10 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan yang Cocok untuk Pemula

bisnis ramadhan

Bulan Ramadan memang penuh berkah. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak orang menciptakan bisnis dadakan selama Ramadhan dengan keuntungan cukup besar.

Dari awal dimulainya puasa hingga nanti lebaran tentunya tetap ada peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Bisa dengan membuka usaha kecil-kecilan yang musiman atau mungkin akan dikembangkan menjadi lebih besar.

Berikut adalah berbagai jenis bisnis yang bisa Anda mulai selama bulan Ramadhan untuk menambah pundi-pundi pemasukan Anda.

1. Berjualan Takjil dan Minuman Manis

bisnis ramadhan

Berbuka puasa memang paling enak kalau diawali dengan minuman manis, seperti teh atau takjil yang segar.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa, takjil adalah makanan wajib yang harus ada pada saat berbuka puasa. Itulah mengapa berjualan takjil ini menjadi sesuatu yang amat menjanjikan karena peminatnya juga pastinya lebih banyak dibandingkan hari hari biasanya.

Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis menjual takjil, maupun minuman manis lainnya. Kamu bisa berjualan di depan rumah, menawarkan ke kantor-kantor, dan sebagainya. Dijamin, permintaan akan selalu tinggi selama bulan puasa.

Baca juga: Produk Populer 2022 Ini Sukses di Pasaran, Berani Coba?

2. Berjualan Pakaian Muslim

Di bulan Ramadan orang berbondong-bondong untuk merubah penampilan ke arah yang lebih baik. Yang awalnya belum berjilbab, maka di bulan ini berusaha sedikit demi sedikit untuk menutup aurat.

Permintaan akan busana juga semakin tinggi pada saat bulan suci ramadhan, sehingga membuat banyak sekali orang yang memanfaatkan peluang ini.

Omset yang didapatkan dari wirausaha berjualan baju ini juga lumayan lho. Sebisa mungkin carilah supplier utama, supaya harganya benar-benar murah. Sehingga kamu bisa menjual dengan harga tak terlalu mahal.

Para penjual bisa menjajakan dagangannya di masjid-masjid besar, karena biasanya di bulan ramadhan itu masjid menjadi tempat yang paling ramai.

Baca juga: 10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

3. Menjual Santapan Sahur

Kegiatan berpuasa sudah pasti diawali dengan sahur. Ada yang sudah mempersiapkan pada malam hari ataupun pagi harinya.

Namun di kota besar, banyak masyarakat yang tidak membuat hidangan sahur karena berbagai alasan. Terlebih jika mereka yang tinggal sendiri, atau para pekerja yang sibuk di saat siang hari sehingga tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan hidangan sahur walaupun sangat membutuhkan.

Anda bisa membuat hidangan sahur menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Anda tidak harus langsung membuka usaha catering atau warung makan, tawarkan saja dulu  kepada tetangga atau orang-orang terdekat yang membutuhkan. Potensi penjualan lebih besar terjadi jika Anda berada di lingkungan kos-kosan atau tempat kerja.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

4. Usaha Laundry

Ini juga masih berhubungan dengan ide bisnis ketiga dan bisa menjadi ide usaha yang cocok di kota besar.

Tinggal di tengah kota dengan jumlah penduduk yang padat memang menjadi berkah tersendiri bagi beberapa orang yang pandai melihat peluang, seperti usaha laundry misalnya.

Tak seperti hari-hari biasa, usaha laundry ini ternyata bisa menjadi ide bisnis ramadhan yang tak kalah menguntungkannya.

Mendekati ramadhan, usaha laundry bukannya sepi malah bisa tambah banyak pelanggan. Hal ini disebabkan, banyak sekali asisten rumah tangga yang harus pulang kampung dan membuat pekerjaan rumah menjadi lebih banyak.

Pastinya semua orang mau di saat lebaran semua pakaian menjadi bersih dan wangi, nah usaha laundry ini adalah solusinya.

Baca juga: 10 Tips Sukses Membangun Bisnis Cafe yang Menguntungkan

5. Berjualan Kurma

Di bulan puasa, kurma menjadi buah yang paling diburu. Semua orang berlomba-lomba membeli kurma untuk dijadikan takjil buka puasa. Tak hanya itu, kurma juga dijadikan hidangan tamu saat Ramadan.

Ini karna kurma  menjadi makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ketika berbuka. Kandungan serat dan glukosa di dalamnya mampu menambah energi setelah seharian berpuasa dan ketika sahur juga hidangan andalan di hari raya.

Karena ketenarannya, permintaan yang cukup banyak dan stok yang melimpah, menjajakan kurma bisa jadi alternatif ide jualan bulan puasa yang menggiurkan untuk menambah pemasukan di bulan suci.

Jika memungkinkan, kamu bisa berjualan beberapa varian kurma untuk mendulang untung lebih.

Banner 2 kledo

6. Berjualan Kue Kering

bisnis ramadhan

Tak hanya takjil saja yang laku saat ramadhan, tetapi kue kering juga menjadi komoditas ramadhan yang banyak sekali orang mencarinya jika sudah menjelang hari raya.

Namun, membuat kue lebaran terkadang membutuhkan kemampuan khusus. Jika salah bahan dan cara pengolahan bisa membuat kue yang dibuat gagal. Padahal kue-kue ini akan dihidangkan kepada tamu.

Ini yang membuat orang-orang lebih banyak membeli kue lebaran di pasaran atau menyerahkan pembuatannya kepada orang lain. Jika Anda hobi masak dan membuat kue, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan bisnis kue lebaran.

Tentunya, Anda harus memanfaatkan peluang emas ini untuk mendapatkan berkah ramadhan dan memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi dengan menjual kue kering.

Baca juga: Memulai Bisnis Pakaian Custom, Bagaimana Caranya?

7. Menjual Parcel

Ide bisnis ramadhan yang berikutnya dan tak kalah menguntungkannya di bulan ramadhan adalah usaha parsel lebaran.

Parsel ini banyak dijadikan sebagai hadiah lebaran untuk keluarga, teman, klien bisnis, atau pun kepada kerabat lainnya.

Jika kamu punya bakat merangkai, tinggal beli saja bahan-bahan untuk parsel, sehingga kamu tinggal menyusun saja untuk dijadikan sebuah parsel.

Buat desain parcel semenarik mungkin agar pelanggan puas dengan produk Anda. Bisa juga dengan mengkreasikan isi parcelnya.

Tidak melulu roti dan sirup, Anda bisa saja mengganti dengan barang pecah belah, peralatan ibadah, buku dan lain sebagainya.

8. Rental Mobil

Selain berbagai parcel, mudik atau pulang kampung juga jadi salah satu tradisi yang sangat melekat dengan orang Indonesia.

Ketika dimulai cuti bersama, semua orang berbondong-bondong mempersiapkan barang bawaan dan pulang ke rumah orang tua.

Ada banyak jasa transportasi publik yang tersedia, mulai dari bus, kereta api, pesawat ataupun kapal laut. Namun menggunakan transportasi publik sering sekali menimbulkan ketidak nyamanan.

Ongkos yang melambung tinggi, penumpang yang membludak, jadwal keberangkatan dan waktu istirahat yang tidak fleksibel, tempat yang kotor dan masih banyak lagi.

Tak semua orang punya kendaraan untuk digunakan mudik. Inilah peluang bagi kamu yang memiliki mobil dan motor yang kebetulan sedang tidak digunakan saat itu. Kamu bisa menyewakan kendaraanmu.

9.Penyalur Asisten Rumah Tangga dan Babysitter Infal

Masalah yang paling sering dialami oleh keluarga pekerja adalah kerepotan mengurus anak dan rumah, terlebih mendekati hari raya Lebaran. Ditambah dengan asisten rumah tangga yang biasanya akan mengambil libur di bulan puasa apalagi mendekati hari lebaran.

Asisten rumah tangga dan babysitter infal sangat dibutuhkan pada saat-saat seperti ini. Anda bisa membantu keluarga-keluarga dengan mencarikan asisten rumah tangga dan babysitter pengganti.

Tentunya usaha Anda ini tidak akan dihargai secara gratis. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai alternatif menambah pendapatan.

Namun harus dipastikan terlebih dahulu asisten rumah tangga dan babysitter yang Anda tawarkan mempunyai kejujuran dan kemampuan yang mumpuni agar tidak menimbulkan masalah kedepannya.

Baca juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias yang Wajib Dicoba

10. Menjual Ketupat

Lebaran kurang lengkap rasanya jika tidak menyantap ketupat dengan opor ayam, rendang atau makanan khas lebaran yang lezat lainnya.

Namun tidak semua orang bisa membuat anyaman ketupat. Sehingga banyak orang yang memilih cara praktis dengan langsung membelinya di pasar lalu memasaknya sendiri di rumah. lebih mudah dan praktis pastinya.

Menjual ketupat menjadi ide bisnis ramadhan yang terakhir dan sangat cocok untuk siapapun yang memang mahir dalam menganyam ketupat ini. Pastinya ketupat ini akan sangat laku di pasaran saat lebaran sudah ada di depan mata.

Baca juga: 4 Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Berani Coba?

Kesimpulan

Ramadhan memang membawa berkah bagi banyak orang, termasuk Anda yang ingin membangun bisnis. Dengan mengetahui beberapa ide bisnis Ramadhan diatas, Anda bisa memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan kemampuan Anda.

Kemampuan disini bisa dari modal atau hal yang Anda kuasai agar produk yang Anda jual bisa diterima pasar dengan baik, misalnya jika Anda berniat berjualan takjil, pastikan Anda memasak dan mengetahui bebrbagai bahan untuk membuat takjil yang enak.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh penghasilan dan pengeluaran pada bisnis pada sistem yang memudahkan Anda dalam menentukan keputusan bisnis yang penting, seperti penetapan harga, pemantauan stok atau sekedar melihat laporan pendapatan.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan software akutansi seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Hanya dengan 4500 perhari, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan pengelolaan pembukuan bisnis dimana saja dan kapan saja.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 4 =