Ingin Membangun Bisnis Pet Shop? Ikuti 10 Tips Ini

bisnis pet shop

Bagi Kawan Kledo yang senang dengan dunia hewan, membangun bisnis pet shop bisa menjadi salah satu pilihan. Selain bisa dijadikan bisnis yang akan menghasilkan keuntungan, Kawan Kledo juga bisa menjalankan hobi yang disukai.

Membangun bisnis pet shop bukan sesuatu yang sulit, terlebih buat Kawan Kledo yang memang menyukai dunia hewan. Bahkan, Kawan Kledo bisa memulai bisnis pet shop ini langsung dari rumah dan menjualnya secara online.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis satu ini dan apa saja tips yang harus dilakukan agar bisnis yang Kawan Kledo bangun bisa meraih kesuksesan? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Peluang Bisnis Pet Shop

bisnis pet shop

Semakin hari bisnis pet shop semakin mengalami perkembangan, terlebih dengan kemajuan teknologi informasi membuka bisnis ini menjadi lebih mudah. Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan dan jadi bagian pecinta hewan pasti membutuhkan keberadaan pet shop ini.

Bisnis pet shop sendiri menjual berbagai kebutuhan hewan peliharaan, mulai dari makanan, asesoris hewan, hingga kandang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Buat Kawan Kledo yang menyukai hewan membuka bisnis ini akan memberikan kesenangan tersendiri, selain bisa memenuhi hobi (kebutuhan hewan peliharaan sendiri), Kawan Kledo juga bisa mendapatkan keuntungan.

Tentu bisnis ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Terlebih bagi Kawan Kledo yang memiliki komunitas pecinta hewan, Kawan Kledo bisa mempromosikan bisnis Kawan Kledo ini kepada anggota komunitas hewan tersebut.

Biar Kawan Kledo bisa langsung mengeksekusi ide bisnis satu ini, yuk simak cara memulainya yang akan dijelaskan di bawah ini:

Memulai Bisnis Pet Shop, Bagaimana Caranya?

bisnis hewan peliharaan

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis pet shop, berikut beberapa cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulainya:

1. Menentukan Lokasi

Untuk memulai bisnis pet shop, hal pertama yang perlu Kawan Kledo perlu lakukan adalah menentukan lokasi dimana toko Kawan Kledo berada. Dalam menentukan lokasi ini, Kawan Kledo harus mempertimbangkan kemudahan akses dan tingkat stretagis lokasi tersebut.

Memilih lokasi yang mudah diakses dan strategis akan membuat lokasi toko mudah untuk ditemukan. Jadi, kesempatan mendapatkan pelanggan menjadi lebih besar.

Untuk memudahkan pemilihan lokasi ini, Kawan Kledo bisa menggunakan tips berikut ini:

  • Pilihlah lokasi yang kondusif yakni lokasi yang jauh dari kebisingan. Kawan Kledo bisa membuat alat penangkal suara dari bagian luar untuk menghindari hewan stres dan jangan lupa tambahkan penyaring udara serta pendingin udara.
  • Perhatikan juga kebersihan toko agar Kawan Kledo bisa memberikan kenyamanan kepada pelanggan dan akan berpengaruh kepada kesehatan hewan yang dijual.
  • Pilih lokasi yang dekat dengan pemukiman penduduk karena lebih mudah dijangkau oleh calon konsumen. Kawan Kledo juga harus menghindari lokasi-lokasi seperti restoran atau tempat makan, pasar, hingga perkantoran.

2. Menentukan Jenis Layanan

Setelah menentukan lokasi, langkah kedua yang harus Kawan Kledo lakukan adalah menentukan jenis layanan yang akan digunakan. Ada beberapa jenis layanan yang dapat Kawan Kledo pilih, yaitu jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, aksesoris, mainan, dan lainnya.

Kawan Kledo juga bisa memberikan semua layanan dan menambahkan layanan titip hewan atau salon untuk hewan. Dengan semua layanan tersebut, maka target pasar Kawan Kledo akan lebih luas.

3. Mengajukan Perizinan ke Lingkungan Sekitar

Selain memilih jenis layanan, setelah penentuan lokasi Kawan Kledo juga harus mengajukan perizinan kepada lingkungan sekitar. Pengajuan perizinan ini dilakukan sebagai sopan santun kepala lingkungan sekitar karena tidak semua orang nyaman dengan keberadaan hewan tertentu.

Sebelum Kawan Kledo mengajukan perizinan ke lingkungan sekitar, sebaiknya Kawan Kledo mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) kepada pihak dinas perizinan kota.

4. Merekrut Dokter dan Perawat Hewan

Jika mengikuti standar luar negeri, membangun bisnis hewan peliharaan tidak hanya memperkerjakan karyawan namun juga dokter dan perawat hewan. Ini dikarenakan toko tidak hanya menjual hewan yang ada namun juga melakukan perawatan kepada hewan-hewan tersebut.

Perawatan hewan ini harus dilakukan, khususnya bagi Kawan Kledo yang memberikan layanan penitipan hewan. Dengan adanya dokter dan perawat hewan, Kawan Kledo telah menambah fasilitas lain di bisnis Kawan Kledo jadi konsumen bisa datang ke toko untuk membeli keperluan hewan sekaligus melakukan perawatan.

5. Bergabung ke Komunitas

Bergabung ke komunitas pecinta hewan juga perlu dilakukan bagi Kawan Kledo yang ingin membangun bisnis hewan peliharaan. Dengan adanya komunitas yang Kawan Kledo ikuti, maka pasar Kawan Kledo akan lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Di komunitas tersebut Kawan Kledo bisa melakukan promosi dan layanan khusus. Sebagai daya tarik kawan Kledo juga bisa memberikan diskon tertentu bagi anggota komunitas.

6. Promosi Sekaligus Edukasi

Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan dalam mempromosikan bisnis pet shop milik Kawan Kledo selain kepada anggota komunitas pecinta hewan. Salah satu caranya adalah dengan berpromosi sekaligus memberikan edukasi.

Kawan Kledo bisa memberikan edukasi ini melalui media sosial ataupun channer YouTube milik Kawan Kledo. Buatlah konten-konten yang menarik dan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli di toko Kawan Kledo.

7. Buatlah Perencanaan Bisnis yang Matang

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, langkah terakhir yang harus Kawan Kledo lakukan adalah membuat perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan bisnis ini dilakukan untuk memudahkan Kawan Kledo dalam menentukan ke arah mana bisnis Kawan Kledo akan dijalankan.

Buatlah perencanaan manajemen yang terdiri dari jam operasional, tarif yang akan dipasang, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan hewan, melakukan kerja sama dengan dokter hewan, dan lainnya.

Tips Membangun Bisnis Pet Shop Hingga Sukses

bisnis pet shop

Setelah membahas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis hewan peliharaan, lalu bagaimana tips membangun bisnis pet shop hingga meraih kesuksesan? Agar bisnis Kawan Kledo sukses, Kawan Kledo bisa mengikuti tips membangun bisnis pet shop yang ada di bawah ini:

1. Jeli dalam Membaca Peluang

Tips pertama yang harus Kawan Kledo lakukan agar bisnis hewan peliharaan Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan adalah Kawan Kledo harus jeli dalam membaca peluang. Kawan Kledo harus memperhatikan peluang-peluang yang ada, misalnya dengan melihat apakah sudah ada bisnis sejenis di sekitar tempat tinggal Kawan Kledo.

Jika belum ada, maka ini kesempatan baik buat Kawan Kledo untuk memulainya. Jika sudah ada, Kawan Kledo bisa melihat peluang lainnya misalnya jika bisnis hewan peliharaan milik kompetitor belum ada untuk salon hewan, Kawan Kledo bisa menjadikannya salah satu fasilitas di bisnis Kawan Kledo.

Cara membaca peluang dari bisnis kompetitor bisa dilakukan dengan cara mengamatinya secara langsung bisnis kompetitor tersebut. Kawan Kledo bisa membeli produk atau mengunjungi toko milik kompetitor bisnis dan cari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Setelah tahu apa saja kekuranagn dan kelebihan bisnis hewan peliharaan kompetitor, Kawan Kledo bisa menjadikannya sebagai acuan dalam membangun bisnis petshop milik Kawan Kledo.

2. Lakukan Analisis Pasar

Tips kedua yang harus dilakukan agar bisnis hewan peliharaan Kawan Kledo bisa sukses adalah dengan melakukan analisis pasar. Analisis pasar ini sangat penting karena akan menentukan bagaimana pemasaran produk yang paling efektif.

Dengan melakukan analisis pasar ini Kawan Kledo bisa melihat keadaan pasar baik secara kualitatif ataupun secara kuantitatif. Dari analisis pasar ini Kawan Kledo akan mendapatkan strategi terbaik untuk pemasaran produk yang Kawan Kledo jual.

3. Persiapkan Modal

Selanjutnya adalah menyiapkan modal untuk membangun bisnis. Modal ini menjadi bagian paling penting dan sering menjadi kendala bagi banyak pebisnis pemula.

Banyak pebisnis pemula yang tidak berani memulai sebuah bisnis karena modal yang terbatas. Padahal sebenarnya modal bisnis ini bisa didapatkan dari mana saja, lho.

Tidak percaya? Yuk baca artikel di link ini untuk informasi lebih lengkapnya.

4. Jangan Takut Rugi

Kerugian bisa terjadi pada semua bisnis, termasuk bisnis yang sedang atau akan Kawan Kledo kembangkan. Takut mengalami kerugian juga perasaan yang normal dan wajar, namun dibalik kemungkinan rugi ada juga kesempatan untuk meroleh keuntungan.

Daripada terus-terusan takut rugi, Kawan Kledo bisa menghadapinya dengan membuat perencanaan yang matang dan membuat pengelolaan keuangan yang baik serta teratur. Kawan Kledo bisa membacanya di sini atau bisa langsung menonton videonya di bawah ini:

5. Kenali Kompetitor

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mengenali kompetitor menjadi bagian yang penting dalam bisnis. Dengan mengenali kompetitor Kawan Kledo bisa mengetahui seperti apa persaingan pasar yang nanti akan terjadi.

Kawan Kledo bisa memperhatikan ke sekitar lokasi Kawan Kledo akan membuka bisnis pet shop dan lakukan analisis apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh toko kompetitor. Dari analisis ini, Kawan Kledo bisa menjadikannya acuan agar bisnis Kawan Kledo bisa bersaing dengan kompetitor.

6. Pilih Pemasaran yang Efektif

Tahukah Kawan Kledo bahwa tidak semua pasar efektif sebagai tempat penjualan? Ada berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat efektifitas pasar ini.

Sebagai contoh, Kawan Kledo ingin menjual perlengkapan khusus untuk anjing namun toko Kawan Kledo berada di lingkungan muslim. Pastinya kesempatan untuk menjual produk Kawan Kledo lebih kecil, bukan?

Jadi pastikan Kawan Kledo memilih pemasaran yang efektif. Ketahui siapa target konsumen Kawan Kledo dan bila perlu buatlah bagan khusus untuk melakukan identifikasi target konsumen ini.

7. Masimalkan Promosi di Media Sosial

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ada banyak kemudahan untuk melakukan promosi penjualan, salah satunya adalah di media sosial. Penjualan di media sosial pastinya lebih mudah karena bisa dilakukan dimana saja asalkan memiliki gadget dan koneksi internet.

Media sosial yang bisa Kawan Kledo pilih antara lain Facebook, Instagram, dan Twitter. Di Facebook Kawan Kledo bisa menggunakan fitur Facebook Marketplace dan di Instagram bisa menggunakan fitur Instagram Bisnis.

Buatlah etalase yang menarik layaknya etalase toko offline agar konsumen tertarik untuk membeli. Pastikan juga konten yang Kawan KLeod buat tidak hanya bermuatan jualan namun juga menyajikan edukasi yang dibutuhkan oleh target konsumen.

8. Pertimbangkan Jualan di Marketplace

Selain memasarkan di media sosial, Kawan Kledo juga bisa merambah pemasaran di marketplace. Saat ini sudah banyak bisnis perawatan hewan yang berjualan di marketplace, jadi ini bisa menjadi kesempatan Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa menjualnya di berbagai marketplace, mulai dari Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, hingga JD.ID. Untuk pengiriman, Kawan Kledo bisa menggunakan ekspedisi yang memberikan kemudahn pengiriman hewan ke luar kota atau luar pulau.

9. Berikan Fasilitas Antar-Jemput

Saat ini ada berbagai cara yang dapat membantu meningkatkan omzet dan keuntungan bisnis, salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas yang akan memudahkan konsumen. Fasilitas antar-jemput menjadi fasilitas yang wajib untuk Kawan Kledo pertimbangkan.

Kawan Kledo bisa memberikan fasilitas ini kepada pelaggan yang ada di kota yang sama dengan lokasi toko Kawan Kledo. Pemesanan bisa dilakukan lewat media sosial atau telepon, nantinya pihak toko Kawan Kledo akan memberikan service antar-jemput.

Fasilitas ini juga sangat cocok di tengah situasi pandemi. Jadi, konsumen tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan mereka.

10. Kelola Keuangan dengan Baik

Nah, agar bisnis hewan peliharaan Kawan Kledo bisa bisa sukses, jangan pernah mengabaikan keuangan bisnis. Keuangan bisnis menjadi bagian paling penting dan krusial dalam keberlangsungan suatu bisnis.

Banyak bisnis yang mengalami kebangkrutan karena mengabaikan pengelolaan keuangan ini, termasuk mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.

Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Pet Shop

kledo

Seperti penjelasan yang ada di atas, pengelolaan menjadi bagian penting dan paling krusial dalam sebuah bisnis, termasuk bisnis perawatan hewan atau petshop. Tapi jangan khawatir karena saat ini ada berbagai kemudahan yang bisa didapatkan untuk pengelolan keuangan ini.

Kawan Kledo bisa menggunakan sofwtare akuntansi Kledo untuk mewujudkan kemudahan pengelolaan keuangan ini. Kledo merupakan software akuntansi terbaik untuk bisnis.

Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tidak hanya memudahkan pengelolaan keuangan, tapi juga membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih menyenangkan.

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Kledo, antara lain:

1. Invoice

Fitur pertama yang dapat Kawan Kledo nikmati di software akuntansi Kledo adalah fitur invoice. Fitur invoice ini akan memudahkan Kawan Kledo membuat tagihan invoice dengan desain yang elegan dan profesional.

Dengan invoice Kledo Kawan Kledo cukup memasukan data dan Kledo yang akan memproses data-data tersebut hingga menjadi invoice. Kawan Kledo juga bisa mengunduhnya atau mengirimkannya ke email.

Kawan Kledo juga bisa membuat invoice secara langsung melalui fitur Buat Invoice. Klik di sini untuk buat invoice sekarang juga.

2. Purchasing

Selain invoice, Kawan Kledo juga bisa membuat purchasing di software akuntansi Kledo. Di fitur purchasing Kawan Kledo bisa melacak semua purchasing order dan semua pembelian secara detail, termasuk harga yang telah disepakati dan dokumen yang mendukungnya.

3. Biaya

Mencatat pengeluaran, melacak pos pengeluaran, hingga membuat laporan pengeluaran, semuanya dapat dilakukan melalui fitur Biaya. Dengan fitur ini Kawan Kledo tidak perlu menumpuk kwitansi pengeluaran karena semuanya akan tercatat di software akuntansi Kledo.

Kawan Kledo juga bisa memantau pengeluaran bisnis Kawan Kledo secara realtime. Pengelolaan pastinya akan jadi lebih mudah dengan fitur biaya ini.

4. Laporan

Ingin membuat laporan keuangan yang anti ribet dan sangat mudah? Di software akuntansi Kledo Kawan Kledo bisa membuat laporan keuangan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan saat sedang jalan-jalan, lho.

Kawan Kledo juga bisa melihat pengeluaran bisnis, produk paling laris, laba rugi, dan saldo bank yang dibuat dalam bentuk grafik yang sangat cantik. Kapan lagi bikin laporan keuangan semudah di Kledo? Coba sekarang yuk!

5. Aset Tetap

Selain fitur-fitur di atas, Kawan Kledo juga bisa melakukan pelacakan aset tetap dengan software akuntansi Kledo. Aset bisnis ini terdiri dari bangunan, mobil, mesin, dan lainnya.

Kawan Kledo juga bisa melakukan pelepasan dan menghitung penjualan aset tetap dengan satu kali klik. Semuanya juga akan langsung diupdate di laporan keuangan di akun Kledo.

6. Inventori

Memantau produk terlaris juga bisa dilakukan dengan mudah di software akuntansi Kledo melalui fitur Inventory. Tidak hanya itu, Kawan Kledo juga bisa mengetahui jumlah stok tanpa harus mengeceknya secara langsung di gudang.

Jadi, dengan fitur ini bisnis akan menjadi lebih mudah dikelola, termasuk untuk bisnis pet shop yang akan Kawan Kledo kembangkan. Bye-bye deh kerugian karena keuangan yang aca-acakan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasna mengenai cara dan tips dalam membangun bisnis pet shop yang bisa Kawan Kledo ikuti. Setelah mendapatkan semua cara dan tips di atas, jadi kapan Kawan Kledo akan mulai mewujudkan bisnis pet shop ini?

Jangan lupa gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Dengan semua fitur yang sudah dijelaskan di atas, kemudahan mana lagi yang akan didustakan?

Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 11 =