10 Tips Sukses Membangun Bisnis Cafe yang Menguntungkan

bisnis cafe

Saat ini cafe menjadi bagian gaya hidup masyarakat di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap cafe ini membuat bisnis cafe memiliki peluang yang besar.

Cafe menjadi tempat untuk nongkrong bersama teman-teman ataupun sekadar duduk sendirian menikmati secangkir kopi. Kawan Kledo bisa memilih bisnis satu ini, terlebih jika di lingkungan tempat tinggal Kawan Kledo belum terdapat cafe atau tempat nongkrong sejenis.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis cafe ini dan apa saja tips yang harus dilakukan untuk sukses bisnis satu ini? Untuk menemukannya jawabannya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Peluang Bisnis Cafe

bisnis cafe

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bisnis cafe memiliki peluang yang menjanjikan. Berikut beberapa alasan yang membuat bisnis satu ini memiliki peluang yang menjanjikan:

1. Pasar yang Luas

Alasan pertama bisnis cafe atau bisnis coffee shop ini memiliki peluang yang menjanjikan adalah karena bisnis satu ini memiliki pasar yang luas. Hal ini dikarenakan kopi disukai oleh semua kalangan, baik itu pria, wanita, dewasa, muda, hingga orang tua.

Dengan luasnya pasar yang dimiliki oleh bisnis coffee shop ini pastinya akan berdampak pada omzet yang akan Kawan Kledo dapatkan. Untuk bisa mendapatkan pasar yang luas dan omzet yang besar ini, pastikan kopi yang Kawan Kledo jual memiliki rasa yang enak.

2. Bisnis Cafe Memiliki Omzet Harian yang Mudah Didapatkan

Selain memiliki pasar yang luas, bisnis coffee shop juga bisa memberikan omzet harian yang mudah untuk didapatkan. Dengan membuka cafe setiap hari maka setiap hari pula cafe Kawan Kledo akan mendapatkan omzet.

Omzet harian ini pun bisa bertambah saat akhir pekan atau saat akhir pekan. Selain itu, cafe yang ada di kawasan karyawan memiliki peluang omzet yang lebih besar di pagi hari karena kebiasaan minum kopi di pagi hari bagi karyawan kantoran.

3. Menu Sederhana

Berbeda dengan restoran atau tempat makan lainnya, cafe memiliki menu yang lebih sederhana. Kawan Kledo tidak perlu membuat menu-menu makanan berat seperti aneka nasi atau lauk-pauk lainnya, cukup menu berbagai jenis kopi, green tea, milk shake, dan lainnya.

Untuk tambahan makanan, Kawan Kledo bisa membuat menu makanan ringan atau camilan untuk teman ngopi, yakni antara lain burger, kentang goreng, kue, orti, dan lainnya.

4. Tempat Nyaman Kunci Utama

Selain jualan kopi dan makanan ringan lainnya, cafe atau coffee shop juga menjual tempat. Maksudnya adalah kenyamanan tempat menjadi hal yang sangat diperhitungkan oleh konsumen.

Tempat nyaman menjadi tren yang sedang berkembang di tengah masyarakat dan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk meningkatkan kenyamanan ini, Kawan Kledo bisa membuat tempat yang Instagramable, WiFi gratis, colokan listrik, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui peluang yang dimiliki oleh bisnis coffee shop ini, lalu bagaimana memulai bisnis ini? Berikut cara memulai bisnis cafe yang dapat Kawan Kledo lakukan:

10 Tips Bisnis Cafe Sukses

bisnis coffee shop

Nah, agar bisnis cafe yang Kawan Kledo miliki bisa meraih kesuksesan dan dapat bersaing dengan kompetitor, berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo terapkan ke dalam bisnis Kawan Kledo:

1. Pilihlah Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis

Tips pertama yang harus Kawan Kledo lakukan agar bisnis coffee shop yang Kawan Kledo kelola dapat meraih kesuksesaan adalah dengan memilih lokasi yang strategis. Berada di lokasi yang ramai dan dekat dengan akses jalan raya akan menjadi kelebihan tersendiri sehingga cafe mudah untuk ditemukan.

Jangan lupa untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi para pengunjung cafe. Misalnya dengan dilengkapi tema-tema tertentu ataupun dengan tambahan tanaman hijau yang akan membuat cafe tampak lebih sejuk.

2. Lengkapi Bisnis Cafe dengan Lesehan yang Nyaman

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kenyamanan menjadi bagian penting bagi pengunjung cafe, Kawan Kledo juga bisa melengkapi cafe dengan pilihan duduk lesehan. Pisahkan bagian lesehan ini dari bagian lainnya yang menggunakan meja dan kursi, Kawan Kledo juga bisa menambahkan bantal atau bean bag di bagian lesehan ini.

3. Berikan Dekorasi yang Unik dan Instagramable

Tips ketiga yang dapat diterapkan agar sukses bisnis cafe adalah dengan memberikan dekorasi yang unik dan Instagramable. Di era digital seperti saat ini, cafe tidak hanya dijadikan tempat nongkrong dan minum namun juga sebagai tempat selfi.

Jadi, cafe yang memiliki dekorasi unik pastinya akan lebih disukai dibandingkan cafe yang memiliki dekorasi sederhana. Pilihlah tema tertentu dan dekor cafe Kawan Kledo sesuai tema tersebut agar tampak cantik sebagai background foto di Instagram.

4. Menu yang Menarik Bisnis Cafe

Biasanya, cafe memiliki menu andalan yang berbeda dengan cafe-cafe lainnya. Kawan Kledo juga harus mempertimbangkan hal ini untuk diterapkan di bisnis Kawan Kledo.

Utamakan rasa yang lezat, unik, dan juga tampilan yang menarik agar pengunjung tertarik dan kesempatan untuk kembali semakin besar.

5. Beli Bahan Baku secara Grasir

Untuk menghemat pengeluaran, Kawan Kledo bisa membeli bahan baku yang dibutuhkan secara grosir. Semakin banyak bahan yang dibeli, maka semakin murah harga yang Kawan Kledo dapatkan.

Pembelian secara grosir juga dilakukan untuk menyiasati kehabisan bahan baku sewaktu-waktu. Kawan Kledo dapat menjaga stok barang dan saat pengunjung ramai Kawan Kledo tidak perlu khawatir kehabisan bahan baku makanan dan minuman.

6. Mulai Bisnis Cafe dengan Tenaga Sendiri

Pada awal merintis bisnis, ada baiknya Kawan Kledo memulainya dengan tenaga sendiri. Mengerjakan semuanya sendiri dapat menghemat pengeluaran karena tidak memerlukan biaya untuk gaji karyawan.

Nanti ketika bisnis Kawan Kledo semakin berkembang dan memiliki banyak pelanggan, Kawan Kledo bisa mulai merekrut karyawan. Pilihlah karyawan terpercaya yang dapat membantu mengembangkan cafe dan bisa melayani pelanggan dengan ramah.

7. Strategi Marketing yang Tepat

Marketing atau pemasaran menjadi bagian penting dalam suatu bisnis, termasuk dalam bisnis coffee shop ini. Kawan Kledo harus membuat strategi marketing yang tepat agar bisnis dapat terus berjalan lancar.

Kawan Kledo bisa melakukan analisis pasar ataupun membuat marketing plan dalam rangka membuat strategi yang tepat ini. Nah, untuk lebih lengkapnya terkait strategi pemasaran ini, Kawan Kledo bisa membacanya di artikel yang ada di sini.

8. Menjalin Kerjasama dengan Investor

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis coffee shop atau memiliki ide membuat bisnis coffee shop namun modal masih terbatas, menjalin kerjasama dengan investor bisa menjadi salah satu pilihan. Kawan Kledo bisa memulainya dari orang-orang terdekat, seperti keluarga atau teman.

Selain teman dan keluarga, Kawan Kledo juga bisa mencari investor dari pihak swasta. Baca di sini untuk informasi lebih lengkapnya.

9. Pesan Antar Online

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, membuka cafe dibatasi karena harus menghindari kerumunan untuk pencegahan penularan virus. Fasilitas layanan pesan antar bisa menjadi salah satu solusi bagi bisnis coffee shop Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa mendaftarkan bisnis Kawan Kledo di aplikasi kuliner online ataupun membuka layanan tersendiri melalui media sosial atau WhatsApp. Dengan tambahan fasilitas layanan ini, pastinya memesan makanan atau minuman menjadi lebih mudah dan akan berdampak kepada kenaikan pendapatan bisnis Kawan Kledo.

10. Kelola Keuangan Bisnis Cafe dengan Baik

Terakhir, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis dengan baik. Pengelolaan bisnis ini menjadi bagian yang sangat penting dalam bisnis.

Jangan sampai laba yang diterima sedikit padahal omzetnya besar. Jangan lupa juga pisahkan dana pribadi dengan pendapatan di cafe.

Untuk lebih mudah, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang pastinya akan membuat pengelolaan keuangan jadi super mudah.

Pilihan Menu untuk Bisnis Cafe

coffee shop

Supaya Kawan Kledo tidak bingung apa saja menu yang harus ada di sebuah cafe, berikut beberapa rekomendasi menu yang bisa menjadi pilihan untuk bisnis Kawan Kledo:

1. Espresso

Espresso menjadi salah satu menu andalan yang ada di cafe atau coffee shop. Espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti cepat.

Banyak orang yang baru pertama kali ke cafe kaget ketika menerima espress yang dipesan karena espress disajikan dalam gelas kecil dan memiliki rasa yang pahit.

2. Macchiato

Macchiato merupakan menu perpaduan antara espresso dengan susu. Jadi menu ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang masih ingin menikmati kopi namun dengan rasa yang lebih manis.

3. Latte

Latte dan macchiato memiliki perpaduan yang sama yakni kopi dengan susu. Bedanya, macchiato lebih menonjolkan rasa susu, sedangkan latte lebih menonjolkan rasa kopi.

4. Cappucino

Siapa sih yang nggak tahu menu cappucino ini? Cappucino merupakan menu yang sudah lama hits di dunia perkopian, baik dijual di cafe ataupun dijual dalam bentuk bubuk kopi sachet.

Cappucino sebenarnya sama seperti menu kopi di atas, namun bedanya pada takarannya yakni sepertiga espresso, sepertiga susu, dan sepertiga froth susu. Bedanya lagi, menu cappucino ini tidak memiliki busa art yang ada di bagian atas kopi.

5. Mocha

Sama seperti lainnya, mocha juga menjadi menu yang sudah cukup terkenal di dunia perkopian. Mocha ini dibuat dari perpaduan antara espresso, susu, dan cokelat sehingga akan tercipta rasa manis dan juga aroma dari kopi.

6. Affogato

Ingin mencoba perpaduan es krim dengan kopi? Affogato bisa menjadi pilihan tepat.

Dalam penyajiannya es krim dan kopi yang ada dalam affogato berada di cangkir terpisah dan cara meminumnya adalah dengan menuangkan kopi di atas es krim.

7. Americano

Americano menjadi menu coffee shop yang sering muncul di drama Korea. Setiap pagi biasanya tokoh di drama Korea akan memesan secangkir americano panas dan ketika siang memesan americano dingin.

Americano merupakan minuman yang dibuat dari perpaduan espresso dengan air panas. Rasa kopi pada espresso masih sangat terasa karena tidak mendapatkan tambahan bahan lain selain air panas atau es.

8. Milkshake

Jika Kawan Kledo beranggapan coffee shop hanya untuk pecinta kopi, Kawan Kledo salah besar. Masih ada beberapa menu pilihan buat pengunjung yang tidak minum kopi, yakni milkshake.

Milkshake merupakan minuman yang terbuat dari campuran susu, es krim, dan sirop yang dikocok hingga keluar busa.

9. Jus Buah

Meski banyak yang ‘mengejek’ memesan jus buah di coffee shop, namun jika Kawan Kledo yang tidak minum kopi tetap bisa memesan jus buah ini sebagai pilihan. Sama seperti jus buah umumnya, jus buah di kedai kopi dibuat dari campuran buah, susu, dan gula yang diblender.

10. Hot/Ice Chocolate

Pilihan menu minuman di cafe terakhir adalah hot/ice chocolate. Hot/ice chocolate merupakan menu minuman yang dibuat dari perpaduan cokelat bubuk dengan gula dan tambahan air ataupun susu hangat.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips bisnis cafe yang dapat Kawan Kledo lakukan agar bisnis cafe yang Kawan Kledo miliki dapat meraih kesuksesan. Jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan software akuntansi Kledo.

Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Selain itu penyimpanan berbasis cloud yang dimiliki oleh Kledo memungkinkan bagi Kawan Kledo untuk mengelola keuangan dari mana saja, termasuk ketika sedang libur.

Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 1 =