Mendapatkan Uang dari Internet dengan 10 Cara Ini, Berani Coba?

menghasilkan uang dari internet

Di era teknologi seperti sekarang ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang. Mulai dari bekerja full time ataupun bekeja part time. Buat kamu yang memiliki aktivitas lain selain bekerja (seperti sekolah) bisa memilih bekerja part time. Dengan bekerja part time kamu bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus mengorbankan aktivitas utama. Namun selain dua jenis pekerjaan tersebut, ada pekerjaan lainnya yang lebih menjanjikan dari bekerja full time ataupun part time, yaitu dengan mendapatkan uang dari internet. Lho, gimana caranya? Emang bisa?

Internet merupakan sesuatu yang saat ini tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Internet saat ini menjadi kebutuhan pokok. Baik untuk komunikasi, mendapatkan informasi, ataupun untuk urusan pekerjaan. Buat kamu yang memiliki koneksi internet, sayang banget kalau tidak memanfaatkannya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Mendapatkan uang dari internet bisa dilakukan oleh siapa saja dan bisa dilakukan dimana saja. Ini adalah salah satu kelebihan dari bekerja dari internet. Kamu tetap bisa melakukan pekerjaan meski sedang liburan ataupun sedang berada di luar kota. Kamu juga tidak dituntut dengan peraturan-peraturan yang biasanya ada di kantor atau perusahaan. Setelah tahu kelebihan bekerja dari internet, lalu apa yang harus dilakukan untuk memulainya?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Siapkan Perangkat yang Mendukung

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari internet adalah menyiapkan perangkat yang mendukung. Perangkat yang mendukung antara lain smartphone, komputer, atau laptop. Jika kamu hanya memiliki salah satu diantara perangkat tersebut, kamu tetap bisa melakukannya. Kamu bisa mendownload aplikasi untuk membuat konten-konten dari smartphone. Selain itu dengan menggunakan smartphone, kamu juga bisa melakukan mobilitas tanpa mengganggu pekerjaan.

2. Pastikan Ada Koneksi Internet

Untuk mendapatkan uang dari internet, selain dibutuhkan perangkat yang mendukung, kamu juga membutuhkan koneksi internet. Pastikan koneksi internet yang kamu miliki memiliki kecepatan yang tinggi dan juga stabil. Jangan sampai ketika kamu sedang membutuhkannya, tiba-tiba koneksi internet hilang. Tentu ini dapat mengganggu kinerjamu.

3. Buat Email untuk Profil di Internet

Membuat profil baru ternyata menjadi sesuatu yang penting untuk mendapatkan uang dari internet. Klien yang menawarkan pekerjaan biasanya akan menghubungimu melalui email yang kamu tuliskan pada bagian informasi. Dengan menggunakan email baru, kamu dapat memisahkan pesan masuk untuk pekerjaan ini dengan pesan masuk untuk kepentingan lainnya.

4. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Setelah melakukan tahap-tahap di atas, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja di berbagai platform, seperti di facebook, Instagram. website lowongan kerja ataupun melalui OLX. Jangan lupa untuk menampilkan profil semenarik mungkin, sehingga orang tertarik untuk menawarkan pekerjaan untukmu atau melihat channel yang kamu buat.

5. Eksekusi Ide

Salah satu kunci agar kamu bisa mendapatkan uang dari internet adalah dengan menciptakan ide yang menarik atau out of the box. Buatlah ide semenarik mungkin sehingga orang-orang tertarik dengan portofoliomu ataupun tertarik dengan hasil karyamu.

15 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Membuat Channel Youtube

mendapatkan uang dari internet youtube

Membuat channel di Youtube dan menjadi seorang youtubers saat ini menjadi impian generasi muda. Kamu pasti tahu Atta Halilintar, Ria Ricis, sampai Korea Roemit, mereka semua adalah youtubers yang konon bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta sampai miliaran setiap bulannya. Tentu ini sangat menggiurkan. Hanya dengan membuat video-video lalu diungguh di Youtube bisa mendapatkan uang sebanyak itu. Siapa coba yang nggak mau.

Tapi ternyata untuk menjadi seorang youtubers tidak semudah itu. Setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu miliki untuk bisa memiliki channel Youtube yang ditonton jutaan pemirsa. Apa saja hal-hal itu?

1. Konten yang menarik

2. Editing yang profesional

3. Konsisten upload dan promosi di media sosial

4. Sabar

Konsisten dan sabar adalah menjadi hal yang cukup berat dalam memilih pekerjaan satu ini. Apalagi pada awal-awal kamu mengupload video di Youtube dan tidak ada yang menonton. Makanya wajar jika youtubers bisa mendapatkan banyak uang karena buah dari kesabaran Buat kamu yang ingin menjadi youtubers bisa baca di link berikut.

2. Menjadi Blogger

mendapatkan uang dari internet blogger

Kamu punya hobi menulis? Jika kamu punya hobi satu ini, jangan sia-siakan. Kamu bisa lho mendapatkan uang dari hobi satu ini yaitu dengan menjadi blogger. Blogger merupakan orang yang menggunakan blog. Jika di Youtube, seorang youtuber berkarya dengan cara membuat video, seorang blogger berkarya dengan cara membuat tulisan di blog miliknya.

Ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menjadi blogger, mulai dari blog gratis sampai yang berbayar. Blog gratis yang bisa gunakan antara lain blogspot, wordpress, kompasiana, medium ataupun detik blog. Namun aku lebih merekomendasikan untuk membuat blog yang berbayar dengan berlangganan hosting. Hal ini dikarenakan blog gratis memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak bisa memasang iklan dan juga platform bisa menghapus blog jika menemukan pelanggaran.

Setelah membuat blog, tahap selanjutnya adalah membuat konten yang menarik di blog kamu. Buatlah konten yang memberikan manfaat kepada pengunjung blogmu, sehingga blogmu memiliki daya tarik sendiri. Setelah semua itu dilakukan, lalu dari mana blogger mendapatkan uang?

Ada 3 sumber penghasilan blogger yaitu melalui iklan, endorsment ataupun melalui afiliasi.

3. Penulis Freelance

mendapatkan uang dari internet penulis freelance

Penulis freelance atau penulis lepas adalah seorang penulis yang bekerja tanpa ikatan dengan suatu perusahaan dan bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Buat kamu yang memiliki kemampuan menulis dengan baik, kamu bisa mencoba pekerjaan satu ini. Meski sama-sama menulis, penulis freelance memiliki perbedaan dengan blogger. Jika blogger menulis di blog dengan mencari ide sendiri, penulis freelance menulis sesuai permintaan klien.

Untuk menjadi penulis freelance, kamu dapat bergabung dengan platform yang akan memudahkanmu mendapatkan pekerjaan. Platform-platform tersebut antara lain Sribulancer ataupun project.co.id. Biasanya fee ditentukan dari kuantitas artikel yang ditulis.

Kamu ingin tetap menjadi penulis freelance tanpa permintaan dari klien? Kamu bisa nih mengirim tulisan-tulisan kamu ke platform seperti mojok.co, basabasi.co, voxpop.id ataupun mengirimnya ke media massa. Untuk satu tulisan kamu bisa mendapatkan fee 300 ribu sampai satu juta rupiah.

4. Penerjemah

mendapatkan uang dari internet penerjemah

Kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni? Bisa nih mencoba pekerjaan sebagai penerjemah. Kamu bisa mencari pekerjaan penerjemah di situs-situs yang ada diinternet atau kamu bisa membuat iklan di media sosial. Kamu bisa menjadi penerjemah tulisan seperti artikel ilmiah atau jika mumpuni kamu bisa menjadi penerjemah buku. Selain itu kamu juga bisa menjadi penerjemah video atau yang biasa disebut dengan subtitling.

5. Dropship

mendapatkan uang dari internet dropship

Dropship merupakan pekerjaan menjual suatu barang atau jasa tanpa melakukan pembelian stok terlebih dahulu. Jadi, kamu hanya menjadi penjual tanpa barang. Kelebihan dari bisnis ini adalah kamu tidak mengeluarkan modal saat memulainya. Kamu cukup meminta foto dari supplier atau pemasaok produk dan menjualnya. Ingin tahu bagaimana cara mencari supplier terbaik? Kamu bisa membacanya di sini.

6. Reseller

mendapatkan uang dari internet reseller

Mirip dengan dropship, reseller adalah seseorang yang menjual produk orang lain dengan pembelian stok terlebih dahulu. Ya, perbedaan dengan dropship adalah reseller membeli produk terlebihan dahulu. Meski harus mengeluarkan modal untuk pembelian stok barang, namun bisnis reseller ini juga sangat menjanjikan. Kam bisa mendapatkan keuntungan sampai belasan juta dengan bisnis satu ini. Lebih lengkapnya kamu bisa membaca di sini.

7. Sosial Media Influencer

influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk sesuai dengan kemampuan atau reputasi yang dimilikinya. Saat ini influencer menjadi impian banyak orang. Kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan promosi suatu produk di media sosial yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan media sosial yang kamu miliki untuk menjadi influencer, salah satunya adalah Instagram. Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi influencer di Instagram?

  • Pilih topik khusus yang kamu angkat
  • Bagi informasi yang relevan dan bermanfaat
  • Bangunlah komunikasi yang baik dengan audiens
  • Bangunlah reputasi online yang baik, sehingga orang tertarik untuk bekerja sama denganmu.

8. Bergabung Platform Survey Online

survey online

Bergabung dengan platform survey online hanya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat untuk mendapatkan uang. Meski tidak menjanjikan jumlah penghasilan yang besar, namun pekerjaan satu ini bisa menambah penghasilan. Untuk bisa melakukan survey online, kamu bisa bergabung di platform yang menyediakan. Di Indonesia platform survey antara lain YouGov Indonesia, OpinionWorld dan lain-lain. Kamu bisa memilih pembayaran berupa cash atau voucher. Selain itu kamu juga menukarnya dengan pulsa yang ada di Tokopedia atau Paypal.

9. Tutor Kursus Online

mendapatkan uang dari internet tutor kursus online

Ingin bisa tetap mengajar tanpa harus keluar rumah? Mungkin kamu bisa mencoba pekerjaan satu ini yaitu menjadi tutor kursus online. Untuk bisa bekerja menjadi tutor kursus online, kamu bisa melamar pekerjaan pada platform-platform yang menyediakan pembelajaran secara online, salah satunya adalah Ruang Guru.

Ingin memiliki kursus online sendiri? Kamu bisa menciptakan kursus online seperti halnya Ruang Guru. Jika kamu tertarik dengan bisnis satu ini, hal-hal yang bisa kamu lakukan adalah

  • Tentukan target peserta yang disesuaikan dengan kemampuanmu
  • Memiliki sarana pembelajaran yang memadai (komputer atau laptop)
  • Aturlah jadwal mengacara secara tepat
  • Memiliki materi pelajaran yang lengkap, unik dan juga berkualitas.

10. Membuat Toko Online

membuat toko online

Toko online merupakan website yang didalamnya memajang barang-barang yang dijual. Bianya toko online sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran. Kamu bisa melakukan pembayaran dengan cara payment gateway dan juga bisa membuka toko online milikmu selama 24 jam. Dapat menjangkau pasar yang lebih luas, toko online lebih menjanjikan daripada toko fisik.

Untuk bisa membuat toko online, kamu bisa membuatnya di website atau platform penyedia jasa pembuatan toko online. Salah satu website yang menyediakan jasa pembuatan toko online adalah jejualan.com. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati berbagai fitur yang dibutuhkan oleh toko online, seperti ongkos kirim otomatis, terima pembayaran dari manapun, dan lainnya.

Kesimpulan

Kata siapa untuk mendapatkan uang harus dengan bekerja di luar rumah? Di zaman sudah serba canggih ini, mendapatkan uang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan internet. Mendapatkan uang dari internet bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan memiliki perangkat yang memadai, salah satunya adalah smartphone.

Setelah kamu berhasil mendapatkan uang dari internet, ada satu hal yang tidak boleh kamu abaikan, yaitu untuk mengelola keuangan dengan baik. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan, jangan khawatir! Saat ini tersedia software akuntansi yang akan memudahkanmu dalam mengelola keuangan, salah satunya software akuntansi dari Kledo. Selain harganya terjangkau, untuk mengakses Kledo kamu juga tidak perlu mendownload dan menginstal terlebih dahulu. Kamu cukup kunjungi laman Kledo di https://kledo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *