Ingin Memulai Investasi Unit Link? Yuk Kenali Jenisnya!

investasi-unit-link

Kawan Kledo ingin memulai investasi tapi juga jadi bagian asuransi atau kata lainnya asuransi investasi? Asuransi investasi ini jadi pilihan tepat bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan fasilitas asuransi tapi juga bisa dijadikan sebagai investasi. Buat Kawan Kledo yang ingin menjadi bagian dari asuransi plus investasi ini, yuk kenalan dengan unit link atau investasi unit link. Apa sih investasi unit link ini? Simak penjelasannya di bawah ini:

Pengerian Investasi Unit Link

investasi unit link

Investasi unit link atau asuransi unit link merupakan salah satu jenis produk asuransi jiwa yang menanggung risiko personal tertanggung dengan biaya asuransi ini diambil dari kumpulan investasi yang dilakukan oleh pemilik asuransi. Unit link ini masuk ke dalam jenis asuransi nontradisional dimana unit link mengombinasikan dua produk keuangan, yaitu asuransi dan investasi.

Ketika Kawan Kledo mendaftar unit link ini, dana yang Kawan Kledo setorkan akan dibagi ke dua bagian yaitu premi (uang yang harus dibayarkan untuk asuransi) untuk perlindungan dan sebagiannya lagi disetorkan ke manager investasi oleh pihak asuransi agar dapat dikelola, dimana biasanya dalam bentuk investasi reksadana.

Di sini nasabah akan diberikan pilihan dananya akan ditempatkan di jenis reksadana apa, apakah reksadana saham, campuran, pendapatan tetap, atau pasar uang.

Manfaat Investasi Unit Link

asuransi

Berikut manfaat yang bisa Kawan Kledo dapatkan dengan berinvestasi di unit link:

1. Unit Link Memiliki Fungsi Ganda

Manfaat unit link yang pertama adalah unit link memiliki fungsi ganda. Dari unit link ini Kawan Kledo bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa sekaligus berinvestasi. Dengan ini, sebagai nasabah pastinya Kawan Kledo lebih dimudahkan karena tidak perlu mengurus dana investasi dan asuransi secara terpisah.

2. Memiliki Periode Proteksi yang Panjang

Manfaat kedua yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan unit link adalah mendapatkan periode proteksi yang panjang. Kawan Kledo yang mendaftar investasi asuransi akan mendapatkan proteksi hingga Kawan Kledo berusia 99 tahun dan informasi ini tercantum dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis.

3. Mendapatkan Manfaat Asuransi Tambahan

Selain mendapatkan asuransi jiwa, dengan mendaftarkan diri menjadi nasabah unit link, Kawan Kledo juga mendapatkan manfaat asuransi tambahan. Manfaat ini antara lain cacat total, keadaan kritis, cacat tetap, perlindungan kecelakaan, sakit karena penyakit, hingga mendapatkan biaya rawat inap.

4. Nilai Tunai yang Dimiliki Tidak Hangus

Jika pada asuransi jiwa lainnya nilai tunai dapat hangus jika risiko yang ditanggung tidak pernah terjadi, pada unit link Kawan Kledo tetap mendapatkan nilai tunai meski tidak terjadi risiko yang ditanggung. Kawan Kledo dapat mencairkan nilai tunai ini di waktu tertentu. Dengan begitu, Kawan Kledo tidak akan kehilangan manfaat dari asuransi unit link ini.

Jenis-Jenis Unit Link

unit link

Berikut jenis-jenis investasi unit link yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai investasi:

Unit Link Berdasarkan Pembayaran Premi

Ada 2 (dua) jenis unit link yang dibedakan berdasarkan pembayaran premi, apa saja 2 (dua) unit tersebut?

1. Unit Link Premi Tunggal

Unit link pertama yang dibedakan berdasarkan pembayaran premi adalah unit link premi tunggal. Pada jenis unit link premi tunggal, nasabah memiliki kewajiban untuk membayarkan premi tunggal secara sekaligus di muka. Buat Kawan Kledo yang telah mapan secara finansial unit link premi tunggal ini sangat cocok.

Hal ini dikarenakan setoran premi yang harus dibayarkan besar dan hanya dilakukan satu kali pada masa perlindungan dari polis asuransi. Setelah membayarkan premi sekali ini, nasabah tidak ada kewajiban untuk membayar lagi dan jenis ini termasuk unit link dengan premi paling tinggi dibandingkan lainnya.

2. Unit Link Premi Berkala

Jenis kedua investasi unit link adalah unit link premi berkala. Kawan Kledo yang mengambil premi jenis ini, Kawan Kledo harus membayarkan premi secara berkala. Kawan Kledo bisa memilih untuk membayarkannya setiap satu bulan, setiap triwulan, hingga setiap tahun dan jangka waktu lainnya. Jenis premi satu ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan perlindungan asuransi sekaligus berinvestasi, namun dana yang dimiliki masih terbatas.

Pada unit link jenis ini, dana investasi yang ada di unit link tidak dapat ditarik pada waktu tertentu, misalnya adalah tahun ke enam atau ketujuh. Ini dikarenakan pihak asuransi baru memasukan dana yang dimiliki oleh nasabah pada tahun keempat atau kelima pembayaran unit link. Setelah investasi berjalan, Kawan Kledo juga akan dikenakan potongan pada hasil dari investasi tersebut, seperti biaya pengelolaan dan biaya administrasi, yang nantinya bisa mengurangi keuntungan dari investasi.

Kelebihan dari unit link satu ini adalah jika Kawan Kledo memiliki kendala dalam membayar premi, Kawan Kledo dapat mengajukan cuti pembayaran premi. Selain itu, Kawan Kledo yang telah mencapai nilai investasi yang cukup untuk membayar premi tidak perlu membayarkan premi lagi.

Unit Link Berdasarkan Penempatan Dana

Berdasarkan penempatan dana, unit link dibedakan menjadi 4 (empat), apa saja?

1. Unit Link Pasar Uang

Unit link pertama berdasarkan penempatan dana adalah unit link pasar uang. Unit link pasar uang merupakan unit link yang penempatannya ada di instrumen pasar uang. Conton dari pasar uang adalah deposito ataupun surat utang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Unit link jenis ini memiliki risiko yang rendah namun juga keuntungan yang didapatkan rendah. Buat Kawan Kledo yang tidak berani ambil risiko, investasi unit link jenis ini sangat cocok.

2. Unit Link Pendapatan Tetap

Jenis unit link berdasarkan penempatan dana adalah unit link pendapatan tetap. Unit link jenis ini penempatannya ada di pendapatan tetap, seperti surat utang atau obligasi, dan lainnya ada di pasar uang. Dibandingkan unit link pasar uang, unit link pendapatan tetap memiliki risiko yang lebih tinggi namun juga keuntungan yang lebih tinggi pula. Bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil, Kawan Kledo bisa memilih jenis investasi ini.

3. Unit Link Campuran

Jenis selanjutnya dari unit link berdasarkan penempatan dana adalah unit link campuran. Unit link ini merupakan investasi yang dalam penempatannya ada di beragam instrumen investasi, misalnya adalah saham, surat utang, dan juga pasar uang. Dibandingkan pendapatan tetap, unit lin campuran memiliki keuntungan yang lebih besar namun juga memiliki risiko yang lebih besar pula.

4. Unit Link Saham

Terakhir, unit link saham. Jenis investasi ini dalam penempatannya 80% ada di instrumen investasi saham. Dibandingkan jenis investasi lainnya, unit link saham memiliki timbal balik atau keuntungan yang lebih besar, namun dengan risiko yang besar pula. Buat Kawan Kledo yang berani dengan risiko yang tinggi, unit link ini sangat cocok.

Unit Link Berdasarkan Tujuan Investasi

Terakhir, ada jenis unit link berdasarkan tujuan investasi. Unit link jenis ini dibuat oleh perusahaan asuransi yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Jadi, Kawan Kledo sebagai nasabah nantinya dapat menyesuaikan jenis investasi yang dipilih berdasarkan tujuan investasi Kawan Kledo.

Tips Investasi Unit Link yang Baik

investasi unit link

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai investasi ini, ada beberapa tips yang harus Kawan Kledo lakukan agar sukses dengan investasi ini. Berikut tips-tips yang harus Kawan Kledo lakukan:

1. Pilih Sesuai Tujuan Investasi

Tips unit link pertama yang harus Kawan Kledo lakukan adalah pililah investasi ini sesuai dengan tujuan investasi Kawan Kledo. Ini tidak hanya berlaku pada unit link, tapi di setiap jenis investasi selalu diutamakan tujuan dari investasi tersebut. Pastikan Kawan Kledo sudah memiliki tujuan yang jelas ketika memilih investasi ini agar nantinya Kawan Kledo bisa mencapai tujuan tersebut dan tidak salah memilih investasi.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan

Kedua, Kawan Kledo juga wajib menyesuaikan investasi yang dipilih sesuai kemampuan Kawan Kledo. Seperti yang telah dijelaskan di atas, semua jenis unit link harus disesuaikan dengan kemampuan nasabahnya. Jangan sampai di tengah jalan Kawan Kledo tidak sanggup membayar karena pilihan Kawan Kledo di luar kemampuan Kawan Kledo.

3. Pahami Cara Kerja Investasi Unit Link

Kawan Kledo juga harus memahami cara kerja unit link sebelum memilihnya sebagai salah satu produk investasi. Kawan Kledo harus paham bagaimana pembagian unit link ini, misalnya adalah berapa persentase untuk investasi dan berapa persentase untuk asuransi.

4. Ketahui Biaya yang Diperlukan

Mengetahui biaya yang diperlukan juga menjadi salah satu hal yang wajib Kawan Kledo ketahui. Jangan sampai Kawan Kledo merasa berat saat membayar premi karena tidak mengatahui adanya biaya-biaya untuk investasi ini.

5. Pahami Cara Kerja Dana Investasi

Kawan Kledo juga wajib memahami cara kerja dana investasi. Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa jenis investasi berdasarkan penempatan dana. Kawan Kledo harus memahami bagaimana cara kerja dana investasi ini agar Kawan Kledo memahami segala keuntungan dan risikonya.

6. Perhatikan Penarikan Dana

Unit link memilihi jangka waktu penarikan dana yang berbeda-beda, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dari nasabah. Kawan Kledo harus memperhatikan jangka waktu penarikan dana ini agar bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai investasi asuransi unit link yang harus Kawan Kledo ketahui. Investasi jenis ini bisa menjadi pilihan bagi Kawan Kledo namun pastikan Kawan Kledo sudah memilih sesuai kebutuhan Kawan Kledo.

Bagi Kawan Kledo yang memiliki bisnis, jangan lupa gunakan software akuntansi Kledo untuk mengelolaan keuangan Kawan Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang pastinya akan memudahkan pengelolaa keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 5 =