7 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kecantikan Terbaik

software akuntansi bisnis kecantikan

Menjalankan bisnis kecantikan seperti salon, nail arts, make up artist atau sejenisnya dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi mengelola keuangan Anda dapat dengan cepat menjadi hal yang memusingkan jika Anda tidak memiliki software akuntansi yang tepat.

Software akuntansi dapat membantu menyederhanakan manajemen keuangan dan proses akuntansi Anda, menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang.

Namun mana software akuntansi yang cocok untuk bisnis kecantikan?

Berikut adalah 7 rekomendasi software akuntansi untuk bisnis kecantikan terbaik yang layak Anda coba untuk mempermudah bisnis Anda.

Mengapa Software Akuntansi Penting untuk Bisnis Kecantikan?

Kepemilikan bisnis kecantikan memiliki banyak tanggung jawab, dan mengelola keuangan tidak selalu mudah, terutama jika Anda melakukan semuanya secara manual.

Namun, berinvestasi pada software akuntansi yang tepat akan membuat perbedaan besar. Software ini dirancang untuk membantu menyederhanakan proses manajemen keuangan Anda dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dan memusatkan semua informasi keuangan Anda di satu tempat.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan software akuntansi untuk bisnis kecantikan Anda:

Menyederhanakan manajemen keuangan

Software akuntansi untuk bisnis kecantikan dirancang untuk membantu Anda melacak semua transaksi keuangan Anda, seperti pembayaran klien, pengeluaran, dan faktur.

Dengan proses yang terotomatisasi, Anda akan lebih mudah melacak arus kas dan anggaran bisnis kecantikan Anda berdasarkan pendapatan dan pengeluaran.

Selain itu, menggunakan software akuntansi memungkinkan Anda untuk menghasilkan laporan keuangan yang memberikan gambaran yang jelas tentang kesehatan keuangan bisnis kecantikan Anda.

Laporan-laporan ini dapat disesuaikan untuk menampilkan informasi yang Anda butuhkan, seperti pendapatan berdasarkan layanan, pengeluaran berdasarkan kategori, dan banyak lagi.

Dengan informasi ini di ujung jari Anda, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang bisnis Anda dan merencanakan masa depan.

Baca juga: Tips Marketing Bisnis Kecantikan Terbaik yang Bisa Anda Adaptasikan

Menghemat waktu dan mengurangi kesalahan

Menangani transaksi keuangan secara manual dapat memakan waktu dan meningkatkan risiko kesalahan.

Namun, dengan menggunakan software akuntansi, Anda dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin, sehingga dapat menghemat waktu dan meminimalkan kesalahan.

Misalnya, alih-alih memasukkan pembayaran dan pengeluaran klien secara manual, Anda dapat menggunakan software tersebut untuk mengimpor transaksi secara otomatis dari rekening bank atau kartu kredit Anda.

Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan yang dapat terjadi saat memasukkan data secara manual.

Meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas bisnis

Dengan software akuntansi khusus bisnis kecantikan, Anda dapat dengan mudah memantau kesehatan keuangan bisnis Anda dan mendapatkan wawasan penting yang dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Anda juga dapat menggunakan laporan dan analisis untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Selain itu, software akuntansi dapat membantu Anda menyederhanakan proses pembuatan faktur dan memastikan Anda dibayar tepat waktu.

Hal ini dapat berdampak signifikan pada arus kas dan profitabilitas Anda, karena Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengirimkan pengingat otomatis kepada klien yang memiliki faktur yang belum dibayar.

Terakhir, software akuntansi juga dapat membantu Anda mengidentifikasi area-area di mana Anda dapat memangkas biaya dan meningkatkan efisiensi.

Misalnya, Anda dapat menggunakan software akuntnais untuk melacak tingkat persediaan Anda dan memastikan bahwa Anda tidak menyimpan terlalu banyak produk yang tidak terjual. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi pemborosan dan meningkatkan keuntungan Anda.

Baca juga: Tips Akuntansi Bisnis Kecantikan yang Harus Diperhatikan

7 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kecantikan Terbaik

software akuntansi bisnis kecantikan 2

Dalam menjalankan bisnis kecantikan, melacak keuangan bisa menjadi tugas yang menakutkan.

Untungnya, ada banyak pilihan software akuntansi yang tersedia di pasaran untuk membantu Anda mengelola keuangan secara efisien. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa yang terbaik:

1. Software akuntansi Kledo

Dalam daftar pertama ada software akuntansi buatan Indonesia yang sudah digunakan banyak jenis dan skala bisnis termasuk bisnis kecantikan ternama seperti salon, nail arts, bahkan brand skin care terkenal.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi dan membuat laporan keuangan instan untuk proses pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Jika memiliki banyak cabang bisnis, Anda bisa menggunakan fitur multi cabang, multi gudang, dan multi approval untuk memastikan keamanan pengelolaan pembukuan pada bisnis Anda. Oh iya, Kledo juga bisa Anda gunakan di smartphone dengan mendownload melalui Playstore atau Appstore.

Kledo juga bisa terintegrasi dengan sistem HR, aplikasi kasir atau POS, dan juga marketplace sehingga memudahkan Anda pemilik bisnis kecantikan yang menjual produk secara online.

Tidak seperti software akuntansi lain di Indonesia, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo dimulai dari paket gratis selamanya alias tidak perlu membayar. Nantinya jika bisnis Anda sudah berkembang, Anda bisa memilih paket yang lebih tinggi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: 10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

2. Software akuntansi FreshBooks

FreshBooks adalah software akuntansi berbasis cloud yang ramah pengguna dan dirancang khusus untuk pekerja lepas dan bisnis kecil.

Mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk melacak pengeluaran, menagih klien, serta mengelola waktu dan penjualan.

Selain itu, FreshBooks menawarkan fitur pelaporan yang kuat yang dapat membantu Anda menganalisis data keuangan Anda dan membuat keputusan yang tepat.

Salah satu manfaat utama dari FreshBooks adalah aplikasi selulernya, yang memungkinkan Anda untuk mengelola keuangan Anda di mana saja.

Anda bisa mengirim faktur, melacak pengeluaran, dan bahkan menerima pembayaran dari ponsel Anda. Fitur ini sangat berguna bagi pemilik bisnis kecantikan yang selalu bepergian.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Travel Terbaik

3. Software akuntansi QuickBooks

QuickBooks adalah salah satu software akuntansi paling populer di seluruh dunia, dan ini merupakan pilihan bagus untuk Anda pemilik bisnis kecantikan.

Software ini menawarkan berbagai fitur seperti pembuatan faktur dan penagihan, manajemen inventaris, dan pelacakan pengeluaran. Platform ini juga memungkinkan integrasi yang mudah dengan aplikasi bisnis lainnya, membuat pengalaman yang mulus dan produktif.

Selain fitur-fitur intinya, QuickBooks juga menawarkan manajemen penggajian, menjadikannya solusi lengkap untuk mengelola keuangan bisnis kecantikan Anda. Anda dapat dengan mudah membayar karyawan, mengajukan pajak, dan mengelola tunjangan, semuanya dari dalam satu platform.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Franchise Terbaik

4. Software akuntansi Xero

Xero adalah platform berbasis cloud yang baik dan menawarkan semua alat yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis kecantikan Anda.

Software akuntansi ini memiliki fitur-fitur seperti pembuatan faktur, pembayaran tagihan, feed bank, dan manajemen penggajian.

Software akuntansi Xero juga memiliki dasbor intuitif yang memberi Anda gambaran umum singkat tentang bisnis Anda dan juga terintegrasi dengan baik dengan aplikasi pihak ketiga, menjadikannya aset yang sangat berharga bagi bisnis Anda.

Salah satu fitur unik Xero adalah dukungan multi-mata uang, yang memungkinkan Anda membuat faktur dan menerima pembayaran dalam berbagai mata uang. Fitur ini sangat berguna untuk bisnis kecantikan yang memiliki klien atau pemasok internasional.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Pakaian dan Tips Memilihnya

5. Software akuntansi Wave

Sama seperti Kledo, Wave termasuk software akuntansi gratis yang menawarkan berbagai fitur seperti pembuatan faktur dan pemrosesan pembayaran.

Fitur-fiturnya yang komprehensif juga mencakup pemindaian tanda terima dan pelacakan anggaran. Wave adalah pilihan populer dan memungkinkan pemilik bisnis kecantikan skala kecil untuk mengelola keuangan mereka tanpa menghabiskan banyak uang.

Salah satu fitur unggulan Wave adalah fitur pemindaian struk, yang memungkinkan Anda melacak pengeluaran dengan mudah.

Anda bisa mengambil foto struk menggunakan ponsel, dan perangkat lunak ini akan secara otomatis mengekstrak informasi yang relevan dan mengkategorikan pengeluaran untuk Anda.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Bisnis yang Baru Mulai

6. Software akuntansi Zoho Books

Zoho Books adalah solusi software akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur seperti pembuatan faktur, pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu, dan manajemen proyek.

Selain itu, Zoho Books menyediakan beberapa integrasi ke lebih dari 40 aplikasi Zoho lainnya, menjadikannya pilihan tepat untuk bisnis yang menggunakan alat Zoho lainnya.

Zoho Books juga menawarkan portal klien, yang memungkinkan klien Anda untuk melihat dan membayar faktur secara online.

Fitur ini dapat menghemat waktu Anda dan meningkatkan arus kas Anda dengan memungkinkan klien Anda membayar Anda dengan lebih cepat dan mudah.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Bisnis Online dan Tips Memilihnya

7. Software akuntansi Sage

Sage adalah solusi akuntansi berbasis cloud yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah. Sage menyediakan fitur-fitur seperti manajemen keuangan, manajemen inventaris, dan alat manajemen penjualan.

Software ini juga menawarkan analisis dan laporan tingkat lanjut, cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Salah satu fitur unggulan Sage adalah alat manajemen inventarisnya, yang memungkinkan Anda melacak tingkat inventaris dalam bisnis dengan mudah.

Anda dapat mengatur titik pemesanan ulang otomatis dan menerima peringatan ketika tingkat inventaris hampir habis.

Fitur ini dapat membantu Anda menghindari kehabisan stok dan memastikan bahwa Anda selalu memiliki produk yang Anda butuhkan.

Baca juga: 10 Contoh Software Akuntansi Desktop untuk Bisnis Anda

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecantikan

software akuntansi bisnis kecantikan 1

Mengelola bisnis kecantikan bisa jadi menantang, tetapi dengan software akuntansi yang tepat, Anda dapat menyederhanakan proses manajemen keuangan Anda.

Saat memilih software akuntansi bisnis kecantikan yang tepat, ada beberapa fitur utama yang harus Anda perhatikan:

1. Antarmuka yang mudah digunakan

Sebagai pemilik bisnis kecantikan, Anda memerlukan software yang mudah digunakan dan dinavigasi. Software tersebut harus memiliki antarmuka intuitif yang memungkinkan Anda mengelola keuangan dengan cepat dan efisien.

Antarmuka yang ramah pengguna juga akan membantu Anda menghindari kesalahan yang merugikan dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas akuntansi.

Selain itu, software akuntansi harus cukup fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan proses bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda yang unik.

2. Integrasi dengan alat manajemen bisnis kecantikan lainnya

Mengintegrasikan software akuntansi Anda dengan alat manajemen dalam bisnis dapat membantu Anda merampingkan proses manajemen Anda secara keseluruhan.

Misalnya, jika software akuntansi Anda dapat berintegrasi dengan penjadwalan janji temu dan aplikasi kasir, Anda dapat mengelola keuangan dan transaksi bisnis di satu tempat.

Integrasi juga dapat membantu Anda menghemat waktu dan mengurangi kesalahan dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang.

Misalnya, jika pelanggan membuat janji temu, software dapat secara otomatis membuat faktur, sehingga menghemat waktu Anda dan mengurangi risiko kesalahan.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

3. Penggajian dan manajemen karyawan

Mengelola penggajian dan tunjangan karyawan dapat menjadi proses yang memakan waktu.

Software akuntansi Anda harus menyediakan alat untuk manajemen karyawan, seperti melacak jam kerja, membuat potongan gaji, dan mengelola tunjangan. Hal ini akan menyederhanakan proses penggajian Anda dan membuat karyawan Anda senang.

Selain itu, software harus dapat menghitung pajak penggajian dan menghasilkan formulir pajak secara otomatis. Hal ini akan membantu Anda tetap patuh pada peraturan pajak dan menghindari denda yang mahal.

4. Manajemen persediaan

Manajemen persediaan sangat penting untuk bisnis apa pun, terutama bisnis kecantikan seperti salon. Software akuntansi Anda harus menyediakan fitur manajemen inventaris yang memungkinkan Anda melacak tingkat inventaris Anda, mengelola pesanan, dan mendapatkan peringatan waktu nyata ketika stok Anda hampir habis.

Perangkat lunak ini juga harus dapat menghitung harga pokok penjualan (HPP) secara otomatis. Hal ini akan membantu Anda memahami margin keuntungan dan membuat keputusan yang tepat tentang inventaris Anda.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

5. Pelaporan dan analisis

Software yang Anda pilih harus menyediakan laporan keuangan dan analisis yang terperinci untuk membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Menganalisis data bisnis Anda sangat penting untuk memahami kesehatan dan kinerja keuangan bisnis Anda.

Software harus dapat menghasilkan laporan keuangan utama seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Laporan-laporan ini akan membantu Anda melacak pendapatan, pengeluaran, dan arus kas serta membuat keputusan yang tepat tentang bisnis Anda.

6. After sales dan training

Tidak semua pemilik bsinis kecantikan mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam, untuk itulah proses training sangat penting jika Anda baru menggunakan software akuntansi untuk bisnis Anda.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang menawarkan training gratis dan tidak berbayar seperti Kledo,

Di Kledo, Anda akan mendapatkan implementasi dan training gratis sampai kapanpun selama Anda masih menggunakan Kledo tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Jika tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Retail? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi software akuntansi untuk bisnis kecantikan yang bisa Anda pilih.

Sebelum memilih software akuntansi yang tepat, Anda perlu memastikan kebutuhan unik dalam bisnis Anda. Karena seperti yang kita tahu, setiap bisnis berbeda satu sama lain, termasuk pada kebutuhannya.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis dan mempermudah proses operasional Anda secara keseluruhan.

Jadi, selamat mencoba.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 6 =