Pitching Adalah: Berikut Arti Pentingnya bagi Bisnis

pitching adalah

Pitching adalah kegiatan menyajikan produk atau layanan Anda kepada klien secara profesional dan bertujuan meyakinkan audiens agar mau berinvestasi di perusahaan Anda.

Kunci keberhasilan pitching terletak pada presentasi penjualan. Namun, presentasi penjualan yang disampaikan dengan buruk dapat menggagalkan tujuannya, bahkan terkadang membuat klien tidak mau berbisnis dengan Anda.

Pitching harus disiapkan dengan hati-hati dengan meluangkan waktu, energi, dedikasi untuk menciptakan pitching yang sempurna. 

Jika Anda pernah bertanya-tanya apa yang membuat presentasi penjualan yang sempurna bagi pelanggan dan investor menjadi begitu penting, artikel ini akan memberi tahu Anda. Kami juga akan berbagi kiat untuk membantu Anda melakukan pitching yang sempurna dan membuat klien Anda kagum.

Pitching Adalah Strategi Mendatangkan Investor dan Pelanggan

pitching adalah

Pitching adalah sebuah usaha untuk meyakinkan audiens bahwa bisnis Anda memiliki masa depan yang sukses.

Biasanya, ini dilakukan dengan menceritakan sebuah cerita dalam tiga bagian. Bagian satu menggambarkan proposisi nilai produk atau layanan Anda. Bagian kedua menunjukkan ukuran pasar yang bersedia mengeluarkan uang untuk produk atau layanan Anda. Dan terakhir, bagian ketiga meyakinkan audiens yang dapat ditangkap oleh bisnis Anda dan melayani pasar tersebut.

Secara lebih jelas, berikut pembahasan tiga tahapan dalam melakukan pitching adalah sebagai berikut:

Elevator Pitch

Elevator pitch adalah versi tiga puluh detik awal dari pitch bisnis Anda. Pitch elevator yang bagus bahkan dapat berfungsi sebagai pintu awal penjualan Anda.

Di tahapan ini, Anda akan berbicata tentang media sosial dan halaman web Anda untuk bisnis. Ini mungkin berfungsi sebagai titik awal untuk membuat iklan.

Elevator pitch mungkin merupakan paragraf paling penting dari proses pitching karena berfungsi sebagai pembuka presentasi. Buat konsep, latih, dan asah dari waktu ke waktu sehingga menghasilkan yang paling efektif.

Rata-rata manusia dapat dengan jelas berbicara dan memahami sekitar 70 kata yang diucapkan dalam tiga puluh detik tanpa terburu-buru. Itu berarti elevator pitch memiliki sekitar tiga hingga empat kalimat untuk menjual bisnis Anda.

Cara terbaik untuk merumuskan ini adalah dengan memiliki satu kalimat masing-masing tentang masalah, solusi, dan produk Anda, atau pada dasarnya menguraikan bagian pertama dari pitch cepat atau lengkap Anda, yang menggambarkan proposisi nilai produk atau layanan Anda.

Contohnya:

“Pernahkah Anda pergi meninggalkan rumah dengan ponsel memiliki daya kurang dari 5%? Bagaimana jika ada cara untuk selalu mengisi daya ponsel Anda tanpa terus-menerus mencolokkan dan mencabutnya saat Anda bergerak di sekitar rumah? Kami telah mengembangkan teknologi terbaru yang bisa mengisi daya baterai ponsel secara portabel dan bisa dibawa kemana saja Anda pergi.

Quick Pitch

Quick pitch biasanya berlangsung sekitar 5-10 menit. Disini, Anda akan menjelaskan beberapa detail, tetapi Anda mungkin masih bisa melakukan pitch tanpa slide presentasi.

Pada tahap ini, Anda harus menjelaskan 3 poin yang paling penting yang menghabiskan masing-masing 1-3 menit pada kategori berikut:

  • Bagian 1: Masalah, solusi, dan produk/layanan (elevator pitch)
  • Bagian 2: Pelanggan, pasar, dan persaingan ideal Anda
  • Bagian 3: Rencana bisnis dan tim Anda, rencana pasar Anda, daya tarik terbaru, dan permintaan audiens Anda

Full Pitch

Full pitch secara struktural tidak jauh berbeda dari quick pitch Anda. Bedanya, pada tahap ini bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk setiap subjek.

Tahapan ini dapat berlangsung dari 20-60 menit, dan biasanya disediakan untuk pertemuan dengan calon investor yang telah mendengar elevator atau penawaran cepat dan ingin Anda menguraikan detail cara kerja bisnis Anda.

Anda harus mencoba menyesuaikan promosi dengan audiens. Itu berarti melakukan riset tentang orang atau orang yang Anda tuju sebelumnya. Cara termudah untuk menyesuaikan pesan Anda kepada investor tertentu adalah menemukan cara untuk membandingkan bisnis Anda dengan investasi sukses sebelumnya yang mereka miliki.

Baca juga: 11 Cara Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses, Berani Coba?

Manfaat Pitching bagi Bisnis

Pitching memberikan berbagai dampak positif bagi bisnis, di antaranya adalah:

1. Membuat Kesan yang Baik pada Pelanggan

Sebaiknya diingat bahwa pitching mungkin merupakan interaksi langsung pertama yang dimiliki calon klien atau investor dengan bisnis Anda. Jadi, harus dilakukan sesempurna mungkin. 

Pitching adalah kesempatan sempurna bagi Anda untuk memperluas pengetahuan mereka tentang perusahaan atau bisnis Anda lebih dari apa yang sudah mereka ketahui. Ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk meninggalkan kesan yang langgeng dan positif pada investor, klien, atau pelanggan Anda. 

2. Membangun Koneksi

Ketika Anda menyampaikan presentasi penjualan Anda dengan sangat baik, itu dapat membangun hubungan bisnis yang kuat antara Anda dan pelanggan potensial. Selain itu, pelanggan Anda perlu mempercayai Anda dan bisnis Anda agar hubungan bisnis menjadi sukses. 

Pitching akan membantu mereka mengembangkan kepercayaan itu pada Anda, produk dan bisnis Anda. Ini juga bisa dijadikan sebagai strategi membentuk loyalitas pelanggan Anda. Ini adalah salah satu aset terbesar yang dapat Anda miliki sebagai pemilik bisnis. 

3. Membuat Anda Lebih Menonjol dari Kompetitor Bisnis

Dunia bisnis dikenal dengan persaingan ketat antara bisnis yang memberikan produk dan layanan serupa kepada pelanggan. Salah satu cara untuk menonjol dari kompetisi adalah dengan melakukan pitching yang sempurna. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pitching yang Anda lakukan harus dapat meninggalkan kesan yang bertahan lama pada konsumen dan investor. Itu akan sangat menarik perhatian mereka sehingga terlepas dari bagaimana pitching pesaing Anda, mereka tidak akan melupakan presentasi sempurna Anda.

4. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari pitching adalah untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Jadi, memberikan pitching yang biasa-biasa saja kemungkinan besar tidak akan meyakinkan prospek Anda untuk berinvestasi dalam bisnis Anda atau membeli produk Anda. 

Di sisi lain, jika Anda membuat dan menyampaikan presentasi penjualan yang menarik, Anda bisa menarik investor, mendapatkan pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. 

Selain itu, pada pitching yang terbaik adalah mendorong interaksi antara Anda dan klien Anda. Selama interaksi ini, Anda akan bisa mendapatkan umpan balik tentang cara meningkatkan produk Anda. Ketika Anda meningkatkan produk atau layanan Anda, Anda akan memiliki lebih banyak penjualan dan keuntungan.

Baca juga: Strategi Pengembangan Bisnis: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

Tips Melakukan Pitching yang Sempurna

Kiat-kiat ini dijamin akan mengubah pitching Anda menjadi lebih baik dan memastikan Anda mendapatkan semua manfaat dari kegiatan ini.

Langkah 1. Melakukan Penelitian

Salah satu hal terburuk yang harus dilakukan sebelum presentasi penjualan adalah tidak memiliki cukup informasi untuk disajikan saat melakukan pitching. Ini akan membuat Anda dianggap tidak serius dan tidak profesional bagi prospek Anda. 

Jadi, jika Anda berharap dapat memberikan pitching yang sempurna, Anda perlu melakukan banyak riset. Penelitian Anda harus mencakup mencari tahu permasalahan yang dialami pelanggan, apa yang awalnya diajukan pesaing Anda, dan lainnya.

Langkah 2. Percaya Diri

Percaya diri adalah karakteristik penting yang harus Anda gambarkan saat menyampaikan presentasi penjualan. Anda harus yakin dengan produk atau layanan yang Anda coba jual dan Anda juga harus yakin dengan kemampuan Anda. 

Yakinlah bahwa Anda telah berusaha keras untuk menghasilkan pitching yang sempurna dan bisa memecahkan masalah. Jadi, mulailah presentasi Anda dengan keyakinan itu. Cara Anda menampilkan diri akan mempengaruhi bagaimana Audiens memandang bisnis Anda.

Langkah 3. Buatlah Interaktif

Semarakkan presentasi Anda dengan template presentasi kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan antara Anda dan audiens Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda bukan satu-satunya yang berbicara selama pitching berlangsung. 

Buat presentasi cukup menarik untuk memunculkan pertanyaan dari audiens Anda dan jangan memaksakan pertanyaan mereka sampai setelah presentasi. Jika Anda mengizinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan saat presentasi berlangsung, itu akan menunjukkan bahwa mereka mengikuti presentasi Anda.

Selain itu, kemampuan Anda untuk menjawab pertanyaan akan membantu klien menyadari bahwa Anda mengetahui barang-barang Anda dan yakin dengan apa yang Anda katakan.

Langkah 4. To the Point

Jika ada satu hal yang harus Anda hindari sebelum, selama, dan bahkan setelah presentasi penjualan, itu adalah omong kosong. Rentang perhatian manusia terbatas, jadi saat melakukan promosi penjualan, Anda harus langsung ke intinya.

Dianjurkan untuk memulai dengan sesuatu yang akan menarik perhatian mereka di awal. Ini akan menentukan seberapa menarik presentasi Anda sampai akhir. 

Langkah 5. Tampilkan Diri Anda sebagai Pemecah Masalah

Sebelum Anda mulai membuat presentasi penjualan, Anda perlu melakukan riset melalui survei, misalnya, untuk menentukan masalah yang dialami audiens target Anda. Ini akan membantu Anda membangun presentasi untuk menggambarkan produk sebagai solusi untuk poin-poin permasalahan ini.

Poin-poin tersebut mencakup masalah spesifik yang dihadapi pelanggan Anda saat ini atau calon pelanggan di pasar. Jadi, dalam presentasi Anda, beri tahu mereka bahwa produk atau bisnis Anda mampu menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Cara Mengetahui dan Mengukur Kinerja Keuangan Bisnis

Software untuk Membuat Slide Presentasi Pitching yang Sempurna

pitching adalah

Dalam setiap pekerjaan, Anda membutuhkan alat untuk melaksanakan tugas Anda secara efektif. Selain itu, dalam menyampaikan presentasi penjualan yang sempurna, Anda memerlukan perangkat lunak presentasi yang dapat membantu Anda.

Oleh karena itu, di bawah ini adalah empat software presentasi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk presentasi penjualan Anda selanjutnya.   

1. Pitch

software pitch

Pitch adalah perangkat lunak presentasi yang menggabungkan bagian terbaik dari produktivitas dan desain untuk membantu tim Anda membuat presentasi yang dirancang dengan indah dalam hitungan menit. Anda dapat berkolaborasi dengan tim Anda untuk menghasilkan presentasi penjualan yang memukau.

Pitch memberi Anda satu ruang kerja dan kemungkinan tak terbatas saat mendesain presentasi Anda. Selanjutnya, presentasi ini memungkinkan Anda untuk mengeksekusi pitch desk, rencana proyek, keynote, dan masih banyak lagi.

Pitch memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah ide Anda untuk membantu Anda meyakinkan klien Anda dalam waktu singkat. 

2. Prezi

Software prezi

Prezi adalah perangkat lunak presentasi yang akan membuat presentasi video menjadi tugas yang mudah. Anda dapat memutuskan untuk membuat presentasi Anda dari awal atau menelusuri beberapa presentasi favorit Prezi dan menggunakannya sebagai template. 

Anda kemudian dapat menyesuaikan konten dalam desain ini untuk membuat karya seni Anda. Template ini memberi Anda awal yang baik saat Anda membuat video, presentasi, dan desain. 

Perangkat lunak presentasi ini membantu Anda menambahkan pesan penjualan Anda, meningkatkan keterlibatan Anda, hubungan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Selain itu, Anda dapat membuat pesan pemasaran bermerek khusus yang akan melibatkan audiens Anda. 

3. Canva

Software canva

Canva memberi Anda ribuan templat profesional, gambar, dan konten berkualitas yang dapat Anda pilih untuk menghidupkan presentasi Anda. Anda juga dapat berkolaborasi dengan anggota tim lain untuk mengedit dan menyiapkan presentasi penjualan dengan Anda.

Anda dapat memutuskan untuk meningkatkan ke Canva Pro, tempat Anda dapat dengan mudah mengatur seluruh tim untuk mengelola aset merek, memberikan umpan balik, mendapatkan persetujuan, dan bahkan menskalakan konten visual Anda.

Canva memiliki folder khusus untuk membantu Anda tetap teratur dan mengelola konten saat Anda mempersiapkan presentasi penjualan. Selain itu, dengan grafik Canva yang berkualitas tinggi, Anda dapat membuat slide dan menyesuaikan menggunakan animasi, suara, dll., sesuka Anda. 

4. Zoho Show

Zoho show

Zoho Show adalah perangkat lunak presentasi kolaboratif yang sempurna untuk tim modern. Dengannya, Anda dapat mendesain slide profesional, berkolaborasi dengan tim Anda, dan menyampaikan presentasi yang menarik visual secara gratis kapan saja dan di perangkat apa pun.

Zoho Show memiliki desain antarmuka yang minimalis dan kontekstual. Ini memahami apa yang Anda lakukan dan memberi Anda opsi yang diperlukan untuk tugas yang sedang Anda kerjakan.

Selain itu, Zoho Show hadir dengan lebih dari 100 template yang telah dimuat sebelumnya untuk memenuhi semua kebutuhan profesional Anda mulai dari presentasi awal hingga presentasi penjualan.

Baca juga: Memahami Sistem Pemrosesan Transaksi dalam Bisnis

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Para ahli sudah sering menyatakan tentang pentingnya memberikan pitching yang sempurna kepada calon klien atau klien Anda saat ini. Jika Anda ingin mengembangkan koneksi dengan klien Anda, meningkatkan penjualan dan keterlibatan, Anda perlu melakukan banyak pekerjaan dalam pitching bisnis Anda. 

Dalam menjalankan bisnis, keuangan merupakan bagian terpenting yang harus dikelola dengan baik. Untuk itu, Anda membutuhkan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki fitur akuntansi terlengkap di Indonesia seperti invoice, purchase, manajemen stok, otomatisasi laporan keuangan dan beragam fitur terbaik lainnya.

Kledo merupakan software berbasis cloud sehingga Anda bisa memantau performa bisnis Anda darimana saja dan kapan saja. Hanya dengan 140 ribuan saja, Anda sudah bisa menikmati layanan fitur lengkap dari Kledo.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk gunakan Kledo sekarang juga! Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 10 =