10 Rekomendasi Bisnis Remaja, Manfaat, dan Tips Mengelolanya

manfaat bisnis saat remaja

Di dunia yang berubah dengan cepat, generasi muda kita menghadapi masa depan yang tidak pasti. Sekolah hanya dapat mempersiapkan mereka untuk banyak hal, dan saat ini remaja harus menambahkan keterampilan dunia nyata yang berharga melalui minat sampingan mereka. Beberapa di antaranya bahkan menghasilkan uang dengan membangun bisnis disaat remaja.

Di sela-sela latihan sepak bola dan pelajaran, banyak remaja yang juga menjalankan bisnis yang sukses. Mereka menabung untuk membeli sepatu olahraga dan biaya kuliah.

Yang lain bahkan menggunakan kekuatan super mereka untuk membuat dampak pada dunia. Apa pun motivasi mereka, anak-anak muda ini – terkadang tanpa disadari – juga sedang membangun fondasi untuk masa depan mereka.

Di sini, kami memandu remaja, orang tua, dan guru melalui manfaat bisnis untuk remaja, cara-cara untuk memulai, dan berbagai ide bisnis yang ideal untuk remaja.

Apa Manfaat Berbisnis Bagi Remaja?

Apa pun rencana Anda saat ini setelah lulus – kuliah, jeda tahun, langsung bekerja – ingatlah bahwa Anda masih muda dan selalu dapat mengubah arah.

Anda memiliki sumber daya yang paling berharga pada tahap ini dalam hidup Anda: waktu. Penting untuk mencoba beberapa masa depan untuk melihat mana yang paling cocok.

Memulai bisnis kecil Anda sendiri saat Anda masih bersekolah memungkinkan Anda memperpendek jarak antara teori (buku-buku sekolah) dan praktik (membangun keterampilan langsung).

Hal ini juga dapat membantu memandu keputusan pasca kelulusan Anda-mungkin bisnis kecil Anda layak untuk ditekuni secara penuh waktu, atau Anda mungkin menemukan bahwa kewirausahaan bukanlah untuk Anda.

Bisnis kecil yang Anda jalankan akan menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan inisiatif dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh rapor sekolaj.

Jika Anda mendaftar ke perguruan tinggi, sekolah yang Anda inginkan mungkin akan mempertimbangkan kegiatan ekstrakurikuler Anda selain nilai Anda.

Bisnis kecil yang Anda jalankan akan menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan inisiatif, dan perguruan tinggi mencari pelamar yang memiliki kemampuan menyeluruh dengan potensi sukses.

Tidak ada salahnya juga untuk menabung beberapa rupiah ekstra sekarang untuk biaya kuliah dan biaya hidup.

Terakhir, memulai bisnis dapat membantu membangun jaringan profesional Anda. Bahkan jika Anda memutuskan untuk tidak mengejar kewirausahaan setelah lulus, orang-orang yang Anda temui di sepanjang jalan dapat menjadi kontak yang berguna untuk referensi profesional atau tawaran pekerjaan.

Singkatnya, manfaat memulai bisnis sebelum Anda lulus adalah:

  • Mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak akan Anda dapatkan di sekolah
  • Mendapatkan uang tambahan untuk dibelanjakan atau ditabung
  • Keterampilan bisnis dan kehidupan yang berharga
  • Membangun jaringan profesional

Baca juga: Tips Efektif dalam Pengendalian Pengeluaran Bisnis

Banner 1 kledo

Apa Saja Rekomendasi Bisnis yang Mudah Dilakukan Oleh Remaja?

Ada banyak bisnis yang bisa dilakukan oleh remaja berdasarkan keterampilan dan passion mereka. Berikut adalah 10 rekomendasi bisnis yang bisa Anda lakukan sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki.

1. Jasa desain grafis

Jika Anda memiliki keterampilan dalam desain grafis, Anda dapat menawarkan jasa pembuatan logo, poster, atau desain grafis lainnya untuk bisnis atau individu.

Dengan menggunakan keahlian Anda dalam menggabungkan elemen-elemen visual, tipografi, dan konsep desain, Anda dapat membantu klien untuk menciptakan identitas merek yang kuat atau menyampaikan pesan yang efektif melalui desain grafis.

Dalam menawarkan jasa desain grafis, penting untuk memahami kebutuhan dan preferensi klien, serta memastikan bahwa desain yang Anda buat sesuai dengan tujuan mereka.

Anda juga dapat menggabungkan kreativitas Anda dengan pemahaman tentang tren desain terkini untuk menghasilkan karya yang menarik dan relevan.

Selain itu, membangun portofolio yang kuat dan berinteraksi dengan komunitas desain grafis dapat membantu Anda memperluas jangkauan dan menarik klien potensial.

Ingatlah bahwa desain grafis adalah bidang yang terus berkembang, jadi tetaplah mengikuti perkembangan tren dan teknologi terbaru untuk memberikan hasil terbaik kepada klien Anda.

2. Berjualan online

Anda bisa memulai toko online dengan menjual produk-produk yang diminati oleh remaja seperti pakaian, aksesoris, atau barang-barang unik lainnya.

Lalu, dengan semakin berkembangnya media sosial, Anda bisa menggunakannya sebagai saluran penjualan Anda, misalnya dengan menggunakan Instagram atau TikTok.

Namun, Anda harus melakukaun identifikasi platform media sosial yang cocok untuk produk Anda dan target pasar. Karena ini sangat penting untuk visibilitas produk yang Anda jual.

 Gunakan juga fitur analitik yang disediakan oleh platform media sosial untuk melacak kinerja postingan dan kampanye Anda. Evaluasi data dan gunakan informasi yang didapat untuk mengoptimalkan strategi penjualan Anda di media sosial.

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Online dan Templatenya

3. Jasa penulisan konten

Jika Anda memiliki keterampilan menulis, Anda dapat menawarkan jasa penulisan konten untuk blog, website, atau media sosial. Menulis konten yang informatif, menarik, dan relevan adalah suatu keahlian yang sangat dibutuhkan dalam dunia digital saat ini.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan dalam menawarkan jasa penulis konten:

  1. Pilih niche atau topik spesifik: Fokus pada niche tertentu atau topik yang Anda kuasai. Ini akan membantu Anda membangun reputasi dan menarik klien yang tertarik dengan keahlian Anda dalam bidang tersebut.
  2. Buat portofolio: Buat portofolio yang menampilkan berbagai jenis tulisan konten yang telah Anda hasilkan sebelumnya. Ini akan membantu menunjukkan kualitas tulisan dan kemampuan Anda kepada calon klien.
  3. Tetapkan harga yang wajar: Tentukan harga yang sesuai dengan tingkat pengalaman dan kualitas tulisan Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti kompleksitas proyek, panjang tulisan, dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas..
  4. Pertahankan kualitas dan kepuasan pelanggan: Pastikan konten yang Anda hasilkan berkualitas tinggi, sesuai dengan kebutuhan klien, dan diserahkan tepat waktu. Pelayanan pelanggan yang baik dan komunikasi yang efektif akan membantu membangun reputasi yang baik.

4. Menjadi Youtuber atau konten kreator

Menjadi seorang YouTuber atau konten kreator di platform seperti YouTube atau TikTok adalah peluang yang menarik untuk mengekspresikan kreativitas Anda, membangun pengikut, dan menghasilkan pendapatan melalui iklan dan sponsor.

Namun perhatikan beberapa hal ini sebelum Anda tertaraik menjadi seorang content creator

  1. Temukan niche atau topik yang Anda minati: Tentukan topik atau tema spesifik untuk konten Anda. Fokus pada area yang Anda kuasai atau yang Anda ingin eksplorasi lebih lanjut. Ini akan membantu Anda menarik audiens yang tertarik dengan konten Anda.
  2. Rencanakan dan kembangkan konten: Buat rencana konten yang menarik dan konsisten. Pahami preferensi dan minat target audiens Anda, dan buat konten yang relevan dan menarik bagi mereka. Jangan lupa untuk mengutamakan kualitas konten Anda.
  3. Konsistensi dan jadwal posting: Tetap konsisten dengan jadwal posting yang Anda tentukan. Ini akan membantu membangun kehadiran Anda dan mempertahankan keterlibatan dengan pengikut Anda.
  4. Monetisasi konten Anda: Setelah memenuhi persyaratan tertentu di platform, Anda dapat mendaftar untuk program monetisasi seperti YouTube Partner Program atau TikTok Creator Fund. Ini akan memungkinkan Anda menghasilkan pendapatan melalui iklan yang ditampilkan di video Anda atau melalui sponsor dan kemitraan.
  5. Pertahankan interaksi dengan pengikut: Berinteraksilah dengan pengikut Anda melalui komentar, pesan, atau live streaming. Jadilah responsif dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan mereka. Ini akan membantu membangun komunitas yang setia dan terlibat.

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Retail dan Templatenya

5. Jasa fotografi

jika Anda memiliki keterampilan fotografi, Anda dapat menawarkan jasa pemotretan untuk berbagai acara, potret individu, atau produk. Fotografi adalah bidang yang kreatif dan memiliki permintaan yang tinggi dalam berbagai kesempatan.

Untuk menjadi seorang fotografer yang sukses Anda harus:

  1. Menentukan spesialisasi Anda: Identifikasi bidang fotografi yang ingin Anda tekuni, seperti fotografi acara, potret, produk, atau landskap. Fokus pada bidang yang paling Anda minati dan kuasai.
  2. Perluas portofolio: Buat portofolio yang mencakup berbagai jenis pemotretan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Tunjukkan kualitas dan gaya fotografi Anda kepada calon klien. Pastikan portofolio Anda mencerminkan keahlian dan keunikan Anda sebagai fotografer.
  3. Promosikan diri Anda: Gunakan media sosial, website pribadi, atau Instagram untuk mempromosikan jasa fotografi Anda. Bagikan contoh pekerjaan Anda, ceritakan tentang layanan yang Anda tawarkan, dan berinteraksi dengan calon klien.
  4. Menjalin koneksi dan kemitraan: Terlibatlah dalam komunitas fotografi, bergabung dengan grup online, atau hadiri acara industri untuk membangun jaringan dan mendapatkan wawasan tentang peluang pekerjaan baru. Juga, pertimbangkan kerjasama dengan vendor atau profesional lain yang terkait dengan bidang fotografi.
  5. Selalu memperbarui keterampilan fotografi Anda: Selalu belajar dan tingkatkan keterampilan fotografi Anda melalui pelatihan, workshop, atau eksperimen kreatif. Tetap mengikuti tren dan inovasi dalam industri fotografi untuk tetap relevan dan bersaing.

6. Jasa penerjemah

Menguasai lebih dari satu bahasa? Anda dapat menawarkan jasa penerjemahan tulisan atau percakapan. Penerjemahan adalah keterampilan yang sangat berharga dalam dunia global saat ini, di mana komunikasi lintas bahasa sangat penting.

Sebelum membangun bisnis ini Anda harus:

  1. Buat portofolio: Kumpulkan contoh penerjemahan yang telah Anda lakukan sebelumnya untuk memperlihatkan keterampilan dan kemampuan Anda kepada calon klien. Pastikan portofolio mencakup berbagai jenis teks atau dokumen yang relevan dengan bidang spesialisasi Anda.
  2. Promosikan diri Anda: Manfaatkan media sosial, situs web pribadi, atau platform freelancer untuk mempromosikan jasa penerjemahan Anda. Jelaskan keahlian Anda, bahasa yang Anda kuasai, dan layanan yang Anda tawarkan. Juga, pertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas penerjemahan dan menjalin koneksi dengan profesional lain dalam bidang ini.
  3. Jalin hubungan dengan klien: Pertahankan komunikasi yang baik dengan klien Anda. Pastikan Anda memahami kebutuhan dan preferensi mereka dengan jelas. Bersikap responsif, profesional, dan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.
  4. Terus tingkatkan keterampilan: Selalu cari peluang untuk meningkatkan keterampilan penerjemahan Anda melalui kursus, pelatihan, atau sumber belajar lainnya. Tetap up-to-date dengan perubahan dalam bahasa, terminologi, atau tren dalam industri yang relevan.

7. Menjual makanan atau minuman

Menjual produk makanan atau minuman dapat menjadi pilihan yang menarik, terutama jika Anda memiliki keterampilan memasak. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Pilih produk yang populer: Identifikasi makanan atau minuman yang populer di kalangan remaja, seperti kue kering, minuman segar, atau makanan ringan. Pastikan produk tersebut sesuai dengan preferensi dan tren saat ini.
  2. Kembangkan resep atau konsep yang unik: Ciptakan resep atau konsep yang unik untuk produk Anda agar dapat membedakan diri dari pesaing. Buatlah produk yang lezat, menarik secara visual, dan menggugah selera agar menarik minat pelanggan.
  3. Tentukan saluran penjualan: Anda dapat menjual produk Anda langsung di sekolah, dengan izin yang diperlukan, atau melalui platform online seperti media sosial atau situs web e-commerce. Pilih saluran yang paling sesuai dengan target pasar Anda dan kemampuan Anda untuk memenuhi permintaan.
  4. Pertimbangkan kemasan yang menarik: Perhatikan kemasan produk Anda agar menarik dan mudah dibawa. Kemasan yang menarik dapat meningkatkan daya tarik visual dan membuat pelanggan tertarik untuk mencoba produk Anda.
  5. Berikan pelayanan pelanggan yang baik: Pastikan Anda memberikan pelayanan pelanggan yang baik dengan merespons pertanyaan atau masukan dengan cepat dan dengan sikap ramah. Berikan pengalaman yang positif kepada pelanggan Anda agar mereka kembali lagi dan merekomendasikan produk Anda kepada teman-teman mereka.

Baca juga: 10 Contoh Laporan Keuangan Usaha Makanan

8. Jasa pelatihan atau tutoring

Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu seperti matematika, musik, atau bahasa asing, Anda dapat menawarkan jasa pelatihan atau tutoring kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Pelatihan atau tutoring adalah cara yang efektif untuk membantu orang lain memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang Anda kuasai.

Agar Anda sukses dalam menawarkan jasa pelatihan atau tutoring, perhatikan hal berikut:

  1. Tentukan bidang tertentu di mana Anda memiliki keahlian dan pengalaman yang kuat. Misalnya, matematika, musik, bahasa asing, atau bidang akademik lainnya. Fokus pada bidang yang paling Anda minati dan kuasai.
  2. Tetapkan target pasar: Tentukan kelompok sasaran yang ingin Anda bantu. Misalnya, siswa sekolah menengah, mahasiswa, atau orang dewasa yang ingin belajar keterampilan baru. Mengetahui target pasar Anda akan membantu Anda menyusun strategi pemasaran yang efektif.
  3. Rencanakan program pelatihan: Buat rencana pelajaran atau program pelatihan yang terstruktur sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman target pasar Anda. Tentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan susun materi yang terorganisir dengan baik.
  4. Jalin hubungan dengan siswa atau klien: Pertahankan komunikasi yang baik dengan siswa atau klien Anda. Dengarkan kebutuhan mereka dengan teliti dan sesuaikan pendekatan pengajaran Anda sesuai dengan gaya belajar dan tujuan mereka. Berikan umpan balik yang konstruktif dan dorong mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.
  5. Terus tingkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda: Selalu tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bidang spesialisasi Anda melalui pelatihan tambahan, pembelajaran mandiri, atau mengikuti perkembangan terbaru dalam industri yang relevan.

9. Jasa perawatan hewan peliharaan

Anda menyukai hewan dan memiliki keahlian dalam merawat mereka?Jika iya, Anda dapat menawarkan jasa perawatan hewan peliharaan seperti jalan-jalan dengan anjing, menjaga hewan saat pemiliknya pergi, atau memberikan pelatihan dasar.

Perawatan hewan peliharaan adalah layanan yang sangat dibutuhkan oleh pemilik hewan yang sibuk atau yang membutuhkan bantuan dalam merawat dan melatih hewan kesayangan mereka.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Tentukan jenis layanan yang ingin Anda tawarkan: Identifikasi jenis layanan perawatan hewan peliharaan yang ingin Anda berikan, seperti jalan-jalan dengan anjing, menjaga hewan di rumah pemiliknya, memberikan makan dan minum, atau memberikan pelatihan dasar. Sesuaikan layanan dengan keahlian dan minat Anda.
  2. Riset dan pelajari tentang berbagai jenis hewan: Kenali berbagai jenis hewan peliharaan dan pelajari tentang kebutuhan perawatan dan kebiasaan mereka. Pahami jenis makanan yang mereka butuhkan, kegiatan yang disukai, dan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan mereka.
  3. Dapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan: Jika Anda ingin memberikan pelatihan dasar, pastikan Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mencukupi dalam hal itu. Pelajari teknik-teknik pelatihan positif dan metode yang efektif untuk mengajari hewan peliharaan dasar-dasar perilaku yang baik.
  4. Bangun hubungan baik dengan pemilik hewan peliharaan: Pertahankan komunikasi yang baik dengan pemilik hewan peliharaan. Dengarkan kebutuhan dan preferensi mereka dengan cermat dan berikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaan mereka. Pastikan Anda memperlakukan hewan dengan penuh kasih sayang dan perhatian.

10. Jasa konsultasi media sosial

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan media sosial saat ini sangat berkembang terutama dalam penggunaanya pada bisnis.

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penggunaan media sosial, Anda dapat menawarkan jasa konsultasi kepada bisnis atau individu yang ingin meningkatkan kehadiran mereka di platform tersebut.

Konsultasi media sosial adalah layanan yang sangat dibutuhkan dalam era digital ini, di mana bisnis dan individu mencari cara efektif untuk memanfaatkan potensi pemasaran dan interaksi sosial yang ditawarkan oleh media sosial.

Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Tentukan bidang spesialisasi: Identifikasi bidang tertentu dalam media sosial di mana Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang kuat, seperti strategi pemasaran, peningkatan pengikut, konten kreatif, atau manajemen merek. Fokus pada bidang yang paling Anda minati dan kuasai.
  2. Pelajari tren dan platform media sosial: Selalu terus perbarui pengetahuan Anda tentang tren terkini dan perkembangan dalam platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, atau platform lainnya yang relevan. Pahami fitur-fitur baru, algoritma, dan praktik terbaik yang berlaku di setiap platform..
  3. Buat rencana pemasaran media sosial: Bekerjasamalah dengan klien Anda untuk merancang rencana pemasaran media sosial yang terstruktur dan berfokus. Tetapkan tujuan yang jelas, identifikasi platform yang paling relevan, dan tentukan jenis konten yang akan dibagikan. Juga, pertimbangkan pengaturan jadwal posting dan metrik yang akan digunakan untuk melacak keberhasilan kampanye.
  4. Berikan saran tentang konten dan branding: Bantu klien Anda dalam mengembangkan konten yang menarik dan sesuai dengan merek mereka. Berikan panduan tentang gaya visual, tone of voice, dan pesan merek yang konsisten di seluruh platform media sosial. Dorong klien Anda untuk berinteraksi dengan audiens mereka dan membangun hubungan yang lebih dekat.
  5. Analisis dan pengukuran: Monitor dan analisis kinerja kampanye media sosial menggunakan alat analisis yang relevan. Berikan laporan reguler kepada klien Anda tentang pertumbuhan pengikut, interaksi, dan konversi yang terjadi di media sosial. Gunakan data ini untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan untuk mengoptimalkan strategi yang ada.

Baca juga: Cara Melakukan Branding Produk di Media Sosial, Mudah!

Tips Membangun Bisnis Sukses Saat Remaja

cara menggunakan akuntansi ritel

Berikut adalah 10 tips dan praktik terbaik yang dapat membantu para remaja mengatasi tantangan dalam memulai bisnis dan meraih kesuksesan bisnis.

1. Temukan passion Anda

Startup yang paling sukses didirikan oleh orang-orang yang memliki passion dengan apa yang mereka lakukan. Jadi, apa passion Anda? Apakah Anda menyukai desain atau musik, hal-hal yang paling Anda minati dapat menjadi sumber inspirasi yang bagus untuk ide wirausaha.

Ketika Anda mendasarkan ide pada sesuatu yang benar-benar Anda sukai, Anda akan lebih fokus dan termotivasi.

Lebih baik lagi, Anda akan membawa pengetahuan dan pengalaman pribadi Anda sendiri – bahan utama yang dapat membantu Anda menemukan sudut pandang yang unik untuk membantu Anda meraih kesuksesan.

2. Kenali pasar Anda

Gagal memahami pasar Anda adalah salah satu alasan utama kegagalan bisnis baru bagi remaja. Jika Anda ingin meraih kesuksesan, Anda harus melakukan riset secara menyeluruh terhadap target pasar Anda sebelum meluncurkan bisnis Anda.

Memahami pasar Anda akan membantu Anda mengidentifikasi atribut penting seperti poin harga dan pesan rencana pemasaran yang menarik bagi audiens target Anda.

Anda juga akan memahami kebutuhan pasar akan ide Anda – jika memang ada. Semakin baik Anda memahami target pasar Anda, semakin mudah untuk menghindari kesalahan yang merugikan.

3. Atur keuangan Anda

Meskipun banyak bisnis baru yang meminta bantuan angel investor untuk memulai dan menjalankan bisnisnya, Anda tidak bisa berasumsi bahwa Anda akan mendapatkan bantuan finansial seperti itu.

Banyak pemilik bisnis remaja yang mendanai sendiri bisnis mereka, yang berarti Anda harus melakukan segala cara untuk memperbaiki situasi keuangan Anda.

Mulailah mengumpulkan modal sedini mungkin (di SMP jika memungkinkan), dan lunasi utang lainnya.

Peringkat kredit yang sangat baik akan membuat mendapatkan pinjaman bisnis untuk membantu mendanai startup Anda jauh lebih mudah.

Hal ini juga akan membuat Anda disiplin dalam menerapkan perencanaan anggaran dan menjaga keuangan perusahaan Anda tetap baik.

Baca juga: Gunakan Cara Ini untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha, Sangat Mudah!

4. Bersiaplah untuk berkorban

Tidak ada yang namanya kesuksesan dalam semalam. Bahkan perusahaan rintisan bernilai jutaan dolar yang muncul entah dari mana merupakan hasil kerja keras bertahun-tahun sebelum mereka mulai menjadi berita utama.

Seperti yang dikatakan Steve Jobs, “If you look closely, most overnight successes took a long time.” 

Menjadi pengusaha sukses membutuhkan dedikasi yang tinggi terhadap impian Anda, dan ini berarti mengorbankan waktu dan uang untuk mewujudkannya.

Mungkin tidak menyenangkan untuk berhenti menonton Netflix di malam hari atau hangout akhir pekan dengan teman-teman agar Anda bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk startup Anda, tetapi pengorbanan ini jauh lebih mudah dilakukan sekarang saat Anda masih remaja dibandingkan saat Anda sudah lebih tua.

5. Temukan seorang mentor

Menjalankan bisnis membutuhkan berbagai keterampilan dan keahlian yang mungkin belum Anda kuasai.

Anda tidak boleh mencoba membuat keputusan bisnis yang menantang sendirian. Oleh karena itu, menemukan mentor adalah salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan oleh pengusaha muda.

Mentor telah berjalan di jalur Anda dan membawa pengetahuan serta pengalaman untuk membantu Anda maju dan membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas.

Gunakan jaringan alumni, konferensi, dan sumber daya lainnya untuk membentuk koneksi yang berharga ini.

6. Tingkatkan pengetahuan bisnis Anda.

Anda mungkin bersemangat dengan ide besar Anda, tetapi energi kreatif saja tidak cukup.

Bisnis yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar produk yang inovatif; mereka membutuhkan tim yang kompeten untuk mengelola keuangan, operasi, manufaktur, pemasaran, dan semua hal lain yang diperlukan untuk memproduksi dan menjual produk.

Luangkan waktu untuk meningkatkan bisnis Anda, dan buatlah proses perekrutan untuk menemukan individu yang berpikiran sama yang dapat bergabung dengan tim Anda dan mengimbangi kekurangan Anda.

Dengan memberikan perhatian yang sama besarnya pada sisi bisnis dan sisi kreatif, Anda akan membangun fondasi untuk sebuah startup yang akan bertahan lama.

Baca juga: 8 Bisnis Mainan Anak dengan Modal Kecil, Berani Coba?

7. Jadilah seorang perencana.

Pertanyaan wawancara kerja “ceritakan rencana lima tahun ke depan” adalah pengalaman yang tidak nyaman bagi banyak orang.

Namun, untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda membutuhkan kemampuan untuk membuat rencana ke depan.

Gunakan tujuan menyeluruh Anda untuk menetapkan pencapaian yang realistis untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan Anda.

Dengan menempatkan tindakan-tindakan utama pada sebuah timeline, Anda akan meningkatkan fokus dan akuntabilitas Anda, sehingga lebih mudah untuk tetap mengetahui apa yang harus dilakukan.

8. Temukan orang-orang yang baik

Meskipun Anda mungkin seorang solopreneur di masa-masa awal, Anda perlu mempekerjakan orang-orang yang baik seiring pertumbuhan perusahaan Anda.

Sangat penting untuk mempekerjakan orang-orang dengan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan perusahaan Anda, tetapi sangat penting untuk merekrut orang yang sesuai dengan budaya untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki karakter dan nilai yang sama dengan Anda.

9. Bersikaplah fleksibel

Terkadang segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, tetapi tetap saja berhasil. Miliki fleksibilitas untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang Anda lihat di pasar untuk memanfaatkan peluang.

Seperti halnya Netflix yang mengubah bisnisnya dari kios DVD menjadi streaming, Anda harus memiliki kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih besar dan melakukan perubahan saat dibutuhkan.

10. Ambil tindakan

Perencanaan memang perlu, namun mewujudkan rencana tersebut adalah inti dari kewirausahaan. Menjadi pemilik bisnis berarti mengambil risiko bahkan ketika ada ketidakpastian.

Bahkan ketika bisnis Anda sudah berjalan, Anda harus terus memindai peluang dan tantangan pertumbuhan baru dan mengambil tindakan untuk menjadi yang teratas.

Baca juga: Bisnis Kaos Distro Kekinian, Berani Coba?

Kesimpulan

Bisnis merupakan sesuatu yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Jika Anda adalah seorang remaja yang sudah tertarik dengan bisnis, selamat Anda sudah satu langkah lebih maju.

Ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan memulai bisnis sejak masih remaja, salah satunya adalah untuk bisa melatih kemandirian.

Anda bisa memilih bisnis-bisnis yang sudah kami rekomendasikan di atas. Salah satu tips agar kamu bisa sukses berbisnis adalah Anda harus memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Jika Anda masih bingung cara mengelola keuangan dengan baik, gunakan software akuntansi dari Kledo. Selain harganya yang terjangkau, kamu juga bisa menggunakannya secara gratis selama 14 hari.

Coba Kledo sekarang secara gratis melalui tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 17 =