Perusahaan Jasa: Pengertian, Contoh, Karakteristik dan Tips Mengembangkannya

perusahaan jasa

Bisnis jasa adalah kegiatan yang menguntungkan perusahaan tanpa memasok produk fisik. Perusahaan jasa mengandalkan layanan ini untuk tujuan pemasaran, produksi, keselamatan, biaya, dan kenyamanan—terutama perusahaan besar yang perlu memenuhi tuntutan pekerjaan mereka.

Pada artikel ini kita akan membahas apa itu perusahaan jasa, contoh, karakteristik dan tips untuk membuat perusahaan jasa yang sukses dan menguntungkan.

Apa itu Perusahaan Jasa?

perusahaan jasa

Perusahaan jasa adalah industri yang bergerak dengan tujuan menghasilkan keuntungan berupa penjualan jasa dalam bentuk abstrak. Dengan kata lain, perusahaan jasa menawarkan bantuan tanpa bentuk sebagai produk atau barang.

Di Indonesia, jenis perusahaan ini berkembang pesat. Beberapa di antaranya adalah layanan konsultasi keuangan, bimbingan belajar online dan offline, serta layanan strategi pemasaran.

Untuk mengetahui secara jelas, perusahaan jasa memiliki 3 ciri, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak memiliki standar harga resmi di pasaran
  2. Hanya menjual jasa tanpa produk fisik yang dapat dilihat
  3. Tidak memerlukan modal atau bahan produksi

Meski tidak membutuhkan modal yang besar, bukan berarti perusahaan jasa tidak memiliki risiko yang signifikan. Jika diperhatikan dengan seksama, perusahaan ini masih memiliki beberapa risiko, misalnya:

  1. Tidak banyak pilihan dalam menjalankan strategi pemasaran
  2. Agak sulit dipercaya karena tidak ada testimoni dari pelanggan yang bereputasi baik
  3. Pelanggan tidak dapat mengeluh karena tidak ada produk fisik yang ditawarkan

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahpahaman antara penyedia layanan dan pelanggan, ada baiknya membuat kesepakatan bersama dengan bukti tertulis sebelum perusahaan mulai mengerjakan masalah yang dihadapi pelanggan.

Baca juga: Strategi Bisnis Kontraktor Untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang

Sederhananya, perusahaan jasa menjual layanan kepada pelanggan dan perusahaan dagang menjual barang atau produk kepada pelanggan.

Namun lebih dari itu, hal ini berpangaruh pada beberapa hal, contohnya pada laporan keuangan kedua jenis perusahaan ini.

Perbedaan utama antara bisnis perdagangan dan bisnis berbasis jasa adalah adanya persediaan. Perusahaan dagang menjual barang kepada pelanggan, sedangkan bisnis jasa tidak.

Laporan keuangan perusahaan, termasuk laporan laba rugi, harus mencerminkan perbedaan ini.

Baik perusahaan jasa atau perusahaan dagang tentu membutuhkan proses pencatatan keuangan dan pembukuan yang optimal. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Kledo untuk bisnis jasa atau perdagangan Anda.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Karakteristik Bisnis Jasa

Intangibility – Jasa tidak dapat dirasakan sebelum membeli

Jasa atau layanan itu tidak berwujud. Artinya jasa tidak dapat dilihat, dicicipi, diraba, didengar, atau dicium sebelum dibeli.

Misalnya, seorang penumpang maskapai penerbangan hanya memiliki tiket dan janji perjalanan yang aman dan nyaman.

Karena pembeli tertarik pada kualitas layanan, penyedia layanan harus menambahkan dimensi nyata. Tempat, harga, peralatan, dan materi komunikasi harus menunjukkan kualitas layanan yang diklaim oleh penyedia layanan.

Pertimbangkan bank yang ingin menyampaikan gagasan bahwa layanannya cepat dan efisien. Itu harus membuat strategi positioning ini nyata dalam setiap aspek kontak pelanggan.

Pengaturan fisik bank harus menunjukkan layanan yang cepat dan efisien: Eksterior dan interiornya harus memiliki garis yang jelas; arus lalu lintas internal harus direncanakan dengan hati-hati; proses antrian harus cepat di jendela teller dan ATM, dan musik latar harus ringan dan ceria. Staf bank harus sibuk dan berpakaian dengan benar.

Peralatan – komputer, mesin fotokopi, meja – harus terlihat modern. Iklan bank dan komunikasi lainnya harus menunjukkan efisiensi, dengan desain yang bersih dan sederhana serta kata-kata dan foto yang dipilih dengan cermat yang mengkomunikasikan posisi bank.

Bank harus memilih nama dan simbol untuk layanannya yang menunjukkan kecepatan dan efisiensi. Penetapan harga untuk berbagai layanan harus tetap sederhana dan jelas.

Baca juga: Tips Bisnis Vape Sukses Ini Wajib Dilakukan, Apa Saja?

Inseparability – Layanan dihasilkan dan dikonsumsi bersama.

Inseparability adalah karakteristik utama dari bisnis jasa. Artinya jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan dan tidak dapat dipisahkan dari penyedianya, baik berupa manusia maupun mesin.

Karena pelanggan tetap hadir saat layanan diproduksi, interaksi pelanggan penyedia adalah penting dalam pemasaran layanan. Hasil layanan dipengaruhi oleh penyedia dan pelanggan.

Variabilitas – Kualitas layanan tidak pernah sama

Variabilitas adalah karakteristik penting lainnya dari jasa, yang berarti bahwa kualitasnya dapat sangat bervariasi, tergantung pada siapa yang menyediakannya dan kapan, di mana, dan bagaimana layanan tersebut disediakan.

Misalnya, hotel Sheraton memiliki reputasi memberikan layanan yang lebih baik daripada yang lain.

Satu karyawan mungkin ceria dan efisien di hotel Sheraton tertentu, sementara yang lain mungkin tidak menyenangkan dan lebih lambat.

Bahkan kualitas layanan satu karyawan Sheraton bervariasi sesuai dengan energi dan keadaan pikirannya pada saat setiap pelanggan berurusan

Variabilitas layanan dapat dikelola dengan beberapa cara. Karyawan dapat dipilih dan dilatih dengan cermat untuk memberikan pelayanan yang baik.

Kepuasan pelanggan dapat diperiksa secara berkala melalui sistem saran dan keluhan, survei pelanggan, dan belanja perbandingan.

Perishability – jasa tidak dapat disimpan.

Jasa bersifat perishable, yang berarti jasa tidak dapat disimpan untuk dijual atau digunakan di kemudian hari. Tiket pertunjukan malam film tidak dapat digunakan untuk menonton pertunjukan malam.

Ketahanan layanan memiliki implikasi penting bagi penyedia layanan. Dalam kasus permintaan yang stabil, daya tahan tidak menjadi masalah.

Tetapi ketika permintaan berfluktuasi, penyedia layanan menghadapi masalah penyesuaian.

Misalnya, perusahaan angkutan umum memiliki lebih sedikit armada daripada yang mereka inginkan karena permintaan tidak pernah sepanjang hari.

Penyedia layanan dapat melakukan beberapa langkah untuk membuat penyesuaian permintaan-penawaran yang lebih baik.

Harga yang berbeda dapat dibebankan pada waktu yang berbeda di sisi permintaan, yang akan menggeser beberapa permintaan dari periode puncak ke periode tidak sibuk.

Di sisi penawaran, karyawan paruh waktu dapat dipekerjakan untuk memenuhi permintaan puncak.

Baca juga: Tips Untuk Membuat Bisnis Kontraktor Anda Lebih Berkembang

Contoh Perusahaan Jasa

Ada banyak jenis layanan yang menawarkan kenyamanan, kemewahan, dan keahlian perusahaan. Beberapa sangat penting untuk hampir semua bisnis, sementara yang lain adalah layanan yang bermanfaat yang meningkatkan kepuasan kerja. Berikut adalah beberapa contoh layanan bisnis yang perlu dipertimbangkan untuk diterapkan dalam organisasi Anda:

1. Layanan pelatihan

Perusahaan dapat mengambil manfaat dari menyewa perusahaan pelatihan untuk mengajarkan keterampilan komputer atau soft skill khusus kepada karyawan.

Dalam kasus ini, perusahaan dapat menyewa pihak luar untuk memimpin sesi pelatihan, lokakarya, atau presentasi untuk membantu anggota tim meningkatkan atau mempelajari keterampilan tertentu.

2. Layanan perencanaan acara

Perusahaan dapat menyewa layanan perencanaan acara untuk pesta kantor, acara penggalangan dana, dan fungsi perusahaan lainnya.

Layanan manajemen acara bertanggung jawab untuk menemukan tempat, persediaan, staf, dan katering, jika berlaku.

3. Layanan konsultasi

Bisnis dapat menggunakan layanan konsultasi untuk berbagai proyek, termasuk penganggaran keuangan, lansekap, audit, dan lainnya.

Layanan konsultasi memungkinkan tim manajemen perusahaan memperoleh keterampilan dan perspektif tentang topik yang tidak terlalu mereka ketahui.

4. Layanan pemasaran

Jika sebuah perusahaan ingin mendapatkan lebih banyak perhatian bisnis dan publik, mungkin mempertimbangkan layanan pemasaran outsourcing.

Layanan pemasaran membantu perusahaan mengiklankan produk, layanan, dan merek mereka dengan membuat kampanye pemasaran.

Meskipun beberapa perusahaan memiliki departemen pemasaran internal, yang lain mengalihdayakan tenaga kerja ini untuk menerima hasil yang lebih cepat dan berkualitas lebih tinggi.

5. Layanan pengelolaan limbah

Layanan pengelolaan limbah membantu bisnis dan individu menjaga lingkungan kerja yang bersih.

Perusahaan menghasilkan jumlah sampah yang cukup besar setiap hari. Jasa pengelolaan sampah mengumpulkan sampah ini dan membawanya ke tempat pembuangan akhir dan fasilitas daur ulang sehingga ruang kerja perusahaan dan area sekitarnya tetap bersih.

6. Jasa konstruksi

Jika sebuah perusahaan tertarik untuk memperluas atau merenovasi ruang kantornya, mungkin perlu menyewa tim konstruksi untuk membangun ruang tersebut.

Mempekerjakan tim pekerja konstruksi yang berpengalaman memastikan bahwa mereka menyelesaikan renovasi atau perluasan kantor dengan cara yang aman dan efisien.

Tim konstruksi biasanya juga menggunakan peralatan sendiri, sehingga perusahaan tidak perlu menyewa atau membeli peralatan yang mahal.

7. Layanan hukum

Sebuah perusahaan mungkin ingin menyewa jasa hukum jika mereka perlu menyusun perjanjian bisnis, meminta nasihat, atau menavigasi masalah hukum. Tim hukum atau individu dapat menawarkan panduan, saran, dan keahlian kepada perusahaan untuk memastikan dokumen yang mengikat secara hukum menjunjung tinggi niat awal organisasi.

8. Layanan kesehatan dan kebugaran

Beberapa perusahaan mempekerjakan ahli kesehatan dan kebugaran, seperti ahli gizi, terapis atau dokter lain, untuk mempromosikan kesehatan yang baik bagi karyawan mereka.

Layanan kesehatan ini tersedia bagi karyawan perusahaan jika mereka merasa tidak sehat.

Memiliki layanan ini dapat membantu mendorong praktik kesehatan yang baik dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan di tempat kerja.

9. Layanan asuransi

Perusahaan membutuhkan layanan asuransi tidak hanya untuk menyediakan asuransi kesehatan dan jiwa bagi karyawan tetapi juga untuk properti dan praktiknya.

Layanan asuransi membantu mengurangi kewajiban keuangan perusahaan.

10. Layanan keamanan

Jika sebuah perusahaan menyelenggarakan acara khusus, bekerja dengan subjek sensitif atau berada di daerah yang padat penduduknya, perusahaan tersebut dapat menyewa layanan keamanan untuk memastikan keselamatan karyawan dan tamunya.

Perusahaan dapat mempekerjakan profesional keamanan untuk acara tunggal atau untuk operasi sehari-hari.

Baca juga: Total Quality Management (TQM): Pengertian, Elemen dan Penerapannya dalam Bisnis

Tips Agar Perusahaan Jasa Berkembang dengan Baik

perusahaan jasa

Jadilah unik dan berspesialisasi

Agar bisnis Anda berhasil dan menonjol, jangan takut untuk menjadi unik. Bagaimana Anda bisa berbeda dari kompetisi?

  • Apakah Anda lebih terjangkau?
  • Apakah Anda lebih cepat?
  • Apakah Anda ramah lingkungan?
  • Apakah kualitas Anda lebih baik?

Anda harus melakukan setidaknya satu dari hal-hal ini lebih baik daripada pesaing Anda.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berspesialisasi dalam satu hal. Menjadi luar biasa dalam satu hal akan jauh lebih menarik bagi pelanggan daripada mampu melakukan banyak hal dengan tidak terlalu baik.

Menawarkan jasa biasa-biasa saja bisa berakibat fatal dalam menjalankan bisnis.

Kenali pelanggan Anda

Kunci untuk memiliki banyak pelanggan tetap adalah membangun hubungan.

Anda tidak perlu memiliki hubungan pribadi dengan pelanggan Anda, tetapi Anda perlu mengetahui keinginan, kebutuhan, dan tahu apa yang akan memengaruhi mereka untuk menggunakan layanan Anda.

Akan lebih baik jikabisnis Anda dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan.

Perlakukan pelanggan Anda dengan baik

Kerjakan setiap proyek seolah-olah Anda menyediakan layanan ini untuk diri sendiri atau anggota keluarga tersayang.

Buat pelanggan Anda merasa bahwa proyek mereka penting. Pelanggan adalah alasan Anda memiliki bisnis, jadi memperlakukan proyek mereka dengan hormat dan menjadikannya prioritas dapat memastikan ulasan positif, pelanggan yang kembali, dan pelanggan baru.

Manfaatkan Pemasaran

Memasarkan bisnis jasa Anda sangatlah penting. Ada bisnis lain yang menawarkan layanan yang sama dengan yang Anda tawarkan.

Menonjol dari keramaian lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi rencana pemasaran dapat membantu bisnis Anda menembus persaingan.

Jika Anda sudah terlihat oleh publik, pemasaran juga dapat membantu bisnis Anda berkembang.

Manfaatkan media sosial dan terhubung dengan komunitas di sekitar Anda. Gunakan situs web layanan profesional untuk jaringan dan cobalah untuk mendapatkan referensi sebanyak mungkin.

Bangun situs web yang bagus dengan pembuat situs web yang ramah pengguna.

Alat pembuatan situs web ini juga dapat membantu bisnis Anda mengembangkan logo unik untuk perusahaan Anda

Ukur biaya Anda

Saat memulai bisnis jasa, pastikan Anda memahami semua biaya yang dikeluarkan untuk menjalankannya.

Menghitung setiap pengeluaran bisnis sangat penting dan dapat menjadi perbedaan antara tetap bertahan dan berkembang. Ada banyak pengeluaran termasuk sewa, suku cadang, karyawan (jika diperlukan).

Setelah Anda memperkirakan berapa banyak yang akan Anda belanjakan, pahami bahwa bisnis Anda kemungkinan besar akan membutuhkan lebih dari itu. Itu selalu ide yang baik untuk memiliki dana hari hujan untuk bisnis Anda.

Ingatlah bahwa Anda juga perlu memperhitungkan pengeluaran pribadi seperti gas, makanan, dan perawatan kesehatan.

Hal-hal penting ini harus diperhitungkan karena berpotensi mengambil uang dari anggaran bisnis Anda.

Ketahui batasan Anda

Banyak sekali bisnis jasa yang membuat kesalahan dengan mengambil tugas dan pekerjaan yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Jika itu adalah pekerjaan yang tidak dapat Anda lakukan dengan baik—jangan lakukan.

Anda mungkin mendapatkan uang dari pekerjaan ini, tetapi jika dilakukan dengan buruk, Anda mungkin kehilangan kepercayaan klien dan mengganggu bisnis Anda di masa depan karena ulasan yang buruk.

Jangan takut untuk mengatakan tidak pada pekerjaan yang menurut Anda tidak nyaman atau pekerjaan yang Anda tahu tidak dapat Anda lakukan dengan baik.

Jika Anda merasa dapat belajar saat bepergian dan mencari tahu dalam prosesnya, hanya Anda yang dapat memutuskannya.

Pikirkan masa depan

Saat Anda membuat keputusan bisnis, tanyakan pada diri Anda apakah Anda memikirkan masa depan bisnis Anda.

  • Apakah ada pelanggan strategis yang dapat Anda ajak bekerja sama
  • Bagaimana pelanggan Anda dapat membantu reputasi Anda?
  • Dapatkah klien ini membantu dengan eksposur?

Setelah Anda memantapkan diri, memikirkan hal-hal ini bisa sangat menguntungkan bagi masa depan bisnis Anda.

Untuk mengetahui apa yang bisa Kledo lakukan untuk membantu pengembangan bisnis jasa, Anda dapat melihatnya melalui halaman ini.

Ketahui nilai Anda

Ada perusahaan di luar sana yang menggunakan titik harga rendah untuk layanan mereka sebagai faktor penjualan utama.

Jangan menggunakan cara seperti itu! Jika keahlian Anda unik, terspesialisasi, dan Anda pandai dalam apa yang Anda lakukan, Anda akan menemukan pelanggan yang akan membayar mahal untuk mendapatkan layanan yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap dari perusahaan jasa dan tips dalam mengembangkannya, yang bisa Anda adatasikan jika Anda adalah pemilik usaha jasa.

Dalam membangun usaha jasa atau layanan pengelolaan keuangan adalah hal utama yang harus Anda lakukan untuk memastikan berapa keuntungan yang Anda dapatkan dalam usaha tersebut.

Proses pembukuan menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda lakukan untuk memastikan seluruh data keuangan Anda bisa terpantau dengan baik dan menghasilkan keputusan bisnis yang optimal.

Sebagai solusi untuk proses pembukuan yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan Kledo sebagai software akuntansi pilihan perusahaan dagang Anda.

Kledo adalah software akuntansi berbasi cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis, termasuk perusahaan dagang.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 2 =