Penjualan Bersih (Net Sales): Pembahasan dan Cara Menghitungnya

penjualan bersih

Penjualan bersih mengacu pada jumlah total penjualan yang dilakukan oleh bisnis setelah semua pengurangan telah dipertimbangkan.

Ini adalah total penjualan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dikurangi retur penjualan, diskon, dan potongan penjualan.

Biasanya, ini memperhitungkan penjualan aktual yang dibuat dari pelanggan yang membeli produk dan layanannya.

Nilai penjualan ditunjukkan pada laporan keuangan dan merupakan komponen penting dalam keuangan secara keseluruhan.

Memahami cara kerja penjualan sangat penting saat menghitung pendapatan bisnis Anda dan menentukan pendapatan Anda secara keseluruhan, juga dikenal sebagai laba.

Mengetahui cara menghitung penjualan bersih adalah salah satu langkah pertama untuk membuat laporan laba rugi yang akurat untuk bisnis Anda.

Apa Itu Penjualan Bersih?

penjualan bersih

Penjualan bersih terkadang hanya disebut sebagai “penjualan” pada laporan keuangan dan juga dapat disebut sebagai “pendapatan bersih”.

Meskipun penjualan dan pendapatan sering digunakan secara bergantian, ada sedikit perbedaan dalam artinya.

Penjualan umumnya mengacu pada uang yang diperoleh dari pembelian oleh konsumen, sedangkan pendapatan umumnya mencakup semua pendapat

Adapun penjualan bersih adalah jumlah total penjualan yang dilakukan bisnis dikurangi diskon, retur penjualan, dan potongan harga.

Penjualan ini berbeda dari penjualan kotor karena yang terakhir tidak memperhitungkan retur , potongan harga, dan diskon.

Penjualan adalah bagian dari laporan laba rugi dan mereka memastikan bahwa angka yang akurat diberikan saat menganalisis laporan keuangan.

Anda biasanya akan melihat penjualan kotor yang disebutkan pertama kali dalam laporan laba rugi. Kemudian Anda akan melihat potongan dan diskon.

Setelah pengeluaran ini, Anda akan melihat penjualan bersih.

Penjualan dapat dihitung setiap tahun atau dapat juga dihitung setiap tiga bulan tergantung pada bisnisnya.

Nilai penjualan harus dianalisis secara berkala oleh Anda karena merupakan metrik yang penting.

Misalnya, jika perbedaan antara penjualan kotor dan penjualan bersih besar, itu berarti bisnis Anda mendapatkan pengembalian produk atau memberikan diskon lebih dari yang lain.

Anda tidak dapat menghitung penjualan secara akurat jika Anda tidak mengetahui penjualan kotor, retur, potongan harga, dan diskon.

Inilah sebabnya mengapa solusi software akuntansi seperti Kledo sangat penting bagi bisnis untuk memastikan setiap penjualan dicatat sehingga dapat digunakan untuk menghitung penjualan bersih dan nilai penting lainnya yang dapat digunakan bisnis.

Banner 3 kledo

Jenis Potongan yang Mempengaruhi Penjualan Bersih

Jumlah penjualan bersih yang dihitung pada laporan laba rugi dipengaruhi oleh berbagai jenis pengurangan, seperti yang tercantum dalam rumus:

  • retur penjualan
  • diskon
  • Tunjangan penjualan

Retur Penjualan

Retur penjualan meliputi setiap retur produk yang dibeli oleh konsumen. Misalnya, jika pelanggan membeli sesuatu dari toko ritel tetapi kemudian memutuskan untuk membawa produk tersebut kembali ke toko untuk mendapatkan pengembalian dana, itu adalah pengembalian.

Jumlah pengembalian dana itu akan dimasukkan dalam pengembalian ketika ditempatkan pada laporan laba rugi dan dikurangkan dari penjualan kotor untuk menghitung penjualan netto.

Pastikan untuk menyimpan catatan semua penjualan dan pengembalian untuk menentukan perhitungan yang benar karena ini secara langsung mempengaruhi total pada laporan laba rugi bisnis Anda.

Diskon

Diskon adalah jenis pengurangan lainnya. Ketika diskon diterapkan, harga produk berkurang, biasanya dengan persentase dari harga aslinya.

Diskon juga dikurangkan dari penjualan kotor untuk menghitung penjualan bersih.

Ada banyak jenis diskon, termasuk diskon musiman, yang diterapkan pada waktu tertentu dalam setahun saat permintaan menurun, diskon tunai, dan diskon kuantitas untuk pembelian massal . 

Tunjangan Penjualan

Seperti diskon, potongan penjualan juga dipotong dari harga asli produk; namun, tunjangan dipotong untuk alasan tertentu pada produk tertentu.

Diskon umumnya tersedia untuk setiap pelanggan, tetapi tunjangan sebagian besar diterapkan untuk masalah dengan produk atau pesanan mereka.

Misalnya, jika suatu produk memiliki cacat atau kerusakan, tunjangan dapat diberikan karena produk tersebut tidak memenuhi standar produk serupa lainnya yang dipesan.

Baca juga: Biaya Tenaga Kerja Langsung: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Apa Pentingnya Penjualan Bersih?

Penjualan bersih penting karena lebih akurat dibandingkan dengan penjualan kotor. Ini memberikan wawasan tentang bisnis Anda dan berapa banyak yang Anda hasilkan.

Ini juga akan memberi Anda gambaran sekilas tentang kesehatan bisnis Anda karena menyoroti biaya yang dikeluarkan saat melakukan penjualan.

Perhitungan penjualan memungkinkan Anda mengetahui apakah Anda memenuhi target penjualan dan apakah Anda benar-benar menghasilkan uang daripada membelanjakan lebih banyak untuk pengembalian dan diskon.

Ini membantu mendorong keputusan bisnis karena Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik ketika Anda telah menghitung penjualan .

Katakanlah nilai penjualan netto Anda lebih rendah dari yang diharapkan, ini menunjukkan bahwa Anda perlu mengubah pemasaran Anda atau membuat perubahan pada harga untuk menghasilkan lebih banyak penjualan untuk memenuhi target Anda.

Ketika pemilik bisnis, investor, dan lainnya melihat penjualan kotor suatu bisnis, mereka mendapatkan angka penjualan yang miring. Ini bisa menyesatkan ketika membuat keputusan penting dan inilah alasan mengapa penjualan bersih dikatakan lebih akurat.

Bayangkan jika seorang pemilik bisnis mengetahui bahwa mereka menghasilkan beberapa ribu penjualan sementara pada kenyataannya banyak produk yang dikembalikan atau kerugian terjadi karena kerusakan dan barang cacat.

Pada kenyataannya, tidak peduli seberapa hati-hati pemilik bisnis, kesalahan terjadi dan penjualan bersih memberikan pandangan yang realistis tentang penjualan.

Ketika Anda tahu bahwa produk dikembalikan lebih dari standar industri atau bahwa produk dibeli hanya setelah diskon, inilah saatnya untuk memikirkan kembali strategi Anda.

Dalam hal diskon, Anda dapat memberikannya hanya ketika pelanggan mencapai ambang batas tertentu untuk membelanjakan jumlah tertentu sehingga Anda memiliki lebih banyak penjualan.

Dalam kasus pengembalian lebih banyak, Anda dapat melihat dengan tepat alasan paling umum di balik pengembalian dan kemudian memperbaikinya sehingga tidak sering terjadi lagi.

Anda mungkin perlu berbicara dengan departemen manufaktur untuk memastikan produknya tidak kekurangan sempurna.

Baca juga: Akun Nominal dan Akun Riil: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Rumus Penjualan Bersih

Penjualan bersih biasanya disertakan pada dokumen keuangan yang dikenal sebagai laporan laba rugi.

Laporan laba rugi pada dasarnya adalah ringkasan jumlah pendapatan dan beban yang dihasilkan dalam periode waktu tertentu.

Penjualan perusahaan terdaftar pada atau di dekat baris atas laporan laba rugi dan, tergantung pada tata letaknya, dapat dimasukkan dalam bagian pendapatan.

Untuk menghitung penjualan bersih, rumus sederhana dapat digunakan sebagai berikut:

Penjualan bersih = Penjualan kotor – Pengembalian – Potongan – Diskon

Nilai penjualan kotor mengacu pada total pendapatan yang dihasilkan bisnis Anda sebelum diskon, retur, dan tunjangan.

Penjualan kotor akan mencakup penjualan yang telah dilakukan dengan kartu debit, uang tunai, kartu kredit, dan kredit perdagangan.

Penjualan kotor dihitung dengan mengalikan total unit yang terjual dengan penjualan per harga unit.

Pengembalian atau retur penjualan mengacu pada barang yang telah dikembalikan oleh pelanggan dengan imbalan pengembalian barang.

Umumnya, bisnis diharapkan untuk melakukan pengembalian dana penuh kepada pelanggan mereka ketika pelanggan melakukan pengembalian.

Tunjangan mengacu pada pengurangan harga barang yang ditemukan cacat atau rusak.

Misalnya, jika pelanggan membeli produk dan menemukan bahwa produk tersebut tidak dalam kondisi sempurna, maka pengembalian dana sebagian akan menjadi tunjangan dan akan diperhitungkan dalam perhitungan penjualan.

Diskon diberikan oleh bisnis kepada pelanggan jika mereka memenuhi kriteria tertentu.

Baca juga: Akrual Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Contohnya

Cara Menghitung Penjualan Bersih

penjualan bersih

Misalnya, jika pelanggan melakukan pembayaran lengkap sekaligus maka dia akan menerima diskon 5%. Ini akan menjadi diskon penjualan dan ini akan digunakan saat menghitung penjualan bersih.

Perhatikan bahwa nilai penjualan tidak termasuk pajak penjualan. Ini karena penjual tidak mendapatkan pajak dan itu bukan pendapatannya.

Pajak penjualan masuk ke pemerintah daerah dan itu adalah pendapatan mereka dan bukan milik penjual. Meskipun penjual memungut pajak atas nama pemerintah, pada akhirnya pemerintahlah yang menerima pajak tersebut dari penjualan.

Umumnya, bisnis akan memasukkannya ke dalam hutang pajak penjualan. Ketika pajak dibayarkan kepada pemerintah, Anda akan melihat pengurangan pajak penjualan yang harus dibayar.

Misalnya, jika bisnis Anda menjual total barang dagangan senilai $50.000, tetapi Anda belum memperhitungkan pengembalian, diskon, atau potongan harga, maka penjualan kotor Anda akan menjadi $50.000.

Jumlah ini akan ditempatkan di bagian paling atas dari laporan laba rugi. Ini berarti Anda menjual produk senilai $50.000 tetapi itu tidak berarti bisnis Anda memiliki semua pendapatan dari penjualan karena potongan lainnya belum dipertimbangkan.

Dari perhitungan penjualan kotor, Anda dapat mengurangi jumlah retur penjualan, diskon, dan tunjangan.

Katakanlah Anda menemukan jumlah ketiganya sama dengan $5.000—maka penjualan bersih Anda akan sama dengan $45.000, seperti yang diilustrasikan tabel di bawah ini.

Penjualan bersihPenjualan kotorPengembalian PenjualandiskonTunjangan
$45.000$50,000$2.000$2.000$1.000

Data tersebut kemudian ditempatkan ke dalam rumus untuk menunjukkan bagaimana penjualan bersih dihitung:

$45.000 = $50.000 – $2.000 – $2.000 – $1.000

Baca juga: Account Payable: Pengertian, Contoh, dan Prosedur Pencatatannya

Cara Analisis Penjualan Bersih

Penjualan bersih tidak memperhitungkan barang-barang, seperti harga pokok penjualan, beban umum, dan beban administrasi.

Jika sebuah perusahaan memberikan pengungkapan penuh dari penjualan kotor versus penjualan bersih, maka analisis eksternal dapat menarik.

Jika perbedaan antara penjualan kotor dan bersih perusahaan lebih tinggi dari rata-rata industri, perusahaan mungkin menawarkan lebih banyak diskon.

Mereka mungkin secara alternatif membuat pengembalian yang berlebihan dibandingkan dengan pesaing industri.

Perusahaan biasanya berusaha untuk mempertahankan atau mengalahkan rata-rata dalam industri.

Pengembalian seringkali dapat dijual kembali dengan cepat, tanpa menimbulkan masalah.

Tunjangan umumnya merupakan hasil dari masalah transportasi yang mungkin mendorong perusahaan untuk meninjau kembali taktik pengiriman atau metode penyimpanannya.

Perusahaan yang menawarkan diskon dapat memilih untuk menurunkan ketentuan diskon atau meningkatkannya agar lebih kompetitif dalam industri mereka.

Baca juga: Cost Volume Profit: Pengertian, Komponen, dan Cara Analisis

Kesimpulan

Penjualan bersih merupakan perhitungan yang penting bagi bisnis karena akan memberikan gambaran perihal bisnis dan berapa banyak yang uang yang diterima perusahaan.

Ini merupakan komponen dari laporan laba rugi yang dijadikan sebagai metrik untuk melihat bagaimana kondisi finansial bisnis Anda.

Anda tidak dapat menghitung penjualan secara akurat jika Anda tidak mengetahui penjualan kotor, retur, potongan harga, dan diskon.

Untuk itu, Anda memerlukan software akuntansi seperti Kledo yang sangat penting bagi bisnis untuk memastikan setiap penjualan dicatat sehingga dapat digunakan untuk menghitung penjualan netto dan nilai penting lainnya yang dapat digunakan bisnis.

Tak hanya itu, Kledo juga akan memudahkan bisnis Anda dalam penyusunan laporan laba rugi dan laporan akuntans lainnya sehingga lebih efektif dan efisien.

Tertarik mencoba? Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + three =