Viral Marketing: Pengertian, Strategi, Manfaat, dan Medium yang Bisa Anda Gunakan

viral marketing

Viral marketing memberi pemasar strategi yang kuat untuk menyampaikan produk atau layanan mereka lebih cepat. Ketika proses viral marketing berhasil diterapkan, bisnis dapat menggunakan strategi ini untuk meningkatkan jangkauan mereka dan mencapai laba atas investasi (ROI) yang lebih tinggi dalam kampanye mereka.

Viral marketing adalah strategi penting untuk dipelajari bagi para profesional pemasaran yang ingin meningkatkan visibilitas dan keterlibatan.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu viral marketing, bagaimana membuat kampanye yang viral dan manfaat melakukannya di dalam organisasi bisnis Anda.

Apa itu Viral Marketing?

viral marketing

Viral marketing adalah metode mempromosikan produk atau layanan di berbagai platform media sosial dengan tujuan menerima keterlibatan dan eksposur di tingkat nasional atau global.

Keberhasilan strategi pemasaran viral tergantung pada pelanggan yang membagikan video atau posting promosi dengan koneksi media sosial mereka.

Semakin sering kampanye pemasaran dibagikan oleh pengguna yang memiliki jangkauan lebih luas atau lebih banyak koneksi, semakin sukses kampanye tersebut.

Agar viral marketin berhasil, pesan harus cukup persuasif untuk mendorong orang mengklik tombol “Bagikan”. Dalam beberapa kasus, kampanye pemasaran viral mungkin menjadi viral karena lucu, sementara yang lain mungkin sangat berharga dan informatif bagi audiens target.

Memahami audiens dan menghasilkan konten yang menarik bagi mereka dan koneksi mereka adalah yang membedakan konten yang dapat dibagikan dari promosi yang menerima lebih sedikit suka dan berbagi.

Baca juga: Digital Branding: Pembahasan Lengkap dan Strateginya untuk Bisnis Anda

Cara Membuat Viral Marketing yang Efeketif

Viral marketing membutuhkan perencanaan yang cermat dan pemahaman mendalam tentang konten yang disukai audiens target serta bagaimana mereka berbagi informasi.

Berikut adalah delapan langkah untuk menerapkan kampanye viral yang sukses dalam strategi pemasaran apa pun:

1. Kenali Audiens Anda

Langkah pertama menuju kampanye viral yang sukses adalah memahami audiens dan media apa yang menurut mereka paling menarik. Perusahaan baru dapat mencapai ini dengan mengembangkan beberapa kampanye dan menguji materi promosi mereka untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang keterlibatan.

Sementara itu, perusahaan mapan dapat lebih memahami target demografis mereka dengan mempelajari analitik media sosial mereka di masa lalu dan saat ini.

Metrik seperti keterlibatan audiens, lalu lintas kata kunci, interaksi sosial, tayangan halaman, klik, dan jangkauan dapat membantu perusahaan mengidentifikasi konten mana yang paling disukai pemirsa mereka dan platform pemasaran mana yang meluncurkan kampanye tersebut untuk keterlibatan maksimum.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang audiens, perusahaan dapat menyesuaikan kampanye pemasaran dengan kebutuhan audiens mereka dan menjamin bahwa materi promosi mereka paling menarik bagi mereka.

2. Lakukan analisis kompetitif

Kampanye viral marketing seringkali bersifat unik, sehingga sulit untuk membuat konsep materi promosi viral yang efektif tanpa inspirasi atau contoh sebelumnya.

Melakukan analisis kompetitif kampanye viral di industri organisasi itu sendiri memberi pemasar gagasan yang lebih baik tentang apa yang mungkin ingin dilibatkan oleh audiens mereka sendiri serta bagaimana mereka dapat menawarkan cara unik mereka sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Lakukan analisis kompetitif sejak dini untuk membuat beberapa ide kampanye viral untuk diuji dengan audiens.

Baca juga: 12 Kesalahan Dasar Akuntansi Pada Bisnis Yang Wajib Dihindari

3. Miliki tujuan untuk kampanye viral marketing

Viral marketing biasanya digunakan untuk menghasilkan perasaan senang di sekitar produk atau layanan tertentu. Beberapa perusahaan dapat memanfaatkan kampanye viral untuk meningkatkan visibilitas mereka dan menarik lebih banyak pelanggan ke merek mereka.

Merek lain mungkin menghasilkan konten viral untuk membuat audiens mereka bersemangat tentang produk atau layanan yang belum diluncurkan.

Apa pun alasan untuk mengembangkan konten viral, memiliki tujuan yang telah ditentukan sebelumnya untuk kampanye pemasaran dan menentukan tujuannya sangat penting untuk memahami keberhasilannya.

4. Buat konten yang dapat dibagikan

Memahami apa yang ditawarkan setiap platform unik dan jenis konten mana yang berkinerja terbaik di platform tersebut dapat membantu Anda menentukan pengalaman viral marketing dan mempermudah pembuatan konten yang dapat dibagikan.

Misalnya, konten tertulis sering kali berkinerja terbaik di saluran seperti blog situs web atau kampanye pemasaran email. Sementara itu, kampanye berbasis visual biasanya paling cocok untuk platform seperti Instagram atau Pinterest, dengan konten video yang berkinerja baik di YouTube atau TikTok.

Lakukan penelitian mendalam pada setiap platform media sosial dan tetapkan KPI untuk setiap kampanye viral untuk melacak kemajuan kampanye dan menilai dampaknya.

5. Temukan tren dengan tagar

Trends menawarkan pemasar cara mudah untuk meningkatkan eksposur tanpa harus menghasilkan buzz sendiri. Anda dapat mencapai ini melalui trend-jacking.

Trend-jacking atau mengacu pada proses pembuatan materi promosi dan pesan yang mencerminkan tren yang sedang viral dan populer di berbagai platform media sosial.

Melalui penggunaan tagar populer dan pemahaman tentang mengapa pengguna tertarik pada tren ini, merek dapat dengan mudah memanfaatkan video dan pesan populer ini untuk keuntungan mereka.

Lebih baik lagi, trend-jacking dapat membantu merek menjangkau lebih banyak pelanggan di luar audiens target mereka, menawarkan segmen pemasaran tambahan untuk digunakan di masa mendatang.

Penting untuk diketahui bahwa keterlibatan memainkan peran kunci dalam keberhasilan kampanye viral juga. Saat menggunakan tagar secara khusus, pastikan untuk mengajukan pertanyaan kepada audiens atau membuat pernyataan yang memicu percakapan.

Metode umum lainnya untuk meningkatkan jangkauan melalui tagar adalah dengan membuat tantangan media sosial, di mana pengguna mengambil gambar mereka sendiri terkait dengan tagar bermerek dan membagikannya dengan teman-teman mereka.

Sederhananya, ada banyak cara untuk menggunakan tren dan tagar yang ada untuk membuat kampanye pemasaran menjadi viral.

6. Mengembangkan merek yang memenuhi harapan konsumen

Kampanye viral marketing yang sukses mungkin tidak memberikan hasil yang diinginkan jika merek di balik kampanye tidak memenuhi harapan konsumen.

Produk atau layanan yang disebutkan dalam materi promosi harus memiliki tingkat kualitas yang dijanjikan dalam kampanye viral. Selain itu, merek harus memastikan bahwa materi pemasaran, situs web, dan platform lainnya menawarkan pengalaman dan fungsionalitas yang diinginkan pengunjung.

Jika suatu merek tidak memenuhi citra yang disampaikannya dalam strategi pemasarannya, hal itu dapat memengaruhi reputasinya.

7. Berikan daya tarik emosi

Konsumen sangat didorong oleh apa yang mereka rasakan. Saat Anda membuat konten yang mengarah pada respons emosional yang kuat, audiens Anda cenderung terlibat.

Pikirkan tentang beberapa konten viral yang Anda ingat. Mereka mungkin telah membuat Anda tertawa atau menangis. Mungkin mereka sangat menghangatkan hati atau menarik rasa nostalgia Anda.

Dalam beberapa kasus, konten mungkin telah dibagikan oleh selebritas yang sudah Anda ikuti atau kagumi. Apa pun kampanye pemasaran yang terlintas dalam pikiran, kemungkinan karena hal itu memengaruhi Anda dalam beberapa hal.

Iklan informasi yang “hambar” tidak berjalan dengan baik ketika Anda bertujuan untuk viral, jadi pastikan Anda membantu audiens Anda merasakan sesuatu yang mendorong mereka untuk bertindak.

Baca juga: Growth Strategy: Pengertian Lengkap dan Penerapannya dalam Bisnis Anda

8. Jaga agar pesan tetap sederhana

Semua kampanye yang viral memiliki satu kesamaan: pesan mereka dapat diringkas hanya dalam frasa atau kalimat pendek. Memiliki lebih dari satu CTA atau pesan menyeluruh dapat membingungkan atau mengalihkan perhatian audiens Anda, sehingga mengurangi efektivitas kampanye Anda secara keseluruhan.

Membatasi pesan viral Anda ke satu pesan sederhana membuatnya mudah diingat dan didekati.

Seluruh konten Anda juga harus cukup sederhana. Saat berbagi di media sosial, jangan membebani teks Anda dengan tagar, yang dapat membuat tampilan berantakan dan mengalihkan perhatian dari pesan utama Anda.

Idealnya, simpan video dengan durasi tidak lebih dari 30 detik—cukup untuk menyampaikan pesan Anda tanpa kesalahan.

Ingatlah bahwa kesederhanaan tidak boleh membatasi kreativitas. Saat melakukan brainstorming untuk rencana viral marketing Anda, pikirkan out of the box untuk mengekspresikan pesan Anda.

Video viral dari kampanye “Evolusi” Dove ini, yang membantu merek tersebut menjadi terkenal karena komitmennya terhadap kecantikan sejati. Ini adalah contoh bagus tentang bagaimana Anda dapat mengirim pesan besar tanpa banyak bicara.

Banner 3 kledo

Saluran Apa Saja yang Bisa Digunakan untuk Viral Marketing?

Bisnis memiliki banyak saluran yang dapat mereka gunakan untuk kampanye viral marketing mereka. Saluran ini meliputi:

Media sosial

Akun media sosial untuk sebagian besar pemasaran viral di zaman modern sangatlah efektif. Dengan mayoritas pengguna internet memiliki akun media sosial sendiri, membuat konten yang mampu menjadi viral relatif sederhana.

Situs berbagi video

Platform seperti YouTube, Instagram, dan Vimeo memudahkan materi promosi beranggaran rendah untuk mencapai status viral dalam waktu yang lebih singkat.

Kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari platform ini adalah menyampaikan pesan yang kuat dan otentik kepada audiens dan memaksa mereka untuk mengambil tindakan melalui penggunaan pernyataan yang kuat dan visual atau bidikan kreatif.

Word of mouth marketing

Sementara dari pemasaran dari mulut ke mulut atau word of mouth merupakan saluran pemasaran tertua untuk viral marketing.

Bisnis yang mengandalkan basis pelanggan lokal dapat memanfaatkan strategi pemasaran ini untuk membuat pelanggan yang sudah ada bersemangat tentang produk atau layanan baru.

Email marketing

Kampanye pemasaran email dapat meninggalkan kesan yang cukup pada penerima ketika Anda menggunakan pesan atau strategi yang tepat. Kampanye pemasaran email viral hari ini menggunakan visual dan salinan pendek dan kuat untuk memengaruhi pembaca mereka.

Forum web

Forum web adalah cara sempurna untuk meluncurkan kampanye pemasaran viral karena sumber daya ini memberi pemasar cara untuk terhubung dengan audiens yang memiliki minat dan hasrat yang sama.

Anda dapat mencapai kesuksesan di forum web dengan mengembangkan reputasi yang kuat dan dapat dipercaya di dalam forum dan memposting setelah pengguna mengenal baik kepribadian di balik akun tersebut.

Baca juga: Produk Populer 2021 Ini Sukses di Pasaran, Berani Coba?

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan Viral Marketing?

viral marketing

Bisnis apapun dan siapapun dapat menggunakan strategi pemasaran ini sebagai bagian dari kampanye promosi yang lebih besar atau strategi penjualan mandiri untuk meningkatkan kesadaran tentang suatu produk, layanan, atau merek.

Metode ini menjadi favorit di antara perusahaan dengan anggaran iklan rendah karena lebih hemat biaya daripada teknik pemasaran klasik dan iklan media sosial berbayar.

Selain itu, kampanye pemasaran viral dapat memberikan bisnis peluncuran yang lebih sukses jika mereka belum mengembangkan basis konsumen khusus mereka sendiri.

Manfaat Viral Marketing

Viral marketing menawarkan beberapa manfaat yang menjadikannya favorit di antara usaha kecil dan perusahaan besar.

Beberapa keuntungan yang paling menonjol dari viral marketing meliputi:

Mengurangi biaya pemasaran

Kampanye viral mengalihkan sebagian besar pekerjaan pemasaran kepada audiens dengan menyebarkan konten Anda, membuat Anda lebih mudah untuk mengurangi biaya pemasaran yang terkait dengan kampanye iklan berbayar dan strategi pemasaran tradisional.

Satu-satunya biaya di muka yang terlibat dalam kampanye pemasaran viral adalah pembuatan materi promosi itu sendiri.

Jangkauan yang sangat luas

Kampanye viral yang sukses memiliki potensi untuk menjangkau audiens domestik yang besar dan, berpotensi, audiens internasional.

Ini menjadikannya metode pemasaran yang ideal untuk usaha kecil dan profesional wiraswasta yang memiliki dana iklan sederhana tetapi menawarkan produk atau layanan yang luar biasa.

Menarik bagi audiens

Pemasaran tradisional tidak selalu menjadi yang paling menarik bagi konsumen, terutama jika muncul saat mereka menjelajahi internet atau menonton video online.

Kampanye pemasaran viral jauh lebih menarik bagi audiens dan memberi mereka kesempatan untuk terlibat dengan iklan perusahaan daripada harus mengkonsumsinya melalui saluran pemasaran tradisional.

Kesadaran merek yang mudah

Secara umum, pemasaran kepada siapa saja dan semua orang bukanlah cara yang hemat biaya untuk memasarkan produk atau layanan.

Namun, viral marketing menghilangkan keseluruhan biaya yang harus Anda bayar untuk eksposur merek dan menawarkan visibilitas yang lebih besar dengan efisiensi yang lebih besar.

Peningkatan data untuk pertumbuhan bisnis

Sebagian besar bisnis kecil telah mengidentifikasi audiens target mereka, dan audiens ini biasanya cocok dengan ceruk yang lebih kecil.

Viral marketing dapat memungkinkan Anda mengumpulkan lebih banyak data saat penjualan meroket, memungkinkan Anda mengidentifikasi segmen pelanggan baru dan mengembangkan persona pembeli untuk diterapkan ke dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap viral marketing dan strategi yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Hal yang harus Anda pastikan adalah berpikir out of the box sebelum membuat sebuah konten di saluran apapun. Ini akan meningkatkan kemungkinan konten pemasaran yang Anda buat akan viral.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah; dalam setiap proses pemasaran tentu ada biaya yang harus Anda keluarkan. Jadi pastikan Anda mencatatnya dan hitung berapa keuntungan yang Anda dapatkan dari proses pemasaran tersebut.

Pastikan penghasilan yang Anda dapatkan lebih besar dari pengeluaran yang Anda keluarkan.

Untuk mempermudah pencatatan dan penghitungan ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah yang memiliki fitur terlengkap seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan kapanpun dan dimanapun, dan memantau kesehatan keuangan bisnis dengan lebih praktis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 13 =