Statistik Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya dalam Bisnis

statistik bisnis

Statistik bisnis adalah ilmu pengambilan keputusan berdasarkan banyak analisis dalam produksi, audit, dan ekonometrik.

Setiap manajer yang tepat membuat keputusan pertumbuhan perusahaan atas nama statistik ini di saat-saat ketidakpastian.

Untuk membuat keputusan-keputusan ini, individu memerlukan keterampilan berikut seperti riset pasar, forecasting, kontrol kualitas, perencanaan produk, laporan tahunan, manajemen personalia, dll.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu statistik bisnis secara mendalam beserta jenis, manfaat, dan tips melakukannya dalam bisnis Anda.

Apa itu Statistik Bisnis?

Statistik bisnis adalah proses analisis data dari statistik dasar dan menerapkannya pada bisnis.

Misalnya, memperkirakan probabilitas produk cacat yang keluar dari jalur pabrik, atau melihat ke mana arah penjualan di masa depan.

Banyak alat yang digunakan dalam statistik bisnis dibangun di atas alat yang mungkin sudah Anda temui dalam matematika dasar: mean, modus, dan median, grafik batang dan kurva lonceng, dan probabilitas dasar.

Pengujian hipotesis (di mana Anda menguji sebuah ide) dan analisis regresi (menyesuaikan data dengan persamaan) dibangun di atas fondasi ini.

Baca juga: 15 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

Apa Saja Jenis Statistik Bisnis?

Pada dasarnya ada dua jenis metode statistik. Mari kita bahas

1. Statistik deskriptif

Statistik deskriptif adalah ringkasan data dengan cara yang berguna dan bermakna.

Analisis statistik deskriptif adalah bagian penting yang memberi Anda wawasan berharga tentang data. Ini berisi perhitungan numerik atau grafik atau tabel.

Analisis deskriptif melihat apa yang telah terjadi dan menjelaskan mengapa.

Dengan memanfaatkan informasi historis, manajer dapat memeriksa pencapaian dan kesalahan di masa lalu. Ini juga disebut “analisis sebab dan akibat”.

Beberapa penggunaan umum statistik deskriptif menggabungkan transaksi, pemasaran, keuangan, dan operasi.

Jenis-jenis Statistik Deskriptif

  • Ukuran Dispersi atau Variasi. * Rentang, Varians, Deviasi Standar.
  • Pengukuran Frekuensi: * Hitung, Persen, Frekuensi.
  • Ukuran Posisi. * Peringkat Persentil, Peringkat Kuartil
  • Ukuran Kecenderungan Sentral. * Mean, Median, dan Modus.

2. Statistik inferensial

Data yang kita kumpulkan dengan statistik Inferensial tidak dapat diperoleh dengan statistik deskriptif.

Dalam statistik Inferensial, kita membuat asumsi pada parameter Pengukuran seperti mengambil statistik dari data spesimen.

Dalam statistik Inferensial, Mereka menggunakan data sampel untuk memecahkan masalah penelitian.

Jenis-jenis statistik Inferensial:

  • Uji hipotesis satu sampel/ Uji perbedaan satu sampel
  • Uji-t atau Anova.
  • Tabel Kontingensi dan Statistik Chi-Square.
  • Regresi Bivariat.
  • Korelasi Pearson.
  • Regresi Multivariat.
  • Interval Keyakinan.

Baca juga: Supply Chain Management: Pengertian Lengkap Dan Metriks Pengukurannya

Apa Pentingnya Statistik Bisnis?

Statistik memainkan peran penting dalam industri bisnis. Penelitian statistik dalam bisnis memungkinkan para manajer untuk menyelidiki kinerja masa lalu untuk mengantisipasi kebijakan strategis masa depan, dan memimpin asosiasi dengan baik.

Wawasan statistik bermanfaat untuk membuat strategi agar perusahaan dapat bertahan. Ini juga termasuk BI (Business Informatics), Analytics, Data Science untuk operasi aritmatika.

Statistik dapat menggambarkan pasar, memberikan ide tentang pemasaran, menetapkan biaya, dan bereaksi terhadap perubahan permintaan pembeli.

Berikut adalah beberapa manfaat statistik bisnis:

Manajemen data keuangan

Tentu saja, bisnis apa pun bergantung pada kesehatan keuangan untuk kelangsungan hidupnya yang berkelanjutan.

Aspek pemeliharaan keuangan yang paling dikenal untuk bisnis adalah pembukuan dan akuntansi.

Tentu saja keahlian di bidang-bidang tersebut membantu bisnis apa pun tetap teratur dan efisien dalam penggunaan sumber dayanya.

Namun, keamanan jangka panjang dan pertumbuhan perusahaan juga bergantung pada penggunaan yang bijak dari volume data yang masuk dan keluar dari proses akuntansi.

Manajemen data keuangan adalah salah satu teknik statistik utama dalam bisnis dan ekonomi.

Teknik ini menggunakan berbagai alat dan metodologi untuk mencatat, melacak, dan memanfaatkan informasi keuangan perusahaan, termasuk:

  • Software Khusus
  • Algoritma
  • Analisis
  • Pelaporan
  • Alat Visualisasi Data

Sangat penting bagi perusahaan mana pun untuk tidak hanya melacak secara akurat, tetapi juga menerapkan informasi keuangan secara efektif.

Ini adalah bagaimana anggaran yang sehat dikembangkan, proyeksi keuangan yang andal dibuat, dan catatan yang akurat disimpan untuk tujuan hukum dan kepatuhan.

Manajemen data keuangan adalah salah satu alat analisis statistik yang paling penting untuk bisnis.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola manajemen data keuangan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pengelolaan data yang lebih baik.

Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Mengenal Payback Period Sebagai Indikator Studi Kelayakan Bisnis

Mengukur kinerja dan efisiensi organisasi

Contoh penting lainnya dari penggunaan teknik statistik dalam bisnis dan ekonomi untuk perusahaan adalah menilai berbagai bidang kinerja.

Tentu saja, untung dan rugi dalam bisnis dapat menceritakan kisah paling dasar tentang bagaimana bisnis berkembang. Namun, ada banyak indikator penting lainnya yang hanya dapat diperiksa dan dipahami melalui statistik bisnis.

Misalnya, setiap perusahaan yang menghasilkan produk fisik harus melakukan pengujian produk.

Terutama dalam kasus produksi massal, tidak mungkin untuk memeriksa secara fisik setiap item yang keluar dari jalur perakitan yang semakin otomatis.

Jadi, salah satu penggunaan analisis statistik yang efektif untuk bisnis adalah dalam pengambilan sampel produk, yang memperkirakan kualitas produksi secara keseluruhan dengan menganalisis segmen produk yang ditunjuk.

Perusahaan juga menggunakan berbagai alat statistik untuk mengukur efisiensi keseluruhan tenaga kerja mereka dan struktur organisasi mereka.

Hal ini dapat mencakup pengukuran output karyawan, pemeriksaan pemanfaatan waktu, dan bidang lain yang penting untuk memaksimalkan sumber daya bisnis.

Data yang dikumpulkan kemudian dapat diperiksa oleh ahli statistik untuk mengukur kinerja dan efisiensi dan membuat model untuk perbaikan.

Baca juga: Jurnal Pembagian Dividen: Arti, Jenis, Cara Mencatat, dan Contoh Soal

Meningkatkan operasi bisnis dan pengambilan keputusan

Karena alat analisis statistik untuk bisnis digunakan untuk mengukur efisiensi dan kinerja, perusahaan dapat memanfaatkan statistik tersebut lebih lanjut untuk melakukan perbaikan dalam operasi dan pengambilan keputusan mereka. Sekali lagi, aplikasi ini relevan di banyak sektor bisnis, termasuk:

  • Analisis dan Pertumbuhan Penjualan
  • Mengidentifikasi Strategi Pemasaran yang Lebih Efektif
  • Pelatihan dan Manajemen Karyawan yang Lebih Baik
  • Pengembangan Kepemimpinan untuk Eksekutif
  • Peningkatan Efisiensi Staf dan Penjadwalan
  • Penetapan Tujuan Organisasi yang Lebih Efektif

Jika penjualan menurun, seorang ahli statistik yang menggunakan teknik statistik dalam bisnis dan ekonomi dapat membantu mengisolasi masalah dan mengidentifikasi solusi.

Misalnya, analisis mungkin mengindikasikan pemasaran yang tidak efektif, yang kemudian dapat diperbaiki melalui riset dan analisis pasar yang lebih efektif, proyeksi yang lebih baik, dan peningkatan strategi pengiriman pesan dan periklanan.

Bahkan masalah yang tampaknya lebih pribadi dan kecil kemungkinannya untuk diatasi oleh statistik sering kali dapat diatasi melalui penggunaan kreatif analisis statistik untuk bisnis.

Misalnya, jika efisiensi atau bahkan moral karyawan tampak rendah, statistik dapat membantu mengidentifikasi praktik bisnis yang tidak efisien atau tren yang tidak perlu membebani staf.

Mengatasi masalah-masalah ini tidak hanya membantu meningkatkan kinerja bisnis, tetapi juga mengkomunikasikan kepedulian dan nilai kepada sumber daya utama perusahaan: karyawannya.

Peningkatan pemahaman dan pemanfaatan statistik bisnis juga membekali pemimpin senior perusahaan.

Banyak bisnis menemukan kesuksesan awal karena naluri kewirausahaan individu atau kelompok, tetapi pada akhirnya berjuang di musim-musim baru dan ketika menghadapi tantangan baru.

Metodologi awal dan proses pengambilan keputusan tidak selalu diterjemahkan saat bisnis memasuki tahap baru.

Seringkali penerapan teknik statistik dalam bisnis dan ekonomi di bawah bimbingan ahli statistik dapat membantu para pemimpin mengatasi hambatan-hambatan ini dan membuat keputusan yang lebih baik untuk masa kini dan masa depan perusahaan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM

Mengidentifikasi tren dan meningkatkan forecasting

Meskipun memelihara kesehatan dan efisiensi internal sangat penting untuk bisnis apa pun, mengidentifikasi dan memahami tren eksternal juga merupakan kuncinya.

Apa yang efektif dan relevan dalam industri tertentu bulan lalu mungkin tidak lagi efektif dan relevan dalam enam bulan.

Teknik statistik dalam bisnis dan ekonomi dapat membantu perusahaan melacak dan menganalisis tren. Hal ini memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Tetap up to date
  • Mengetahui apa yang diharapkan berikutnya
  • Menghasilkan ide bisnis yang lebih baik
  • Menciptakan peluang untuk berinovasi ketimbang mengikuti
  • Meningkatkan kapasitas forecasting perusahaan
  • Menawarkan tanda peringatan dini untuk area masalah potensial
  • Mengidentifikasi area untuk perbaikan yang dibutuhkan

Ahli statistik dapat membantu bisnis memahami tren industri dan menciptakan solusi untuk beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan yang berubah.

Ini termasuk menggunakan statistik untuk membuat proyeksi yang lebih baik tentang bagaimana lingkungan tersebut kemungkinan akan terus berubah.

Perkiraan yang lebih baik di bidang-bidang seperti penjualan, pengeluaran, margin keuntungan, kapasitas produksi, dan kualitas produk dapat menentukan apakah hari-hari terbaik bisnis ada di belakangnya atau di depannya.

Baca juga: Financial Intermediary: Arti, Jenis, Tugas, Contoh, dan Kekurangannya

Meningkatkan riset pasar, analisis pasar, dan pemasaran

Riset pasar adalah bidang lain di mana perusahaan menemukan kebutuhan mereka berkembang seiring pertumbuhan bisnis.

Ide awal yang sukses jarang menopang bisnis dalam jangka panjang, sehingga riset pasar dan analitik menjadi bidang analisis statistik yang paling penting untuk bisnis.

Intinya, ini berarti menggunakan statistik untuk lebih memahami permintaan produk potensial dan untuk memaksimalkan laba atas investasi produk.

Ini adalah tantangan bagi sebagian besar bisnis. Faktanya, sebuah survei eksekutif pemasaran senior oleh Harvard Business Review menemukan bahwa “lebih dari 80% responden tidak puas dengan kemampuan mereka untuk mengukur ROI pemasaran.”

Hal ini menciptakan peluang yang sangat besar bagi para ahli statistik yang dapat bekerja sama dengan para eksekutif untuk memecahkan masalah tersebut.

Pada akhirnya, teknik statistik dalam bisnis dan ekonomi juga merupakan landasan untuk kampanye pemasaran yang efektif.

Hal ini terutama berlaku di era Big Data, ketika bisnis dibanjiri dengan informasi yang didorong oleh internet.

Masuknya data ini bisa membuat perusahaan kewalahan atau menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk strategi pemasaran yang ditargetkan dan berdasarkan data.

Ahli statistik terlatih adalah pembuat perbedaan yang dapat menyediakan alat dan wawasan yang diperlukan untuk memaksimalkan upaya pemasaran.

Baca juga: Otomasi Industri: Pengertian, Jenis, Dampak, Penerapan, dan Contohnya

Keterbatasan Menggunakan Statistik

statistik bisnis

Meskipun menggunakan pengukuran bisnis untuk menentukan pilihan berguna, namun memiliki kendala – misalnya, ukuran sampel yang digunakan dalam analisis statistik merupakan faktor.

Kasus-kasus yang lebih signifikan akan menciptakan hasil yang lebih unggul, namun model yang lebih besar membutuhkan biaya lebih banyak uang tunai dan rentan terhadap teori kerugian yang tidak dapat dihindari.

Ini adalah pertukaran teladan antara biaya untuk mendapatkan hasil yang semakin tepat terhadap rencana pengeluaran dan keterbatasan waktu.

Baca juga: 15 Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis

Kesimpulan

Penggunaan internet semakin berkembang penggunaannya secara bertahap dalam pengumpulan data serta penurunan tajam dalam harga sistem penyimpanan data dan komputer telah menyebabkan ledakan data.

Industri yang secara tradisional diperkuat berdasarkan data seperti ilmu statistik, sistem cloud, dan AI telah membuat aliran cepat data baru dan variabel baru untuk menginformasikan keputusan mereka.

Pertumbuhan ini juga telah menawarkan munculnya bidang-bidang baru dalam bisnis, seperti pembelajaran komputasi dan gelar baru, misalnya, Data Scientist.

Seperti yang sudah kami bahas di atas, untuk memudahkan Anda dalam mengetahui kesehatan keuangan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi modern seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia dan memiliki harga terjangkau dan mudah digunakan.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − one =