4 Manfaat Bisnis Saat Remaja yang Harus Kamu Ketahui

manfaat bisnis saat remaja

Sebagai seorang remaja yang masih berstatus sebagai pelajar, tugas utama adalah belajar di sekolah. Seorang remaja akan dianggap sebagai remaja yang berprestasi jika dia bisa mendapatkan ranking kelas atau memenangkan olimpiade. Jadi ketika ada seorang remaja yang berkata ingin memulai bisnis, akan ada tanggapan, “Masih sekolah ngapain bisnis-bisnis segala?” Padahal benarkah bisnis sebaiknya hanya dilakukan oleh mereka yang sudah dewasa? Apakah para remaja tidak boleh memulai bisnis?

Bisnis merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh orang dewasa merupakan sebuah anggapan yang sangat keliru. Justru bisnis harus dilakukan sejak masih remaja. Mengapa demikian? Sebelum aku menjelaskan kenapa bisnis harus dimulai sejak masih remaja, ada baiknya mengetahui sebenarnya bisnis itu apa sih? Buat kamu yang ingin mulai berbisnis, mengetahui apa itu bisnis sangatlah penting. Jadi, bisnis itu apa?

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis?

sukses di usia muda

Apa yang kamu pikirkan saat pertama kali mendengar kata ‘bisnis’? Pasti remaja-remaja seumuranmu akan menjawabnya dengan, “Tau ah, pening.” Atau, “Duh, berat banget obrolannya.” Selain jawaban-jawaban tersebut, mungkin ada juga yang menjawabnya bisnis adalah sesuatu yang akan mengantarkan pada kesuksesan dan kekayaan. Kalian mungkin akan membayangkan sosok-sosok kaya seperti Bill Gates, Bob Sadino atau Chairul Tanjung. Tidak ada yang salah dengan jawaban-jawaban di atas, namun sejatinya bisnis adalah sebuah proses belajar.

Iya, belajar. Ketika seseorang memutuskan untuk memulai bisnis, itu artinya orang tersebut memutuskan untuk memulai belajar. Ketika kamu memulai sebuah bisnis, maka saat itu juga kamu harus siap untuk belajar. Belajar di sini bukan berarti duduk di dalam kelas, lalu menerima materi. Tetapi belajar di sini adalah melalui tindakan menjual barang atau jasa. Jadi jika ada yang bilang menjadi seorang pebisnis tidak diperlukan belajar, itu salah banget. Justru bisnis adalah praktek sesungguhnya dari belajar itu. Ketika kamu melakukan kegiatan bisnis, kamu akan menemui banyak hal yang membuatmu banyak belajar. Untuk lebih lanjut, kamu bisa membaca pengertian bisnis yang dipaparkan oleh beberapa ahli berikut ini:

Steinford

Bussiness is all those activities involved in providing the goods and services needed or desires by people”. Dari pengertian di atas, bisnis dipandang sebagai aktivitas menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan konsumen. Bisnis dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum atau badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung dan sebagainya.

Allan Afuah

Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jawa yang diinginkan konsumen.

Mahmud Machfoedz

Mahmud Machfoedz mendefinisikan bisnis sebagai usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, usahawan atau pelaku bisnis harus bisa memadukan empat sumber saya, yaitu

a. Sumber daya materi

b. Sumber daya manusia

c. Sumber daya keuangan

d. Sumber daya informasi.

Setiap bisnis berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk tersebut dapat berupa barang atau jawa. Tujuannya adalah untuk mendapatkan laba yang berupa imbalan yang diperoleh dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.

Hughes dan Kapoor

Hughes dan Kapoor menyatakan, “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general team business refel to all such efforts within a society or within an industry.” Maksud pernyataan di atas adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jawa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung risiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut enterpreuner.

Tujuan Sebuah Kesuksesan

sukses

Sebagai remaja kamu pasti memiliki impian untuk sukses. Apapun yang dilakukan, tujuan utamanya adalah meraih kesuksesan. Untuk bisa meraih kesuksesan, kamu harus menentukan langkah pertama. Apakah langkah pertama untuk sukses? Jika kamu berpikiran langkah utama untuk meraih kesuksesan adalah dengan memiliki uang yang banyak, kamu salah besar. Memiliki uang banyak tidak menjamin seseorang menjadi sukses. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan yang jelas.

Ya, tujuan. Meraih sukses tanpa adanya tujuan adalah omong kosong belaka. Ibaratnya kamu ingin pergi ke suatu tempat tapi kamu nggak tahu tujuan tempat tersebut. Pasti kamu hanya akan berputar-putar di satu tempat atau kamu hanya berjalan tanpa arah yang jelas. Jadi, tujuan itu sangat penting. Jika kamu ingin sukses kamu harus tahu sukses sebagai apa. Lalu apa saja yang harus kamu lakukan untuk meraih itu semua.

Manfaat yang Didapatkan Remaja dengan Berbisnis

Buat kamu yang ingin berbisnis saat masih remaja, pasti akan bertanya, “Emang apa yang akan didapatkan dengan berbisnis?” Jangan salah, dengan berbisnis banyak manfaat yang akan kamu peroleh. Berikut manfaat yang didapatkan remaja dengan berbisnis:

1. Mendapatkan Tambahan Uang Jajan

Tujuan utama dari bisnis adalah memberikan keuntungan kepada diri sendiri. Jangan sampai kamu sudah capek-capek bisnis tapi nggak mendapatkan keuntungan. Selain memberikan keuntungan kepada diri sendiri, ada beberapa manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan.

2. Melatih Kemandirian

Dengan berbisnis kamu akan melatih diri dengan kemandirian. Kamu tidak perlu merepotkan orang lain ketika membutuhkan sesuatu. Meski masih remaja, mandiri itu perlu. Tidak selamanya kamu bisa bersama dengan orang yang siap membantumu ketika kamu kesulitan. Jadi, kamu harus melatih kemandirian sedini mungkin. Dengan begitu kamu lebih siap menghadapi dunia yang kadang tidak sesuai perkiraanmu.

3. Bersosialisasi dengan Dunia Kerja

Bersosialisasi dengan dunia kerja merupakan sesuatu yang penting karena nggak mungkin kamu akan selamanya sekolah. Banyak orang yang mengalami kebingungan setelah lulus karena tidak pernah melatih diri dengan bersosialisasi dengan dunia kerja. Memasuki dunia kerja memang butuh persiapan dan dengan aktif berbisnis sejak masih remaja membuatmu lebih siap menghadapi dunia kerja.

4. Belajar dengan Praktik Langsung

Saat sekolah, kamu mendapatkan banyak materi berupa teori. Namun untuk menghadapi dunia kerja, kamu lebih membutuhkan pengalaman dari praktik secara langsung. Dengan berbisnis, kamu berarti telah melakukan praktik secara langsung. Jika di sekolah kamu mendapatkan teori ekonomi, saat berbisnis kamu harus mempraktikannya secara langsung. Dengan begini kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dibandingkan hanya dari teori dan materi.

Bisnis untuk Remaja

1. Berjualan Kue Kering atau Camilan

bisnis remaja cemilan

Kue kering dan cemilan merupakan salah satu produk yang bisa kamu jual di sekolah. Kamu bisa menjualnya dalam kemasan kecil dengan harga yang terjangkau untuk anak sekolah. Untuk produksi kue kering dan camilannya, kamu bisa bekerja sama dengan ibu atau kakak yang ada di rumah untuk membuat camilan atau kamu bisa mengambilnya di warung dan menjualnya dengan harga yang lebih mahal.

2. Membuat Handycraft

bisnis remaja kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, apalagi buat kamu yang emang hobi dengan kegiatan satu ini. Kamu bisa menggunakan waktu sepulang sekolah atau di sela-sela waktu luang saat mengerjakan tugas. Kerajinan yang bisa kamu bikin antara lain strimin, rajutan, aneka kreasi dari kain flanel ataupun lainnya. Untuk penjualannya kamu bisa menjual di Instagram atau menawarkannya kepada teman-teman di sekolah.

3. Jualan Alat Tulis

bisnis remaja alat tulis

Alat tulis merupakan benda yang sangat dibutuhkan oleh anak sekolah. Setiap hari teman-temanmu di sekolah pasti membutuhkan benda satu ini. Apalagi pena, dimana benda satu ini mudah banget menghilang. Kamu bisa menjadikan kebutuhan ini menjadi peluang bisnis. Kamu bisa menjual pena, pensil, penghapus, penggaris ataupun isi pena. Dengan menjual alat tulis kamu juga bisa membantu temanmu yang membutuhkan pena tanpa harus membelinya di warung atau koperasi sekolah. Kamu bisa dapatkan tips bisnis bagi remaja lainnya dengan klik di sini.

Kesimpulan

Bisnis merupakan sesuatu yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Buat kamu remaja yang sudah tertarik dengan bisnis, selamat kamu sudah satu langkah lebih maju. Ada beberapa manfaat yang kamu dapatkan dengan memulai bisnis sejak masih remaja, salah satunya adalah kamu bisa melatih kemandirian.

Kamu bisa memilih bisnis-bisnis di atas untuk kamu mulai lakukan. Salah satu tips agar kamu bisa sukses berbisnis adalah kamu harus mengelola keuangan dengan baik. Buat kamu yang bingung cara mengelola keuangan dengan baik, kamu bisa memakai software akuntansi dari Kledo. Selain harganya yang terjangkau, kamu juga bisa menggunakannya secara gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *