10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Konstruksi Terbaik

software akuntansi bisnis konstruksi

Mencari software akuntansi pentig bagi bisnis konstruksi, karena pengelolaan perusahaan konstruksi lebih dari sekadar membangun sebuah proyek.

Jadi, proses pengelolaan akuntansi adalah hal penting untuk dikelola dengan baik. Namun, ketika Anda memiliki banyak lokasi kerja, proses manual dapat menyebabkan penundaan pembayaran-dan tenaga kerja yang tidak bahagia.

Banyak perusahaan berjuang dengan proses yang tidak efisien. Mulai dari melacak dan memverifikasi jam kerja hingga memasukkan semuanya ke dalam satu sistem, memproses penggajian adalah alur kerja yang dapat menghabiskan waktu dan sumber daya perusahaan yang berharga.

Untungnya, software akuntansi untuk bisnis konstruksi memudahkan untuk melacak biaya pekerjaan secara online dan memastikan penggajian yang lebih tepat waktu.

Namun dengan banyaknya software akuntansi yang tersedia, mana yang cocok untuk bisnis konstruksi Anda?

Pada artikel kali ini, kami akan membeerikan Anda 10 rekomendasi software akuntansi untuk bisnis konstruksi terbaik yang bisa Anda pilih untuk membantu proses pembukuan.

Apa Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis Konstruksi?

software akuntansi bisnis konstruksi 2

Software akuntansi untuk bisnis konstruksi dapat menawarkan banyak manfaat bagi bisnis di industri konstruksi. Berikut adalah beberapa keuntungan utamanya:

Manajemen keuangan yang efisien

  • Otomatisasi proses manual: Software akuntansi konstruksi mengotomatiskan proses manual seperti pembuatan faktur, utang usaha, dan manajemen penggajian, sehingga menghemat waktu dan mengurangi kesalahan.
  • Akurasi dan transparansi yang lebih baik: Software ini memastikan pelaporan keuangan yang akurat dan memberikan transparansi, sehingga pemilik bisnis dapat membuat keputusan keuangan yang tepat.

Manajemen proyek yang lebih baik

  • Pelacakan dan pelaporan real-time: Software akuntansi bisnis konstruksi memungkinkan pelacakan dan pelaporan biaya, jadwal, dan anggaran proyek secara real-time, sehingga meningkatkan manajemen proyek dan memastikan proyek tetap berada di jalurnya.
  • Peningkatan kolaborasi antar tim: software ini memfasilitasi kolaborasi di antara anggota tim dengan menyediakan platform terpusat untuk informasi, komunikasi, dan pembaruan proyek.

Pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik

  • Akses ke data yang komprehensif: Software ini menyediakan akses ke data komprehensif yang terkait dengan biaya proyek, pengeluaran, pendapatan, dan metrik keuangan lainnya, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk membuat keputusan yang tepat.
  • Pelaporan dan analisis terperinci: Software ini menghasilkan laporan dan analisis terperinci, memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi tren, pola, dan area untuk perbaikan.

Baca juga: Akuntansi Bisnis Konstruksi: Aturan dan Semua hal yang Perlu Anda Tahu

10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Konstruksi

1. Software akuntansi Kledo

Kledo merupakan software akuntansi buatan Indonesia yang sudah diepercaya oleh lebih dari 60 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis, termasuk bisnis konstruksi besar.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah mengelola setiap proyek dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang mudah digunakan.

Karena berbasis online, Anda bisa menggunakan Kledo dimana saja, bahkan Anda bisa mengunduh aplikasinya di Appstore atau Playstore.

Mengapa kami memilih Kledo untuk bisnis konstruksi?

  • Fitur multi proyek: Mengelola banyak proyek menggunakan Kledo sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu lagi pusing untuk mengelola anggaran & biaya untuk proyek yang sedang Anda kerjakan.
  • Mencatat seluruh biaya operasional lebih mudah: Setiap biaya operasional bisa Anda catat dengan praktis dan laporannya akan dibuat otomatis dalam hitungan detik.
  • Invoicing lebih praktis: Dengan lebih dari 50 tampilan invoice siap pakai, Anda bisa dengan lebih mudah memilih invoice yang sesuai karakteristik bisnis Anda.
  • Multi approval: Minimalisir tindakan fraud dalam setiap proyek yang Anda kelola dengan menggunakan fitur multi approval di Kledo.
  • Training gratis: Dengan menggunakan Kledo Anda akan mendapatkan training dan implementasi gratis sampai Anda bisa menggunakannya dengan lancar. Tanpa tambahan biaya, kapan saja Anda mau

Kunjungi halaman ini untuk mengetahui bagaimana Kledo membantu bisnis kontraktor di Indonesia.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Manajemen Konstruksi: Pembahasan Lengkap dan Tips Akuntansi Konstruksi

2. Software akuntansi Quickbooks

Sebagai produk dari Intuit, QuickBooks Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang ideal untuk bisnis konstruksi.

Platform ini dilengkapi dengan alat bantu intuitif yang menyederhanakan proses-proses penting, seperti penentuan biaya pekerjaan, pembuatan faktur, pengajuan pajak, dan pelaporan.

QuickBooks Online memungkinkan manajemen biaya pekerjaan yang cepat dan efisien. Anda dapat dengan mudah memantau biaya tenaga kerja dengan rincian total biaya per jam yang mencakup upah per jam, pajak karyawan, dan biaya overhead per karyawan.

Hal ini tidak hanya menghilangkan pelacakan waktu dan penghitungan biaya tenaga kerja secara manual, tetapi juga memberikan pemilik bisnis konstruksi akses ke profitabilitas proyek mereka secara real-time.

Selain itu, QuickBooks Online juga mendukung pembuatan faktur batch. Anda dapat mengimpor dan mengirim ratusan faktur dalam hitungan menit, sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting dan mendesak.

Mengapa kami memilih QuickBooks Online untuk bisnis konstruksi?

  • Proses akuntansi mudah: Platform berbasis cloud dan aplikasi seluler berfitur lengkap QuickBooks Online memudahkan penyelesaian tugas akuntansi di mana saja dan kapan saja. Hal ini sangat membantu bisnis konstruksi karena mereka biasanya beroperasi di kantor dan di lokasi.
  • Visibilitas dan kontrol biaya: Dasbor QuickBooks Online menawarkan tampilan yang jelas untuk setiap pekerjaan atau proyek, yang juga memberikan akses ke margin keuntungan secara real-time.
  • Persiapan dan pengelolaan pajak tanpa repot: QuickBooks Online dirancang untuk membantu bisnis agar tetap patuh dan mutakhir dalam hal persyaratan pajak mereka dan subkontraktor mereka.

Baca juga: Ketahui Pajak Jasa Konstruksi Untuk Jadi Kontraktor yang Lebih Baik

3. Software akuntansi Freshbooks

Alat pelacakan waktu dan biaya, yang ada di antara fitur-fitur FreshBooks, memungkinkan Anda membuat faktur yang akurat, menagih, dan mengumpulkan pembayaran melalui berbagai saluran dengan mudah.

Penanganan akuntansi dan pajak FreshBooks memastikan kepatuhan dengan regulasi yang ada.

Sistem ini mengotomatiskan banyak proses, termasuk pengaturan pengeluaran, pelacakan waktu, dan tindak lanjut pelanggan, sehingga Anda akan memiliki waktu yang lebih produktif.

Selain itu, FreshBooks memungkinkan Anda membuat estimasi dan faktur yang terlihat profesional yang menampilkan merek Anda.

Penagihan dan pembayaran online dapat dilakukan melalui metode yang disukai oleh klien Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi mengejar pembayaran yang sulit dipahami oleh klien.

Mengapa kami memilih FreshBooks untuk bisnis konstruksi?

  • Sesuaikan ekspektasi dengan estimasi yang akurat: Meminimalkan penolakan proposal proyek dengan estimasi realistis yang sesuai dengan harapan pelanggan Anda, terutama klien lama.
  • Berkolaborasi dengan tim lapangan, kontraktor, dan bahkan klien lebih muda: Jangan pernah melewatkan detail yang mahal dengan berbagi informasi penting secara online dan membuat semua orang yang terlibat tetap mendapatkan informasi yang sama selama proyek berlangsung.
  • Setiap waktu terlacak dengan baik: Setiap menit kerja dilacak dengan tepat dan tercermin dalam catatan Anda, sehingga Anda tidak akan bertanya-tanya ke mana saja waktu kerja personel Anda.
  • Terima pembayaran tepat waktu: Dengan berbagai pilihan pembayaran online dari FreshBooks, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana klien Anda dapat membayar Anda.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

4. Software akuntansi Zoho Books

Zoho Books adalah software akuntansi cerdas yang dirancang untuk bisnis yang sedang berkembang, seperti bisnis konstruksi dengan tim kecil.

Solusi intuitif ini menangani banyak proses langsung di dalam sistem. Hal ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan waktu Anda sambil memastikan bahwa Anda selalu mengetahui arus kas Anda.

Platform akuntansi ini sangat mudah digunakan dengan desain yang ramah pengguna.

Aplikasi ini dapat menghasilkan berbagai formulir dan laporan keuangan, seperti laporan arus kas, neraca, laporan laba rugi, dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga menyediakan ikhtisar visual, seperti grafik. Anda juga dapat menavigasi ke informasi yang lebih rinci jika diperlukan. Ini berarti Anda dapat membuat keputusan berbasis data secara real-time.

Mengapa kami memilih Zoho Books untuk bisnis konstruksi?

  • Terintegrasi dengan sistem Zoho: Terintegrasi dengan baik dengan produk Zoho lainnya tanpa pengaturan atau instalasi tambahan.
  • Mengotomatiskan proses keuangan: Sistem ini menghilangkan entri data yang membosankan dengan memungkinkan Anda mengimpor transaksi bank dan kartu kredit. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur pengingat pembayaran untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan apa pun.
  • Mengirim dan melacak faktur: Platform ini memungkinkan Anda untuk mengirim dan melacak faktur, termasuk mencatat pembayaran offline yang dapat Anda atur per proyek.

Baca juga: Strategi Bisnis Kontraktor Untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

5. Software Yooz

Yooz adalah software otomatisasi utang usaha yang dirancang untuk UKM dan perusahaan besar yang mencari fitur otomatisasi canggih yang dapat mempercepat proses menglola utang mereka.

Software ini berbasis cloud, jadi tidak diperlukan instalasi dan unduhan. Ini dapat diakses oleh tim akuntan Anda dari browser dan perangkat apa pun, yang sangat cocok jika Anda memiliki karyawan yang bekerja dari jarak jauh atau dari cabang lain.

Yooz mudah digunakan dan dilengkapi dengan dasbor yang intuitif. Dari dasbor, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai tugas penglolaan hutang piutang.

Ini termasuk manajemen faktur, manajemen dokumen, analisis dan pelaporan, dan pembayaran tagihan.

Sebagai contoh, Anda dapat mengambil rincian dari faktur langsung ke Yooz menggunakan penangkapan cerdas dan mengekspor data ke software akuntansi Anda atau sistem ERP terintegrasi.

Anda juga dapat mencari faktur atau dokumen tertentu menggunakan pencarian platform yang cepat dan mudah seperti Google.

Mengapa kami memilih Yooz untuk bisnis konstruksi?

  • Alur kerja yang cerdas: Memungkinkan persetujuan atau penolakan pembayaran, pembelian, dan faktur secara otomatis.
  • Otomatisasi Purchase-to-Pay (P2P): Yooz adalah solusi otomatisasi P2P lengkap yang mencatat dan mengkonsolidasikan semua data yang relevan dalam satu arsip elektronik. Proses P2P otomatis menghemat waktu tim AP Anda, meminimalkan kesalahan, meningkatkan transparansi, dan mengurangi biaya dalam operasi Anda. Hal ini juga memungkinkan penelusuran dan proses audit yang lebih mudah.
  • Keamanan yang baik: Yooz mengimplementasikan alat pendeteksi fraud melalui YoozFakeDetection. Ini juga memiliki fitur deteksi duplikat cerdas yang membantu menjaga catatan Anda tetap terorganisir.

Baca juga: Tips Untuk Membuat Bisnis Kontraktor Anda Lebih Berkembang

6. Software akuntansi Sage 50cloud

software akuntansi bisnis konstruksi 1

Sage 50cloud memberi Anda software akuntansi Sage yang sangat teruji ditambah dengan fitur-fitur yang dirancang agar sesuai dengan industri spesifik Anda, termasuk konstruksi.

Platform akuntansi ini merupakan salah satu yang paling baik di pasar saat ini, dengan basis pengguna yang mapan.

Platform ini mengatur keuangan perusahaan konstruksi Anda dengan proses yang canggih untuk memastikan keakuratan, dengan ketentuan pemenuhan pajak yang sesuai dengan persyaratan hukum.

Ulasan Sage 50cloud kami menunjukkan aplikasi yang dirancang dengan baik untuk organisasi konstruksi Anda yang akan menangani manajemen inventaris, sehingga memudahkan Anda saat melakukan kontrak yang membutuhkan sejumlah bahan konstruksi yang kompleks.

Mengapa kami memilih Sage 50cloud untuk bisnis konstruksi?

  • Kecerdasan bisnis tingkat lanjut: Sage 50cloud memberi Anda lebih dari 140 jenis laporan untuk melihat kesehatan bisnis konstruksi Anda dari berbagai perspektif yang penting bagi tujuan pendapatan Anda.
  • Dibuat khusus untuk industri konstruksi: Dari mana Anda berasal adalah bagaimana Sage 50cloud dimulai, dengan fitur-fitur yang penting bagi lini industri Anda.
  • Mengelola inventaris secara efisien: Sage 50cloud mengelola inventaris Anda secara proaktif, sehingga Anda tidak menghadapi risiko bottleneck tenggat waktu dan klien yang marah.

Baca juga: 7 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kecantikan Terbaik

7. Bill.com

Bill.com adalah platform luar biasa yang mengotomatiskan semua transaksi AP dan AR atau utang piutanf dalam bisnis Anda.

Tools ini meningkatkan efisiensi proses keuangan dengan merampingkan administrasi hutang dan piutang.

Platform ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin untuk mengurangi input data dan kesalahan manusia.

Bill.com mempelajari rutinitas dan preferensi Anda saat Anda menggunakannya, memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas semua aspek administrasi tagihan.

Antarmuka pengguna yang modern dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, sehingga Anda dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Bill.com menyesuaikan diri dengan perkembangan organisasi Anda, dengan dukungan untuk semua jenis proses.

Alat ini berisi modul hutang dagang yang ditagih secara elektronik, di mana Anda dapat menggunakan fitur seret dan lepas untuk memasukkan tagihan secara manual.

Faktur kemudian dapat dikirim melalui email untuk dievaluasi oleh anggota tim. Bahkan termasuk berbagai cara pembayaran yang tersedia, termasuk ACH dan cek konvensional.

Mengapa kami memilih Bill.com untuk bisnis konstruksi?

  • Meningkatkan efisiensi dengan proses piutang yang sederhana: Bill.com memastikan bahwa Anda dibayar setiap saat, tepat waktu. Dilengkapi dengan fitur otomatisasi AR yang memungkinkan Anda mengirim faktur dalam hitungan menit.
  • Didukung oleh AI dan ML: Proyek konstruksi bisa sangat sibuk, membuat Anda hampir tidak punya waktu untuk pekerjaan back-office. Bill.com memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan banyak transaksi AR dan AP Anda. Hal ini juga meningkatkan efisiensi Anda secara keseluruhan sambil meminimalkan kesalahan.
  • Sistem akuntansi terintegrasi: Bill.com bekerja dengan baik dengan sebagian besar perangkat lunak akuntansi dan bisnis seperti Quickbooks, Xero, Expensify, Tax1099, dan banyak lagi. Itu berarti Anda mendapatkan alur kerja yang mulus yang selanjutnya meningkatkan produktivitas Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Travel Terbaik

8. Software DocuPhase

Solusi otomatisasi DocuPhase adalah pendamping yang cocok untuk bisnis konstruksi. Dengan kemampuan otomatisasi utang usaha, staf konstruksi dapat memastikan bahwa faktur material dan peralatan selalu dibayar tepat waktu.

Selain itu, software ini dapat memindai dan menyimpan faktur dalam sistemnya, sehingga pengguna dapat mencari dan memeriksa informasi faktur kapan saja.

Manfaat lain yang ditawarkan DocuPhase untuk bisnis konstruksi adalah alur kerja pemrosesan vendor yang baru.

Dengan ini, mereka bisa menerapkan kebijakan saat bertransaksi dengan vendor tanpa harus mencentang kotak centang setiap saat

. Selain itu, ini dapat membantu mempercepat persetujuan vendor baru sehingga mereka dapat menjalankan bisnis dengan cepat dan mudah.

Bukan itu saja: DocuPhase memiliki portal vendor yang menawarkan sedikit kontrol pada pemasok. Mereka bisa memeriksa status faktur melalui portal daripada bertanya melalui telepon atau email.

Mengapa kami memilih DocuPhase untuk bisnis konstruksi?

  • Otomatisasi penglolaan utang: Bisnis konstruksi tidak perlu khawatir tentang faktur yang hilang dan keterlambatan pembayaran karena DocuPhase dapat menanganinya secara otomatis.
  • Otomatisasi PO: Terlepas dari perencanaan yang ketat, kekurangan material masih bisa terjadi. DocuPhase dapat membantu dengan mengotomatisasi pesanan pembelian dengan memastikan bahwa pesanan tersebut sesuai dengan kebijakan.
  • Pemrosesan vendor baru: Memiliki lebih banyak vendor tidak ada salahnya dalam bisnis konstruksi sehingga mereka selalu memiliki pemasok yang berbeda untuk mendapatkan material. Namun, mengajak mereka bergabung bisa jadi melelahkan. Dengan DocuPhase, proses penerimaan vendor dilakukan secara otomatis sehingga pemilik bisnis tidak perlu khawatir.
  • Portal vendor: Pemasok tidak perlu mengejar faktur melalui telepon, email, atau secara langsung karena mereka dapat memeriksa statusnya melalui portal vendor.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Franchise Terbaik

9. Software A2X

A2X hadir dengan alat yang secara otomatis mengatur transaksi saluran penjualan Anda ke dalam kategori yang berbeda, seperti jumlah pembelian, biaya, dan pengembalian dana.

Dengan setiap detail transaksi penjualan yang tercatat dan tersinkronisasi dengan platform akuntansi, Anda juga akan memiliki tampilan 360 dari arus kas Anda.

Selain itu, ringkasan transaksi yang disediakan oleh A2X juga membantu dalam mendeteksi transaksi penipuan dengan merekonsiliasi catatan bank.

A2X juga terintegrasi dengan Quickbooks, Xero, solusi POS, dan banyak lagi. Dan meskipun ini bukan solusi perangkat lunak gratis, paket harganya dimulai dengan harga yang terjangkau yaitu $19 per bulan.

Mengapa kami memilih A2X untuk bisnis konstruksi?

  • Penghitungan inventaris yang cepat dan mudah: A2X mempermudah pemantauan stok dengan memungkinkan Anda melacak tidak hanya jumlah stok, tetapi juga lokasi dan nilainya.
  • Rekonsiliasi data keuangan yang akurat: Dengan mencocokkan data keuangan perusahaan Anda dengan catatan bank, Anda dapat menemukan ketidakkonsistenan dalam transaksi penjualan yang juga dapat membantu Anda mendeteksi fraud.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Pakaian dan Tips Memilihnya

10. Netsuite ERP

NetSuite ERP berbasis cloud memanfaatkan rangkaian lengkap kemampuan bisnis yang komprehensif, termasuk proses akuntansi tingkat lanjut dan manajemen pajak, manajemen penagihan dan faktur, aset tetap, dan manajemen pembayaran untuk organisasi konstruksi Anda.

NetSuite ERP memungkinkan Anda menangani beberapa proyek konstruksi sekaligus dengan estimasi yang jelas dan penagihan yang akurat, mengeluarkan lembar waktu yang tidak praktis untuk mengelola pelacakan waktu untuk sejumlah karyawan di lapangan.

Didukung oleh sistem akuntansi yang sempurna dengan fitur kepatuhan pajak, aplikasi ini juga membantu Anda memenuhi persyaratan perizinan yang diperlukan untuk proyek konstruksi.

Manfaat NetSuite ERP lainnya termasuk menyediakan proses dan alat untuk inspeksi lokasi, mengurangi dokumen internal, dan memungkinkan Anda untuk memajukan proyek konstruksi Anda.

Mengapa kami memilih NetSuite ERP untuk bisnis konstruksi?

  • Sistem yang cocok untuk bisnis konstuksi. Selain akuntansi, manajemen timesheet, faktur dan penagihan, serta pembayaran, NetSuite memberikan kemampuan CRM dan alat keuangan lainnya untuk memastikan keberhasilan proyek konstruksi dan penyewaan properti Anda.
  • Hilangkan penundaan, minimalkan biaya: Tidak ada yang lebih merugikan kontraktor selain keterlambatan dalam pengiriman sesuai tenggat waktu. Fitur-fitur fundamental yang menangani manajemen sumber daya utama akan memungkinkan Anda mewujudkan penghematan konkret dalam jangka pendek dan jangka panjang.
  • Informasi tentang profitabilitas lebih mudah: Dengan proses yang lebih baik, Anda mendapatkan akses ke data berkualitas untuk membantu Anda mengevaluasi kinerja variabel-variabel penting dalam bisnis konstruksi Anda.
  • Meningkatkan efisiensi, mengurangi kompleksitas: Inovasi dalam desain alur kerja berarti mengurangi kerumitan dalam menjalankan operasi konstruksi Anda, sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Bisnis yang Baru Mulai

Kesimpulan

Software akuntansi untuk bisnis konstruksi dapat mengubah cara bisnis konstruksi mengelola keuangan dan proyek mereka. Berikut ini adalah rangkuman manfaatnya:

  • Manajemen keuangan yang efisien
  • Manajemen proyek yang lebih baik
  • Pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik

Untuk mendapatkan manfaat ini, penting untuk memilih software yang tepat untuk bisnis Anda dan menerapkan serta mengadopsinya dengan sukses.

Pertimbangan utama saat memilih software akuntansi meliputi ukuran dan kebutuhan bisnis, persyaratan khusus industri, integrasi dengan sistem lain, dan aksesibilitas seluler.

Implementasi dan adopsi yang sukses memerlukan penentuan tujuan dan sasaran yang jelas, memberikan pelatihan dan dukungan yang memadai, melibatkan karyawan dalam prosesnya, dan mengkomunikasikan manfaat software.

Software akuntansi yang baik dapat menjadi game-changer bagi bisnis konstruksi yang ingin meningkatkan manajemen keuangan dan efisiensi proyek mereka.

JIka Anda masih ragu memilih software akuntansi untuk bisnis konstruksi Anda, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang sesuai dengan kebutuhan banyak bisnis di Indonesia.

Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =