Gunakan Trik Ini untuk Mengelola Keuangan Bisnis Bimbel

keuangan bisnis bimbel

Sebelumnya, Kledo pernah membahas tentang bisnis bimbel dan pelajaran favorit bisnis bimbel, buat Kawan Kledo yang sedang membangun bisnis ini apakah sudah tahu cara mengelola keuangan bisnis bimbel yang baik? Seperti yang diketahui pengelolaan keuangan menjadi bagian penting yang tidak boleh disepelekan.

Lalu bagaimana trik dalam mengelola keuangan bisnis bimbel ini? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui trik mengelola keuangan bisnis bimbel, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Pentingnya Mengelola Keuangan Bisnis Bimbel

keuangan bisnis bimbel

Bagi suatu bisnis, pengelolaan keuangan sangatlah penting karena akan menentukan keuntungan yang didapatkan bisnis tersebut. Mengelola keuangan bisnis ini juga berlaku bagi bisnis bimbel.

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis bimbel, sudahkah mengelola keuangan bisnis dengan baik? Berikut bebarapa manfaat dan pentingnya mengelola keuangan bagi bisnis bimbel yang sedang Kawan Kledo bangun:

  1. Pengelolaan keuangan yang baik akan membantu Kawan Kledo dalam meningkatkan pendapatan bisnis. Ini dikarenakan pengelolaan keuangan yang baik membantu Kawan Kledo mengatahui secara jelas uang masuk dan uang keluar.
  2. Membantu Kawan Kledo merencanakan bisnis ke depannya.
  3. Kawan Kledo bisa dengan mudah melakukan pemantauan keuangan bisnis, jika ada hal-hal yang diluar target Kawan Kledo bisa segera mengatasinya.
  4. Pengelolaan keuangan bisnis bagi bisnis bimbel juga akan memudahkan Kawan Kledo dalam mengontrol keuangan sehingga keuangan bisnis tetap sehat.
  5. Dengan pengelolaan keuangan bisnis yang baik, Kawan Kledo juga bisa mengatur modal kerja atau menambah modal untuk bisnis Kawan Kledo.

Trik Mengelola Keuangan Bisnis Bimbel

keuangan bisnis bimbel

Berikut beberapa trik yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mengelola keuangan bisnis bimbel dengan baik:

1. Belajar Cara Mengelola Keuangan

Trik pertama yang harus dilakukan adalah Kawan Kledo wajib belajar mengelola keuangan yang baik dan benar. Terlebih bagi Kawan Kledo yang memang tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi atau keuangan bisnis.

Ada berbagai cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk belajar mengelola keuangan bisnis bimbel ini. Di zaman yang serba teknologi, ada berbagai media untuk tempat belajar Kawan Kledo, seperti dari YouTube, internet, ataupun sharing di media sosial.

Kawan Kledo juga bisa mempelajari pengelolaan keuangan dari buku ataupun mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari pengelolaan keuangan bisnis.

2. Buat Perencanaan yang Matang

Trik kedua yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mengelola keuangan bisnis bimbel dengan baik adalah dengan membuat perencanaan yang matang. Perencanaan ini sebaiknya dilakukan ketika Kawan Kledo baru akan memulai bisnis bimbel.

Kawan Kledo bisa membuat business plan untuk mendapatkan perencanaan bisnis yang lebih matang. Selain business plan atau rencana bisnis, Kawan Kledo juga bisa membuat Business Model Canvas dan lakukan analisis SWOT agar bisnis bimbel yang Kawan Kledo lebih matang saat dimulai.

Melakukan perencanaan bisnis ini juga dapat mengurangi risiko bisnis. Jadi, pastikan Kawan Kledo melakukannya ya!

3. Pastikan Membuat Anggaran

Selain perencanaan bisnis, anggaran juga jadi bagian yang tidak boleh Kawan Kledo lewatkan. Membuat anggaran ini dilakukan agar Kawan Kledo tahu secara jelas berapa modal yang dibutuhkan dan untuk apa saja modal tersebut dialokasikan.

Anggaran ini juga dapat dibuat berdasarkan periode, misalnya anggaran bulanan, tahunan, atau per berapa bulan. Buatlah anggaran dengan baik agar Kawan Kledo bisa mengalokasikan modal sesuai kebutuhan.

4. Arus Kas Harus Selalu Diawasi

Arus kas merupakan aliran keluar masuknya uang yang ada dalam suatu bisnis. Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis bimbel wajib banget mengawasi arus kas bisnis Kawan Kledo.

Pastikan arus kas ini sesuai yakni pemasukan lebih besar daripada pengeluaran agar Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan.

5. Jadikan Profit sebagai Modal Tambahan

Buat Kawan Kledo yang memiliki keterbatasan modal, Kawan Kledo tetap bisa memulai bisnis bimbel ini. Caranya adalah dengan memulai bisnis kecil, kemudian ketika Kawan Kledo mendapatkan keuntungan, Kawan Kledo bisa menggunakannya sebagai tambahan modal.

Menjadikan laba atau profit sebagai modal tambahan merupakan solusi tepat bagi Kawan Kledo yang memiliki keterbatasan modal. Dengan menggunakan laba sebagai modal kerja Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

6. Jangan Campur Uang Bisnis dengan Uang Pribadi

Mencampur uang bisnis dengan uang pribadi merupakan kesalahan fatal yang tidak boleh Kawan Kledo lakukan. Mencampurkan uang pribadi dengan uang bisnis akan membuat Kawan Kledo sulit mengetahui berapa omzet yang didapatkan.

Kawan Kledo juga bisa dengan mudahnya menggunakan uang bisnis untuk kebutuhan pribadi dengan dalih nanti akan dikembalikan. Buat Kawan Kledo yang ingin sukses di bisnis, jangan pernah lakukan hal ini.

Pisahkan uang pribadi dengan uang bisnis yang Kawan Kledo miliki. Jika memang menggunakan rekening, buatlah rekening yang berbeda untuk pribadi dan untuk bisnis.

7. Jangan Lupa Dana Darurat

Dana darurat juga tidak boleh Kawan Kledo lupakan dan sepelekan. Sisihkan pendapatan atau profit bisnis yang Kawan Kledo dapatkan untuk dijadikan dana darurat.

Dana darurat ini nantinya yang akan membantu Kawan Kledo ketika terjadi hal-hal diluar dugaan atau untuk menangani risiko-risoko yang bisa mengancam bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa membuat alokasi khusus untuk dana darurat ini dan pisahkan dana darurat dengan uang pribadi dan juga uang bisnis.

8. Buat Laporan Keuangan dengan Baik

Laporan keuangan menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh bisnis, termasuk bisnis bimbel. Jadi, jangan sampai Kawan Kledo melewatkan laporan keuangan ini, ya! Berikut beberapa jenis laporan keuangan yang wajib ada di bisnis bimbel:

  • Laporan billing para siswa
  • Laporan pembayaran siswa
  • Laporan laba rugi
  • Laporan jatuh tempo atau jumlah pertemuan siswa
  • Laporan cicilan pembayaran
  • Laporan biaya pembayaran
  • Laporan biaya kegiatan
  • Inventori

9. Gunakan Software Akuntansi

Membuat laporan dan mengelola keuangan bisnis sering jadi bagian sulit yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Buat Kawan Kledo yang kurang memahami cara mengelola keuangan bisnis bimbel ini, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Software akuntansi Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Dengan Kledo, Kawan Kledo bisa dengan mudah melakukan pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo, termasuk bisnis bimbel.

Jadi, Kawan Kledo yang masih baru dan memiliki pengalaman dalam pengelolaan keuangan, Kawan Kledo tidak perlu khawatir karena Kledo akan membantu Kawan Kledo memudahkan pengelolaan keuangan ini. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 2 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai trik mengelola keuangan bisnis bimbel yang dapat Kawan Kledo terapkan untuk bisnis bimbel Kawan Kledo. Pastikan juga Kawan Kledo menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap terkait Kledo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *