8 Cara Promosi di TikTok yang Efektif Agar Jualan Laris Manis

cara promosi di tiktok

Promosi di TikTok menjadi strategi marketing yang saat ini banyak dilakukan bisnis. Selama beberapa tahun terakhir, TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer dan paling cepat berkembang. Dengan lebih dari satu miliar pengguna, aplikasi ini sekarang populer digunakan oleh perusahaan besar dan kecil untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan satu miliar pengguna, mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau khalayak luas akan menjadi tantangan tanpa strategi yang tepat. Dengan demikian, artikel ini akan membagikan cara promosi di TikTok untuk membantu menjangkau audiens target bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud Promosi di TikTok?

cara promosi di tiktok

Aplikasi TikTok adalah jejaring sosial yang kontennya hanya terdiri dari video pendek. Setidaknya hari ini, itu satu-satunya jenis konten yang terlihat seperti campuran Vine, Instagram, dan YouTube.

Platform untuk publikasi video musik pendek ini mulai bekerja pada September 2016 di Tiongkok. Layanan tersebut, yang kemudian disebut Douyin, dengan cepat mendapatkan popularitas di Tiongkok.

Maka, pada awal 2017, jejaring sosial serupa bernama TikTok, yang kita kenal sekarang, memasuki pasar internasional. Layanan ini hanya tersedia melalui aplikasi seluler untuk iOS dan Android. Tidak ada versi desktop.

Sedangkan, promosi TikTok bisa diartikan sebagai proses penggunaan aplikasi TikTok untuk mempromosikan bisnis atau produk. TikTok adalah aplikasi media sosial yang dirancang untuk video pendek, dan bisnis dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat video pendek yang mempromosikan produk atau layanan mereka.

Banyak bisnis telah mencapai kesuksesan di TikTok dengan menawarkan akses ke audiens yang tidak dimiliki platform lain karena kreativitas, inovasi, dan eksposur yang diberikannya.

Singkatnya, TikTok akan membantu Anda meningkatkan eksposur Anda, yang pada gilirannya akan meningkatkan kemungkinan bahwa klien akan tetap bersama perusahaan Anda, membeli produk Anda, dan menjadi lebih akrab dengan merek Anda.

TikTok memungkinkan perusahaan kami untuk mengomunikasikan kontennya dengan cara yang paling alami, menyenangkan, realistis, dan autentik dengan mengadopsi strategi fokus video yang tidak terlalu formal.

Aplikasi ini berkembang pesat dan saat ini merupakan jejaring sosial terbesar keenam. Berikut adalah beberapa angka menakjubkan yang mungkin meyakinkan Anda untuk mencoba TikTok untuk promosi bisnis:

  • Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1,65 miliar kali
  • Pada tahun 2019, TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh kedua (hanya dikalahkan oleh Whatsapp)
  • Rata-rata pengguna membuka aplikasi lebih dari 8 kali sehari
  • Demografi terbesar TikTok adalah usia 18-24 tahun, diikuti oleh usia 13-17 tahun
  • Sekitar 60% pengguna TikTok adalah wanita, sementara sekitar 40% adalah pria

Baca juga: Mengetahui Tugas Marketing dan Parameter Keberhasilannya

Fungsi Promosi di TikTok

Meningkatkan Identitas Merek

Dengan tingkat pertumbuhan sekitar 8% per tahun, TikTok memiliki hampir 99,1 juta juta pengguna di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2022. Angka ini dengan jelas menggambarkan bahwa TikTok menawarkan banyak peluang untuk meningkatkan identitas merek dan terhubung dengan calon konsumen yang besar.

Merek dapat memilih pendekatan unik untuk berbagi konten melalui TikTok, dengan cara apa pun yang mereka anggap efektif untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan identitas merek mereka. 

Meningkatkan Kesadaran Merek

Metode umum untuk meningkatkan kesadaran merek melalui TikTok adalah penggunaan tagar yang memungkinkan produsen konten memanfaatkan tren populer dan mendapatkan banyak daya tarik dari postingan mereka.

Hal ini berarti Anda dapat meningkatkan jumlah penayangan yang diterima video secara signifikan dengan menyesuaikan konten Anda dengan tren yang sedang populer.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian dan Cara Membangunnya dalam Bisnis

Meningkatkan Keaslian Citra Merek

Sebagian besar bisnis memiliki keterbatasan untuk menjangkau audiens dan TikTok adalah cara paling cocok untuk menghubungkan merek Anda dengan pengguna media sosial.

Memposisikan merek Anda sebagai merek yang mudah dihubungkan akan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan merek Anda dan akan menarik citra positif merek Anda sebagai merek yang dianggap otentik oleh pelanggan Anda.

Jangkau Pasar Target Anda Lebih Cepat

Hanya dalam waktu 6 tahun setelah diluncurkan, TikTok telah diunduh lebih dari 3 miliar kali melalui Google Play Store dan Apple App Store. Sekitar 29% pengunduh TikTok menggunakan aplikasi ini secara teratur, yang menjadikan TikTok sebagai basis pengguna paling aktif kedua di dunia.

Data ini menunjukkan bahwa Anda dapat dengan mudah menjangkau target pasar yang lebih besar dalam waktu yang lebih singkat, itu juga di seluruh dunia. 

Hemat Biaya

Hal terbaik tentang menggunakan TikTok untuk bisnis adalah dapat menghemat biaya pemasaran. Sangat mudah bagi merek yang kurang dikenal untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan melalui TikTok tanpa menghabiskan banyak uang, menjadikannya pilihan paling menarik dan terjangkau untuk pertumbuhan. 

Baca juga: Segmentasi Demografis: Pengertian, Jenis dan Tips Melakukannya dalam Pemasaran

8 Cara Promosi di TikTok

Apakah Anda siap untuk mulai mendapatkan lebih banyak pelanggan dan jualan jadi semakin laris manis? Yuk, ikuti 8 langkah ini untuk melakukan promosi di TikTok

Langkah 1. Buat Akun Bisnis TikTok

Tentu saja, Anda harus memulai dengan membuat akun bisnis TikTok Anda. Merek Anda akan terlihat lebih autentik dan profesional ketika disajikan sebagai akun bisnis daripada mencampur konten bisnis dan pribadi Anda menjadi satu akun.

Jika Anda sudah memiliki akun yang sudah ada sebelumnya untuk bisnis Anda, Anda dapat menggunakannya untuk membuat akun bisnis TikTok Anda.

Langkah 2. Mengoptimalkan Profil Bisnis Anda

Mempromosikan bisnis Anda tidak berakhir setelah meluncurkan akun TikTok Anda. Anda juga perlu memastikan profil TikTok Anda dapat membuat pemirsa penasaran yang akan mendorong mereka untuk mengikuti akun Anda.

Ingat, akun TikTok Anda berfungsi sebagai etalase digital merek Anda. Luangkan waktu untuk mengoptimalkannya dengan benar dan pastikan profil di TikTok mewakili bisnis/merek Anda secara otentik.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengoptimalkan profil bisnis TikTok Anda:

Pilih Gambar Profil yang Menggambarkan Merek Anda

Jika Anda menggunakan TikTok untuk pribadi, Anda dapat memilih foto apa pun untuk gambar profil Anda. Tetapi jika Anda mencoba untuk mempromosikan dan menjual merek Anda kepada audiens Anda, Anda harus memilih gambar profil yang akan mewakili merek Anda dengan baik.

Sebaiknya, Anda dapat menggunakan logo merek Anda sebagai foto profil Anda sehingga pemirsa dapat dengan mudah mengenali dan menautkan akun TikTok Anda ke merek Anda.

Jelaskan Bisnis Anda dengan Baik di Bio TikTok

Anda hanya diperbolehkan mengetik 80 karakter untuk bio TikTok Anda. Jadi, Anda perlu memikirkan deskripsi singkat namun cerdas untuk merek Anda yang memiliki makna atau hubungan dengan produk atau layanan yang Anda jual.

Mungkin Anda memiliki slogan yang sering Anda gunakan atau tampilkan bersama dengan produk Anda. Atau Anda juga dapat membuat kutipan singkat dengan makna yang berhubungan baik dengan kepribadian merek Anda.

Pilih URL Anda dengan Bijak

Seperti Instagram, TikTok hanya mengizinkan satu URL yang dapat diklik di profil Anda. Jadi, pilihlah dengan bijak URL mana yang ingin Anda tampilkan di profil Anda.

Jika Anda memiliki situs web bisnis, Anda dapat menggunakan berandanya sebagai URL TikTok yang dapat diklik. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, Anda dapat menautkan profil TikTok Anda ke toko online Anda.

Misalkan tujuan Anda adalah untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dan pemirsa. Jika itu tujuan Anda, Anda dapat menautkannya ke posting blog Anda. Terakhir, pastikan URL yang Anda pilih bersih dan dapat dikenali sehingga orang akan cukup mempercayainya untuk mengeklik tautan Anda.

Baca juga: Pahami Apa Itu Evangelism Marketing dalam Proses Pemasaran Bisnis

Langkah 3. Mengetahui Target Audiens Anda

Sekarang setelah akun dan profil TikTok Anda diatur dengan benar, saatnya untuk mulai mengetahui audiens target Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar pengguna TikTok adalah Gen Z.

Bagaimanapun, TikTok masih memiliki demografi pengguna yang beragam, jadi Anda perlu menentukan mana yang paling sesuai dengan merek Anda.
Anda juga harus mempelajari preferensi, minat, dan perilaku pemirsa target Anda.

Melakukan hal ini akan mempermudah untuk merencanakan dan menyusun strategi konten yang efektif yang akan menarik minat audiens target Anda dan paling berhubungan dengan mereka.

Langkah 4. Pelajari Algoritma TikTok

TikTok lebih berpusat pada pembuatan konten yang menyenangkan, menghibur, dan menarik secara visual dan bukan tempat untuk pemasaran yang serius atau promosi penjualan yang panjang. Dengan demikian, Anda perlu menemukan cara untuk terhubung ke pemirsa target Anda secara kreatif dan meningkatkan visibilitas merek Anda.

Hal ini termasuk mempelajari kategori konten yang tersedia, memeriksa tagar paling populer, mendengarkan audio TikTok populer, dan menemukan teks yang paling cocok untuk niche Anda.

Pada akhirnya, tujuannya di sini adalah untuk membuat konten yang tidak hanya akan mempromosikan merek Anda, tetapi juga akan membuat konten Anda ditampilkan di For Yout Page FYP) TikTok.

Saat Anda mempelajari cara kerja algoritme TikTok, Anda mungkin juga menggunakan ini sebagai peluang untuk memahami pesaing Anda. Mungkin video konten pesaing Anda ditampilkan di FYP.

Lihat jenis video yang mereka posting dan strategi mana yang berhasil/belum berhasil untuk mereka. Meskipun mereka adalah pesaing Anda, Anda dapat memperoleh wawasan dan inspirasi berharga dari pengalaman mereka karena mereka dapat mencoba platform terlebih dahulu.

Baca juga: Mengenal Media Planning dalam Proses Pemasaran Bisnis

Langkah 5. Kembangkan Strategi Konten yang Berdampak Namun Kreatif

Pada titik ini, Anda dapat mulai menguraikan detail strategi konten Anda. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mempromosikan merek Anda secara kreatif melalui video pendek yang sesuai dengan niche Anda.

Misalnya, jika merek Anda berada di industri mode, video dandanan mungkin cocok untuk Anda. Anda atau seorang model dapat mencoba pakaian yang berbeda dari merek Anda sambil menggunakan lagu populer sebagai latar belakang musik video.

Atau jika Anda menjual produk rias atau kecantikan, rutinitas perawatan kulit yang cepat dan ringan mungkin merupakan jenis konten yang paling cocok untuk merek Anda.

Strategi konten lain yang dapat Anda coba adalah video life hack, saran, FAQ, atau tutorial . Jika meme viral saat ini tampaknya cocok dengan produk atau layanan Anda, cobalah untuk membuatnya kembali. Pastikan Anda tidak mencoba terlalu keras atau membuat ulang video TikTok yang tidak selaras dengan merek Anda.

Video TikTok edukatif juga merupakan cara terbaik untuk membuat audiens target Anda berinvestasi dalam konten Anda, karena ini dapat menarik pemirsa untuk mengikuti merek Anda untuk informasi lebih lanjut.

Misalnya, jika bisnis Anda menjual peralatan dapur dan produk peralatan masak, Anda dapat membagikan video memasak yang menampilkan resep baru. Ini adalah kesempatan bagi pemirsa Anda untuk melihat produk peralatan masak Anda dan mempelajari resep baru.

Terakhir, Anda juga harus membuat kalender konten. Sama seperti cara Anda melakukannya di platform lain, memposting konten secara konsisten adalah salah satu kunci untuk mempertahankan visibilitas Anda di TikTok dan membuat pemirsa tetap terlibat.

Jadi, kembangkan kalender konten dan catat seberapa sering Anda harus memposting video dalam sehari dan waktu puncak penonton Anda paling aktif di TikTok.

Baca juga: Pentingnya Video Marketing, Jenis, Contoh, dan Panduan Lengkapnya

Langkah 6. Berkolaborasi dengan Influencer

Bahkan jika menurut Anda strategi konten TikTok Anda saat ini berjalan dengan baik untuk Anda, tidak ada salahnya mendapatkan bantuan tambahan dari influencer TikTok terkenal.

Orang-orang ini dianggap sebagai influencer karena mereka membangun akun mereka untuk popularitas besar sampai-sampai perusahaan dan merek membayar mereka untuk menampilkan konten mereka.

Influencer TikTok tidak harus selebriti terkenal. Selama pengguna tersebut memiliki ribuan pengikut aktif dan ceruk serta audiens target mereka sesuai dengan niche merek Anda dengan sempurna, Anda dapat bekerja dengan mereka untuk membantu meningkatkan visibilitas merek Anda.

Ada banyak cara influencer ini dapat bekerja untuk merek Anda. Misalnya, jika Anda berada di industri makanan (misalnya, restoran, kafe, toko roti), mereka dapat membuat video di mana mereka mengunjungi tempat usaha Anda dan mempromosikan menu dan lokasi bisnis Anda.

Jika Anda berada di industri mode, mereka dapat mengenakan pakaian Anda saat mereka membuat video TikTok dan menandai profil Anda ke konten tersebut. Atau influencer TikTok juga dapat mengadakan tantangan atau kontes di mana merek Anda dapat mensponsori hadiah.

Terlepas dari bagaimana mereka mempromosikan merek Anda, influencer TikTok dapat membantu memperluas jangkauan Anda. Pastikan saja bahwa audiens influencer pilihan Anda selaras dengan audiens target Anda.

Baca juga: Strategi Influencer Marketing yang Bisa Anda Terapkan Dalam Bisnis

Langkah 7. Buat Hashtag Challenge

Cara lain yang menyenangkan dan inovatif untuk mempromosikan merek Anda di TikTok adalah mengadakan tantangan tagar. Anda dapat memulai tren yang terkait dengan merek Anda melalui tantangan hashtag. Selain itu, tantangan hashtag dapat mendorong pemirsa saat ini untuk membuat video dengan hashtag bermerek Anda.

Misalnya, Anda berada di industri lipstik. Anda dapat memulai tantangan dengan tagar yang disebut, katakanlah, #InMyBrandXLipstick. Anda dapat mengatur mekanisme tantangan untuk pengguna TikTok untuk membuat tutorial riasan cepat yang menampilkan lipstik Anda.

Anda dapat mendorong mereka untuk berkreasi dalam video mereka dan melakukan rutinitas make up apa pun yang paling nyaman bagi mereka (misalnya, make up rutin sehari-hari, make up kantor, make up pesta).

Melalui tantangan ini, Anda dapat memotivasi pemirsa TikTok untuk membeli lipstik Anda saat mereka mencoba berpartisipasi dalam tantangan tersebut.

Selain itu, saat mereka menggunakan tagar #InMyBrandXLipstick, merek dan produk Anda kemungkinan besar akan menjadi viral. Yang terbaik dari semuanya, teman dan pengikut mereka yang melihat mereka berpartisipasi dapat bergabung dalam tantangan ini juga.

Secara keseluruhan, tantangan hashtag yang menyenangkan dan interaktif dapat mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan interaksi dan keterlibatan akun Anda.

Baca juga: 10 Cara Membuat Postingan Menarik di Instagram

Langkah 8. Manfaatkan Analisis TikTok

TikTok menyediakan alat analitik untuk membantu Anda melacak kinerja akun Anda di platform. Sebisa mungkin, manfaatkan alat ini untuk membantu Anda mengembangkan dan mengoptimalkan konten video dan akun bisnis Anda.

Melalui alat-alat ini, Anda dapat melihat berapa banyak pengikut/pemirsa baru yang Anda dapatkan setiap hari, berapa banyak tagar bermerek Anda yang berjalan dengan baik atau waktu puncak audiens target Anda.

Anda dapat menggunakan semua data yang dapat dikumpulkan dari alat analisis yang digunakan untuk meningkatkan strategi konten Anda lebih lanjut dan mengoptimalkan promosi bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal Promotion Mix Sebagai Strategi Marketing

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Seperti yang Anda lihat, promosi di TikTok dapat membantu Anda mempromosikan bisnis, memperluas jangkauan, dan berpotensi meningkatkan penjualan.

Dalam menjalankan bisnis, jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo yang memudahkan proses pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang dibekali dengan berbagai fitur mulai dari akuntansi, aplikasi invoice, dan manajamen aset yang mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan ilmu akuntansi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera upgrade level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga! Anda juga bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =