Tips Marketing Bisnis Kecantikan Terbaik yang Bisa Anda Adaptasikan

Tips Marketing Bisnis Kecantikan

Ada banyak merek dan produk yang luar biasa dan kredibel di industri dan bisnis kecantikan. Namun, mereka yang menjadi tren atau berada di peringkat teratas dapat dipercaya bukan hanya karena kredibilitas atau produk yang bermutu, tetapi juga strategi pemasarannya.

Dampak tren flexing dan penggunaan influencer dan kepribadian tentu saja bukan kebetulan.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumsi kecantikan terus meningkat. Pada tahun 2019, industri kecantikan global bernilai sekitar USD 500 miliar dan diantisipasi akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang.

Dengan pasar yang begitu ramai, menjadi semakin sulit bagi bisnis dan merek kecantikan untuk menghadapi tantangan yang disajikan dengan evolusi pasar di era digital.

Menembus kebisingan ini adalah apa yang membuat pemasaran konten untuk merek kecantikan lebih relevan saat ini daripada sebelumnya.

Ini telah menjadi pintu gerbang bagi merek untuk menciptakan visibilitas di tengah kekacauan online dan tren pasar yang terus berkembang.

Selain itu, informasi semacam itu adalah bagaimana konsumen belajar tentang merek dan produk baru. Dengan konten yang bagus, muncul pertumbuhan dan kemungkinan penjualan yang tak terbatas.

Hal ini juga telah menciptakan jendela peluang bagi merek untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka, baik secara lokal maupun global, dengan banyaknya saluran dan platform yang tersedia hingga saat ini.

Jika Anda ingin mendorong bisnis kecantikan Anda ke tingkat berikutnya, sangat penting untuk mencatat dan menjalankan beberapa strategi konten pemasaran kecantikan teratas yang akan kami tunjukkan sekarang.

Pada artikel ini, mari kita bahas tips marketing bisnis kecantikan yang bisa Anda gunakan juga dalam proses pemasaran bisnis Anda yang lebih baik.

1. Buat Content Calendar

Content calendar (juga disebut kalender editorial) sama seperti perencanaan proses pemasaran Anda. Kalender ini memberi tahu Anda kapan dan di mana Anda menerbitkan konten tertentu.

Apakah itu kutipan artikel, pembaruan status, promo, aktivitas, atau kemitraan, kalender konten akan membantu menjaga Anda, bisnis Anda, dan kolaborator Anda tetap teratur.

Tetapi lebih dari sekadar untuk organisasi, kalender konten juga membantu memastikan bahwa tugas dan acara terkait konten Anda berlangsung tepat waktu.

Ini juga akan memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang ke mana arah merek menuju.

Terlebih lagi, alur kerja antara Anda, tim Anda, dan mitra pihak ketiga akan lebih lancar, terutama jika Anda adalah bisnis besar.

Baca juga: Perencanaan Keuangan dalam Bisnis: Manfaat dan Cara Melakukannya

2. Pilih Saluran yang Berbeda untuk Mendistribusikan Konten

Loyalitas merek sulit dicapai saat ini dengan semua konten yang terlalu jenuh di internet. Jadi tidak disarankan untuk menempatkan semua telur Anda dalam satu keranjang.

Upaya pemasaran Anda tidak akan cukup jika Anda hanya menggunakan satu saluran untuk mendorong bisnis Anda.

Anda perlu menjelajahi beberapa media sosial dan situs yang digunakan audiens target Anda, namun memastikan bahwa pelanggan Anda dapat mengharapkan pengalaman merek yang konsisten setiap saat.

Lihatlah merek Fenty, misalnya. Halaman Instagram mereka adalah perpaduan yang menyenangkan dari kecantikan, fitur produk, dan meme, tetapi saluran YouTube mereka terutama menampilkan tutorial makeup.

bisnis kecantikan fenti (1)

Strategi kontennya berbeda dalam setiap platform namun tetap setia pada misi merek mereka untuk menyediakan alat makeup berkualitas yang mencontohkan keragaman, inklusi, dan body positivity.

Anda juga tidak perlu membatasi diri Anda pada akun media sosial Anda. Anda mungkin pernah melihat beberapa postingan media sosial yang ditandai sebagai “#sponsored” atau “bermitra dengan” merek atau pengguna lain.

Jadilah bahan pembicaraan dengan membiarkan orang lain berbicara tentang merek Anda. Hal ini dapat menyoroti produk atau layanan Anda jika dilakukan dengan benar.

Bisnis kecantikan juga dapat mendistribusikan konten mereka dengan menciptakan kemitraan dengan merek dan perusahaan lain di industri tangensial lainnya, seperti hotel, spa, dan perusahaan mode.

Konsumen yang melihat produk Anda di tempat yang masih berhubungan, seperti salon favorit mereka atau di kamar hotel mereka akan memajukan reputasi Anda dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Anda.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

3. Tawarkan Hadiah Gratis

Bergantung pada tujuan pemasaran Anda, menawarkan hadiah gratis atau giveaway dapat memberikan ROI ekstra untuk bisnis kecantikan Anda dalam berbagai cara.

Beberapa merek membuat kontes bagi pengikut mereka untuk memposting ulasan video kreatif atau menunjukkan foto sebelum dan sesudah, di mana entri terbaik mendapatkan hadiah atau voucher.

Selama Anda kreatif dan tepat dalam pelaksanaannya, giveaway dalam kampanye pemasaran Anda dapat meningkatkan penjualan, konversi, dan keterlibatan.

Strategi ini dapat menerobos semua kebisingan pesaing Anda dengan memicu minat di antara audiens target Anda. Lagi pula, siapa yang menolak barang gratis?

giveaway dapat berinteraksi dengan produk Anda, memungkinkan Anda untuk mengubah lebih banyak orang menjadi pelanggan setia dan pendukung merek Anda.

Anda tidak akan pernah bisa meremehkan kekuatan dari word of mouth, dengan pemenang giveaway yang akan bertindak sebagai iklan berjalan dan berbicara tentang produk Anda.

Anda bahkan dapat meminta tag kepada pengikut Anda ketika mereka memposting produk Anda di feed dan cerita mereka.

Sementara itu, Anda juga akan melihat pertumbuhan yang layak dalam pengikut media sosial Anda.

Baca juga: 10 Strategi untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

4. Manfaatkan Ulasan dan User Generated Content

Dan berbicara tentang promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth, bisnis kecantikan besar dan kecil sama-sama dapat memanfaatkan iklan yang hampir gratis dengan berbagi konten yang dibuat pengguna atau user generated content (UGC).

UGC mengacu pada kreasi konten apa pun dari konsumen. Ini bisa berkisar dari teks, video, gambar, ulasan, dan banyak lagi, yang dapat Anda bagikan ulang atau posting ulang secara bebas di akun media sosial Anda sendiri.

Apa yang membuat konten ini hebat adalah bahwa postingan tersebut 100% otentik.

Ini adalah testimonial pribadi dan tidak bias dari produk Anda, yang akan memberi Anda brownies dalam kredibilitas.

Anggap saja ini seperti memiliki micro-influencer yang mengadvokasi produk Anda tanpa biaya.

Kedengarannya seperti mimpi, tetapi itu nyata, dan itu adalah strategi yang sangat baik yang dapat dan harus Anda maksimalkan.

Dan penumpukan kepercayaan ini akan mendorong dampak pada keputusan pembelian orang lain.

Faktanya, menurut survei Stackla, 79% responden berpikir bahwa konten dan ulasan yang dibuat pengguna sangat memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Dalam hal siklus hidup konten, banyak dari ulasan UGC untuk merek kecantikan ini bahkan dapat tetap abadi di higlight story Instagram.

Oleh karena itu, pembeli baru dan calon pembeli dapat terus menonton cerita selama yang mereka butuhkan – untuk meyakinkan diri mereka sendiri dan akhirnya mencoba produk Anda.

Saat media sosial mendominasi era digital, konten yang dibuat pengguna adalah salah satu strategi yang akan tetap menjadi alat pemasaran yang populer dan berguna. Anda akan melihat lebih banyak tentang strategi ini di bawah ini.

Baca juga: Tips Bisnis Minimarket dan Berapa Modal yang Dibutuhkan

5. Tingkatkan Branding Anda

Faktor utama lain yang menarik konsumen untuk mencoba produk Anda adalah branding Anda.

Bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang, branding tidak hanya mengacu pada logo atau elemen grafis bisnis. Ini adalah keseluruhan pengalaman pelanggan.

Tempatkan diri Anda pada posisi konsumen dan periksa merek secara acak. Perhatikan logo mereka, situs web mereka, hingga pengalaman dan perasaan Anda saat menjelajahi media sosial mereka, dan cara mereka menjawab pertanyaan Anda.

Sentimen-sentimen itulah yang membentuk branding seseorang.

Ketika Anda merasa cukup nyaman untuk ingin mencoba produk mereka, Anda tahu mereka memiliki branding yang baik.

Singkatnya, branding berkaitan dengan persepsi konsumen.

Akan disarankan untuk meminta beberapa orang menjalani tes branding ini dengan bisnis Anda.

Ini akan membantu Anda mendapatkan data yang berguna tentang seberapa baik Anda melakukannya dalam menampilkan diri Anda kepada audiens Anda.

Branding sangat penting untuk memastikan Anda menyampaikan pesan dan cerita Anda.

Kesalahan branding dan pemasaran dapat sangat merusak upaya Anda dan menyebabkan Anda kehilangan konsumen yang telah Anda dapatkan dengan susah payah.

Anda mungkin ingin belajar dari perusahaan-perusahaan besar ini tentang apa yang TIDAK boleh dilakukan saat mem-branding bisnis Anda.

Sementara itu, ada juga banyak bisnis kecantikan yang secara positif melakukan pendekatan branding mereka.

Mereka menampilkan diri mereka sebagai feminin, maskulin, atau netral gender secara inheren tergantung pada segmen pelanggan mereka. Ini adalah merek yang tahu siapa mereka dan siapa pasar mereka.

Baca juga: 7 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kecantikan Terbaik

6. Tampilkan Event Recaps dan Momen Behind-the-Scenes

Tips Marketing Bisnis Kecantikan

Event adalah content marketing yang bagus untuk merek kecantikan. Memiliki acara membantu dalam menarik prospek potensial dan mengubahnya menjadi pelanggan baru.

Ini dapat mencakup mengadakan event untuk peluncuran produk baru atau membeli segmen dalam acara bisnis lain untuk memperkenalkan merek Anda kepada publik.

Tetapi Anda tidak harus berhenti di situ. Anda dapat memaksimalkan investasi pemasaran yang signifikan ini dengan mengubah kolateral acara – seperti video – menjadi konten Anda.

Melakukan rekap acara dan mengabadikan momen di balik layar atau behind the scene akan menghemat waktu Anda untuk membuat konten baru untuk media sosial Anda.

Selain itu, video juga memungkinkan Anda untuk menampilkan konten mentah dan otentik ke komunitas Anda (yaitu reaksi pengguna atau ulasan di tempat).

Anda dapat mendapatkan engagement lebih jauh dengan menambahkan elemen bercerita seperti menampilkan tamu acara, melakukan beberapa wawancara, dan menyoroti tema acara.

Temukan cerita yang akan beresonansi dengan audiens Anda. Tidak ada yang seperti cerita yang menarik untuk menarik hati seseorang dan membuat mereka merasa lebih dekat dengan merek Anda.

Baca juga: 20 Tips Bisnis Skincare Agar Sukses dan Terkenal

7. Berkolaborasi dengan Influencer Lokal untuk Menghasilkan Konten Viral

Influencer marketing adalah masalah besar dalam hal strategi pemasaran konten kecantikan.

Influencer ini memainkan peran penting dalam membentuk preferensi konsumen dan mengetahui tren mana yang sedang hot atau tidak.

Mereka yang memiliki anggaran dan sumber daya untuk bekerja dengan influencer yang sudah mapan harus menggunakan strategi ini untuk memajukan jangkauan dan kredibilitas mereka.

Ini bisa menjadi win-win yang nyata bagi Anda sebagai perusahaan dan influencer. Kolaborasi selalu sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Memanfaatkan strategi ini juga menghadirkan peluang untuk memanfaatkan pemasaran influencer kecantikan lokal.

Berkolaborasi dengan influencer lokal akan membantu Anda membuat konten global yang relevan dengan audiens lokal.

Ingatlah pepatah yang mengatakan dua kepala lebih baik daripada satu, dan itu berlaku dengan kemitraan Anda dengan influencer yang dikenal.

Anda dapat memanfaatkan kekuatan dan kreativitas masing-masing untuk menghasilkan konten menarik yang menjual.

Bekerja dengan influencer memungkinkan Anda mengakses followers mereka yang sangat banyak.

Dan karena mereka memiliki reputasi yang harus dijaga, kata-kata mereka menarik minat dan kepercayaan di antara para penggemar mereka.

Pastikan untuk meluangkan waktu untuk meneliti influencer yang tepat untuk merek Anda

Anggap mereka sebagai perpanjangan dari merek Anda. Apakah latar belakang dan branding mereka cocok dengan Anda?

Selain investasi yang besar, bekerja sama dengan tokoh terkenal dapat membuat sukses atau malah menghancurkan merek Anda.

Menurut laporan Influencer Marketing 2020, hampir 500 responden berusia 18 hingga 34 tahun mengatakan bahwa mereka lebih suka influencer yang memberikan konten otentik dan menarik.

Influencer adalah wajah merek Anda, jadi pilihlah dengan bijak.

Banner 1 kledo

Baca juga: 10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

8. Ingatlah bahwa Konten Tulisan Sama Pentingnya dengan Visual

Anda tidak pernah bisa meremehkan kekuatan dan nilai kata-kata.

Contoh pemasaran konten mode dan kecantikan yang paling efisien dan efektif berisi keterangan atau tagline yang menggugah (seperti ikonik Loreal “Karena Anda layak” dan Maybelline “Mungkin dia terlahir dengan itu”) dan blog yang melakukan kampanye search engine optimization (SEO) yang efektif.

Membuat konten yang ramah SEO adalah salah satu contoh untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas konsumen untuk mengunjungi situs web Anda.

empelajari cara menulis blog kecantikan yang ramah SEO memerlukan pengetahuan khusus dalam menyajikan konten Anda.

Berikut adalah beberapa poin untuk membantu Anda mendapatkan ide.

  • Tag judul yang dioptimalkan untuk SEO, judul H1 (H2, H3, dll.), Deskripsi meta, dan URL
  • Salinan kaya kata kunci yang membahas pertanyaan atau topik yang sering dicari
  • Tautan internal ke halaman produk dan kategori yang relevan
  • Konten tambahan (seperti infografis, video, dan gambar)

Dengan menggunakan SEO, bisnis Anda dapat menarik pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk yang Anda tawarkan melalui hasil mesin pencari organik.

Ketika Anda mencari sesuatu secara online, beberapa situs pertama yang muncul dalam pencarian Anda mempraktikkan SEO yang efektif.

Tentu saja, Anda ingin bisnis kecantikan Anda berada di urutan teratas dalam pencarian Google, tetapi bisa jadi sulit untuk menguasai penulisan konten yang ramah SEO.

Perusahaan yang tidak memiliki spesialisasi semacam ini harus mencari bantuan dari agensi yang ahli dalam strategi pemasaran konten SEO.

Baca juga: Tips Akuntansi Bisnis Kecantikan yang Harus Diperhatikan

9. Hadirkan Konten Sempurna dalam Bahasa Pelanggan Anda

Sebelum Anda mengarahkan pikiran Anda untuk menjadi merek global, Anda harus menguasai area lokal Anda terlebih dahulu.

Pelokalan konten untuk perusahaan kecantikan berarti menyesuaikan produk dan layanan Anda dengan kebutuhan lokasi atau budaya tertentu.

Ingat, meskipun konsep kecantikan bersifat universal, definisinya cukup beragam.

Standar berbeda menurut benua atau negara. Lihat saja bagaimana standar kecantikan di Korea berbeda dengan tren kecantikan di India.

Anda harus mengenal audiens Anda sepenuhnya dengan memahami perilaku pembelian mereka dan tren viral yang beredar di daerah tersebut.

Memiliki informasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan strategi terbaik untuk menjangkau mereka secara efektif.

Salah satu cara paling efisien untuk melakukan ini adalah dengan menjangkau perusahaan pelokalan konten dengan data yang Anda butuhkan untuk memanfaatkan audiens Anda.

Agensi yang tepat tidak hanya akan membantu Anda menerjemahkan merek Anda, tetapi juga menciptakannya kembali sedemikian rupa sehingga akan beresonansi dengan target pasar Anda.

Baca juga: Pentingnya Strategi Digital Marketing untuk Penjualan yang Maksimal

Kesimpulan

Banyak merek dan bisnis yang bersaing untuk mendapatkan perhatian. Keberhasilan mereka sangat bergantung pada alat pemasaran untuk menjadikan diri mereka otentik, relevan, dan menarik.

Untuk membuat bisnis Anda berkembang dan menembus kebisingan yang dihadirkan kompetitor, adapatasikan tips diatas agar merek Anda menjadi yang terbaik di industri kecantikan.

Lalu, dalam proses pembukuan dan pengelolaan keuangan, pastikan Anda menggunakan sistem akuntansi modern untuk mempermudah Anda dalam mengelola dan mengetahui kesehatan keuangan dalam bisnis.

Salah satu sistem yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan software akuntansi online Kledo yang sudah dipercaya oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan proses akuntansi, manajemen persediaan, mengelola multi gudang dan cabang, memantau dan membuat laporan keuangan hanya dalam beberapa klik, dan masih banyak lagi fitur Kledo yang akan membantu Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × two =