Contoh Perencanaan Bisnis Online dan Templatenya

perencanaan bisnis online banner

Di era digitalisasi di mana pengalaman ramah pelanggan tampaknya menjadi landasan dari setiap toko online, sangat penting untuk merancang perencanaan bisnis online yang kreatif dan cermat.

Sebagai informasi, 50% bisnis baru tutup dalam waktu lima tahun sejak peluncurannya, sehingga jika Anda berpikir untuk membuka bisnis sendiri, atau sudah memiliki bisnis, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan menulis perencanaan yang baik.

Perencanaan bisnis online biasanya disajikan dalam bentuk buklet dengan penjelasan rinci tentang bisnis Anda. Ini terdiri dari elemen-elemen seperti: Ringkasan Eksekutif, Struktur Perusahaan, Produk, Operasi, Analisis Pasar, Strategi Pemasaran, dan Rencana Keuangan. Kami akan menguraikan setiap bagian ini lebih lanjut.

Lebih jauh pada artikel ini kami akan memberikan contoh perencanaan bisnis online beserta templatenya yang bisa Anda sesuaikan.

Mengapa Penting Memiliki Perencanaan untuk Bisnis Online?

Ada banyak alasan kuat di balik memiliki perencanaan bisnis untuk toko online Anda, salah satunya adalah berpikir kritis tentang setiap fitur utama perusahaan Anda:

  • Apa yang ingin saya capai?
  • Bagaimana caranya?
  • Pesan apa yang ingin saya sampaikan?
  • Bagaimana saya akan berbicara tentang bisnis saya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang perlu dipikirkan secara mendalam sebelum memulai.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi keterbatasan dan mencegah kemungkinan masalah. Selain itu, hal ini dapat bermanfaat ketika Anda mencari pendanaan dari luar.

Menetapkan tujuan yang jelas dan menunjukkan potensi Anda akan membuat bisnis Anda kredibel dan menarik bagi calon investor.

Ada juga alasan lain yang tampaknya muncul kembali, di antaranya adalah: perencanaan, evaluasi ide, penelitian, perekrutan, dan kemitraan.

Perencanaan

Menuliskan deskripsi dan konsep toko online Anda akan memberi Anda petunjuk tentang berapa banyak waktu dan uang yang Anda butuhkan, apa ruang lingkup perusahaan Anda dan sumber daya seperti apa yang akan dibutuhkan sejak hari pertama.

Evaluasi ide

Menulis rencana bisnis juga akan membantu Anda memutuskan apakah konsep Anda memiliki peluang untuk mencapai kesuksesan. Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk membedakan kekuatan dan kelemahan ide Anda.

Penelitian

Rencana bisnis yang baik membutuhkan penelitian yang solid. Oleh karena itu, informasi yang akan Anda temukan, mungkin sangat penting dalam hal strategi bisnis, penjualan, dan pemasaran Anda.

Perekrutan

Alasan lain untuk merancang rencana bisnis adalah untuk mengomunikasikan misi dan visi Anda kepada orang lain dengan mengundang mereka ke dalam tim Anda.

Selain itu, ini adalah saat yang tepat untuk memikirkan kepribadian dan profesi apa yang akan sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Kemitraan

Ingatlah, dibutuhkan dua orang untuk berdansa… atau bahkan lebih. Alasan lain di balik pembuatan rencana bisnis adalah untuk mengidentifikasi apakah dan jenis kolaborasi apa yang akan Anda lakukan, terutama saat Anda berada di tahap awal pertumbuhan.

Baca juga: Pengertian Manajemen Risiko Keungan dan Strategi Implementasinya

Elemen-elemen Penting Dalam Perencanaan Bisnis Online

perencanaan bisnis onlline 1

Saat menulis rencana bisnis, sangat penting untuk memasukkan aspek-aspek berikut:

Analisis persaingan

Gambaran umum tentang apa yang terjadi di pasar memainkan peran penting saat merencanakan bisnis dan oleh karena itu, hal ini memberi Anda informasi penting tentang kekuatan dan kelemahan pesaing Anda.

Analisis SWOT

Membuat analisis mendalam tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Anda akan menentukan keunggulan kompetitif Anda di pasar atau menggambarkan aspek-aspek yang perlu ditingkatkan.

Agar lebih jelas dan runtut, kami sarankan Anda membuat analisis tersebut dalam bentuk kisi-kisi dengan poin-poin spesifik di setiap bagian.

Logistik toko

Setiap barang dagangan perlu dikirim ke pelanggan dan ini dimungkinkan berkat logistik. Ini adalah aspek yang memainkan peran penting dalam akuisisi pelanggan karena layanan logistik yang lebih efisien, pembeli akan lebih bahagia. Ada lima model logistik yang dapat kita bedakan:

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Katering dan Templatenya

Struktur Perencanaan Bisnis Online

Setiap rencana bisnis bersifat individual dan akan memenuhi kebutuhan dan tujuan yang berbeda. Namun, ada beberapa komponen yang perlu disertakan:

Ringkasan eksekutif

Kata ringkasan di bagian ini bukan tanpa alasan. Bagian ini merupakan deskripsi perusahaan yang memperkenalkan dan menyoroti elemen-elemen utama bisnis Anda.

Bagian ini berfungsi sebagai buklet yang menyajikan pernyataan misi Anda dan menjelaskan tujuan utama Anda. Semakin banyak tujuan yang Anda sebutkan, semakin baik arah yang akan Anda dapatkan.

Sajikan platform toko online Anda dan jelaskan secara singkat produk Anda. Pikirkan tentang apa yang membuat toko online Anda begitu istimewa dan bagaimana Anda akan menonjol dari perusahaan lain.

Ingatlah bahwa ini adalah ringkasan – buatlah ringkasan eksekutif Anda singkat dan konsisten.

Deskripsi perusahaan

Sebaiknya Anda memulai dari hal yang paling dasar. Menuliskan daftar orang yang bekerja untuk perusahaan Anda akan memberikan petunjuk siapa yang bertanggung jawab atas tugas yang mana.

Selain itu, daftar ini tidak hanya menunjukkan tanggung jawab mereka, namun juga menggambarkan kualifikasi dan keterampilan mereka.

Selain itu, pikirkan juga model bisnis yang Anda wakili – Apakah Anda pemilik perseorangan, kemitraan umum/terbatas, perusahaan berbadan hukum/ PT?

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Retail dan Templatenya

Analisis pasar

Sebelum meluncurkan produk atau layanan Anda, ada baiknya meluangkan waktu untuk melakukan analisis pasar.

Cobalah untuk memahami pelanggan ideal Anda: Siapa dan berapa usia mereka? Profesi apa yang mereka wakili? Media sosial/platform e-niaga apa yang mereka gunakan? Apa yang akan mereka beli? Produk atau layanan apa yang mungkin mereka minati? Selain itu, jangan lupa untuk meneliti tren industri yang relevan dan arahnya.

Apakah produk Anda akan diminati tahun depan? Apakah target pasar Anda stabil atau mudah berubah? Apakah platform toko online Anda efisien? Semua informasi tersebut akan memberi Anda petunjuk tentang kelayakan dan kelangsungan rencana bisnis Anda.

Produk

Ini tampaknya menjadi landasan utama toko online Anda. Di sinilah semuanya dimulai, bukan? Pikirkan tentang produk/layanan yang Anda jual. Fokus pada spesifikasi dan manfaatnya.

Untuk membantu Anda memilah semua aspek tersebut, saya sangat menyarankan untuk mengikuti pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

  • Apa produk utama Anda?
  • Apa yang membuat mereka unik?
  • Bagaimana Anda mendapatkannya?
  • Jenis bahan apa yang digunakan untuk memproduksi produk Anda?
  • Berapa harganya?Apakah produk Anda bersifat musiman?
  • Akankah mereka bertahan? Berapa lama?

Strategi pemasaran

Langkah selanjutnya dalam proses merancang rencana bisnis e-niaga adalah memikirkan cara yang akan Anda gunakan dalam proses akuisisi pelanggan.

Bagaimana Anda akan mengakuisisi, mengonversi, dan mempertahankan pelanggan? Pertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • SEO (Search Engine Optimization),
  • PR,
  • Strategi Konten,
  • PPC,
  • Media Sosial (mis. Linkedin, Facebook, Instagram),
  • Email marketing,
  • Promosi.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan Loyalitas Pelanggan. Bagaimana Anda akan memberi penghargaan kepada pelanggan yang kembali?

Menurut statistik, 58% pelanggan yang tergabung dalam program loyalitas suatu merek melakukan pembelian dari merek tersebut setidaknya sekali per bulan.

Seperti yang Anda lihat, memiliki strategi pemasaran yang efektif akan membuat bisnis e-niaga Anda berkelanjutan.

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Jasa dan Templatenya

Operasional

Mari kita bicara tentang logistik karena ini adalah bagian penting dari setiap bisnis e-niaga. Di balik setiap pengiriman yang sukses dan layanan yang ramah pelanggan, ada proses yang cermat dan efisien.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memikirkan aspek ini lebih lama. Pikirkan tentang hal-hal seperti, website toko online Anda, proses pengiriman, pemrosesan pembayaran, staf dan tim manajemen, pemasok, kurir, dan layanan pengembalian produk.

Alur kerja yang lancar memiliki dampak yang sangat besar pada hasil akhir dan kesuksesan masa depan perusahaan Anda.

Rencana keuangan

Berbicara tentang uang bukanlah hal yang mudah; Namun, dalam hal perencanaan bisnis, ini adalah salah satu aspek terpenting yang harus dipertimbangkan.

Tanpa uang, bisnis Anda tidak akan bisa berjalan dan itulah mengapa hal ini perlu mendapat perhatian Anda. Dengan merencanakan keuangan, Anda tidak akan terkejut dengan pengeluaran tak terduga dan jika menyangkut pendanaan dari luar, Anda akan terlihat sebagai perusahaan yang transparan dan terukur.

Kompleksitas bagian dari rencana bisnis Anda ini bergantung pada tujuan, audiens, dan ukuran bisnis.

Biasanya, ada tiga faktor utama yang perlu dipertimbangkan: laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat tiga laporan keuangan ini, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan cocok untuk toko online Anda, salah satunya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online berbasis cloud yang mudah digunakan, memiliki fitur terlengkap dan bisa terintegrasi dengan seluruh marketplace di Indonesia bahkan untuk toko online Anda yang berbasis wordpress atau woocommerce.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenal fitur integrasi Kledo akan membantu toko online Anda, silakan kunjungi halaman ini.

Jika tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencoba menggunakannnya secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Restoran dan Templatenya

Template dan Contoh Perencanaan Bisnis Online

Template perencanaan bisnis online sederhana

Ringkasan Eksekutif

  • Deskripsi singkat tentang toko online Anda, termasuk produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Tujuan bisnis dan visi jangka panjang yang ingin dicapai.
  • Gambaran singkat tentang pasar target dan keunggulan kompetitif Anda.

Profil Perusahaan

  • Nama perusahaan, alamat, dan kontak informasi.
  • Struktur perusahaan dan kepemilikan bisnis.
  • Tim manajemen kunci dan pengalaman mereka.
  • Sejarah perusahaan, pencapaian, dan tonggak penting.

Analisis Pasar

  • Gambaran pasar secara keseluruhan, termasuk ukuran, pertumbuhan, tren, dan peluang.
  • Segmentasi pasar dan penjelasan tentang pasar target yang dituju.
  • Analisis pesaing, termasuk kekuatan dan kelemahan mereka.
  • Analisis pelanggan, termasuk preferensi dan perilaku pembelian mereka.

Strategi Pemasaran

  • Tujuan pemasaran jangka pendek dan jangka panjang.
  • Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar.
  • Rencana promosi dan iklan online.
  • Rencana pengelolaan media sosial dan strategi konten.

Produk atau Layanan

  • Deskripsi lengkap tentang produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Keunggulan kompetitif dan nilai unik dari produk atau layanan.
  • Rencana pengembangan produk masa depan.

Rencana Operasional

  • Rencana untuk operasi sehari-hari, termasuk pemrosesan pesanan, pengiriman, dan pengelolaan inventaris.
  • Rencana pengelolaan rantai pasokan.
  • Rencana pengelolaan layanan pelanggan.
  • Kebijakan dan prosedur keamanan online.

Rencana Keuangan

  • Proyeksi pendapatan dan biaya selama 1-3 tahun ke depan.
  • Perhitungan laba rugi dan arus kas.
  • Rencana pembiayaan, termasuk modal awal dan sumber pendanaan potensial.
  • Analisis break-even dan penilaian risiko keuangan.

Evaluasi dan Pengawasan

  • Rencana untuk memantau dan mengevaluasi kinerja bisnis.
  • Indikator kinerja kunci yang akan digunakan.
  • Strategi perbaikan dan penyesuaian bisnis jika diperlukan.

Baca juga: Contoh Peluang Bisnis Online, Tantangan, & Tips Mengembangkannya

Contoh perencanaan bisnis online

perencanaan bisnis online 2

Berikut adalah contoh perencanaan bisnis online yang memiliki merek Kami Sehat dan menjual produk kesehatan dan perawatan tubuh:

Ringkasan Eksekutif

  • Kami Sehat adalah toko online yang berfokus pada penjualan produk kesehatan dan perawatan tubuh.
  • Visi kami adalah menjadi tujuan utama konsumen dalam mencari produk kesehatan dan perawatan tubuh yang berkualitas dan terpercaya.
  • Kami menawarkan berbagai macam produk seperti suplemen makanan, vitamin, produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, dan produk kesehatan lainnya.
  • Tujuan kami adalah memberikan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan memberikan kepuasan pelanggan.

Profil Perusahaan

  • Nama Perusahaan: Kami Sehat
  • Alamat: Jl. Contoh No. 123, Kota Contoh, Negara Contoh
  • Kontak: [email protected], +62-123456789
  • Struktur Perusahaan: Kami Sehat adalah perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan secara independen.
  • Tim Manajemen:
    • CEO: John Doe (Pengalaman 10 tahun di industri kesehatan)
    • Manajer Operasional: Jane Smith (Pengalaman 5 tahun di manajemen operasional)
    • Manajer Pemasaran: Sarah Lee (Pengalaman 7 tahun di pemasaran digital)

Analisis Pasar

  • Pasar kesehatan dan perawatan tubuh terus tumbuh dengan pesat, didorong oleh peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kecantikan.
  • Segmen pasar yang dituju adalah konsumen yang peduli akan kesehatan dan ingin membeli produk berkualitas secara online.
  • Persaingan dalam industri ini cukup tinggi, namun Kami Sehat memiliki keunggulan kompetitif dalam menyediakan produk berkualitas, layanan pelanggan yang baik, dan pengiriman cepat.

Strategi Pemasaran

  • Membangun kesadaran merek melalui kampanye iklan online, seperti Google Ads dan media sosial.
  • Menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat situs web Kami Sehat di mesin pencari.
  • Bermitra dengan influencer dan blogger kesehatan untuk merekomendasikan produk Kami Sehat.
  • Menawarkan program loyalitas dan diskon kepada pelanggan setia.
  • Mengelola media sosial dengan aktif berinteraksi dengan pelanggan dan membagikan konten informatif tentang kesehatan dan perawatan tubuh.

Baca juga: Strategi Bisnis Online: Ini Cara Terbaik Menerapkannya

Produk atau Layanan

  • Kami Sehat menawarkan berbagai macam produk kesehatan dan perawatan tubuh yang berkualitas, termasuk suplemen makanan, vitamin, produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, dan produk kesehatan lainnya.
  • Kami bekerja sama dengan merek-merek terkenal dan terpercaya untuk menyediakan produk yang aman dan efektif.
  • Kami juga memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang setiap produk untuk membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang tepat.

Rencana Operasional

  • Kami Sehat akan mengoperasikan situs web e-commerce yang responsif dan mudah digunakan.
  • Pemrosesan pesanan akan dilakukan dengan cepat dan efisien, dengan menggunakan sistem manajemen inventaris yang terintegrasi.
  • Kami akan menjalin kemitraan dengan jasa pengiriman terpercaya untuk memastikan pengiriman tepat waktu ke seluruh wilayah yang dituju.
  • Layanan pelanggan yang ramah dan responsif akan tersedia melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk email, telepon, dan chat online.

Rencana Keuangan

  • Proyeksi pendapatan dan biaya selama 3 tahun ke depan, termasuk investasi awal untuk pengembangan situs web, pemasaran, dan pengadaan stok produk.
  • Rencana pemasukan melalui penjualan langsung dan strategi pemasaran online.
  • Perhitungan laba rugi dan arus kas untuk memantau kinerja keuangan Kami Sehat.
  • Rencana pembiayaan termasuk modal awal dari pendiri dan kemungkinan pencarian pendanaan tambahan.

Evaluasi dan Pengawasan

  • Kami akan memantau kinerja bisnis secara teratur dengan mengukur indikator kinerja kunci, seperti pendapatan, jumlah pelanggan baru, dan tingkat kepuasan pelanggan.
  • Jika ada kekurangan atau kesempatan perbaikan, kami akan melakukan perubahan strategi pemasaran atau operasional sesuai kebutuhan.
  • Evaluasi rutin akan dilakukan untuk memastikan bahwa Kami Sehat tetap relevan dan kompetitif di pasar yang terus berkembang.

Baca juga: Strategi Mengubah Pengunjung Menjadi Pembeli di Bisnis Online

Kesimpulan

Kesimpulannya, menulis perencanaan bisnis memberi Anda kesempatan untuk melihat secara kritis setiap aspek toko online Anda dan memperkenalkan pernyataan misi Anda.

Pastikan ini bukan hanya tugas yang “harus” Anda selesaikan, namun perlakukan ini sebagai analisis mendalam tentang ide bisnis Anda.

Anda mungkin akan merasa terbantu dengan menyoroti poin-poin penting yang Anda temukan saat menulis rencana. Mungkin Anda akan menemukan sesuatu yang perlu disesuaikan dari contoh kami yang kami berikan diatas.

Lalu pastikan Anda menggunakan Kledo untuk proses pembukuan dan pencatatan transaksi yang lebih baik. Coba Kledo sekarang secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =