Laporan Perubahan Modal: Pengertian, Fungsi, Komponen, Contoh dan Cara Membuatnya

laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal atau ekuitas adalah salah satu dari empat laporan keuangan utama yang disiapkan oleh entitas bisnis untuk akhir periode akuntansi tertentu bersama dengan laporan lain seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Laporan ini biasanya menyajikan modal entitas, akumulasi kerugian, atau laba ditahan yang menunggu kinerja entitas dan cadangannya. Dengan kata lain, saldo akhir ekuitas dalam pernyataan ini adalah selisih antara total aset dan total ekuitas.

Jika kawan Kledo mengelola pembukuan manual, sangat penting untuk mengetahui apa itu laporan perubahan modal. Dan pada artikel ini, kita akan membahasnya secara mendalam.

Apa itu Laporan Perubahan Modal

laporan perubahan modal

Ekuitas atau modal dapat didefinisikan sebagai nilai-nilai yang diberikan para stakeholders perusahaan yang digunakan untuk bisnis. Ini memegang bagian dari total kas atau barang yang didedikasikan untuk bisnis.

Apalagi jumlah uang tersebut menandakan masa kerja sebuah perusahaan. Laporan perubahan modal memungkinkan bisnis untuk menghitung keuntungan atau kerugiannya untuk periode tertentu, sehingga menghasilkan keputusan yang tepat.

Bersamaan dengan itu, laporan ini juga menyimpan catatan pendapatan inklusif lainnya selama periode atau sepanjang tahun, hasil dari variasi dalam strategi akuntansi dan perubahan kesalahan substansial yang diidentifikasi dalam waktu itu, dan jumlah tabungan, dan bonus dan persediaan lainnya untuk , pemegang saham ekuitas sepanjang rentang waktu.

Apa Fungsi Laporan Perubahan Modal?

Fungsi utama laporan perubahan modal ini adalah untuk memberikan perincian tentang semua pergerakan akun modal selama periode akuntansi, yang sebaliknya tidak tersedia dalam laporan keuangan lainnya.

Dengan demikian, ini membantu pemegang saham dan investor dalam membuat keputusan yang lebih tepat tentang investasi mereka. Selanjutnya, Lapotan ini juga memungkinkan para analis dan pembaca laporan keuangan lainnya untuk memahami faktor-faktor apa yang mengakibatkan perubahan modal ekuitas.

Komponen Apa Saja yang Ada dalam Laporan Perubahan Modal?

Berikut adalah komponen inti dari laporan perubahan modal

1. Saldo Pembukaan

Ini mewakili stabilitas aset ekuitas pemegang saham dari awal periode pencatatan relatif seperti yang diarahkan pada pernyataan situasi keuangan periode sebelumnya.

Saldo awal tidak disesuaikan sehubungan dengan perubahan kesalahan periode sebelumnya yang diselesaikan pada periode yang ada dan hasil dari variasi kebijakan akuntansi yang dilaksanakan sepanjang waktu karena dapat diakses dengan jelas dalam laporan perubahan ekuitas.

2. Hasil Variasi Kebijakan Akuntansi

Ketika variasi dalam strategi akuntansi digunakan dalam retrospeksi, perubahan sangat penting dalam investasi pemegang saham pada awal periode pencatatan relatif untuk menegaskan kembali ekuitas utama dengan jumlah yang akan dicapai jika strategi akuntansi yang berbeda berfungsi.

3. Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Pengaruh koreksi kesalahan periode sebelumnya harus dapat diperoleh secara jelas dalam laporan perubahan ekuitas sebagai perubahan terhadap investasi awal.

Hasil koreksi tidak dapat diambil berbeda dengan saldo awal investasi modal sehingga jumlah yang ada dalam laporan periode yang ada dapat dengan mudah diselesaikan dan diuraikan dari akun keuangan periode sebelumnya.

4. Saldo yang Disajikan Kembali

Ini menandakan ekuitas yang merupakan karakteristik terhadap pemegang saham pada awal periode relatif setelah perubahan sehubungan dengan variasi strategi akuntansi dan perubahan kesalahan perhitungan periode sebelumnya seperti dijelaskan di atas.

5. Variasi Modal Saham

Subyek tambahan modal saham sepanjang periode dapat ditambahkan dalam laporan perubahan modal, sementara pemulihan saham dapat dikurangkan darinya. Hasil dari subjek dan pemulihan saham dapat diakses secara jelas untuk cadangan premi saham dan cadangan modal saham.

6. Dividen

Pembayaran dividen yang dibagikan atau diumumkan sepanjang periode waktu dapat dikurangkan dari ekuitas pemegang saham karena menandakan penyerahan modal yang dicirikan oleh pemegang saham.

7. Rugi/Keuntungan untuk periode tersebut

Ini menandakan keuntungan atau kerugian yang ditandai dengan pemegang saham sepanjang periode waktu seperti yang dinyatakan dalam laporan laba rugi.

8. Perubahan Revisi Cadangan

Revisi laba dan rugi yang didokumentasikan sepanjang periode waktu dapat ditawarkan dalam laporan perubahan modal sejauh mereka diterima selain dari laporan laba rugi juga.

Revisi laba didokumentasikan dalam laporan laba rugi karena pengurangan kerugian dari nilai sebelumnya.

9. Keuntungan & Kerugian Tambahan

Keuntungan dan kerugian lain yang tidak disebutkan dalam laporan laba rugi dapat diakses melalui laporan perubahan ekuitas. Misalnya laba rugi aktuaria.

10. Saldo Akhir

Ini menandakan stabilitas investasi ekuitas pemegang saham dengan berakhirnya periode waktu pencatatan seperti yang diungkapkan dalam laporan posisi keuangan.

Rumus Menghitung Perubahan Modal

Rumus untuk laporan perubahan modal meliputi nilai pembukaan dan penutupan ekuitas, laba bersih tahun berjalan, dividen yang dibayarkan, serta perubahan lainnya.

Saldo Awal Modal+ Laba Bersih – Dividen +/- Perubahan Lainnya = Saldo Penutupa Modal

Saldo Awal

Ini mewakili nilai modal ekuitas pada awal periode pelaporan, yang sama dengan saldo penutupan ekuitas periode sebelumnya.

Laba Bersih

Ini mewakili laba atau rugi bersih yang dilaporkan dalam laporan laba rugi selama periode tersebut.

Dividen

Dividen yang diumumkan selama periode pelaporan harus dikurangkan dari saldo ekuitas karena mewakili distribusi kekayaan di antara pemegang saham.

Perubahan lainnya termasuk yang berikut:

Pengaruh Perubahan Kebijakan Akuntansi: Biasanya, perubahan kebijakan akuntansi harus diterapkan secara retrospektif, yang menghasilkan penyesuaian pada periode sebelumnya dan kemudian menyajikan kembali posisi keuangan.

Pengaruh Koreksi Periode Sebelumnya: Pengaruh penyesuaian periode lalu lainnya harus dicatat secara terpisah dalam laporan perubahan Modal.

Perubahan Modal Saham: Penerbitan (kenaikan) dan penarikan/penebusan (penurunan) modal saham selama periode tersebut harus ditangkap untuk menunjukkan pergerakan dalam pendanaan ekuitas.

Perubahan Cadangan Modal: Ini menangkap semua keuntungan dan kerugian yang diakui dalam cadangan revaluasi selama periode.

Saldo Penutupan

Ini mewakili nilai modal ekuitas pada akhir periode pelaporan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Laporan Perubahan Modal

laporan perubahan modal

Siapkan template laporan ekuitas pemegang saham

Dimulai dengan judul nama perusahaan, judul laporan keuangan dan jangka waktu pelaporan. Seperti yang terlihat, kolom kiri pertama biasanya kosong.

Setelah itu masing-masing kolom berikutnya akan memiliki judul masing-masing akun ekuitas dari buku besar. Buat kolom Total modal di paling kanan.

Catat saldo awal

Beri label baris berikutnya di paling kiri sebagai Saldo Awal, (atau tulis saja tanggal pertama periode tersebut). Masukkan saldo awal setiap akun ke dalam akun yang sesuai. Setelah penambahan saldo, pergi ke kolom paling kanan dan isi totalnya.

Mengkategorikan transaksi modal selama tahun berjalan

Transaksi mungkin berisi terutama pengiriman saham, pembelian kembali saham, bonus kompensasi atau pelacakan laba bersih. Menilai akun ekuitas masing-masing untuk setiap variasi. Setiap perubahan akan menunjukkan transaksi ekuitas.

Catat setiap jumlah kesepakatan bisnis di akun keuangan

Ubah kolom tertentu dari akun ekuitas untuk variasi dolar dari masing-masing transaksi. Tinjau transaksi terkait, termasuk berbagai pengeluaran dividen tunai atau berbagai masalah saham. Tambahkan jumlah total transaksi dari setiap transaksi di kolom paling kanan.

Banner 2 kledo

Hitung saldo akhir

Beri label Saldo Akhir pada baris terakhir (atau cukup sertakan tanggal terakhir periode tersebut). Masukkan jumlah total setiap kolom untuk menyimpulkan saldo penutup.

Samakan saldo ini dengan saldo interpretasi buku besar. Jumlah keduanya harus sama. Pada rekening selisih keduanya, lakukan kembali transaksi untuk masing-masing rekening yang berbeda-beda. Perbarui laporan karena ada transaksi yang tidak dicatat dengan benar pada laporan perubahan ekuitas.

Contoh Laporan Perubahan Modal dan Cara Membuatnya

Langkah 1: Kumpulkan informasi yang diperlukan

Laporan perubahan modal disiapkan untuk laporan laba rugi kedua, dan kita masih akan menggunakan sumber informasi yang sama.

Sekali lagi, sumber informasi yang paling tepat dalam menyiapkan laporan keuangan adalah neraca saldo yang disesuaikan atau Adjusted Trial Balance. Meskipun demikian, setiap laporan dengan daftar lengkap akun yang diperbarui dapat digunakan.

Pada kasus ini, kami juga akan menggunakan laporan laba rugi nanti dalam prosesnya.

PT XYZ

Neraca Saldo yang Disesuaikan

Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

     
Judul Akun debit kredit
Kas 7.480,00  
Piutang Akun 3,700.00  
Perlengkapan Layanan 600.00  
Furnitur dan Perlengkapan 3,000.00  
Peralatan Servis 16,000.00  
Akumulasi Penyusutan   720,00
Utang Akun   9,000.00
Utilitas Terbayar   1,800.00
Utang Pinjaman   12,000.00
XYZ, Modal   13,200.00
XYZ, Prive 7,000.00  
Pendapatan Layanan   9,850.00
Biaya Sewa 1,500.00  
Biaya Gaji 3,500.00  
Pajak dan Lisensi 370.00  
Biaya Utilitas 1,800.00  
Biaya Persediaan Layanan 900.00  
Beban Penyusutan 720.00  
Total 46.570,00 46.570,00

Baca juga: Jurnal Penyesuaian: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

Langkah 2: Siapkan judul

Seperti laporan keuangan lainnya, judulnya terdiri dari tiga baris. Baris pertama berisi nama perusahaan. Baris kedua memperlihatkan judul laporan. Dalam hal ini, itu akan menjadi Laporan perubahan modal Pemilik, atau Laporan perubahan ekuitas. Salah satu dari keduanya tidak masalah.

Baris ketiga menunjukkan periode yang tercakup. Laporan ini mencakup rentang waktu, oleh karena itu kami menggunakan Untuk Tahun yang Berakhir,Untuk Kuartal Berakhir, Untuk Bulan yang Berakhir,dll. Beberapa laporan keuangan tahunan menghilangkan frasa “Untuk Akhir Tahun”.

PT XYZ
Laporan Perubahan Modal
Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

Langkah 3: Modal pada awal periode

Laporkan saldo modal pada awal periode yang dilaporkan – atau jumlahnya pada akhir periode sebelumnya. Ingatlah bahwa saldo akhir periode terakhir adalah keseimbangan awal dari periode saat ini.

PT XYZ

Laporan Perubahan Modal

Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

  
XYZ, Modal – awal$ 0

Catatan: Sejak perusahaan dimulai pada 1 Desember 2020, saldo awal rekening modal adalah nol. Pada tahun kedua operasi, jumlah sudah akan ditunjukkan dalam saldo awal (sama dengan saldo akhir pada tahun pertama).

Langkah 4: Menambahkan kontribusi tambahan

Kontribusi dari pemilik menambah modal, karenanya menambah saldo modal.

PT XYZ

Laporan Perubahan Modal

Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

  
XYZ, Modal – awal$ 0
Tambah: Kontribusi Tambahan13,200

Tips: Anda mungkin perlu merujuk ke jurnal untuk mengetahui berapa banyak kontribusi yang dibuat oleh pemiliknya. Sumber informasi lain juga dapat digunakan seperti log kontribusi modal pemilik.

Langkah 5: Tambahkan laba bersih

Laba bersih menambah modal sehingga ditambah menjadi awal saldo modal. Pendapatan bersih sama dengan semua pendapatan dikurangi semua pengeluaran.

PT XYZ

Laporan Perubahan Modal

Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

XYZ, Modal – awal$ 0
Tambah: Kontribusi Tambahan13,200
Laba Bersih1,060

Langkah 6: Kurangi penarikan modal pemilik

Penarikan yang dilakukan oleh pemilik dicatat secara terpisah dari kontribusi. Anda dapat dengan mudah menemukannya diAdjusted Trial Balance diatas sebagai “Pemilik, Prive”, “Pemilik, Penarikan”, atau akun lain yang sesuai. Penarikan modal berkurang, karenanya dikurangi.

Baca juga: Pengertian Current Ratio, Rumus, dan Contohnya Pada Sebuah Bisnis

PT XYZ

Laporan Perubahan Modal

Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

  
XYZ, Modal – awal$ 0
Tambah: Kontribusi Tambahan13,200
Laba Bersih1,060
Kurang: XYZ, Prive7,000

Langkah 7: Hitang untuk saldo modal akhir

Menghitung saldo rekening modal pada akhir periode dan menarik garis. Satu garis horizontal berarti bahwa operasi matematika telah dilakukan. Dua garis horizontal (aturan ganda) digambar di bawah jumlah akhir.

PT XYZ

Laporan Perubahan Modal

Untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2020

XYZ, Modal – awal0
Tambah: Kontribusi Tambahan13,200
Laba Bersih1,060
Kurang: XYZ, Prive7,000
XYZ, Modal Akhir7.260

Saldo akhir di sini akan menjadi modal awal periode berikutnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai laporan perubahan modal.

Laporan ini sangat penting bagi para pemilik bisnis dan akuntan karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan wawasan tentang isu-isu yang menjadi akar perubahan ekuitas pemilik melalui periode akuntansi tertentu.

Selain itu, laporan ini membantu membuka informasi keuangan terperinci yang biasanya tidak ditemukan di neraca, karena data yang menentukan aset ekuitas tidak dicatat secara jelas dalam laporan keuangan lainnya.

Jika Anda kesulitan dalam membuat laporan perubahan laba secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki fitur otomasi laporan keuangan cepat dan praktis.

Kledo adalah software akutansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan apapun, mencatat pembukuan, melakukan manajemen aset dan stok, dan masih banyak lagi fitur Kledo yang akan membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 4 =