SMS Marketing: Strategi dan Apakah Masih Relevan Untuk Saat ini?

sms marketing banner

Secara sederhana, SMS marketing persis seperti namanya: promosi yang dilakukan melalui pesan SMS.

Namun, sebenarnaya lebih dari itu-

SMS marketing mendorong penjualan, membuat pelanggan senang, menjaring ulasan positif, dan mengembangkan bisnis Anda tanpa hambatan.

Cara ini hemat biaya, terjangkau, dan sangat populer di kalangan audiens di seluruh dunia, dengan pertumbuhan 12% dari tahun ke tahun dalam tingkat engagement pelanggan pada tahun 2022.

Namun, ada banyak kesalahpahaman tentang SMS marketing. Banyak orang mengira pesan SMS sudah ketinggalan zaman atau tidak legal untuk digunakan karena adanya undang-undang data pelanggan terutama di Indonesia.

Namun kenyataannya berbeda. Saat ini, bisnis mengirimkan 36% lebih banyak kampanye SMS hanya dalam setahun terakhir – dan secara diam-diam meningkatkan konversi sebesar 28% dalam prosesnya.

Itulah mengapa kami membuat artikel singkat ini: untuk menjelaskan apa itu SMS marketing, apa manfaatnya, mengapa hal ini masih relevan, dan bagaimana cara menggunakannya dengan sukses untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan SMS Marketing?

SMS marketing adalah bentuk direct marketing yang melibatkan pengiriman penawaran promosi, pembaruan, dan berita kepada pelanggan melalui pesan teks.

Ini adalah cara yang mudah dan nyaman untuk berkomunikasi dengan pelanggan karena kecepatannya yang relatif tinggi dan penerimaannya yang positif.

Bisnis menggunakan SMS marketing untuk berbagi:

  • Promosi
  • Reminder
  • Pembaruan yang sensitif terhadap waktu
  • Diskon yang dipersonalisasi
  • Pembaruan pengiriman pesanan

Menggunakan kampanye teks SMS ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan membangun hubungan pelanggan yang baik pada saat yang bersamaan.

Baca juga: Capital Asset Pricing Model (CAPM): Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Banner 3 kledo

Alasan Mengapa SMS Marketing masih Relevan

Merek yang menggunakan rencana SMS marketing melakukannya karena tiga alasan utama: untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan, dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Email marketing sudah sangat banyak digunakan sehingga pelanggan jenuh terhadap pemasaran ini. Di sisi lain, SMS lebih jarang digunakan – dan ini cara yang bagus untuk menarik perhatian kapan dan di mana pun Anda menginginkannya.

Mari kita lihat bagaimana SMS marketing dapat menguntungkan merek Anda, menambah keuntungan, dan meningkatkan daya saing Anda.

1. Hemat biaya

Dibandingkan dengan bentuk materi pemasaran lainnya, pesan SMS adalah salah satu bentuk penjangkauan yang paling murah.

Mengirim pesan teks juga memiliki salah satu ROI tertinggi juga – sebuah keuntungan bagi anggaran dan keuntungan Anda.

2. Membangun komunikasi langsung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang menghabiskan rata-rata 4 jam di ponsel mereka setiap hari. Karena rata-rata orang terjaga selama 15 jam, kita dapat mengasumsikan bahwa seperempat dari perhatian harian mereka dicurahkan pada layar ponsel.

SMS marketing memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens Anda di tempat mereka menghabiskan banyak waktu.

Baca juga: Pengertian Direct Mail Marketing dan Strategi Melakukannya

3. Sempurna untuk pembaruan real time

Kampanye SMS diterima langsung setelah Anda mengirimkannya. Dan yang paling penting, pesan ini juga dibaca dengan segera.

Tidak mengherankan jika 90% SMS dibaca dalam tiga menit pertama. Hal ini membuat kampanye SMS marketing sangat bagus untuk penawaran yang sangat sensitif terhadap waktu.

Meskipun ponsel tidak berada di dekatnya saat SMS Anda masuk, kemungkinan besar pesan Anda akan dibaca dalam beberapa menit.

Sebagian besar notifikasi teks tetap berada di layar hingga pesan dibaca, ini berarti Anda telah menggunakan platform komunikasi yang lebih baik bagi bisnis Anda.

4. Open rate yang sangat tinggi

Sekitar 98% dari semua pesan SMS bisnis dibaca oleh pelanggan. Itu lebih dari sembilan dari setiap sepuluh anggota dalam daftar pelanggan Anda.

Bagian terbaiknya? Hampir setengah dari pesan-pesan ini akan menerima tanggapan.

Buatlah pesan Anda berharga dan personal bagi pelanggan, dan mereka mungkin akan menerima tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Affiliate dan Tipsnya

15 Strategi untuk SMS Marketing yang Sukses

sms marketing 2

1. Membuat daftar audiens yang benar

Daftar pelanggan atau audiens Anda adalah bagian paling berharga dari bagian SMS marketing.

Jika Anda belum memilikinya, buatlah daftar pelanggan yang telah memilih untuk mengikuti kampanye pemasaran di chanel lain, misalnya email marketing atau paid ads.

Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan hal ini secara legal, jadi mulailah dengan membiasakan diri Anda dengan kepatuhan di negara Indonesia.

Pastikan Anda mendapatkan pelanggan SMS berkualitas yang benar-benar terlibat dengan bisnis Anda.

Anda mungkin ingin menggunakan popup yang di-game-kan dan roda keberuntungan untuk mendorong pendaftaran dalam skala besar.

Text to Join adalah pilihan lain yang layak untuk interaksi, terutama ketika dipasangkan dengan penawaran eksklusif atau kupon.

2. Tawarkan insentif

Goda pelanggan Anda dengan menawarkan kupon atau penawaran melalui SMS bagi mereka yang berlangganan bisnis SMS Anda. Hal ini membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari klub atau komunitas rahasia.

3. Jaga agar pesan Anda tetap singkat namun bernilai

Lebih dari 90 persen pesan SMS dibaca dalam waktu 3 menit, menjadikannya cara yang intim untuk terhubung dengan pelanggan Anda.

Dengan hanya 160 karakter yang dapat digunakan, pastikan pesan Anda tepat sasaran dan memberikan nilai yang tinggi sehingga pelanggan Anda termotivasi untuk merespons secara positif.

4.Miliki CTA yang jelas

Ada dua faktor yang mendorong kampanye SMS: kata kunci dan kode pendek.

Jika Anda ingin pelanggan mengambil tindakan dalam kampanye yang mengharuskan mereka mengirim SMS, pastikan kedua hal tersebut menonjol dan tidak terkubur di dalam pesan.

Baca juga: Pengertian Interactive Marketing, Manfaat, Strategi, dan Contohnya

5. Mengintegrasikan MMS (Layanan Pesan Multimedia)

Jika Anda mengalami kesulitan dengan batas 160 karakter, gunakan MMS untuk mengirim klip video atau gambar kepada pelanggan Anda.

Anda bahkan dapat menyertakan URL YouTube, sehingga pelanggan Anda dapat melihat secara visual tentang bisnis Anda.

6. Buatlah kontes yang interaktif

Ketika pelanggan mengikuti kontes atau ikut serta, sertakan situs web atau tautan media sosial Anda dalam balasan otomatis.

Ini adalah cara yang sederhana dan cepat untuk menghubungkan pelanggan ke berbagai halaman Anda, menarik mereka untuk mengklik tautan.

7. Dorong pelanggan Anda melalui pesan teks

Pesan teks dapat mendorong pengguna Anda untuk membagikan tautan media sosial Anda.

Iklan terbaik adalah dari mulut ke mulut, dan berikan hadiah kepada pemberi referensi teratas Anda dengan penawaran khusus atau produk gratis.

8. Ciptakan rasa urgensi

Mencantumkan tanggal kedaluwarsa akan mendorong pelanggan untuk merespons lebih cepat, dan ini akan membantu Anda mencapai hasil atau mendapatkan informasi secepat mungkin.

Baca juga: Stealth Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi dan Contohnya

9. Jika mengirimkan penawaran kepada pelanggan Anda, buatlah penawaran itu eksklusif

Sertakan fakta bahwa penawaran tersebut ditawarkan kepada semua audiens yang penging dan buatlah mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang istimewa.

Jika penawaran tersebut tersedia untuk siapa saja, maka menjadi pelanggan menjadi kurang menarik.

10. Gunakan SMS Anda sebagai pengait ke media sosial Anda

Promosikan kontes atau undian yang Anda tawarkan di halaman media sosial Anda melalui teks yang Anda kirimkan kepada pelanggan.

Anda dapat melibatkan mereka lebih jauh melalui halaman-halaman tersebut, tetapi gunakan teks Anda untuk mengarahkan mereka ke sana.

11. Ajukan pertanyaan atau kirim survei

Tanyakan pendapat pelanggan tentang produk atau ide, atau bahkan jika Anda harus meluncurkan halaman bisnis di platform media sosial yang baru.

Setelah Anda mendapatkan hasilnya, kirimkan ke pelanggan Anda atau posting hasilnya di salah satu halaman media sosial Anda dan arahkan pelanggan Anda ke sana.

12. Kirimkan pesan sebagai tindak lanjut dari email

Pelanggan Anda umumnya menerima kedua pesan ini di perangkat seluler mereka saat ini, sehingga meningkatkan tingkat respons dan melibatkan mereka dalam percakapan.

Baca juga: Partnership Marketing: Pengertian, Strategi, Tantangan, dan Contohnya

13. Kirimkan pesan pada waktu yang tepat

Tentukan waktu-waktu yang tidak membuat pelanggan Anda sibuk, seperti sebelum atau sesudah bekerja, atau saat jam makan siang. Sebagai aturan umum, jangan mengirim teks sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 9 malam.

14. Libatkan audiens yang lebih muda

Anak usia 18-49 tahun telah tumbuh dengan berbagai perangkat seluler, dan merupakan pengirim pesan yang lebih aktif daripada generasi baby boomer.

15. Tanyakan kepada pelanggan tentang preferensi mereka

Tanyakan kapan mereka ingin menerima pesan dan jenis informasi yang mereka inginkan. Kemudian sesuaikan program SMS Anda agar sesuai dengan keinginan mereka.

Baca juga: Contoh Referral Marketing, Manfaat, dan Strategi Menjalankannya

10 Contoh Penggunaan SMS Marketing

sms marketing 1
  1. Penawaran Produk atau Promo Spesial: “Hai [Nama], jangan lewatkan promo spesial kami! Dapatkan diskon 20% untuk semua produk kami hingga akhir bulan ini. Kunjungi toko kami sekarang!”
  2. Pengingat Acara atau Reservasi: “Halo [Nama], jangan lupa acara seminar besok pukul 10 pagi di Hotel XYZ. Pastikan Anda sudah melakukan registrasi. Terima kasih!”
  3. Ulang Tahun Pelanggan: “Selamat ulang tahun, [Nama]! Kami memberikan hadiah spesial berupa potongan 15% untuk pembelian Anda dalam sebulan ke depan. Semoga hari Anda menyenangkan!”
  4. Feedback dan Survei: “Hai [Nama], kami menghargai pendapat Anda! Mohon luangkan waktu sebentar untuk mengisi survei kepuasan pelanggan kami di [link]. Terima kasih atas dukungan Anda!”
  5. Pengumuman Produk Baru: “Kabar baik, [Nama]! Produk baru yang Anda tunggu-tunggu telah hadir. Segera kunjungi website kami untuk melihat detailnya!”
  6. Pemberitahuan Status Pesanan: “Halo [Nama], pesanan Anda dengan nomor #12345 telah dikirimkan. Anda dapat melacak status pengiriman melalui tautan berikut [link]. Terima kasih atas pembelian Anda!”
  7. Penawaran Langganan: “Ingin tetap update dengan berita terbaru kami? Berlangganan newsletter kami sekarang dan dapatkan informasi eksklusif serta diskon khusus!”
  8. Tawaran Khusus untuk Pelanggan Setia: “Kepada pelanggan setia kami, nikmati penawaran istimewa ini! Dapatkan produk terbaru kami dengan potongan 25%. Terima kasih atas dukungan Anda selama ini.”
  9. Pengingat Pembayaran atau Tagihan: “Hai [Nama], ini pengingat untuk pembayaran tagihan bulan ini sebesar [jumlah]. Mohon segera lakukan pembayaran untuk menghindari keterlambatan.”
  10. Undangan Event: “Kami mengundang Anda, [Nama], untuk hadir di acara peluncuran produk kami pada tanggal [tanggal] di lokasi [lokasi]. RSVP di [nomor].”

Baca juga: Marketing dan Branding: Pengertian Serta Perbedaannya

Pada Intinya..

Menggunakan SMS marketing bagi sebagian bisnis mungkin merupakan cara yang kuno ditengah banyak pilihan proses pemasaran yang lebih canggih seperti KOL, CPC, SEO atau lainnya.

Namun percayalah, jika dilakukan dengan strategi yang matang, SMS marketing bisa menjadi cara Anda mengenalkan produk atau mendapatkan pelanggan dengan biaya lebih rendah.

Namun sama seperti cara pemasaran apapun, pastikan Anda mengetahui siapa target audiens dalam bisnis Anda agar semua strategi yang Anda buat berjalan lancar dan mendapatkan ROI yang Anda harapkan.

Catat juga semua pengeluaran dalam proses pemasaran bisnis Anda pada sistem pembukuan yang modern untuk memudahkan Anda dalam melakukan analisis keuangan dan pengambilan keuputusan yang lebih baik.

Jika Anda belum memiliki sistem pembukuan yang praktis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Setelahnya, Anda cukup membayar 139.000 perbulan untuk kemudahan operasional bisnis yang lebih baik.

Jadi tunggu apalagi?

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 11 =