Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan Ini Wajib untuk Dicoba, Mudah!

usaha kerajinan tangan

Kerajinan tangan menjadi salah satu pilihan usaha yang sangat cocok bagi Kawan Kledo yang tertarik dengan dunia craft atau handmade. Usaha kerajinan tangan ini memiliki potensi yang cukup baik, salah satu alasannya karena produk handmade memiliki keunikan tersendiri.

Buat Kawan yang memiliki binis handmade ini, bagaimana sih agar usaha Kawan Kledo bisa sukses di pasaran dan mendapatkan keuntungan yang maksimal? Sebenarnya tips sukses usaha handmade atau craft ini tidak terlalu berbeda dengan usaha lainnya, namun ada beberapa bagian yang membuatnya berbeda.

Salah satu bagian yang berbeda adalah dalam menentukan harga jual produk kerajinan tangan. Ada perhitungan khusus dalam menentukan harga jual ini karena ada jasa dalam produksi produk handmade.

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui secara lengkap apa saja tips usaha kerajinan tangan ini, Kawan Kledo bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Peluang Usaha Kerajinan Tangan

usaha kerajinan tangan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bisnis handcraft merupakan salah satu usaha yang memiliki peluang menjanjikan. Terlebih, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat handcraft ini membuat bisnis satu ini tergolong eksklusif.

Nah, lalu apa saja nih jenis handcraft yang dapat dijadikan usaha dengan peluang menjanjikan. Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini:

1. Produk Rajut

Jenis bisnis handcraft pertama yang memiliki peluang menjanjikan adalah produk rajut. Rajut merupakan salah satu produk handmade yang dibuat dari benang yang dirajut.

Produk rajut ini terkenal dengan keawetannya dan pastinya tampilannya yang unik. Rajutan juga bisa dijual dalam berbagai jenis, seperti tas, pouch, clutch, topi rajut, dan lainnya.

2. Buket Flanel

Jenis produk handcraft kedua yang bisa jadi pilihan adalah buket flanel. Buket flanel merupakan kreasi buket bunga atau boneka yang dibuat dari kain flanel.

Bisnis ini sangat menjanjikan khususnya di daerah sekitar perguruan tinggi karena dapat dijadikan sebagai hadiah wisuda atau saat seminar. Untuk lebih lengkapnya terkait usaha buket flanel, Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

3. Perhiasan

Perhiasan juga menjadi salah satu produk handmade yang memiliki peluang menjanjikan. Perhiasan handmade ini tidak hanya diminati oleh kaum wanita tetapi juga kaum pria.

Ada berbagai produk perhiasan handmade ini, mulai dari cincin, gelang, kalung, dan lainnya. Kawan Kledo juga dapat mengkreasikannya dari berbagai bahan, seperti mutiara, perak, hingga kulit.

4. Tas Kanvas

Selain bahan rajut, Kawan Kledo juga bisa membuat tas handmade dari bahan kanvas. Kanvas merupakan salah satu kain yang memiliki bahan tebal dan sangat kuat untuk dijadikan tas.

Kawan Kledo dapat membuat berbagai jenis tas dari kain kanvas ini, seperti totebag, sling bag, pouch, clutch, dan lainnya. Untuk pembuatannya, Kawan Kledo perlu menjahitnya dengan ditambah dengan resleting dan juga furing.

5. Lilin Aroma Terapi

Lilin tidak hanya dapat digunakan sebagai penerangan ketika terjadi mati lampu, Kawan Kledo juga dapat membuat lilin aroma terapi yang akan memberikan aroma yang akan menyebar ke seluruh ruangan. Lilin aroma terapi ini merupakan salah satu produk handmade yang dapat Kawan Kledo jadikan ide bisnis.

Kawan Kledo juga dapat menjual lilin aroma terapi ini sebagai hadiah ataupun souvernir pernikahan.

Baca Juga: Menjadi Ibu Rumah Tangga Sukses dengan Bisnis Rumahan Ini

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kerajinan Tangan

Usaha handcraft memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, apa saja?

Kelebihan Usaha Kerajinan Tangan

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh usaha handcraft:

  1. Handcraft dapat dibuat dari daur ulang limbah, sehingga ramah lingkungan;
  2. Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar karena nilai dari craft adalah dari proses pembuatannya;
  3. Bagian dari hobi;
  4. Dapat membantu meningkatkan kreativitas;
  5. Tidak memiliki waktu kadaluarsa;
  6. Memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan produk lainnya.

Kekurangan Usaha Kerajinan Tangan

Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh usaha kerajinan tangan, apa saja?

  1. Untuk pembuatannya membutuhkan keterampilan dan kesabaran, sehingga tidak semua orang bisa;
  2. Sulit menentukan harga jual produk;
  3. Masih banyak yang kurang menghargai produk handmade dan meminta harga murah;
  4. Membutuhkan waktu cukup lama untuk produksi.

Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan

usaha kerajinan tangan

Buat Kawan Kledo yang sedang mengembangkan bisnis handcraft, berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan agar bisnis handcraft Kawan Kledo dapat meraih kesuksesan:

1. Pertimbangkan Jenis Usaha Kerajinan Tangan yang Dipilih

Tips pertama yang wajib Kawan Kledo lakukan agar usaha kerajinan tangan yang Kawan Kledo miliki bisa sukses di pasaran adalah mempertimbangkan jenis handcraft yang Kawan Kledo pilih. Perlu diketahui, setiap jenis produk handcraft memiliki pasar sendiri-sendiri.

Kawan Kledo bisa mempertimbangkan dari aspek target pasar yang ingin dituju atau kemampuan untuk memproduksi jenis handcraft tersebut. Ada banyak pelaku usaha handcraft yang tidak mempertimbangkan pasar yang dituju dan hanya melihatnya dari kemampuan untuk memproduksi, padahal pasar adalah bagian penting dalam bisnis, termasuk bisnis handcraft ini.

Jika Kawan Kledo tinggal di sekitar kampus atau perguruan tinggi, handcraft untuk kado wisuda seperti buket flanel bisa dipertimbangkan. Begitu pula dengan jenis produk handcraft lainnya. Dengan memilih jenis produk handcraft dengan pasar yang jelas, akan membuat Kawan Kledo lebih mudah memasarkan produk ini.

2. Gunakan Strategi Pemasaran Terbaik

Agar produk handcraft Kawan Kledo laris di pasaran, Kawan Kledo wajib menggunakan strategi pemasaran terbaik. Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, ada banyak strategi pemasaran yang dapat dipilih, seperti strategi pemasaran melalui website, media sosial, internet marketing, iklan advetorial, email marketing, dan lainnya.

Kawan Kledo wajib memahami berbagai strategi marketing untuk memaksimalkan pemasaran produk handcraft ini. Kawan Kledo bisa menggunakan semua strategi pemasaran tersebut dan bisa juga menggunakan jasa pihak lain seperti sistem konsinyasi atau titip jual untuk memaksimalkan pemasaran ini.

3. Lakukan Branding

Branding jadi bagian penting dalam sebuah usaha atau bisnis. Kawan Kledo ingin produk atau bisnis Kawan Kledo dikenal oleh masyarakat luas dan juga target pasar? Kawan Kledo wajib mengenalkan produk dan bisnis Kawan Kledo melalui branding.

Branding ini merupakan salah satu taktik pemasaran yang akan membuat produk atau bisnis melekat di ingatan masyarakat atau target pasar yang ingin dituju. Jadi, ketika Kawan Kledo menyebutkan jenis bisnis (misalnya produk kerajinan tangan) orang-orang akan langsung teringat brand Kawan Kledo.

Ada cara-cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk melakukan branding ini. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membaca artikel lengkap branding yang ada di sini.

4. Bagaimana Produksinya?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, produksi menjadi bagian penting dalam bisnis handcraft. Ini dikarenakan produk kerajinan tangan ini memiliki produksi yang membutuhkan keterampilan khusus yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Misalnya Kawan Kledo ingin berbisnis produk rajut, pastinya Kawan Kledo wajib merekrut orang-orang yang bisa merajut. Mungkin Kawan Kledo bisa memproduksi sendiri tapi seberapa banyak kuantitas produksi yang dapat dipegang Kawan Kledo sendirian?

Makanya sangat penting untuk memperhatikan produksi ini. Kawan Kledo bisa juga mengadakan pelatihan untuk mendapatkan tenaga kerja yang akan membantu produksi.

Kawan Kledo bisa mengajak kerjasama ibu rumah tangga untuk mengikuti pelatihan dan nantinya mereka akan bergabung ke tim produksi. Selain bisa membantu Kawan Kledo untuk memproduksi produk handcraft, Kawan Kledo juga bisa membuka lapangan kerja di kalangan ibu rumah tangga.

5. Lakukan Inovasi

Inovasi memegang peranan penting dalam usaha kerajinan tangan. Inovasi yang Kawan Kledo lakukan akan membuat produk Kawan Kledo ini berbeda dari produk handcraft lainnya.

Ada banyak cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk melakukan inovasi usaha, salah satunya adalah dengan melakukan riset pasar. Kawan Kledo bisa melihat produk seperti apa sih yang laris di pasar dan Kawan Kledo bisa membuat inovasi dari produk-produk yang laris di pasar ini.

Kawan Kledo juga bisa berdiskusi bersama tim dalam melakukan inovasi ini.

6. Apa Keunggulan Produk?

Ketika mengikuti pelatihan usaha atau kompetisi bisnis, keunggulan produk akan selalu ditanyakan oleh pemateri atau juri. Apa sih keunggulan produk Kawan Kledo yang akan membuat produk ini dapat bersaing dengan produk kompetitor?

Inovasi yang Kawan Kledo buat dalam produk handcraft juga bisa menjadi salah satu keunggulan produk. Pastikan produk Kawan Kledo memiliki keunggulan karena keunggulan ini yang akan membuat produk Kawan Kledo menang di pasaran.

7. Perluas Relasi

Relasi menjadi bagian penting dalam berbagai hal, termasuk dalam bisnis. Ketika Kawan Kledo memiliki atau sedang mengembangkan sebuah bisnis, pastikan Kawan Kledo memperluas relasi.

Memiliki relasi yang luas akan membantu Kawan Kledo dalam berbagai hal, misalnya dalam mendapatkan informasi yang akan membantu mengembangkan bisnis atau kesempatan-kesempatan lainnya yang bisa didapatkan dengan adanya relasi ini.

Bergabung ke komunitas, mengikuti pelatihan bisnis, hingga mengikuti kompetisi bisnis bisa menjadi cara-cara yang Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan relasi bisnis.

8. Keuangan Usaha Adalah Bagian Penting

Setelah mengetahui beberapa tips yang telah dijelaskan di atas, tips terakhir dan terpenting adalah terkait pengelolaan keuangan usaha. Keuangan usaha ini menjadi bagian penting yang nggak boleh Kawan Kledo abaikan.

Bahkan bisa dibilang kunci kesuksesan utama sebuah bisnis terletak pada pengelolaan keuangannya. Memang, mengelola keuangan usaha ini gampang-gampang susah, namun jangan khawatir karena sekarang ada software akuntansi dari Kledo yang akan membantu memudahkan pengelolaan keuangan usaha ini.

Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Tidak hanya itu, dengan basis cloud yang dimiliki Kledo, membuat Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan keuangan dimana saja dan kapan saja, termasuk saat sedang liburan.

Jadi, tunggu apa lagi, daftar Kledo sekarang juga dan nikmati mudahnya pengelolaan keuangan bisnis kerajinan tangan ini.

Banner 2 kledo

Cara Menentukan Harga Jual Produk Kerajinan Tangan

Setelah Kawan Kledo membaca beberapa tips sukses bisnis handcraft yang ada di atas, lalu bagaimana cara menentukan harga jualnya? Menentukan harga pokok penjualan produk handmade ini emang sering bikin pemiliknya dilema.

Buat Kawan Kledo yang lagi dilema menentukan harga jual produk handcraft ini, Kawan Kledo bisa nih mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Berapa Biaya Bahan Baku?

Hal pertama yang wajib Kawan Kledo ketahui ketika menentukan harga jual produk hancraft adalah berapa biaya yang digunakan untuk bahan baku memproduksi produk handmade. Biaya bahan baku ini merupakan modal awal yang akan digunakan untuk membeli bahan-bahan untuk produksi.

Kawan Kledo tentukan terlebih dahulu apa saja bahan baku untuk memproduksi produk handcraft ini, kemudian total untuk menentukan berapa biaya yang dibutuhkan untuk produksi.

2. Berapa Biaya Upah?

Ketahuilah, harga mahal pada produk handcraft bukan terletak pada biaya bahan baku yang dibutuhkan tetapi pada biaya upah saat proses produksi produk. Untuk mengubah bahan baku menjadi sebuah produk handcraft, dibutuhkan pekerjaan yang tidak mudah.

Ada kreativitas, keterampilan, dan kesabaran di dalamnya. Makanya tidak heran jika harga untuk produk handcraft ini lumayan mahal. Nah, buat Kawan Kledo yang memang masih memproduksi sendiri produk handcraft ini, tetap tentukan biaya upah untuk Kawan Kledo sendiri.

Kawan Kledo bisa menentukannya dari berapa waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi satu produk handcraft. Semakin sulit suatu produk diproduksi pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan pastinya upahnya akan semakin besar.

3. Berapa Biaya Overhead?

Biaya overhead merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan, perlengkapan, hingga tempat usaha. Peralatan dan perlengkapan ini pastinya berbeda dengan bahan baku.

Peralatan dan perlengkapan digunakan untuk mengubahkan bahan baku menjadi produk jadi, seperti mesin jahit, tembakan lem, jarum, gunting dan lainnya. Biaya overhead ini juga berlaku untuk biaya seperti biaya listrik, sewa tempat, dan lainnya.

4. Berapa Biaya Marketing?

Terakhir, Kawan Kledo juga mesti memperhitungkan biaya marketing yang digunakan untuk bisnis handicraft ini. Berapa sih biaya yang Kawan Kledo keluarkan untuk memasarkan produk handcraft ini?

Biaya marketing ini mencakup iklan hingga kuota yang digunakan jika memang Kawan Kledo memasarkannya secara online.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips usaha kerajinan tangan yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk menyukseskan usaha Kawan Kledo. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengelolaan keuangan agar usaha dapat berjalan dengan baik.

Kledo menjadi pilihan tepat bagi Kawan Kledo yang sedang mencari cara mudah mengelola keuangan. Daftar Kledo sekarang juga yuk dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan usahamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − four =