Perusahaan Dagang: Pengertian, Jenis dan Tips Pemasarannya

perusahaan dagang

Perusahaan dagang merupakan salah satu jenis usaha yang menopang perekonomian di banyak negara, termasuk di Indonesia. Perdagangan sendiri sebenarnya sangat luas, mulai dari usaha skala UMKM sampai perusahaan dagang multinasional.

Ingin mengetahui apa itu perusahaan dagang secara lebih mendalam atau malah Anda adalah salah satu pemilik usaha dagang? Baca terus artikel ini untuk pemahaman yang mendalam dan tips dalam pemasaran perusahaan dagang agar lebih menguntungkan.

Apa itu Perusahaan Dagang?

perusahaan dagang

Perusahaan dagang adalah industri yang menjual produk atau barang yang tersedia untuk pelanggan.

Perusahaan dagang sendiri tidak melakukan produksi barang sendiri tetapi mengambil atau membeli produk dari pemasok berupa bahan-bahan yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk kepentingannya sendiri, perusahaan dagang fokus pada proses penjualan kembali produk atau barang yang telah diambil dari pemasok dengan memanfaatkan selisih penjualan.

Selain itu, terdapat berbagai perbedaan antara perusahaan dagang dengan perusahaan lain, seperti:

  1. Stok barang jadi tersedia
  2. Biaya produksi harus dikeluarkan untuk memudahkan penentuan harga pokok barang
  3. Tidak ada laporan biaya akuntansi yang dibutuhkan

Jenis perusahaan yang memonopoli sebagian besar pasar di seluruh dunia adalah perusahaan perdagangan. Hal ini disebabkan oleh berbagai inovasi produk yang ditawarkan agar pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Perusahaan dagang membeli suatu barang dengan tujuan untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi tanpa perlu menambah nilai barang tersebut.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan memberikan nilai tambah adalah mengolah, mengubah bentuk/sifat barang, sehingga nilai jualnya lebih tinggi.

Keuntungan yang diperoleh perusahaan adalah adanya selisih harga jual beli barang. Adapun beberapa jenis barang yang diperdagangkan antara lain;

  • Bahan baku
  • Barang setengah jadi
  • Barang jadi
  • Barang komoditas
  • Produk industri

Baca juga: Gunakan Trik Ini untuk Mengelola Keuangan Bisnis Bimbel

Karakteristik Perusahaan Dagang

Bentuk perusahaan dapat dikenali dari ciri dan karakteristiknya. Ciri-ciri dan ciri-ciri perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan utamanya adalah membeli, menyimpan, dan menjual kembali barang dagangan.
  • Perusahaan tidak melakukan proses produksi untuk barang yang dijual.
  • Keuntungan yang diperoleh dari penjualan dikurangi biaya pembelian dan biaya operasional.
  • Bentuk usaha yang dilakukan adalah jual beli barang dagangan tanpa ada pengolahan.
  • Kegiatan akuntansi pada perusahaan ini menggunakan akun persediaan, dimana perhitungan harga pokok penjualan dan laporan laba rugi menggunakan bentuk single step dan multiple step.

Jenis Perusahaan Dagang

Secara umum bentuk-bentuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Berdasarkan Produk yang Diberdayakan

  • Barang Produksi, yaitu perusahaan yang memperdagangkan produk berupa bahan baku sebagai bahan baku untuk membuat produk atau alat produksi untuk menghasilkan produk baru. Sebagai contoh; mesin bubut, benang, log, dan lain-lain.
  • Barang Jadi, yaitu perusahaan yang memperdagangkan produk jadi atau produk yang siap pakai oleh konsumen. Sebagai contoh; pakaian, televisi, meja, dan lainnya.

Berdasarkan Jenis Konsumen

  • Perusahaan Besar (Grosir), yaitu perusahaan yang membeli produk langsung dari pabrik dalam jumlah banyak, dan cara menjualnya dalam jumlah banyak pula. Sebagai contoh; grosir.
  • Perusahaan Perantara (Middleman), yaitu perusahaan perantara yang membeli barang dagangan dalam jumlah banyak dan menjual kembali kepada perusahaan eceran dalam jumlah sedang. Contoh; sub grosir.
  • Perusahaan retail/pengecer (retailer), yaitu perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir dimana konsumen dapat membeli barang secara eceran. Sebagai contoh; supermarket, kios, kios.

Untuk mengetahui apa yang bisa Kledo lakukan untuk membantu pengembangan bisnis retail, Anda dapat melihatnya melalui halaman ini.

Kegiatan Utama Perusahaan Dagang

Bentuk perusahaan ini memiliki beberapa kegiatan utama yang saling berhubungan satu sama lain.

Merujuk pada pengertian yang telah diuraikan di atas, maka kegiatan pokok dari usaha perdagangan adalah sebagai berikut:

  • Pembelian, yaitu kegiatan perusahaan yang meliputi pembelian aset perusahaan, pembelian barang dagangan, dan pembelian barang lain untuk kegiatan usaha.
  • Pengeluaran uang, yaitu kegiatan perusahaan yang mengeluarkan uang untuk membeli barang/jasa, membayar pajak, membayar hutang, dan kebutuhan lain yang berhubungan dengan kegiatan usaha.
  • Penjualan, yaitu kegiatan suatu perusahaan menjual barang dagangan untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan.
  • Penerimaan uang, yaitu kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan penjualan barang. Penjualan barang akan disertai dengan penerimaan uang yang diperoleh dari pembayaran, pembayaran, piutang, penjualan barang, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Apa itu Pajak Penghasilan, Jenis, dan Tarifnya

Contoh Perusahaan Dagang

Ada banyak contoh perusahaan perdagangan di sekitar kita, termasuk yang berikut:

NO.Nama perusahaanJenis perusahaanBarang untuk dijual
1PT. BestoolindoGrosirPeralatan Teknik / Peralatan Mekanik. Kennedy, Senator, Sherwood, Oxford, Tuffsafe, Yamaloy, Edison, Matlock, Indexa, Osaki, Q-Torq, Atlas, Sherlock, dan lain-lain.
2PT Indomarco Prismatama (Indomaret)RetailKebutuhan akhir konsumen, mulai dari kebutuhan dasar, sekunder dan tersier.
3PT Matahari Putra Prima Tbk (Hypermart)RetailKebutuhan rumah tangga untuk konsumen akhir. Bahan makanan, pakaian, dll.
4PT Hero Supermarket Tbk (Hero Supermarket)RetailBarang-barang konsumen. Bahan makanan, pakaian, dll.
Banner 2 kledo

Beberapa Strategi Pemasaran yang Bisa di Adopsi Perusahaan Dagang

Ada banyak metode pemasaran bisnis perdagangan yang berbeda yang digunakan saat ini.

Untuk beberapa produsen, pemasaran usaha perdagangan adalah murni tentang mendapatkan pelanggan. Ini tentang mengumpulkan data dan menggunakan informasi untuk membuat pesan persuasif yang akan meyakinkan mitra rantai penjualan untuk terus membeli produk yang dimaksud.

Misalnya, sebuah perusahaan memproduksi minuman buah dan lini produk ini benar-benar sukses.

Nah, angka penjualan bisa digunakan untuk tujuan pemasaran.

Jika retailer melihat retailer lain menghasilkan banyak uang dari suatu produk, mereka tentu akan mengikutinya. Jadi data ini bisa sangat persuasif dan produsen dapat bermain satu sama lain.

Namun, untuk produsen lain, pemasaran perdagangan mungkin lebih tentang membangun hubungan di pasar mereka.

Bagi mereka, pemasaran perdagangan adalah tentang membangun sebuah branding.

Mungkin beberapa perusahaan tidak memiliki data pasar untuk digunakan atau sudah lama tidak beroperasi, jadi tujuan mereka adalah mencari target pasar spesifik mereka, dan ini adalah prioritas yang lebih besar.

Seperti yang Anda lihat, kedua pendekatan ini sangat berbeda. Dan kami pikir ada 7 strategi pemasaran untuk bisnis perdagangan yang sangat penting di luar sana.

Mari kita lihat 7 strategi pemasaran dalam bisnis perdagangan utama:

1. Pameran dagang

Pameran dagang sangat ideal untuk membangun jaringan dan menjalin hubungan bisnis yang baik.

Plus, jika produsen membutuhkan pengecer, grosir, dan distributor untuk mendengar tentang produk mereka, mereka juga merupakan lingkungan yang sempurna untuk meningkatkan kesadaran merek.

2. Promosi perdagangan

Produsen membutuhkan hubungan yang solid dengan pengecer, grosir dan distributor.

Promosi kreatif dan menawarkan insentif dapat memotivasi klien dan meningkatkan tingkat pembelian kembali.

Intinya adalah: orang menyukai perlakuan khusus.

Baca juga: Tips Agar Bisnis Katering Anda Selalu Menguntungkan

3. Majalah perdagangan dan situs web

Iklan dan artikel akan membawa lebih banyak perhatian ke merek Anda.

Iklan mungkin membutuhkan biaya, jadi Anda harus melakukan strategi yang matang agar tidak mengalami kerugian. Sementara itu, PR atau press release akan memberikan keaslian dan kepercayaan pada bisnis Anda.

4. Branding

Tentu saja, pemasaran hanya akan berhasil jika ada merek yang kuat di balik produk tersebut.

Mitra penjual produk Anda ingin menghasilkan uang dengan cepat. Mereka menginginkan produk yang akan dibeli konsumen dalam jangka panjang dan loyalitas pelanggan semacam itu hanya datang dengan branding yang cerdas.

Untuk mengetahui tips melakukan branding yang efektif, Anda bisa membaca artikel ini.

5. Kemitraan strategis

Tujuan dari pemasaran perdagangan adalah untuk menciptakan situasi win-win soution dengan mencapai tujuan bersama.

Dengan kata lain, produsen ingin menjual produk mereka, seperti halnya grosir, distributor, dan pengecer. Jadi, jika semua orang menginginkan hal yang sama, itu adalah titik awal yang baik.

Hubungan sangat penting. Produsen harus bertujuan untuk berkolaborasi dengan mitra rantai pasokan dalam segala macam cara. Itu bisa berarti menyelaraskan sistem manajemen pengiriman dan persediaan untuk menghasilkan penghematan bersama.

Atau bertukar riset pasar agar semua pihak bisa lebih memahami perilaku konsumen. Atau bahkan mungkin bermitra dalam kampanye iklan dan berbagi jaminan pemasaran.

6. Lakukan riset pasar secara mendalam

Pengetahuan adalah kunci untuk membangun kemitraan yang menguntungkan dengan mitra rantai pasokan. Tidak ada jalan lain – informasi adalah kekuatan, jadi data sangat penting dalam bisnis.

Semakin banyak produsen memahami produk mereka, pasar mereka, dan audiens target mereka, semakin baik posisi mereka. Mereka akan dapat menciptakan produk yang lebih baik dan pemasaran yang lebih sesuai.

Maka dari itu, jika Anda memiliki perushaan dagang, penting mlakukan riset pasar terjadwal agar Anda mengetahui apa yang pasar inginkan.

7. Pemasaran digital

Tentu saja, pemasar dalam perusahaan dagang harus bergerak mengikuti perkembangan zaman. Banyak strategi pemasaran bisnis dagang yang dapat dijalankan secara online, seperti halnya taktik pemasaran digital untuk konsumen.

Pemasar bisnis perdagangan harus tetap berhubungan dengan prospek mereka melalui media sosial, email, dan pemasaran konten.

Penelitian oleh Vanessa Fox, yang merupakan mantan perwakilan PR untuk Google, berpendapat bahwa 3 target teratas untuk pemasar perdagangan adalah:

Sekarang, jelas Anda harus sering melakukan kontak pribadi dengan klien.

Sebagai pemasar perdagangan, Anda harus menemukan keseimbangan antara kemudahan dan keefektifan yang dibawa pemasaran digital, dan ketulusan dan kekuatan panggilan telepon atau pertemuan.

Tapi intinya adalah, kontak dekat dan sering dengan klien dan prospek Anda sangat penting dan, sebagian besar, Anda dapat mencapai ini dengan memiliki kehadiran online yang solid dan strategi komprehensif untuk tetap berhubungan dengan kontak Anda.

Medan pertempuran sebenarnya bagi pemilik usaha dagang saat ini adalah platform online. Pengecer yang mengadopsi pemasaran digital melihat peningkatan 2,5x-3x dalam metrik kinerja utama.

Masalahnya, sebagian besar perusahaan dengan kehadiran online memiliki sedikit pengetahuan tentang pemasaran digital.

Padahal banyak tutorial seperi membuat iklan Facebook hingga SEO, pemasaran email hingga pembuatan prospek, pelanggan lebih mudah diakses dari sebelumnya.

Tapi begitu juga mitra rantai pasokan. Mereka adalah orang-orang nyata dan dapat ditargetkan dengan cara yang persis sama, sehingga produsen yang cerdas dapat menargetkan orang-orang ini dengan strategi digital yang efektif.

Alat Pemasaran Perusahaan Dagang

perusahaan dagang

Sejauh menyangkut pemasaran perdagangan digital, Anda akan membutuhkan:

  • Situs web yang efisien
  • Berbagai platform media sosial
  • Perangkat lunak email marketing
  • Landing page untuk menghasilkan prospek
  • Content

Untuk alat pemasaran perdagangan fisik, kita berbicara tentang hal-hal seperti:

  • Poster
  • Papan pajangan
  • Kios
  • Spanduk
  • Brosur
  • pamflet
  • Kartu nama

Cobalah untuk menjadi berbeda. Alat pemasaran usaha perdagangan harus fungsional, tetapi juga bisa unik.

Ingatlah bahwa kualitas produk Anda tidak selalu menjadi prioritas terpenting Anda. Sama seperti yang Anda lakukan dengan pemasaran konsumen, kampanye pemasaran perdagangan Anda harus mudah diingat.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai perusahaan dagang dan strategi pemasaran perusahaan dagang yang bisa Anda adatasikan jika Anda adalah pemilik usaha dagang.

Dalam membangun usah dagang, pengelolaan keuangan adalah hal utama yang harus Anda lakukan untuk memastikan berapa keuntungan yang Anda dapatkan dalam usaha tersebut.

Proses pembukuan menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda lakukan untuk memastikan seluruh data keuangan Anda bisa terpantau dengan baik dan menghasilkan keputusan bisnis yang optimal.

Sebagai solusi untuk proses pembukuan yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan Kledo sebagai software akuntansi pilihan perusahaan dagang Anda.

Kledo adalah software akuntansi berbasi cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis, termasuk perusahaan dagang.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 4 =