjukkan Produk Terlaris

Manusia adalah makhluk sederhana yang suka melakukan hal-hal yang orang lain suka lakukan. Mereka juga suka membeli barang-barang yang dibeli orang lain.  Hal ini bisa disebut sebagai bandwagon effect.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut demi kepentingan bisnis dengan menunjukkan kepada pelanggan baru apa yang dibeli dan digunakan orang lain. 

Pada halaman harga layanan, perlihatkan paket atau opsi produk yang paling populer.

Aplikasi software seperti Kledo menunjukkan paket mana yang paling populer di halaman harga mereka, yang dirancang untuk mendorong penjualan bisnis online:

Daripada mencantumkan harga yang berbeda, tambahkan nama untuk setiap paket di tingkat Anda. Menyebut paket “Pro”, “Elite” atau “Free” membuat orang merasa seperti mendapatkan akses ke fitur tambahan dan menginspirasi mereka untuk mau membayar lebih untuk layanan itu.

Tip lain? Tambahkan rekomendasi untuk membantu pelanggan membedakan produk terbaik untuk kebutuhan mereka, seperti Kledo:

contoh promosi paket produk

2. Menawarkan Gratis Ongkir

Oke, ini mungkin opsi paling mahal untuk meningkatkan penjualan berbasis online. Tetapi ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan berbasis online dengan cepat. 

Sebuah laporan dari National Retail Federation (NRF) menemukan bahwa 75% konsumen yang disurvei mengharapkan pengiriman gratis untuk produk yang mereka beli. 

Lebih dari setengah pembeli (55%) bahkan lebih memilih untuk tidak melanjutkan checkout transaksi dikarenakan tidak ada penawaran gratis ongkos pengiriman.

Kami tidak mengatakan Anda harus menawarkan pengiriman gratis kepada semua orang dan berisiko bangkrut. Anda bisa membuat persyarakat tertentu misalnya pelanggan akan mendapat gratis ongkir dengan jumlah pembelia tertentu.

Dengan begitu, pelangga akan terdorong membeli lebih banyak hanya untuk mencapai batas itu dan mendapatkan pengiriman gratis! 

Baca juga: Pebisnis, Ketahui 9 Penyebab Produk Tidak Laku dan Cara Mencegahnya

3. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Seberapa pentingkah reputasi kepercayaan? Sebuah studi mengungkapkan bahwa 61% pembeli online memutuskan untuk tidak membeli barang karena situs kurang terpercaya. 

Salah satu contoh bentuk menjaga keamana pelanggan misalnya di halaman checkout Anda, dengan menyertakan deskripsi langkah-langkah transaksi pembayaran. 

Cara lainnya adalah jaminan uang kembali. Saat Anda menggunakan jaminan uang kembali, Anda menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mendukung produk Anda, dan ini akan membangun kepercayaan pelanggan kepada produk Anda.

Anda juga bisa menunjukkan bahwa produk Anda hebat dengan membuat orang lain mengatakan produk atau layanan Anda hebat. Dengan begitu, Anda akan langsung mendapatkan kredibilitas dan memenangkan kepercayaan pelanggan Anda.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Anda dapat menambahkan testimonial ke beranda Anda, seperti testimoni pengguna Kledo di bawah ini:

contoh testimoni pengguna

4. Mempermudah Proses Checkout

Cara selanjutnya untuk meningkatkan penjualan berbasis online adalah dengan mempermudah proses checkout. Pelanggan cenderung antusias pada proses checkout yang praktis dan mudah.

Setiap langkah yang Anda tambahkan ke proses checkout hanya akan menambah lebih banyak waktu dan membuat pelanggan frustasi. Mengoptimalkan proses checkout dengan opsi fleksibel merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan online.

5. Menawarkan Berbagai Opsi Pembayaran

Sebenarnya, ini berkaitan dengan poin sebelumnya, karena semakin banyak opsi pembayaran yang Anda tawarkan, semakin mudah pelanggan melakukan checkout.

Ingat, ini semua tentang menghilangkan kesulitan proses checkout sehingga pelanggan merasa mudah untuk membelanjakan uang dengan Anda. 

Untuk itu, Anda bisa menawarkan berbagai jenis metode pembayaran misalnya COD, paylater, transfer bank, dan sebagainya.

Baca juga: 13 Rekomendasi Software Laporan Keuangan yang Wajib Anda Coba

6. Menggunakan Gambar Produk yang Bagus dan Menarik

Gambar produk yang indah sangat penting untuk situs e-commerce Anda. Mereka berguna untuk memberikan kesan pertama produk dan dapat membantu pelanggan membuat keputusan pembelian lebih cepat.

Tapi satu citra yang baik tidak cukup untuk memenangkan pelanggan. Ingat, pengunjung web tidak dapat menyentuh produk Anda, memegangnya, atau mencobanya. 

Itulah mengapa Anda memerlukan beberapa gambar produk luar biasa yang menunjukkan produk Anda dengan cara yang berbeda. Rancang situs web Anda secara optimal agar Anda akan meningkatkan penjualan online.

Anda bisa menggunakan beberap tips berikut untuk menarik pelanggan dengan gambar produk Anda:

  • Tampilkan produk dari berbagai sudut 
  • Gunakan latar belakang netral untuk setidaknya satu gambar
  • Tambahkan gambar gaya hidup untuk menunjukkan produk yang digunakan atau dipakai
  • Permudah pelanggan untuk zoom out dan zoom in
  • Gunakan gambar close up fitur produk dan detail khusus (seperti ritsleting, pegangan sepatu). 

Baca juga: Cara Mengambil Foto Produk Seperti Seorang Profesional

7. Optimalisasi SEO

Search engine optimization (SEO) memiliki nilai return on investment (ROI) tertinggi dari semua taktik pemasaran e-commerce. Jadi, jika Anda tidak berinvestasi dalam SEO untuk situs e-commerce Anda, Anda kehilangan potensi besar untuk meningkatkan penjualan berbasis online.

SEO adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Mengapa? Lihatlah faktanya:

  • 85% orang menggunakan Google untuk meneliti produk saat membuat keputusan berbelanja 
  • 37,5% dari semua lalu lintas ke situs e-commerce berasal dari mesin pencari 
  • 1 dari 4 pesanan e-commerce terkait langsung dengan organic traffic

Yang terpenting, sekitar 75% orang tidak melewati halaman pertama hasil pencarian di Google. Ini berarti jika Anda ingin tampil di depan pembeli saat mereka ingin membeli, Anda harus meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencarian dengan menggunakan SEO. 

Mulailah dengan melakukan riset kata kunci untuk menemukan jenis kata kunci yang dicari calon pelanggan.  Kemudian kembangkan situs berdasarkan apa yang Anda temukan.

Tapi, ini tidak serta merta membuat penjualan bisnis Anda meroket dalam semalam. Ingat, SEO adalah proses yang panjang. Anda tidak dapat mengharapkan hasil dalam semalam.

Dibutuhkan strategi SEO yang kokoh yang dibuat untuk audiens target Anda, dan dedikasi untuk memantau dan mengoptimalkan strategi ini berulang kali.  

8. Membuat Konten yang Berkualitas

Misi Google adalah untuk memberikan hasil yang berguna dan relevan dalam sepersekian detik. Dan ini sangat bergantung pada kualitas konten Anda. 

Semakin bermanfaat dan relevan konten Anda, semakin baik peringkat situs e-commerce Anda di halaman hasil mesin pencari, dan semakin banyak pelanggan potensial berkunjung ke situs Anda. 

Sebaliknya, konten yang buruk menjauhkan pelanggan dari situs Anda dan mengirimkan tanda peringatan ke mesin pencarian bahwa orang tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari konten Anda. Sehingga, situs Anda sangat sulit untuk ditemukan pelanggan.

Baca juga: Mengenal Beberapa Jenis Produk dan Proses Memasarkannya

9. Google Shopping

Kami tahu apa yang Anda pikirkan: apakah Google Shopping benar-benar diperlukan untuk meningkatkan penjualan berbasis online? 

Jawabannya iya. Mengapa? Sebab, menurut Search Engine Land iklan Google Shopping menyumbang sekitar 75% klik dari pencarian produk tidak bermerek.

Dan sebuah studi oleh Searchmetrics menunjukkan bahwa Iklan Google Shopping menyumbang 80% dari semua pembelanjaan pencarian. Persentase pengeluaran pencarian ini menghasilkan lebih dari 85% dari semua klik.

google shopping

Untuk menjadi memasang iklan Shopping, tautkan akun Google Ads Anda ke Google Merchant Center.  Lalu Anda perlu menyiapkan data produk Anda, yang merupakan spreadsheet yang menjelaskan dan mengatur setiap produk di katalog Anda sehingga Google dapat dengan mudah memahaminya. 

10. Melakukan Pemasaran Email

Lakukan penjualan lebih banyak bahkan ketika pelanggan telah meninggalkan situs Anda. Pemasaran email adalah taktik kuno, tetapi dalam hal meningkatkan penjualan online, Anda tidak dapat mengabaikannya. 

Faktanya, pemasaran email menyumbang sekitar 23% dari penjualan online.  Anda bisa melakukan otomatisasi email yang dipersonalisasi untuk berhubungan dengan pelanggan yang melakukan interaksi dengan situs Anda. 

Jika Anda mengirim saran dan konten produk berdasarkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan, kemungkinan besar mereka akan mengklik dan membeli lewat surel Anda. 

11. Menggunakan Pemasaran Pay per Click (PPC)

Tidak semua taktik terbaik untuk meningkatkan penjualan itu gratis. Terkadang Anda harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Itulah yang terjadi dengan pemasaran PPC dimana Anda harus membayar untuk setiap klik pada iklan.

Lebih baik lagi, buat kampanye untuk setiap kategori dengan grup iklan untuk setiap subkategori. Anda akan segera dapat menunjukkan dengan tepat di mana Anda mendapatkan hasil terbaik dan di mana Anda dapat meningkatkannya. 

Taktik kedua yang harus Anda miliki adalah membuat grup iklan untuk produk tertentu yang Anda tahu adalah penjual yang baik dan memiliki jumlah volume pencarian yang layak. 

Hal lain yang tidak dipertimbangkan oleh banyak pemilik situs e-commerce adalah bagaimana landing page Anda cocok dengan iklan berbayar. Untuk itu, Anda perlu melakukan:

  • Pastikan landing page Anda sangat mirip dengan tata letak dan skema warna iklan yang digunakan untuk mempromosikannya.
  • Perhatikan kecocokan pesan. Landing page harus memiliki salinan yang sama (atau setidaknya pesan yang sama) seperti iklan Anda.
Banner 1 kledo

12. Menyediakan Fitur Chat di Website

contoh chatboots

Chatbots telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun dulu chatbot hanya dapat melayani fungsi dasar, seperti menanggapi harga suatu barang atau mengarahkan penggunaan ke tempat tertentu di situs web Anda, chatbot saat ini mampu menangani 68,9% pertanyaan pelanggan dari awal hingga akhir.

Selain itu, 68% pembeli mengatakan mereka menyukai chatbot karena mereka memberikan jawaban cepat sesuai permintaan daripada harus menunggu perwakilan yang sebenarnya.

Chatbots juga dapat digabungkan dengan fungsi obrolan langsung untuk konversi penjualan lebih banyak lagi.

13. Aktif di Media Sosial

contoh pemasaran di media sosial

Ingin memastikan penjualan? Saatnya menghubungkan toko online Anda dengan akun media sosial Anda.

Menghubungkan situs web Anda ke media sosial mendorong pengguna untuk mengikuti Anda, bahkan jika mereka belum siap untuk membeli. Setelah mereka menjadi bagian dari komunitas Anda, Anda akan memiliki banyak peluang untuk mempromosikan bisnis Anda kepada mereka, bahkan jika mereka tidak kembali ke toko online Anda.

Jangan lupa untuk selalu update media sosial Anda dengan promosi dan produk terbaru Anda juga. Tambahkan tautan ke Facebook atau Instagram Shopping untuk mengarahkan komunitas Anda kembali ke situs web Anda untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Tips Foto Produk Paling Instagramable yang Wajib Dicoba

14. Tingkatkan Loyalitas dengan Layanan Pelanggan yang Prima

Meskipun wajar untuk mencoba mencari pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan, namun Anda harus menjaga pelanggan Anda yang sudah ada.

Pelanggan Anda yang sudah ada adalah sumber yang bagus untuk meningkatkan penjualan karena:

  1. Mereka sudah tahu dan mempercayai merek Anda
  2. Mereka telah menunjukkan kebutuhan akan produk atau layanan Anda
  3. Anda mungkin sudah memiliki informasi kontak mereka

Oleh karenanya, jagalah pelanggan Anda dengan layanan pelanggan yang sangat baik, dan Anda secara alami akan melihat peningkatan besar dalam penjualan Anda.

Layanan pelanggan ini termasuk kegiatan seperti:

  • Meminta umpan balik mereka setelah pembelian mereka
  • Mengatasi masalah atau pertanyaan apa pun yang dimiliki pelanggan Anda
  • Menanggapi ulasan di media sosial atau platform lain
  • Mengucapkan selamat ulang tahun untuk mereka
  • Memperluas penawaran eksklusif kepada mereka

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Pelanggan yang Kecewa?

Kesimpulan

Itulah 14 metode meningkatkan penjualan berbasis online yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis. Anda tidak harus melakukan semua cara di atas. Ada baiknya, Anda memilih satu atau beberapa metode di atas yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik bisnis Anda.

Selain harus merancang strategi pemasaran yang tepat, dalam mengelola bisnis Anda juga diwajibkan untuk mengelola keuangan secara tepat dan cepat. Untuk itu, Anda memperlukan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi seperti invoice, purchase, manajemen stok, dan beragam fitur lainnya.

Kledo sudah digunakan lebih dari 20 ribu pelaku usaha dari seluruh Indonesia dan terus berkomitmen untuk membantu pengembangan usaha, khususnya para pelaku UMKM.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk memantau performa bisnis Anda darimana saja dan kapan saja. Juga, Kledo bisa digunakan untuk beragam jenis bisnis.

Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =